Pantai Wedi Ireng Banyuwangi, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis Nan Bersih

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis Nan Bersih
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Wedi Ireng salah satu wisata bahari di Banyuwangi yang nama pantainya berarti pasir hitam. Meski demikian, pantai ini memiliki pasir putih yang indah. Berpadu dengan air laut yang biru jernih, pantai ini menjadi destinasi wisata yang harus dikunjungi. Karena keindahan dari pantai ini tidak kalah dari pantai-pantai terkenal lainnya di Indonesia.

Pantai ini memang tergolong baru dan tidak lebih dikenal dibandingkan dengan Pulau Merah yang tidak jauh dari kawasan Pantai Wedi Ireng. Meski begitu, pantai ini memiliki keunikannya sendiri karena warna pasirnya yang tidak hanya didominasi dengan pasir putih yang halus saja. Beberapa bagian lain memiliki warna yang berbeda, seperti kecoklatan di beberapa bagian tempat.

Pantai yang memiliki mitos cukup kuat ini tidak memiliki ombak yang besar dan relatif tenang. Dengan warna air laut yang biru bening, terumbu karang di perairan dangkal dapat terlihat. Meski demikian, pengunjung harus tetap berhati-hati dan waspada. Meski lautnya tampak tenang, namun jika ceroboh akan bisa terjadi kecelakaan dan menelan korban.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wedi Ireng

Daya Tarik Dimiliki Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Twitter.com @lingkarid

Pantai pasir putih ini masih belum banyak diketahui sehingga lebih sepi daripada pantai sekitarnya yang lebih terkenal. Meski demikian bukan berarti Pantai Wedi Ireng tidak memiliki daya tarik. Pantai ini justru memberikan pemandangan sekitar yang tidak kalah cantik. Beberapa daya tarik berikut ini membuat pantai ini layak untuk dikunjungi sebagai tempat melepas penat.

1. Pemandangan Eksotis

Perjalanan menuju pantai ini cukup menantang, namun akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang eksotis dan menawan mata. Memiliki pasir putih yang lembut dan air laut berwarna biru yang bersih, keindahannya merupakan daya tarik tersendiri yang tidak akan membuat pengunjung menyesal telah datang ke pantai ini.

Pantai ini dikelilingi dengan pepohonan hijau sehingga memberikan warna hijau yang menambah kesegaran mata yang memandang. Beberapa bagian tempat merupakan bebatuan karang di mana pengunjung dapat duduk di sana sambil menikmati keindahan pasir putih dan lautan biru di depan. Karang-karang juga dapat terlihat dari perairan dangkal dari air laut yang bersih.

2. Sepi

Ada beberapa alasan mengapa Pantai Wedi Ireng ini masih belum banyak dikunjungi pengunjung. Pantai yang baru dikenal ini tidak banyak orang yang tahu. Selain itu perjalanan untuk menuju pantai ini juga menantang dan cukup menguras tenaga. Karena itu, pantai yang menyajikan pemandangan alam yang cukup menawan ini menjadi sepi.

Justru suasana sepi ini menjadi daya tarik terutama bagi pengunjung yang menyukai tempat-tempat wisata yang tidak banyak orang. Di pantai ini, pengunjung bisa merasa seperti berada di pantai pribadi. Sangat nyaman untuk menghabiskan waktu sambil menenangkan diri dan pikiran. Mendengarkan suara ombak sambil menyusuri pantai tanpa terganggu dengan keramaian orang.

3. Bersih

Pantai ini sangat bersih. Tidak banyak sampah yang berserakan. Sudah tersedia tempat sampah di beberapa sudut, sehingga pengunjung dapat ikut menjaga kebersihan lingkungan. Tidak dapat dipungkiri, kebersihan adalah salah satu daya tarik yang cukup besar di setiap destinasi wisata. Maka tidak heran jika kebersihan di kawasan pantai ini juga berpengaruh bagi kenyamanan pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps (Ciptadi Chipz)

Pantai Wedi Ireng berada di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Jaraknya dari Kota Banyuwangi kurang lebih 65 kilometer atau dapat ditempuh selama 3 sampai 4 jam perjalanan. Pnatai ini juga sangat dekat dengan Pulau Merah. Anda dapat mengakses pantai ini melalui Pantai Pancer. Sekitar 3 meter sebelum Pulau Merah terdapat petunjuk Pancer yang dapat Anda ambil.

Untuk menuju lokasi sendiri, Anda dapat menggunakan dua jalur, yaitu jalur darat dan jalur laut. Jika Anda menggunakan jalur darat, Anda harus memulai perjalanan dari Muara Pancer. Selanjutnya Anda dapat menyebrang dengan menggunakan perahu nelayan dengan tarif Rp 5.000 saja. Kemudian Anda masih harus melanjutkan perjalanan yang cukup menantang.

Perjalanan akan melalui bukit yang banyak ditumbuhi dengan pohon-pohon pisang dan juga semak-semak belukar. Jalannya juga cukup curam sehingga Anda harus berhati-hati. Dalam perjalanan, Anda tidak akan menemukan warung-warung. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan perbekalan sebelum melakukan perjalanan.

Menggunakan jalur laut juga tidak kalah menantang. Dari Dusun Pancer, Anda dapat meminta nelayan untuk mengantarkan ke lokasi. Biasanya nelayan akan mematok harga Rp 25.000 untuk sekali jalan atau Rp 40.000 untuk pulang pergi. Perjalanan menggunakan perahu sangat seru karena ombak besar yang terkadang datang, namun Anda juga disuguhkan pemandangan terbing terjal yang menawan.

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi buka setiap hari selama 24 jam. Anda dapat menghabiskan waktu di tempat ini sesuka hati. Sedangkan untuk memasuki kawasan pantai ini, Anda tidak ditarik tiket masuk. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk perjalanan menuju lokasi. Biaya akomodasi tergantung dengan jalur yang Anda pilih.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Wedi Ireng

Aktivitas di Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Instagram.com @risk_nov

Jika berlibur ke Pantai Wedi Ireng, Anda tidak perlu takut akan merasa bosan. Ada banyak kegiatan-kegiatan menyenangkan yang membuat perjalanan panjang Anda menuju lokasi terbayar lunas. Kegiatan yang tidak membosankan tentu akan membuat liburan juga akan lebih berkesan. Berikut ini beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan.

1. Menikmati Pemandangan

Memiliki pemandangan alam yang sangat indah, Anda dapat datang ke pantai ini untuk sekedar menikmati keindahannya sambil menenangkan pikiran. Anda juga dapat menyusuri pantai atau bermain-main air di bibir pantai. Tidak hanya sekedar menikmatinya, Anda juga dapat mengambil foto sebagai kenang-kenangan. Apalagi ada banyak spot cantik di sekitar kawasan pantai.

2. Berkemah

Jika Anda ingin menikmati pemandangan saat malam hari, Anda juga dapat mendirikan tenda di kawasan pantai ini. Berkemah memang sudah menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Dengan merasakan suasana alam, juga ditemani dengan suara debur ombak, liburan Anda di Pantai Wedi Ireng tidak akan mudah terlupakan.

3. Memancing

Aktivitas ini sangat menarik, terutama bagi Anda yang memang hobi memancing. Anda dapat ikut dengan nelayan setempat dan menanyakan spot memancing terbaik agar mendapatkan ikan dengan cukup mudah dan ukuran yang sesuai keinginan. Hasil memancing nantinya dapat Anda bakar di bibir pantai untuk kemudian disantap.

4. Snorkeling atau Diving

Kawasan pantai ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling atau diving. Keindahan bawah lautnya dan ikan-ikan yang akan menemani Anda menyelam menjadikan kegiatan ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Anda tidak perlu repot-repot untuk membawa peralatan snorkeling atau diving, karena di kawasan ini sudah tersedia penyewaan peralatannya.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi

Penginapan Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Traveloka.com

1. New Surya Hotel

Penginapan ini berada di Jl. Yos Sudarso, Banyuwangi. Cukup dekat dengan lokasi hotel. Dengan kamar yang nyaman, fasilitas yang diberikan juga sangat lengkap. Terdapat AC, WiFi, dan parkir gratis. Selain itu juga tersedia restoran dan kolam renang untuk melengkapi kebutuhan Anda. Resepsionis juga siap selama 24 jam untuk membantu Anda setiap saat.

2. SPOT ON 90537 De Wisma Emas

Merupakan penginapan yang berada di Krajan, Banyuwangi. Lokasinya kurang lebih 12 kilometer dari Pantai Wedi Ireng Banyuwangi. Penginapan ini sangat murah dan terjangkau dengan kamar yang nyaman untuk beristirahat. Sedangkan untuk fasilitas sendiri, sudah tersedia AC, WiFi, dan parkir. Ada beberapa tipe kamar yang dapat Anda pilih. Beberapa kamar tidak menyediakan AC.

3. One South by Amithya

Penginapan ini hanya berjarak kurang lebih 5 kilometer saja dari pantai. Ada beberapa tipe kamar yang dapat Anda pilih dengan harga dan fasilitas yang berbeda. Kamar yang disediakan sangat nyaman dengan fasilitas utama berupa AC, parkir, WiFi, restoran, dan resepsionis 24 jam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Fasilitas Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps (Ligiansy Trip)

Meskipun wisata pantai ini cukup sulit untuk dijangkau, namun fasilitas yang ditawarkan ternyata cukup memadai. Ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung. Misalnya seperti lahan parkir yang luas untuk kendaraan pribadi Anda sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi pantai. Juga ada gazebo untuk beristirahat dan berteduh jika Anda sudah lelah bermain di bibir pantai.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan snorkeling atau diving, Anda tidak perlu repot-repot membawa perlengkapannya dari rumah. Di kawasan Pantai Wedi Ireng sudah ada tempat penyewaan peralatan snorkeling atau diving. Harga sewa juga tidak mahal, masih cukup terjangkau untuk pengalaman menyelam yang menyenangkan.

Tersedia juga kamar mandi umum. Fasilitas ini sangat penting karena dibutuhkan oleh pengunjung. Tidak hanya satu, ada beberapa kamar mandi yang tersedia yang dapat Anda gunakan. Mungkin saja Anda selesai berbasah-basahan di pinggir pantai, kamar mandi ini dapat digunakan untuk berganti pakaian.

Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi memiliki keunikannya sendiri, meski sekilas tampak berpasir putih namun dibawahnya adalah pasir hitam. Pemandangan di sekitar juga sangat indah sehingga Anda tidak akan menyesal berkunjung ke sana. Meskipun perjalanan yang harus ditempuh cukup panjang dan melelahkan, namun semua akan terbayar dengan pemandangan alam yang tersaji.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending