Pantai Turki Tanah Laut, Menikmati Indahnya Panorama Pantai dari Rumah Pohon

Pantai Turki Tanah Laut, Menikmati Indahnya Panorama Pantai dari Rumah Pohon
Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Turki, Desa Swarangan, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Turki merupakan destinasi wisata bahari hits yang ada di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pantai ini dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh keluarga Triswanto. Sebelumnya, pantai yang menjadi properti pribadi ini tidak dibuka untuk umum. Akan tetapi adanya pengunjung yang mulai berdatangan, akhirnya pantai ini dapat dinikmati oleh publik.

Meski mendengar namanya, pengunjung mungkin akan langsung membayangkan Negara Turki. Namun sebenarnya pemberian nama ini tidak ada hubungannya dengan Negara Utsmaniyah itu. Pantai Turki berasal dari singkatan Tungkaran Kiri yang merupakan desa di Kecamatan Jorong, tepatnya di Kabupaten Tanah Laut.

Destinasi wisata ini cocok untuk liburan keluarga. Selain harga tiket masuknya yang murah meriah, pemandangan pantai yang indah dan fasilitas yang cukup memadai akan memanjakan pengunjung. Jika waktu liburan tiba, pantai ini akan ramai dengan pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Turki

Daya Tarik Pantai Turki Tanah Laut
Image Credit: Instagram Irfan

Pantai Turki awalnya tidak dibuka untuk umum karena merupakan properti milik pribadi. Namun, semakin lama pengunjung banyak berdatangan. Hal tersebut tidak lepas karena pantai ini memiliki daya tarik sebagai wisata bahari pilihan untuk liburan di Tanah Laut. Potensi ini akhirnya membuat pemilik mengelola dan membuka pantai ini agar pengunjung juga bisa menikmati beragam personanya.

1. Pemandangan Pantai

Pantai ini memiliki sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan wisata-wisata pantai di Kalimantan Selatan. Jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan disambut dengan pasir putih. Jika pengunjung memperhatikan dengan seksama, sebenarnya warna pasir tidak sepenuhnya putih, namun ada warna kekuningan. Perpaduan warna pasir ini tampak seperti emas saat disinari matahari.

Tidak hanya pasirnya, laut biru yang bersih dan jernih juga membentang memanjakan mata. Ditambah juga dengan pepohonan yang sebenarnya hutan dari wilayar Kalimantan Selatan. Justru itulah uang menjadi daya tarik dari pantai di pesisir bagian selatan Kalimantan ini. Berbagai kendahan alam ini banyak menjadi tempat sebagai latar foto yang hasilnya selalu tampak cantik.

2. Rumah Pohon

Rumah pohon yang ada di Pantai Turki merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Memang tidak semua pantai memiliki rumah pohon, sehingga bangunan ini menjadi ciri khas yang banyak membuat pengunjung ingin ikut merasakan melihat pantai di atas rumah yang dibangun di antara dahan-dahan pepohonan yang tidak terlalu tinggi.

Rumah pohon unik ini dibangun dalam dua lantai. Jika pengunjung masuk ke dalamnya, akan tersedia kursi-kursi yang terbuat dari ban bekas mobil. Juga ada pot-pot bunga agar lebih menarik. Rumah pohon ini juga dicat dengan berbagai warna agar tampak lebih meriah. Jika dilihat dari luar, rumah pohon ini sangat menarik. Tidak heran pengunjung menjadikannya sebagai spot foto.

3. Landmark Pantai Turki

Salah satu daya tarik tersendiri adalah dengan adanya bangunan sederhana yang terbuat dari kayu namun dengan corak yang khas. Salah satunya adalah tugu kayu yang bertuliskan Pantai Turki. Dihiasi dengan kayu-kayu yang disusun cantik, juga bentuk bintang di atasnya, membuat tugu ini kerap menjadi spot foto yang banyak digunakan oleh pengunjung.

Terdapat juga pondok kecil dengan bentuk etnik, terutama baguian atap yang berbentuk mengerucut tinggi sehingga seperti bangunan kuno yanga da di luat negeri. Beberapa gazebo yang tersedia juga memiliki bentuk yang sama. Bangunan-bangunan ini sendiri memang sudah dibuat oleh pengelola sendiri untuk menambah daya tarik destinasi wisata pantai yang masih baru ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi Pantai Turki
Image Credit: Instagram Sientia Fazari

Pantai cantik ini berada di Jalan Pantai Turki, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Untuk mempermudah, Anda dapat pergi ke Kecamatan Jorong lebih dahulu. Jarak dari Kota Pelaihari menuju Kecamatan Jorong sekitar 45 kilometer. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik yang beroda dua maupun beroda empat.

Nantinya jika perjalanan Anda sudah sampai Kecamatan Jorong, Anda dapat lurus sampai pom bensin kemudian mengambil arah kanan. Selanjutnya lurus hingga gerbang dengan tulisan ‘Pantai Turki’. Setelah melewati gerbang ini, Anda dapat mengambil jalur kiri lalu lurus terus mengikuti jalan sampai di lokasi.

Untuk mencapai lokasi wisata pantai, perjalanan yang Anda tempuh sudah memiliki akses yang baik dan mudah untuk ditemukan. Jalanan sudah beraspal dan cukup lebar hingga dapat dilewati oleh bus. Jika takut tersesat, Anda juga dapat mencari lokasi di GoogleMap. Namun Anda harus tetap berhati-hati, karena meski jalannya lebar namun banyak sekali pengendara yang tiba-tiba menyalip.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket di Pantai Turki
Image Credit: Instagram Farina Amelia

Untuk menikmati pesona alam di sekitar pantai ini, pengelola mematok biaya untuk memasuki kawasan dan cukup terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya tiket sebesar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja. Sedangkan untuk anak-anak di bawah umur tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Terdapat juga retribusi sebesar Rp 2.500 untuk pembangunan fasilitas pantai. Sedangkan parkir kendaraan ditarik sebesar Rp 10.000 untuk semua jenis kendaraan yang dibawa pengunjung.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Turki

Aktivitas Menarik di Pantai Turki
Image Credit: Instagram Wiwid A’R

Pantai di Tanah Laut ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Beberapa kegiatan sangat menarik untuk dilakukan sehingga akan membuat liburan menjadi jauh lebih menyenangkan. Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan yang tidak akan membuat Anda merasa bosan berlama-lama berada di pantai ini.

1. Bermain Air

Ombak di Pantai Turki cukup tenang sehingga aman untuk bermain air. Anda dapat mengajak anak-anak bermain air atau berenang di pantai dengan air yang dangkal. Peralatan untuk berenang bisa Anda sewa, juga tersedia kamar mandi untuk Anda membersihkan diri. Air laut yang segar memang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja jika berkunjung ke pantai ini.

2. Piknik

Anda dapat menggelar tikar di kawasan pantai ini. Duduk bersama keluarga sambil menikmati pemandangan laut pasti akan membuat penat menjadi hilang. Dapat juga mengisi perut jika Anda membawa bekal dari rumah. Bersantai di kawasan pantai ini juga menenangkan karena suasana sejuk dari pepohonan yang banyak tumbuh di sekitarnya.

Aktivitas Seru di Pantai Turki Tanah Laut
Image Credit: Instagram Cerita Banjar

3. Berfoto

Banyak spot-spot foto menarik yang dapat Anda gunakan sebagai latar untuk mengabadikan momen. Jika Anda ingin suasana yang alami, maka keindahan pantai dan biru laut akan tampak eksotis menambah cantik hasil jepretan Anda. Jika ingin spot foto yang unik, maka Anda juga bisa mengambil foto di spot-spot yang memang sudah disediakan oleh pengelola.

4. Wisata Kuliner

Jika Anda tidak membawa bekal, maka Anda juga dapat berwisata kuliner di kawasan Pantai Turki. Ada warung-warung dan café yang menyediakan berbagai menu makanan laut yang dapat Anda coba. Bahan makanan juga sangat segar karena langsung diambil dari laut. Hidangan ini juga memiliki rasa rempah yang khas sehingga Anda harus mencobanya.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Turki
Image Credit: Google Maps Ikan Teri Enak

1. Hotel Sabumi

Penginapan ini berada di kawasan Tanah Laut sehingga dekat dengan Pantai Turki. Kamar yang disediakan cukup nyaman dengan fasilitas yang lengkap. Untuk harga per malamnya hanya Rp 250.000 hingga Rp 400.000 saja. Anda nantinya sudah akan mendapat fasilitas seperti AC, TV, WiFi gratis, kulkas kecil dan juga sarapan.

2. Hotel Deghan

Penginapan ini sangat cocok bagi para solo traveller. Dengan harga yang terjangkau, pengunjung sudah bisa beristirahat dengan tenang dan dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, WiFi, dan juga sarapan. Pelayanan yang diberikan juga baik dan ramah. Untuk harga per malam sendiri mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 250.000 saja untuk per malam.

3. Duta Hotel

Hotel dengan konsep bangunan yang artistik ini sudah terbilang tua, namun dapat menjadi salah satu alternatif menginap. Hotel ini berada di lokasi yang strategis dan cukup dekat dengan lokasi pantai. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap. Anda juga akan mendapatkan sarapan dan pelayanan yang ramah. Lahan parkir yang disediakan juga sangat luas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai Turki
Image Credit: Twitter Sheila

Meski baru saja dibuka untuk umum, namun fasilitas yang ada di Pantai Turki sudah cukup memadai. Tempat-tempat umum seperti toilet dengan biaya kebersihan Rp 2.000 dan juga kamar mandi dengan biaya kebersihan Rp 5.000. Selain itu, tersedia juga tempat ibadah serta perlengkapannya yang dapat digunakan oleh pengunjung secara cuma-cuma.

Di sekitar pantai juga tersedia gazebo sebanyak delapan buah. Pengunjung dapat menggunakannya tanpa dipungut biaya. Dengan adanya gazebo-gazebo ini, pengunjung dapat beristirahat dan berteduh dari sengatan matahari. Pengunjung juga bisa memanfaatkannya untuk berkumpul bersama keluarga, rekan, maupun rombongan.

Selain itu, fasilitas-fasilitas lain juga tersedia untuk pengunjung menikmati liburan. Seperti misalnya sudah tersedia juga spot-spot foto, payung besar untuk berteduh di bibir pantai. Jika pengunjung ingin mengisi perut, juga sudah tersedia café maupun warung-warung yang banyak menyediakan menu-menu makanan laut dengan rasa rempah yang khas.

Pantai Turki memang baru dibuka, namun memiliki potensi sebagai destinasi wisata pilihan di Tanah Laut. Cocok sekali sebagai tempat berkumpul bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan. Pemandangan pantainya yang indah ditambah dengan bangunan-bangunan unik yang terbuat dari kayu membuatnya menjadi wisata yang kini semakin populer.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending