Pantai Ujung Genteng Sukabumi – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Ujung Genteng Sukabumi – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Ujung Genteng di Sukabumi terkenal dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Pantai cantik dengan air jernih dan hamparan pasir putih yang sangat cocok sebagai destinasi liburan Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kelapa Condong, Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Wisata di Jawa Barat memang terbilang lengkap dan membuat siapapun yang liburan makin puas. Termasuk ketika Anda menghabiskan waktu di Sukabumi, yang dikenal memiliki pantai menawan yang wajib dikunjungi pecinta bahari. Salah satunya yang berhasil menyita perhatian adalah Pantai Ujung Genteng. Untuk melihat pesonanya, berikut simak ulasannya berikut.

Pantai Ujung Genteng, Pantai Cantik yang Tersembunyi

Pantai Ujung Genteng, Pantai Cantik Tersembunyi
Image Credit: Twitter.com @infobdg

Pantai hingga saat ini masih menjadi tempat yang begitu digemari sebagai tujuan wisata. Mengunjungi pantai bersama teman ataupun keluarga bahkan sendirian bukanlah hal yang aneh. Anda bisa menikmati udara khas pantai yang menenangkan. Di Sukabumi, Jawa Barat Anda bisa mengunjungi salah satu pantai yang sudah kondang yaitu Ujung Genteng.

Pantai yang berada di pesisir Sukabumi ini secara langsung berbatasan dengan Samudra Indonesia. Memang, pantai ini masih terbilang tersembunyi dan belum banyak dikenal. Tetapi perlahan tapi pasti daya tariknya mampu menjadi magnet bagi wisatawan. Terutama Anda yang bosan dengan pantai pantai mainstream, maka pantai satu ini bisa dijadikan pilihan.

Pantai Ujung Genteng memiliki air jernih dengan suasana yang begitu asri. Tidak hanya memiliki pemandangan yang mengagumkan, pantai satu ini juga memiliki sejarah yang menarik. Nama Ujung Genteng sendiri diambil dari Ujung Gunting. Hal ini dikarenakan ujung ujung genting yang berada di salah satu sudut yang ada di Pulau Jawa Barat, bentuknya memang mirip gunting.

Dimana pada bagian ujung bawah dikenal dengan Ujung Genteng dan ujung atas ada di Ujung Kulon. Sebenarnya, Ujung Genteng sendiri bukan nama sebuah desa awalnya. Tetapi karena ada perpecahan menjadikan desa ini dibagi menjadi dua. Dan Ujung Genteng menjadi sebuah nama desa yang memiliki area wisata pantai dan juga wisata air terjunnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ujung Genteng

Daya Tarik Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Facebook.com @dediwahyudiphotography

Mengunjungi pantai satu ini tidak akan membuat Anda menyesal. Karena tidak seperti yang banyak dibayangkan, di pantai satu ini tidak hanya bermain air atau bersantai. Karena di pantai ini Anda bisa melakukan banyak hal menarik. Lokasinya yang masih sepi dari wisatawan, membuat Anda bisa rileksasi atau sebentar saja menjauh dari hiruk pikuk kota.

Berada di jajaran pantai Selatan yang biasanya memiliki ombak yang besar. Tetapi di pantai ini, Anda justru tidak akan menemukan ombak yang terlalu tinggi. Justru masih terbilang aman dan bisa untuk bermain air atau berenang. Pantai cantik ini juga dihadiahkan pasir putih lembut yang akan membuat Anda tak sabar menginjakkan kaki di sana.

Dari kejauhan pasir pantai ini terlihat berkilauan tertimpa cahaya matahari. Bukan hanya itu, pantai satu ini juga terkenal bersih dan nyaman. Tak jauh dari pantai satu ini, Anda bisa menemukan Peangkaran Penyu. Tempat ini akan mengembangbiakkan sekaligus untuk melindungi penyu. Anda bisa berinteraksi langsung dengan mereka, baik untuk indukan atau anak penyu.

Daya tarik pantai ini memang begitu melimpah, salah satunya dengan mengintip bagaimana pemandangan unik yang ditawarkan. Di pantai ini Anda bisa menikmati puing puing dari dermaga yang merupakan sisa zaman Belanda dahulu. Pantai yang dikelilingi oleh hutan lindung ini juga memiliki mercusuar dan menjadikan area ini dikenal dengan Tenda Biru.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Ujung Genteng

Alamat Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Google Maps (Aco We)

Pantai mempesona ini berada di Desa Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi , Jabar. Memang untuk menuju pantai ini, jarak yang ditempuh dari pusat kota terbilang jauh. Anda harus menempuh jarak sekitar 110,9 km. Dimana jika memperkirakan waktu, jarak tersebut bisa ditempuh sekitar 3 jam an dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Sekalipun jarak menuju pantai membutuhkan waktu yang tidak sebentar, perjalanan Anda tidak akan terasa. Mengingat di sepanjang jalan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang mengagumkan. Anda bisa menyaksikan megahnya perkebunan teh, perbukitan hingga perkebunan kelapa. Jika beruntung Anda bisa bertemu dengan rombongan sapi di pinggir jalan.

Untuk menuju pantai ini ada beberapa rute yang bisa Anda pilih. Untuk rute yang pertama bisa Anda gunakan untuk Anda yang berangkat dari Jakarta. Dimana rute ini akan melewati Ciawi dan dilanjutkan menuju Cicurug, Cibadak hingga akhirnya tiba di Pelabuhan Ratu. Jika sudah sampai di Pelabuhan Ratu, Anda bisa melanjutkan ke daerah Surade melalui rute Cikembar dan juga Jambang.

Barulah nanti Anda bisa mencari jalan untuk menuju Pantai Ujung Genteng. Tidak hanya dari Jakarta untuk Anda yang melakukan perjalanan dari Bandung bisa melalui rute yang kedua. Dimana rute ini dimulai dengan menuju arah Sukabumi dari Cianjur. Sampai di Sukabumi Anda bisa melanjutkan ke arah Jampang Tengah, Jambang Kulon hingga ke Surade.

Perjalanan dari Bandung akan membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni sekitar 4 jam an jika tidak macet. Perlu Anda ketahui, jika untuk menuju pantai ini jalan yang harus Anda takhlukkan membutuhkan perjuangan ekstra. Tanjakan dan kelokan serta medan yang menantang menjadi salah satu keseruan yang tak akan dilupakan.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Ujung Genteng

Harga Tiket Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Instagram.com @mahesa7457

Menilik keindahan Mutiara yang Tersembunyi ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam. Sebab, harga tiket masuk pantai Ujung Genteng ini hanya sekitar Rp. 10 ribu setiap orang. Tentunya harga tersebut bukanlah harga yang mahal jika melihat keindahan yang ditawarkan oleh pantai satu ini. Harga tiket tersebut belum termasuk dengan tiket parkir.

Harga parkir yang dibandrol juga tidaklah mahal, tergantung kendaraan yang digunakan. Anda bisa mengunjungi pantai menawan ini kapan saja, karena memang buka setiap hari dan 24 jam. Karena hingga saat ini masih belum ada peraturan resmi untuk jam buka ataupun jam tutup. Untuk itu masih banyak wisatawan yang camping di pantai ini hingga pagi menjelang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ujung Genteng

Kegiatan di Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Twitter.com @textdrsukabumi

Tak hanya menyimpan keindahan yang memukau, mengunjungi pantai cantik ini juga akan membuat liburan Anda makin seru. Sebab Anda bisa melakukan banyak hal menarik di pantai ini. Mulai dari bermain air, bermain pasir hingga belanja hasil laut yang sudah terjamin kualitasnya. Berikut aktivitas menarik di Pantai Ujung Genteng yang bisa dilakukan.

1. Menikmati Pemandangan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika di pantai ini adalah menikmati keindahan yang ada. Anda bisa bersantai di pinggir pantai sembari menikmati semilir angin yang berhembus. Ketika siang hari, udara di sekitar pantai terbilang sejuk. Dijamin semua penat Anda akan terhempas dengan menikmati keindahan pantai satu ini.

Salah satu pemandangan yang paling dinantikan adalah keindahan matahari tenggelam. Biasa oranye yang berada di langit ini menghasilkan siluet yang menawan. Anda pecinta fotografi harus menangkap pemandangan ini dengan lensa Anda. Menikmati dengan orang tersayang juga bukan ide yang buruk mengingat nuansa romantisnya begitu terasa.

2. Berburu Foto Cantik

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, pantai satu ini memang memiliki banyak spot yang instagramable. Salah satunya berpose dengan laut sebagai latar belakanganya. Tak hanya itu Anda juga bisa menjelajah untuk mendapatkan spot foto yang tak kalah menarik. Yang jelas, pantai ini sangat cocok untuk diabadikan dengan kamera kesayangan Anda.

3. Surfing

Ombak di pantai ini memang tidaklah besar, dan terbilang aman. Kendati demikian menjadi pantai yang ombaknya cocok untuk surfing. Hanya saja, jika Anda ingin surfing di tempat ini harus membawa peralatan surfing sendiri. Untuk Anda yang ingin menantang adrenalin tentunya akan menjadikan liburan Anda semakin berkesan.

Apabila ingin lebih menantang, Anda bisa mengunjungi pantai Ombak Tujuh. Lokasinya tidak jauh dari pantai Ujung Genteng. Tetapi ombaknya bisa mencapai tingkat 7 dan banyak dijadikan sebagai lokasi surfing wisatawan Internasional. Sehingga tidak ada salahnya Anda menjajal kegiatan ini saat berada di Daerah Ujung Genteng.

4. Berbelanja Hasil Laut

Bagi Anda yang menginap di kawasan pantai ini, Anda tidak boleh melewatkan untuk berbelanja hasil lautnya. Ketika pagi hari ada banyak nelayan yang memang menjual hasil lautnya. Tenang saja, tangkapan tersebut masih segar sehingga bisa Anda jadikan sebagai oleh oleh. Hasil laut yang bisa Anda bawa pulang antara lain, sotong, ikan pari, cumi dan lainnya.

Bila Anda ingin membeli dalam jumlah besar, juga tidak masalah. Para pedagang akan menyiapkan kotak menyimpan sehingga ikan akan tetap segar. Harga yang dibandrol tentunya akan lebih murah ketika Anda membeli di area pantai ini. Tentu saja akan lebih hemat sekaligus bisa untuk oleh oleh keluarga atau kerabat di rumah.

5. Wisata Kuliner

Selain bisa membeli hasil laut segar, Anda juga bisa mencicipi kuliner hasil laut di pantai ini. Ada banyak warung makan yang bersedia untuk membakar ikan ikan tersebut. Setelah puas beraktivitas mengisi perut tentunya menjadi kegiatan yang menarik. Apalagi jika dilakukan dengan keluarga ataupun teman teman, pasti akan makin berkesan.

Penginapan & Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ujung Genteng

Penginapan di Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Booking.com

Untuk Anda yang ingin menikmati suasana pantainya lebih lama, Anda bisa menginap di sekitar pantai ini. Ada banyak penginapan yang bisa Anda jadikan pilihan untuk bermalam. Penginapan di daerah pantai ini juga terbilang terjangkau, Anda bisa menginap dengan mengeluarkan budget mulai Rp. 60 ribu sampai Rp. 150 ribu saja.

Guna menunjang kenyamanan para wisatawan, fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai ini juga begitu nyaman dan memadai. Dengan begitu para pengunjung akan merasa nyaman sekaligus aman. Terdapat petugas yang memang akan memastikan keamanan dari para pengunjung saat sedang berlibur di pantai ini.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menemukan toilet, tempat ibadah hingga area parkir yang luas. Anda yang tidak membawa bekal juga bisa mengunjungi warung makan yang menawarkan banyak menu menggugah. Menu makanan laut di pantai ini akan membuat liburan Anda semakin terasa lengkap. Selain itu juga terdapat warung yang menjual banyak barang sehari hari.

Pantai Ujung Genteng menjadi salah satu pantai yang harus Anda kunjungi ketika di Sukabumi. Pantai ini akan menawarkan panorama indah lengkap dengan fasilitas yang lengkap. Hanya saja, pastikan Anda sudah merencanakan perjalanan dengan matang ketika singgah di pantai ini. Mengingat lokasinya yang masih tersembunyi dan membutuhkan perjuangan yang menantang.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending