Pantai Ujungnegoro, Batang

Pantai Ujungnegoro, Batang

Lokasi: Rowokudo, Ujungnegoro, Kec. Kandeman, Kab. Batang.
Map: Cek Lokasi

Pantai, suatu tempat dengan daya tarik tersendiri yang membuat objek tersebut berbeda dari wisata alam lain. Memiliki garis pantai yang panjang, Indonesia dipenuhi dengan beragam pantai eksotis nan asri bahkan banyak yang belum tersentuh oleh tangan tangan manusia. Dari Sabang sampai Merauke, berjejer banyak pantai yang siap memanjakan wisatawan lokal maupun mancanegara dengan pemandangan menakjubkan ciptaan Tuhan.

Membicarakan pantai, di Jawa Tengah banyak terdapat pantai yang menjadi tujuan para wisatawan. Salah satu daerah yang kerap kali dikunjungi sebagai pelang penat adalah kabupaten Batang, lebih tepatnya di wisata alam miliki kabupaten tersebut. Ada banyak wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah pantai Ujungnegoro. Jika ingin berkunjung ke pantai tersebut, Berikut beberapa informasi yang perlu Anda ketahui.

Daya Tarik Pantai Ujungnegoro

Daya Tarik Pantai Ujungnegoro
Image Credit: Eksapedia.com

Pantai menjadi idaman banyak orang karena pesonanya yang mampu membuat mulut berdecak dan mata berbinar kagum. Tidak mengherankan jika banyak yang memilih pantai sebagai tujuan utama pelesir menghilangkan penat. Karena memang selain memiliki pemandangan yang memesona, pantai juga merupakan tempat tenang yang dapat digunakan untuk melepas penat dari sesaknya hidup di perkotaan.

Pantai Ujungnegoro merupakan salah satu pantai yang sering kali dikunjungi oleh masyarakat Batang. Sebab landscape pantai tersebut memiliki hamparan pasir pantai, batuan dan karang, serta kondisi lingkungan yang masih sangat terjaga. Bahkan pantai satu ini masih terlihat alami meskipun sudah ada beberapa bangunan yang berdiri di kawasan pantai. Hal tersebut dikarenakan pihak pengelola tetap mempertimbangkan kelestarian alam di sekitar pantai.

Pantai di desa Ujungnegoro ini memiliki keadaan geografis pantai yang landai dengan pasir coklat hingga hitam, juga memiliki tebing di bagian samping serta dasar pantai yang keras dengan banyak bebatuan. Selain itu, ombak yang ada juga tidak terlalu besar. Yang sudah menjadi ciri khas pantai di utara pulau Jawa, sebab hanya berbatasan dengan laut Jawa. Berbeda dengan pantai selatan yang langsung berbatasan dengan samudera Hindia.

Namun meskipun ombak pantai tidak terlalu besar, pengunjung tetap harus waspada apalagi untuk mereka yang membawa anak kecil. Jangan sampai membiarkan anak berenang hingga ke tengah. Selain ombak yang tenang, pantai ini juga memiliki air yang cukup jernih. Hal tersebut dikarenakan kondisi pantai yang masih terjaga, serta bebatuan di beberapa lokasi yang ada di bibir pantai masih lah alami sehingga membuat dekorasi alam yang indah.

Tidak hanya cukup sampai disitu, pantai tersebut juga memiliki dermaga meskipun tidak terlalu besar. Namun cukup untuk digunakan duduk santai melihat pemandangan ataupun kegiatan memancing. Sedikit jauh dari pantai, di daratan pinggir pantai terdapat banyak pohon ketapang yang cukup besar sehingga dapat digunakan oleh para pengunjung untuk berlindung dari teriknya sinar matahari.

Daya Tarik Pantai Ujungnegoro Batang
Image Credit: Ilmudes.com

Selain itu, di bagian sisi pantai Ujungnegoro juga ada tebing berbatu yang berdiri dengan sangat kokoh. Dimana atas tebing tersebut dapat dijadikan sebagai spot untuk menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Untuk Anda yang gemar berfoto, maka atas tebing tersebut adalah spot yang wajib didatangi saat berkunjung ke pantai di desa Ujungnegoro ini.

Untuk itu, pengelola menyediakan jalan setapak sebagai penunjang pengunjung yang ingin mendaki ke atas tebing. Dari tebing tersebut akan diketahui, bahwa di bagian sisi tebing terdapat gua. Diketahui bahwa gua yang memiliki ukuran yang tidak begitu besar ini bernama Gua Aswatama. Di puncak gua, pengunjung akan menemukan sebuah makam yang merupakan makam peninggalan Syeikh Maulana Maghribi.

Makam tersebut dianggap memiliki pemandangan yang sangat indah, karena berada di bukit gua Aswatama bibir pantai Ujungnegoro. Karena memiliki anak tangga melingkar bukit, sehingga para peziarah setelah melakukan doa bisa langsung ke bawah menikmati deburan ombak pantai. Awalnya pantai Ujungnegoro hanya sebagai wisata ziarah, namun karena memiliki pemandangan indah akhirnya berfungsi ganda yakni sebagai wisata pantai dan wisata ziarah.

Ingin mengetahui hal yang berbeda di pantai indah dekat makan Sheikh Maulana Maghribi ini? Di pantai tersebut terdapat hal unik yaitu adanya sebuah sumur air tawar. Pastinya terdengar cukup aneh bukan? Sebab sumur tersebut letaknya hanya beberapa meter dari bibir pantai, alih alih memiliki rasa air asin sumur tersebut malah tawar. Jika Anda pemasaran, bisa langsung berkunjung ke pantai Ujungnegoro.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Ujungnegoro

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Ujungnegoro
Image Credit: Wisatajateng.com

Secara administratif, pantai Ujungnegoro terletak di desa Ujungnegoro, kecamatan Tulis, kabupaten Batang, Jawa Tengah. Letak tersebut tidak terlalu jauh dari jalur pantai utara atau yang lebih dikenal dengan jalur pantura. Lebih tepatnya sekitar 14 kilometer dari pusat kota Batang kemudian ke arah timur laut, maka akan ditemukan garis pantai yang tidak begitu luas namun indah dan nyaman untuk tempat wisata.

Pantai tersebut termasuk dalam Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD), sehingga kondisi alam serta kebersihan pantai tetap terjaga. Rute agar sampai di tempat satu ini juga terbilang cukup mudah, sebab letaknya tidak terlalu jauh dari pantai Sigandu yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Sehingga para pengunjung tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasi pantai.

Untuk mencapai pantai, bisa dengan melewati jalan pantura kemudian masuk ke utara melalui jalan Raya Bakalan. Setelah itu, harus melewati jalan Syeikh Maulana Maghribi dilanjutkan ke utara hingga sampai di gerbang pantai. Jika Anda merasa kesulitan menemukan papan penunjuk arah, maka bisa bertanya kepada masyarakat setempat. Dengan ramah penduduk Batang tentunya akan menunjukkan lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Ujungnegoro

Harga Tiket Masuk Pantai Ujungnegoro
Image Credit: Winnetnews.com

Sebagai tempat wisata, pantai perlu dikelola dengan baik. Salah satu sumber pemasukan dana untuk pantai adalah dari tiket masuk yang dibayarkan oleh pengunjung. Untuk itu, pengelola pun menarik tarif masuk kepada pengunjung pantai. Dimana harga tiket masuk dalam kawasan pantai cukup terjangkau, hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 5 ribu per orang maka sudah bisa menikmati pemandangan pantai yang indah.

Selain itu, di pantai juga terdapat persewaan perahu yang ditawarkan oleh nelayan. Sehingga wisatawan bisa berkeliling perairan laut sekitar pantai. Akan tetapi perahu tersebut hanya disewakan pada saat liburan saja atau pada saat para nelayan libur mencari ikan. Untuk masalah harga sewa, hal tersebut tergantung masing masing nelayan yang menyewakan perahu.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ujungnegoro

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ujungnegoro
Image Credit: Mbatang.com

Pantai yang berada di kabupaten Batang satu ini, memiliki pemandangan yang begitu memesona. Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh pemerintah daerah setempat, menjadi tempat wisata yang berkualitas dengan menambahkan berbagai fasilitas umum. Demi menjaga pantai agar tetap asri, pengelola menjaga pepohonan di sekitar bibir pantai. Dimana pohon pohon tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai tempat bersantai bersama keluarga.

Tidak hanya itu, di bibir pantai juga ada banyak warung warung yang menjual makanan dan minuman. Sehingga saat Anda merasa haus ataupun lapar setelah bermain air tidak perlu cemas karena lupa membawa bekal, para pedagang akan dengan senang hati menawarkan menu makanan mereka. Selain itu juga ada beberapa lapak yang digelar yang menawarkan berbagai oleh oleh dan souvenir khas daerah setempat, seperti terasi, ikan asin, hasil laut lain, hingga kerajinan dan mainan.

Untuk membuat pengunjung semakin betah berlama lama di pantai, pengelola juga menyediakan tempat bermain anak, gazebo untuk berteduh dan berkumpul, toilet dan kamar bilas yang bersih, juga ada musholla untuk tempat ibadah umat Islam. Tidak hanya itu, pengelola juga menambahkan beberapa mainan seperti perosotan dan ayunan untuk menarik minat pengunjung.

Bagi pengunjung yang ingin tetap tinggal untuk menikmati malam di pantai Ujungnegoro atau capai untuk melakukan perjalanan jauh, maka tersedia banyak penginapan di sekitar pantai. Dari penginapan murah hingga hotel berbintang juga tersedia, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tidak ada tempat untuk bermalam. Harga yang ditawarkan pun masih terjangkau dan sesuai dengan kantong.

Demikian lah informasi seputar pantai Ujungnegoro Batang yang perlu Anda ketahui. Memiliki potensi yang besar, pantai yang berdekatan dengan wisata religi tersebut dikelola sedemikian rupa serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menarik minat wisatawan. Jika berkunjung ke Batang, jangan lupa untuk memasukkan pantai satu ini dalam daftar wisata alam yang wajib untuk dikunjungi. Selamat berlibur!

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending