Pantai Wane, Menikmati Panorama Alam & Atraksi Lumba-Lumba di Bima

Pantai Wane, Menikmati Panorama Alam & Atraksi Lumba-Lumba di Bima
Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tolotangga, Kec. Monta, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Wane sebelumnya merupakan kawasan zona merah dengan banyaknya aksi begal. Aksi ini bahkan tidak mengenal waktu. Namun, seiring berjalanannya waktu, kini kawasan pantai ini menjadi lebih aman. Hal ini karena masyarakat setempat telah sadar akan adanya potensi alam yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata dan menaikkan nilai ekonomi.

Diprakarsai oleh Komunitas La Bibano yang merupakan sebuah komunitas sadar wisata, kawasan ini kini mulai dikelola. Keamanan serta keindahan dari kawasan ini mulai ditingkatkan agar menjadi destinasi wisata yang nyaman untuk para pengunjung. Apalagi pantai yang alami ini merupakan kawasan yang sangat cocok sebagai tempat untuk berwisata.

Meskipun pada awalnya pengunjung sempat meragukan keamanan dari Pantai Wane Bima sebab mindset tentang begal yang masih melekat, namun komunitas ini terus mengkampanyekan pesona dari pantai dan keamanannya. Akhirnya kini mulai banyak pengunjung yang datang. Apalagi ternyata, masyarakat setempat juga sangat ramah terhadap para wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wane

Daya Tarik Pantai Wane
Image Credit: Google Maps Muhammad Ghazali

Meskipun pada awalnya pantai ini memiliki pandangan yang buruk, namun sebenarnya Pantai Wane ini juga memiliki daya tarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dengan adanya komunitas yang akhirnya mengelola kawasan ini menjadi tempat yang aman dan indah, maka pantai ini juga lebih menunjukkan pesonanya kepada pengunjung seperti berikut.

1. Pantai Pasir Putih

Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau mata. Karena itu sayang sekali jika harus melewatkan destinasi ini begitu saja. Dengan pasir putih yang halus, pantai ini berpadu dengan air laut biru dengan ombak yang cukup besar. Keindahan dari pantai ini yang banyak menarik minat pengunjung untuk datang.

Tidak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat bebatuan karang dengan berbagai ukuran. Deburan ombak yang memecah karang ini menghasilkan pemandangan yang sangat memukau. Belum lagi dengan suara deburan ombak yang menenangkan pikiran. Sementara itu, di sekitar pantai terdapat bukit-bukit hijau yang menyegarkan mata.

2. Lumba-lumba

Hewan mamalia laut satu ini menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung untuk datang ke Pantai Wane. Pengunjung memiliki kesempatan untuk dapat melihat langsung sekelompok lumba-lumba yang menyembul-nyembul di atas air seperti sedang menari dari jarak yang dekat. Pengalaman ini tentu saja tidak dapat dirasakan di semua pantai.

Karena keunikan ini, lumba-lumba kini menjadi ikon dari salah satu pantai di Bima ini. Padahal kondisi pantai sebenarnya tidak memungkinkan untuk menjadi tempat hidup dari hewan mamalia laut satu ini, karena itu awalnya banyak pengunjung yang meragukan adanya atraksi ini. Kini pengunjung datang karena penasaran untuk dapat melihat lumba-lumba menari dari jarak yang dekat.

3. Aktivitas Nelayan

Daya Tarik Dimiliki Pantai Wane
Image Credit: Google Maps Juliansyah Dermawan

Pantai Wane juga merupakan tempat bagi para nelayan beraktivitas. Hal ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung terutama yang tinggal di kota sehingga tidak pernah melihat bagaimana para nelayan beraktivitas. Biasanya setelah pulang dari laut, para nelayan akan menjual hasil ikannya yang masih segar di pasar.

Pengunjung juga bisa saja membeli ikan-ikan segar ini langsung dari para nelayan. Biasanya harga yang ditawarkan juga akan jauh lebih murah. Ikan-ikan segar ini dapat dibawa pulang sebagai buah tangan atau bisa juga langsung disantap di pantai. Pengunjung memang diperbolehkan untuk membakar ikan di sekitar pantai asalkan tetap menjaga kebersihan.

4. Sanggar Seni

Komunitas La Bibano tidak hanya menata kawasan pantai sehingga lebih aman dan indah, namun juga memberdayakan masyarakat sekitar di segala usia. Salah satu pemberdayaan untuk kalangan anak muda adalah dengan adanya sanggar seni. Berbagai macam kesenian lokal dari tari-tarian hingga musik-musik akustik dilakukan oleh anak-anak hingga remaja di sanggar seni ini.

Selain menampilkan berbagai kesenian ini di banyak kesempatan, para anggota sanggar seni juga berkesempatan untuk menampilkan kebiasaannya di Pantai Wane. Dengan begitu, pengunjung akan mendapatkan hiburan berupa tontonan yang menjadi daya tarik tersendiri. Pertunjukan seni menjadi salah satu upaya untuk memperkenalkan destinasi wisata pantai di Bima ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Harga Tiket Pantai Wane
Image Credit: Google Maps Maryati ramlin

Pantai Wane berada di Desa Tolotangga, Kecamatan Monta, Nusa Tenggara Barat. Bima sendiri menjadi kabupaten yang berada di paling timur Pulau Sumbawa. Jika dari Sumbawa Besar menuju Bima membutuhkan waktu 6 hingga 7 jam perjalanan darat. Sedangkan dari Bima menuju lokasi pantai cantik ini sendiri memerlukan waktu 2 jam perjalanan darat.

Rute yang dapat diambil sendiri dengan menuju Terminal Tente kemudian berbelok ke kiri untuk menuju arah Monta. Jalur yang Anda ambil ini searah juga dengan jalan menuju Pantau Rontu. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa dengan kisaran Rp 400.000 hingga Rp 600.000 per harinya.

Sayangnya jalan untuk menuju arah pantai masih kurang baik. Karena itu, pengendara harus lebih berhati-hati. Tapi tenang saja, keindahan pantai yang menyambut Anda akan menghilangkan rasa lelah Anda di sepanjang perjalanan.

Pantai Wane dapat dikunjungi setiap hari selama 24 jam. Untuk tiket masuk masih tergolong terjangkau di kantong. Setiap pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp 20.000 saja untuk dapat melihat keindahan pantainya. Apalagi setelah adanya pengelolaan dari komunitas yang membuat pantai ini lebih aman dan nyaman.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Wane

Aktivitas Pantai Wane
Image Credit: Google Maps Ridwan m said

Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan jika berwisata di Pantai Wane. Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan adanya kejahatan karena pantai ini sudah jauh lebih aman daripada sebelumnya. Dengan begitu, Anda juga dapat dengan leluasa dan nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti berikut.

1. Aktivitas di Bibir Pantai

Ada banyak aktivitas di bibir pantai yang dapat Anda lakukan. Misalnya, Anda dapat berjemur untuk mendapatkan kulit yang eksotis, namun jangan sampai lupa untuk menggunakan sunblock agar kulit tidak terbakar matahari. Anda juga dapat bermain pasir, seperti membangun istana atau bentuk-bentuk lainnya. Juga bermain air di pinggir pantai.

Anda perlu berhati-hati jika memang ingin bermain air di pinggir pantai, terutama jika membawa anak-anak. Ombak di pantai indah ini memang cukup besar, sehingga sebaiknya tidak bermain air terlalu ke tengah. Cukup di bibir pantai saja.

2. Tour Melihat Lumba-lumba

Jika pergi berlibur ke Pantai Wane, maka akan sangat kurang jika belum melihat atraksi lumba-lumba. Sudah tersedia tour untuk melihatnya dari dekat. Pengelola sudah berkoordinasi dengan nelayan-nelayan sehingga pengunjung dapat diantar langsung menuju lokasi atau spot para lumba-lumba ini biasa muncul.

3. Wisata Kuliner

Aktivitas di Pantai Wane
Image Credit: Instagram Маx

Saat ini sudah tersedia warung-warung makanan di sekitar pantai yang menyajikan makanan-makanan seafood. Jika Anda datang ke pantai, maka Anda juga dapat berwisata kuliner dengan mencoba menu makanan yang ditawarkan. Jika tidak, Anda juga bisa membeli ikan segar dari nelayan yang pulang melaut lalu langsung membakar dan menikmatinya langsung di pantai.

4. Surfing

Ombak di pantai ini memang sangat cocok untuk kegiatan yang satu ini. Jika Anda memang menyukai kegiatan yang cukup menantang ini, Anda dapat membawa peralatan sendiri karena memang belum tersedia jasa penyewaan papan surfing.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Murah Dekat Pantai
Image Credit: Google Maps M Yusuf

1. Villa Pantai Wane

Jika Anda berlibur dengan keluarga atau rombongan, maka dapat menginap di villa yang memang sudah disediakan sebagai salah satu fasilitas pantai ini. Fasilitas yang ditawarkan sudah cukup memadai untuk kenyamanan beristirahat Anda. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan keindahan pantai yang akan membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan.

2. Hotel Lambitu

Penginapan ini berada di lokasi yang cukup strategis. Tempatnya juga bersih serta nyaman untuk beristirahat. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup memadai seperti AC, WiFi, parkir, restoran, lift, serta resepsionis selama 24 jam.

3. Hotel Marina Bima

Hotel ini menawarkan kamar yang cukup nyaman serta fasilitas yang memadai. Di setiap kamar telah tersedia AC dan WiFi. Anda juga akan mendapatkan fasilitas parkir, resepsionis 24 jam, dan restoran. Selain itu, penginapan ini juga strategis karena dekat dengan beberapa tempat umum.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai
Image Credit: Instagram Nonprofit Organization

Sebagai destinasi wisata yang mulai dikelola dan dikembangkan, Pantai Wane kini mulai memiliki fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung. Misalnya adanya lahan parkir yang cukup luas dan tersedia juga WC umum.

Warung-warung makan juga kini mulai dibuka sehingga pengunjung dapat mengisi perut dengan makanan yang menu utamanya adalah seafood. Selain itu disediakan juga perahu-perahu yang akan mengantar Anda melihat atraksi lumba-lumba.

Fasilitas yang paling penting adalah keselamatan dan keamanan pengunjung. Komunias La Bibano telah membuat kawasan ini menjadi aman dari begal, selain itu telah disediakan juga 10 orang yang akan mengawasi keselamatan pengunjung terutama anak-anak dari kejadian yang tidak diinginkan.

Pantai Wane di Bima dahulu sangat melekat dengan pantai yang sangat berbahaya karena banyaknya begal. Beruntung, masyarakat kini mulai dapat melihat potensi yang ada sebagai destinasi wisata yang akan menarik banyak pengunjung. Dengan lebih ditingkatkannya keamanan, pantai ini tidak hanya menjadi alternatif tempat liburan namun juga meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending