Pantai Wedi Putih Malang, Pantai Eksotis dengan Keindahan Bawah Lautnya

Pantai Wedi Putih Malang, Pantai Eksotis dengan Keindahan Bawah Lautnya
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Balearjo, Purwodadi, Kec. Tirto Yudo, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Wedi Putih adalah pantai yang tergolong jarang dikunjungi oleh wisatawan karena jalur yang dilalui dinilai menantang dan sulit dijamah. Terlepas dari rute yang dilalui, pantai ini memiliki keindahan bak surga dunia dengan pasir putih yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Itulah hal yang membuat beberapa wisatawan rela menempuh jalur yang terbilang sulit demi menyaksikan keanggunan pantai ini.

Keindahan pemandangan dari garis Pantai Wedi Putih menampilkan ombak yang relatif tenang karena berada di bagian sisi teluk sehingga sangat cocok untuk wisatawan yang mendambakan menikmati sunset dengan angin semilir dan ombak yang tenang. Tak hanya itu, pantai ini juga dikelilingi oleh hijaunya alam sekitar yang terbilang sangat asri dengan tambahan pasir putih.

Karena keasrian dan julukannya sebagai surga tersembunyi, fasilitas yang terdapat disana pun dinilai belum terlalu lengkap sehingga wisatawan disarankan untuk membawa sendiri perlengkapan saat ingin mengunjungi pantai ini. Walaupun wisatawan sedikit dibuat repot oleh perlengkapan yang dibawa, semua akan langsung terbayar saat menyaksikan keanggunan alam ciptaan Tuhan yang satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wedi Putih

Daya Tarik Pantai Wedi Putih
Image Credit: Twitter.com @infopantai_mlg

1. Kemegahan Pemandangan Asri yang Instagenic

Pantai Wedi Putih ibarat jendela surga yang memaparkan pemandangan air tenang dan bukit hijau yang sejuk dan asri. Terletak di bagian sisi teluk, wisatawan yang berkunjung dapat menikmati luasnya lautan dengan tambahan ornamen bukit-bukit hijau layaknya Raja Ampat. Dengan gradasi yang pas dan sejuta keindahannya banyak wisatawan yang mengabadikan hal tersebut.

Pemandangan yang ditampilkan adalah salah satu daya tarik bagi wisatawan yang ingin menikmatinya ataupun sekedar berswafoto. Tampilan yang instagenic seakan tak lepas dari tangan penikmat foto, entah itu fotografer alam maupun selebgram.

2. Kehidupan Bawah Laut Layaknya Atlantis yang Tenggelam

Daya tarik lainnya adalah keindahan bawah lautnya yang mempesona. Dengan air yang tenang karena berada dibagian sisi teluk serta keindahan bawah lautnya membuat para pegiat snorkeling tak bisa meremehkan pantai satu ini. Wisatawan dapat membawa sendiri alat snorkeling lalu menikmati kebersihan pantai yang masih sangat terjaga dengan hiasan terumbu karang dan aneka biota laut yang eksotis.

3. Pasir Putih Bak Hamparan Berlian

Wedi putih berasal dari Bahasa Jawa, Wedi yang artinya pasir dan Putih yang artinya berwarna putih. Pasir yang berwarna putih ini pada umumnya disebabkan oleh kadar kuarsa yang sangat tinggi. Pasir putih yang bercampur dengan indahnya pemandangan menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Tekstur pasir yang halus lembut dan tambahan udara hangat menjadi nilai tambah untuk pantai ini. Untuk wisatawan yang hendak membawa keluarga pun sangat cocok jika menambahkan pantai satu ini dalam daftar destinasi karena pasirnya yang lembut cocok untuk si buah hati untuk menghindari iritasi karena kasarnya pasir pantai pada umumnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Wedi Putih

Alamat Pantai Wedi Putih
Image Credit: Instagram.com @tourguidejava

Pantai cantik nan asri ini terletak di kabupaten Malang, tepatnya di Desa Purwodadi, Tirtoyudo. Lokasi surga tersembunyi ini letaknya lebih kurang 70 km dari Kabupaten Malang, wisatawan dapat mengunjungi pantai ini dengan melewati terlebih dahulu Pantai Wedi Awu. Akses menuju pantai bukanlah suatu masalah, namun wisatawan harus menempuh jalur yang tergolong sulit dan berbahaya selepas dari Pantai Wedi Awu.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk menyambangi pantai ini kurang lebih 2,5 jam dari Kabupaten Malang, mengingat jauhnya jarak dan sulitnya medan yang dilalui. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang melancong kesini merupakan wisatawan yang sangat menyukai petualangan. Biasanya wisatawan datang saat libur ataupun cuti kerja telah tiba untuk melepas penat.

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum untuk sampai terlebih dahulu ke Pantai Wedi Awu. Untuk wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi dapat langsung menuju ke Bululawang kemudian lanjut ke Kecamatan Turen, Dampit, Tirtoyudo lalu pergi ke Pantai Wedi Awu dengan bantuan papan penunjuk arah. Wisatawan bisa memarkirkan kendaraan pribadinya di pantai ini untuk kemudian lanjut menuju tujuan.

Sementara untuk wisatawan rombongan ataupun menggunakan kendaraan umum, bisa menaiki bus jurusan Malang – Lumajang yang terletak di Terminal Gadang. Kemudian turun di Tirtoyudo lanjut menggunakan ojek untuk berhenti di Wedi Awu dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ataupun menaiki perahu.

Harga Tiket Masuk Pantai Wedi Putih

Harga Tiket Pantai Wedi Putih
Image Credit: Instagram.com @rezaalmzml

Wisatawan yang membawa rombongan atau menggunakan kendaraan umum seperti bus, bisa mempersiapkan dana sebesar Rp 75.000 untuk sampai ke Tirtoyudo, lalu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek untuk sampai ke Wedi Awu dengan mempersiapkan dana sebesar Rp 50.000 per orang.

Sementara untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dan memarkirkan kendaraannya di Pantai Wedi Awu bisa melanjutkan perjalanan ke tujuan dengan berjalan kaki maupun menaiki perahu. Wisatawan yang ingin menaiki perahu bisa mempersiapkan dana untuk sewa perahu sebesar Rp 40.000 sampai Rp 60.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Wedi Putih

Aktivitas di Pantai Wedi Putih
Image Credit: Instagram.com @khakim_sr

1. Snorkeling

Olahraga berenang dan menyelam yang cukup diminati ini bisa Anda lakukan di Pantai Wedi Putih. Biasanya snorkeling dilakukan di perairan yang mempunyai gelombang tenang seperti halnya pantai ini. Di sini wisatawan tak hanya mendapat pengalaman snorkeling yang berkualitas namun juga sekaligus mencuci mata dengan keindahan bawah laut yang mengagumkan.

2. Menikmati Pemandangan Indah

Jika biasanya pantai hanya memiliki hamparan warna biru laut saja, berbeda dengan pantai satu ini. Disini tak hanya warna biru saja yang Anda lihat, namun juga warna hijau oleh bukit yang ada di sekitaran pantai dan warna putih pasir pantai yang terlihat sangat cantik. Dijamin wisatawan akan terlelap santai dalam pemandangan indahnya.

3. Berswafoto dengan Latar yang Instagenic

Bukan suatu hal yang mengherankan jika pantai ini memiliki pemandangan bak surga dunia, banyak wisatawan yang berkunjung dengan mengabadikan foto bersama keluarga, rombongan, ataupun sendiri dengan background pantai yang indah.

4. Mengabadikan Keindahan Ciptaan-Nya

Semua ciptaan yang dibuat oleh-Nya adalah ciptaan yang sempurna termasuk pantai ini. Gradasi warna yang terlihat cantik nan eksotis serta tambahan bukit hijau yang tertata seakan menjadi hal yang mudah bagi fotografer untuk memotret pantai ini dari semua sisi.

Aktivitas Pantai Wedi Putih
Image Credit: Instagram.com @chesa.shan

5. Merasakan Private Beach dengan Kocek Minim

Pantai ini adalah pantai yang tergolong sulit dilalui karena jauh dari kehidupan kota oleh karena itu, hanya sedikit wisatawan yang berkunjung ke sana. Ombak yang dimilikinya pun dinilai tenang sebab pantai ini berada di bagian sisi teluk. Karena kesunyian inilah yang membuat wisatawan merasa sedang menikmati private beach ala-ala artis Hollywood namun dengan kocek yang minim.

6. Camping Ditemani Semilir Angin

Camping merupakan kegiatan yang sangat cocok dilakukan di pantai ini karena ombak yang tidak besar membuat kegiatan camping tidak berbahaya serta semilir angin yang ditiupkan dari perairan pantai membuat udara menjadi sejuk.

7. Menyusuri Tepian Pantai

Berjalan di tepian pantai merupakan suatu hal yang biasa dilakukan oleh wisatawan pantai pada umumnya, namun pernahkan Anda berjalan di tepian pantai sembari ditemani oleh pasir putih, hijaunya alam, dan birunya air. Anda bisa mendapatkan semuanya di pantai ini, desiran ombak yang lembut dibarengi oleh cantiknya pasir sangat cocok untuk Anda para wisatawan yang ingin berkunjung ke sini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Penginapan Murah Terdekat
Image Credit: Pegipegi.com

1. Homestay Palem Asri

Penginapan ini adalah penginapan terdekat dari Pantai Wedi Putih dengan kamar yang luas, biaya yang tidak terlalu mahal dan sangat disarankan untuk Anda yang membawa keluarga. Penginapan ini mengusung tema minimalis di setiap sisinya difasilitasi dengan Wi-Fi yang membuat Anda tidak ketinggalan informasi walau sedang berkunjung ke pantai ini.

2. Homestay Oktaviani

Homestay ini menjunjung penginapan bertema tradisional khas pedesaan. Area sekitar pantai yang asri dengan rimbunnya pohon serta udara yang sejuk, dapat pula kita rasakan di Homestay Oktaviani yang sederhana dan asri.

3. Nanat’s Homestay

Dengan lingkungan asri nan hijau pantai, Nanat’s Homestay pun menyajikannya di lingkungan penginapan ini. Tampilan penginapan yang minimalis mewah sangat membantu para wisatawan untuk beristirahat disini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wedi Putih Malang

Fasilitas Pantai Wedi Putih
Image Credit: Instagram.com @mariamagda1402

Secara umum fasilitas di wisata pantai ini belum lengkap karena letaknya yang tersembunyi jauh dari pemukiman warga apalagi lingkungan perkotaan jadi wajar saja kalau tidak ada fasilitas umum yang disediakan. Bagi wisatawan yang hendak membuang hajat ataupun makan dan sholat bisa ditemui di kawasan Pantai Awu sebelum menuju ke tujuan.

Demikianlah beberapa hal mengenai Pantai Wedi Putih mulai dari daya tarik, alamat, rute, harga tiket masuk, kegiatan menarik dan penginapan terdekat. Pantai ini terletak jauh dari hiruk pikuk kota serta rute yang sulit untuk dijamah hingga hanya sedikit wisatawan yang berkunjung. Namun karena letaknya yang tersembunyi inilah yang membuat pantai ini terlihat bak surga dunia yang tersembunyi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending