Pantai Wedi Awu Malang, Surga Para Peselancar & Panorama Sunset

Pantai Wedi Awu Malang, Surga Para Peselancar & Panorama Sunset

Pantai berbentuk tapal kuda yang cocok untuk berselancar. Pantai Wedi Awu terletak di Kabupaten Malang selatan dan masih sangat alami untuk kamu yang mencari ketenangan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Balearjo, Purwodadi, Kec. Tirto Yudo, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Wedi Awu mungkin kurang tenar di telinga wisatawan jika mengetahui lokasinya yang berada di Kabupaten Malang Selatan. Namun dari kurang tenarnya itu yang membuatnya masih alami. Jika kamu ingin pergi berlibur ke pantai yang berada di Kabupaten Malang namun tidak suka keramaian. Maka kamu harus mencoba mendatangi pantai yang masih sangat alami ini.

Pantai yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil ini memiliki pepohanan hijau yang berada di sekitaran bibir pantai. Hal ini menandakan kalau pantai ini masih sangat alami. Tidak hanya itu pantai ini juga bisa memanjakan mata para pengunjungnya dengan dua bukit yang mengelilingi sehingga membuat sebuah selat kecil yang berbentuk seperti tapal kuda.

Tidak hanya ombaknya yang menjadi daya tarik di pantai ini namun dengan pepohonan hijau yang mengelilinginya membuah tempat ini menjadi salah satu spot bagus untuk kamu yang mau bercamping atau melakukan kegiatan outbound. Untuk kamu yang hanya ingin bermain air dan berlarian di bibir pantai bisa puas menikmati pantai yang satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wedi Awu

Daya Tarik Pantai Wedi Awu
Image Credit: Google Maps (Khalil Akra)

Mungkin pantai ini akan kalah saing jika kamu bandingkan dengan pantai-pantai populer di Malang lainnya seperti pantai Balekambang, pantai Sedang Biru dan beberapa pantai lainnya. Namun, pantai ini juga memiliki sesuatu yang tidak ada pada pantai-pantai populer lainnya. Berikut beberapa daya tarik dari pantai yang berada di Desa Purwodadi ini.

1. Ombak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya salah satu daya tarik dari pantai Wedi Awu adalah ombaknya yang lumayang besar. Ombak ini akan terasa menantang bagi wisatawan yang suka berselancar. Banyak orang yang datang jauh-jauh ke pantai ini hanya untuk menantang ombaknya.

Namun, untuk kamu yang masih pemula di dunia selancar. Sebaiknya hati-hati dalam memilih ombak yang ingin kamu taklukan. Diluar itu dalam segi keamanan masih dibilang bagus. Karena pantai ini yang tergolong tidak terlalu besar, membuat para penjaganya bisa dengan mudah memantau orang-orang yang berselancar disini.

2. Pemandangan Sunset

Dua bukit kecil yang mengelilingi pantai Wedi Awu membuat pemandangan matahari terbenamnya sangat indah untuk disaksikan. Jika sudah sampai di pantai ini cobalah untuk menikmati salah satu keindahan alam ini. jangan sampai terlewatkan momen untuk berfoto yang langkah ini.

3. Alam yang Masih Hijau

Tidak bisa dipungkiri jika wisata pantai ini masih sangat alami. Hal ini yang membuatnya menjadi tempat bagus untuk berkemah atau melakukan kegiatan outbound. Namun, kamu harus sedikit berhati-hati karena masih sangat alaminya pantai ini yang membuat beberapa hewan liar masih bisa ditemui disini. Jangan lupa juga meminta izin kepada warga setempat jika ingin membuat tenda untuk bermalam disini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Wedi Awu

Alamat Pantai Wedi Awu
Image Credit: Google Maps (RoBad Boy)

Pantai Wedi Awu Malang ini berlokasi di Kecamatan Tirtoyudo. Tepatnya berada di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi. Pantai ini terkenal dengan mana Balearjo atau nama dusun tempat pantai ini berlokasi.

Untuk mencapai pantai ini memerlukan waktu sekitar 3 jam menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Malang jika tidak terkena macet. Untuk jalannya sendiri sudah aspal namun banyak belokan sehingga cukup menguras stamina para pengemudi dalam perjalanan. Namun, semuanya akan terbayar lunas ketika sampai di lokasi.

Untuk perjalanan sendiri bisa dimulai dari alun-alun Kota Malang, mengarah ke Stasiun kota lama atau pasar Gadang, kemudian ke arah Dampit. Setelah sampai di Dampit cari arah ke Kecamatan Tirtoyudo. Dari Tirtoyudo ambil jalur kanan pada pertigaan kemudian ikuti jalur tersebut kurang lebih 30 menit dan kamu akan sampai di bibir pantai.

Untuk bisa memasuki area pantai, pengunjung harus membayar biaya masuk. Untuk tiket masuk pantai adalah Rp 5.000 perorang. Sedangkan untuk parkir kendaraan bermotor yakni Rp 5.000 perkendaraan.

Jadi total untuk berlibur ke pantai yang ada di Dusun Balearjo ini adalah Rp 10.000 untuk satu orang dan satu kendaraan. Harga yang sangat murah dengan penawaran pemandangan yang sangat indah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Wedi Awu

Aktivitas Seru di Pantai Wedi Awu
Image Credit: Instagram.com @yoiki_malang

Tidak banyak kegiatan yang bisa ditawarkan oleh tempat wisata yang satu ini. namun cukup untuk membuat pengunjungnya melepaskan penat dari hirup pikuknya suasana kota. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini.

1. Berselancar

Jelas yang paling pertama adalah berselancar karena ombaknya merupakan daya tarik yang paling utama. Tenang walaupun ombaknya yang lumayan besar namun pantai ini tergolong aman. Karena letaknya yang diapiti oleh dua buah bukit kecil sehingga membentuk sebuah selat kecil yang membuah orang-orang yang berselancar akan merasa lebih aman secara alami.

Tidak seperti pantai-pantai besar lainnya yang tidak bisa melihat ujung pantai. Pantai Wedi Awu bisa dilihat dari ujung ke ujung. Sehingga semua orang yang berselancar bisa dipantau dan dibantu jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

2. Camping

Menjauh dari hirup pikuknya suasana ramai perkotaan memang menjadi salah satu cara menghilangkan penat yang digemari banyak orang. Di pantai ini kamu bisa mendirikan tenda untuk bermalam sambil menikmati alam yang masih asri dengan pemandangan bintang diatas bibir pantai.

Bunyi suara ombak yang diikuti oleh suara hembusan angin yang membuat dedaunan seakan bernyanyi menandakan betapa damainya tempat ini.

3. Berfoto

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengabaikan suasana liburan dengan berfoto ria. Pantai mempunya banyak sekali spot bagus untuk berfoto. Di pantai Wedi Awu cara yang paling bagus ketika kamu berfoto adalah menggunakan go-pro di tengah-tengah bibir pantai yang akan membuat fotomu terlihat seperti melingkar.

Ditambah background dari pantai yang diapiti oleh dua buah bukit menjadi nilai tambah sempurnah untuk fotomu.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Google Maps (Dewi Bowele)

Walaupun pantai ini berlokasi di desa tetapi masih ada beberapa tempat bagus untuk bisa digunakan untuk bermalam bagi kamu yang tidak suka menginap dengan membuat tenda di alam terbuka. Berikut beberapa tempat yang bisa digunakan untuk bermalam dengan suasana desa namun cukup dalam hal kenyamanan.

1. Almes Homestay

Berjarak kurang lebih 500 meter dari pantai yang bisa ditempuh dengan 2 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Tempat ini menyediakan kamar ber AC dan free wifi bagi kamu yang membutuhkan internet.

2. Pak Citro Homestay

Berikutnya adalah sebuah penginapan yang berjarak kurang lebih 2.5 kilo meter dari pantai. Yang diperkirakan akan memakan waktu 7 menit dalam berkendara untuk sampai ke pantai. Harga yang ditawarkan sekitaran Rp 160.000 permalamnya.

3. Banyuanjlok Homestay

Banyuanjlok homestay adalah sebuah penginapan sederhana yang ada di Desa Wisata yang menyediakan air hangat nan segar. Jarak dari pantai sekitar 3 kilo meter yang dapat ditempuh selama 10 menit menggunakan kendaraan bermotor. Untuk fasilitas tambahan ada free wifi dan tv untuk para pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wedi Awu Malang

Fasilitas Pantai Wedi Awu
Image Credit: Google Maps (Dewi Bowele)

1. Warung Makan

Bagi kamu yang berlibur ke tempat ini tidak perlu takut untuk urusan makanan. Karena ada beberapa warung makan yang bisa kamu kunjungi disini. Tidak hanya itu, disini ada tempat pembakaran ikan hasil nelayan. Jadi kamu bisa menikmati ikan segar hasil tangkapan para nelayan setempat.

2. Toilet

Jika kita berbicara tentang pantai tidak lengkap jika tidak ada toilet atau tempat untuk mandi setelah puas berendam di lautan. Disini juga terdapat toilet yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan diri dari air asin setelah kamu puas berenang atau berselancar seharian.

3. Parkiran

Para pengunjung akan merasa aman ketika datang berwisata disini. Pasalnya ada lahan parkir untuk kendaraan mereka dan dijaga dengan aman oleh para petugasnya. Sehingga para pengunjung dapat bersenang-senang tanpa takut terjadi sesuatu kepada kendaraan mereka.

4. Lapangan Kosong

Di pinggir pantai terdapat satu lapangan kosong yang bisa dijadikan tempat untuk membuat tenda atau bermain bola. Biasanya tempat ini akan ada tenda dimalam hari untuk mereka yang mengadakan camping. Sedangkan untuk siangnya akan digunakan untuk bermain seperti sepak bola atau hanya kejar-kejaran diantara anak kecil.

5. Penyewaan Perahu

Untuk kamu yang ingin menikmati lautan dari atas perahu bisa menyewa beberapa perahu nelayan untuk berlayar di sekitar pantai. Kamu bisa berfoto-foto diatas perahu yang sudah kamu sewa.

Demikian sedikit pembahasan mengenai daya tarik, alamat, jalur, harga tiket, kegiatan yang dapat dilakukan, penginapan, dan fasilitas yang ada di pantai Wedi Awu. Mungkin masih belum banyak orang tahu mengenai pantai yang satu ini.

Namun daya tarik terkhususnya lokasi yang unik dengan diapiti oleh dua bukit membuat pantai ini sangat indah untuk dipandang. Jika kamu berlibur disini tetap perhatikan kebersihan pantai agar tetap terlihat alami. Sekian artikel ini semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending