Pantai Trikora Bintan, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis Nan Indah

Pantai Trikora Bintan, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis Nan Indah
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Salah satu pantai berpasir putih di Pulau Bintan, Kepulauan Riau adalah Pantai Trikora. Pantai eksotis yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Memiliki pemandangan indah dengan garis pantai sepanjang 25km dan ombak yang cukup landai.

Pantai dengan hamparan pasir putih yang luas ini masih terjaga keindahannya. Air laut yang jernih dan suasana pantai yang tenang ditawarkan untuk para wisatawan yang datang. Liburan ke pantai ini tentu tidak akan membosankan, apalagi pengunjung juga bisa melakukan banyak kegiatan seru seperti naik sepeda dan snorkeling.

Objek wisata Pantai Trikora ini terkenal juga sebagai tujuan wisata favorit bagi masyarakat Singapura karena lokasinya yang dekat. Selain itu, akses menuju kawasan pantai ini mudah dengan beberapa pilihan transportasi. Fasilitas umum yang disediakan pun sudah cukup memadai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Trikora

Daya Tarik Dimiliki Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps (HT)

1. Pemandangan Pantai Berpasir Putih

Berlibur ke pantai memang masih menjadi pilihan favorit bagi banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu tempat wisata populer bagi masyarakat Bintan dan sekitarnya adalah Pantai Trikora yang menawarkan pemandangan pantai berpasir putih.

Pengunjung akan disambut dengan hamparan pasir putihnya yang lembut. Di beberapa sisi pantai terdapat batuan-batuan besar yang membuat pemandangannya terlihat semakin dramatik.

2. Air Jernih dengan Ombak Landai

Pantai berpasir putih di Pulau Bintan ini terkenal dengan alamnya yang terjaga kebersihannya. Wisatawan dapat menikmati indahnya pantai dengan air lautnya yang bersih dan jernih.

Panorama bawah lautnya indah dan dapat dinikmati dengan lebih maksimal karena kejernihan airnya. Ombak di pantainya pun landai sehingga pengunjung dapat bermain di laut dengan lebih aman.

Daya Tarik Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps (E L)

3. Suasana Tenang

Sepanjang pantai, wisatawan dapat melihat deretan pohon-pohon hijau yang tumbuh subur. Pohon-pohon cemara yang memberikan suasana lebih rindang dan angin yang sejuk. Wisatawan dapat bersantai dan berteduh dari terik matahari.

Beberapa sisi di Pantai Trikora juga ditemui pohon bakau yang melindungi area pantai. Keberadaan pohon tersebut tentu menjadi tempat tinggal bagi beberapa hewan laut. Tidak ketinggalan juga dengan pohon-pohon kelapa yang semakin menambah kesan tropis di pantai ini. Udara yang lebih sejuk dan suasana yang tenang dapat dinikmati wisatawan.

4. Panorama Sunset

Daya tarik lain dari objek wisata pantai ini adalah keindahan matahari terbenam. Lokasinya cocok untuk wisatawan menikmati panorama sunset karena area pantainya yang cukup luas. Apalagi suasananya begitu tenang, Anda bisa menghabiskan waktu-waktu romantis dengan melihat matahari terbenam di pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Trikora

Alamat Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps (Rizki Hidayat)

Sesuai dengan namanya, Pantai Trikora merupakan objek wisata bahari yang berlokasi di Pulau Bintan. Salah satu pulau di Kepulauan Riau yang menawarkan pantai indah dan eksotis.

Pantai yang berada di Desa Malang Rapat ini lokasinya dapat ditempuh sekitar 1 jam dari pusat Kota Tanjung Pinang. Namun, untuk kendaraan umum yang langsung menuju pantai belum tersedia. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, wisatawan bisa menyewa mobil untuk sampai ke pantai.

Rute untuk menuju pantai dari kota Tanjung Pinang dapat mengikuti jalan yang menuju perbatasan Kabupaten Bintan. Jalannya sudah beraspal dan kondisinya bagus untuk dilewati kendaraan bermotor.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Trikora

Harga Tiket Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps (Randa Yuheldi)

Berwisata ke pantai memang bisa menjadi pilihan liburan murah. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya transportasi menuju Pantai Trikora jika berasal dari luar daerah. Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tentunya dapat menghemat biaya perjalanan.

Sedangkan untuk wisatawan lain yang ingin menyewa kendaraan dari Tanjung Pinang menuju pantai ini biasanya tarifnya sekitar Rp 400.000,- untuk perjalanan pulang pergi. Biaya tersebut untuk sewa mobil dan jasa sopir. Anda bisa patungan bersama rombongan untuk biaya perjalanan ke pantai ini.

Jika Anda datang dari Pulau Batam, tersedia kapal ferry dan speed boat yang siap mengantar wisatawan ke Pulau Bintan. Biaya penyeberangan tidak mahal, untuk kapal ferry ongkos menyeberangnya sekitar Rp 26.000,- dengan perjalanan sekitar 1 jam. Sedangkan tarif penyeberangan menggunakan speed boat sekitar Rp 35.000,- saja.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Trikora

Aktivitas Seru di Pantai Trikora
Image Credit: Instagram.com @elinslianti

1. Bersantai di Pantai

Trikora terkenal dengan pemandangan cantik pantainya yang memiliki pasir putih. Para pengunjung yang datang dapat menikmati keindahan panorama yang disuguhkan pantai ini sepuasnya dari pagi hingga petang.

Area pantai yang cukup luas dan pasir putihnya yang halus menjadikan tempat ini nyaman untuk wisatawan duduk santai sekedar menikmati pemandangan yang ada. Panorama pantai berpasir putih, air laut yang biru jernih, dan pemandangan hijau di sekitarnya akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama.

2. Berfoto

Kurang lengkap rasanya jika berlibur ke pantai tanpa berfoto-foto. Saat mengunjung pantai berpasir putih ini sebaiknya Anda tidak lupa untuk membawa ponsel atau kamera. Anda bisa mengambil foto selfie dengan latar pemandangan alam yang indah untuk oleh-oleh nanti.

Selain pantai dengan pasir putih, spot foto menarik yang ada di tempat wisata ini adalah di sekitar batuan-batuan besar di pinggir pantai. Pemandangan yang mirip pantai di Belitong ini dapat menjadi background yang bagus untuk foto liburan Anda.

3. Bermain Layang-layang

Tidak ada salahnya untuk melakukan aktivitas yang Anda sukai di pantai ini, seperti salah satunya adalah bermain layang-layang. Angin yang bagus dan lokasi yang luas akan membuat layang-layang mudah untuk diterbangkan. Anda bisa membawa layang-layang kecil untuk diterbangkan bersama anak atau bahkan teman Anda.

4. Bersepeda

Jika ingin mengelilingi pantai yang cukup panjang ini lebih cepat, wisatawan bisa mencoba naik sepeda. Cukup dengan menyewa sepeda, pengunjung dapat berkeliling pantai sepuasnya.

Biasanya penyewaan sepeda disediakan oleh pihak resort yang berada di sekitar pantai ini. Penyewaan sepeda per jamnya sekitar Rp 70.000,- dari pihak resort.

Aktivitas di Pantai Trikora
Image Credit: Twitter.com @hen_yorman

5. Snorkeling

Jika ingin lebih puas saat berlibur ke pantai ini, jangan lewatkan untuk melihat pemandangan bawah lautnya. Snorkeling adalah salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan selama berwisata di Pantai Trikora yang airnya jernih ini. Ombaknya tidak besar sehingga aman untuk wisatawan.

6. Menikmati Pemandangan Sunset

Kegiatan yang cocok dilakukan wisatawan terutama yang datang bersama pasangan adalah menunggu matahari terbenam. Warna-warna senja yang menghiasi langit dan terpantul di permukaan laut adalah pemandangan menakjubkan yang disuguhkan untuk wisatawan.

Jika Anda bermalam di salah satu penginapan sekitar pantai ini, Anda bisa menikmati pemandangan sunrise yang tidak kalah indah dari jendela kamar. Pemandangan matahari terbit yang akan menemani Anda saat sarapan.

7. Memancing

Saat pagi hari, wisatawan dapat melihat kapal-kapal nelayan yang lalu lalang di kawasan pantai ini. Bagi Anda yang juga senang memancing, bisa mencoba ikut menangkap ikan di sekitar pantai ini. Saat air laut surut, wisatawan juga bisa mencari ikan-ikan kecil yang mungkin terjebak di sekitar bebatuan.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Penginapan Murah dari Pantai Trikora
Image Credit: Agoda.com

1. Bintan Agro Beach Resort & Spa

Bagi wisatawan yang ingin menginap nyaman di sekitar Pantai Trikora, terdapat Bintan Agro Beach Resort & Spa. Penginapan ini memiliki fasilitas kamar yang bagus dengan pemandangan laut, TV LCD, dan fasilitas antar jemput ke bandara.

2. Bintan Cabana Beach Resort

Fasilitas kamar AC, akses internet, kulkas, dan TV kabel disediakan di resort ini. Bintan Cabana Beach Resort bisa menjadi pilihan menginap bagi Anda yang menginginkan kamar dengan balkon menghadap laut.

3. Sahid Bintan Beach Resort

Penginapan yang dekat dengan lokasi pantai selanjutnya adalah Sahid Bintan Beach Resort. Fasilitas untuk tamu meliputi sarapan gratis, akses internet, kamar AC, dan TV layar datar. Resort ini lokasinya juga tidak terlalu jauh dari bandara yaitu sekitar 45 menit.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Trikora Bintan

Fasilitas Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps (Wen Sheng Kong)

Fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah lengkap dan memadai. Penginapan seperti guesthouse dan hotel dapat dengan mudah dijumpai di sekitar pantai ini. Anda bisa bermalam di penginapan tersebut sesuai dengan keinginan.

Fasilitas penunjang tempat wisata ini juga sudah disediakan, mulai dari toilet atau kamar mandi, pondok untuk beristirahat, hingga penyewaan alat snorkeling. Rombongan wisatawan bisa menggunakan pondok-pondok kayu yang dibangun di sekitar pantai untuk beristirahat dan makan.

Bagi pengunjung yang tidak membawa makanan dari rumah juga tidak perlu khawatir. Fasilitas warung makan dapat dijumpai di tempat wisata ini. Berbagai menu lezat dapat dipesan dengan harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa untuk mencicipi olahan seafood seperti cumi, otak-otak ikan, siput gongong, dan lain sebagainya.

Itulah objek wisata Pantai Trikora di Bintan yang memiliki banyak pesona dan keindahan. Menjelajahi alam di pantai eksotis ini dapat menjadi kegiatan yang bagus untuk menyegarkan pikiran dan tubuh yang lelah. Fasilitasnya yang lengkap akan membuat wisatawan lebih nyaman saat berada di pantai ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending