Pantai Wohkudu Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Wohkudu Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Wohkudu salah satu wisata bahari yang masih asri di Gunung Kidul, Jogja yang diapit dua tebing yang menawan. Pantai berbatu yang menjadi lokasi camping favorit di Yogyakarta.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dukuh Wiroso, Wiloso, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Wohkudu menjadi salah satu wisata terkenal dan juga mempesona di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Memang bisa dikatakan jika pantai yang satu ini masih belum seterkenal pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Akan tetapi, pantai ini dapat dijadikan sebagai wisata alternatif saat berkunjung ke Jogja.

Tak dapat dipungkiri, jika Jogja memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Bahkan banyak sekali wisatawan lokal ataupun dari luar negeri yang rela untuk datang guna menikmati liburan di Yogyakarta.

Pastinya wisata Pantai Wohkudu akan menjadi tempat yang paling cocok untuk mengisi kegiatan liburan bersama dengan keluarga. Apalagi dengan pesona keindahannya, akan membuat siapa saja takjub dan tidak menyesal jika datang ke wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wohkudu

Daya Tarik Wohkudu
Image Credit: Instagram.com @wahyustory03

1. Memiliki Sebutan Pantai Perawan

Memang banyak sekali orang yang menyebutnya sebagai pantai perawan. Tentunya dengan adanya sebutan tersebut memiliki alasan yang khusus, karena pantai tersebut memiliki keindahan alam yang yang sangat asri bahkan belum dijamah oleh banyak orang.

Terlebih lagi pantai ini masih belum banyak didatangi oleh para wisatawan, sehingga ketika anda memutuskan untuk datang ke wisata pantai tersebut akan lebih leluasa untuk menikmati keindahan alamnya.

2. Terdapat Dua Tebing yang Menghimpit Pantai

Terdapat salah satu fakta menarik yang tentu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk Pantai Wohkudu. Karena pantai ini dihimpit oleh adanya dua tebing raksasa yang memiliki ukuran besar bahkan sangat tinggi.

Apabila dilihat memang memiliki bentuk yang cukup menakutkan, namun hal inilah yang menjadikan pantai tersebut sangat unik serta memiliki keindahan alam tersendiri.

Dari balik besarnya tebing tersebut terdapat pesona dan juga keindahan alam yang tidak akan ditemukan pada pantai lain. Terlebih lagi tebing tersebut telah ditumbuhi oleh rerumputan hijau sehingga warna dari tebing adalah hijau segar.

BACA:  Pantai Seruni Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

3. Rerumputan hijau

Siapa yang menyangka jika pantai yang sangat cantik dengan pasir saja bahkan sangat jarang adanya tumbuhan. Akan tetapi, di pantai ini terdapat Padang rumput yang sangat luas bahkan jaraknya tidak jauh dari pantai. Biasanya tempat inilah yang digunakan untuk beristirahat sejenak.

Apalagi dengan rumusan yang sangat luas dan hijau, sehingga anda bisa melihat pemandangan secara leluasa sembari bersantai dengan dimanjakan oleh pelayan angin laut.

Daya Tarik Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Aji Prasetyo)

4. Dikategorikan Menjadi Pantai Tersempit

Memang benar jika Gunung Kidul sangat terkenal dengan kawasannya yang sangat eksotik pada bagian. Bahkan seluruh pantai yang ada di kawasan tersebut memiliki lahan yang sangat luas.

Namun hal tersebut akan sangat berbeda pada Pantai Wohkudu Gunung Kidul. Karena pantai ini dikategorikan menjadi pantai paling sempit yang ada di kawasan tersebut. Hal tersebut dikarenakan garis pantai yang dimiliki oleh wisata ini hanya sekitar 20 KM saja. Tentunya hal tersebut sangat berbeda dengan beberapa pantai lainnya.

5. Terdapat Batu Karang Memanjang

Jika kondisi dari air laut sudah surut, maka Anda bisa melihat bebatuan karang yang memanjang. Panjang dari bebatuan karang tersebut mencapai 50 meter ke arah laut dalam.

Tentunya di antara celah-celah karang tersebut terdapat ikan kecil yang hidup ikan berenang dengan santai. Bukan hanya ikan gitu saja, ubur-ubur, bintang laut bahkan juga bulu babi.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu

Alamat & Harga Tiket Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Diy Hajar)

Mengenai lokasi dari wisata bahari ini, bertempat di Kabupaten Gunung Kidul dan berada di Kecamatan Panggang. Anda pun tidak perlu takut kesasar, karena dengan menggunakan aplikasi Google maps anda sudah bisa menuju ke lokasi Pantai tersebut.

Untuk jarak yang ditempuh dari Kabupaten Gunung Kidul menuju ke Pantai hanya sekitar satu setengah jam saja. Untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum, bisa dimulai dari terminal panggang, kemudian Anda harus melewati jalan aspal yang menuju ke selatan. Dan setelah itu Anda akan sampai ke pertigaan yang akan menuju ke Pantai Wohkudu.

Hampir sama dengan destinasi wisata pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Wisatawan yang ingin datang ke wisata ini akan dikenai biaya tiket masuk. Jangan cemas karena tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau.

Para pengunjung yang menggunakan sepeda motor akan dikenakan biaya sekitar Rp 3.000 untuk per orang. Sedangkan bagi para pengguna mobil maka akan dikenakan biaya Rp 5.000. Kemudian nanti para pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir. Yang masing-masing kendaraan akan berbeda. Namun untuk biaya parkirnya akan sesuai dengan tiket masuk.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Wohkudu

Aktivitas Menarik di Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Papi Dadun)

1. Kegiatan Memancing

Pantai Wohkudu ini memang sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan ketika foto dari pemandangan dari wisata tersebut tersebar di media sosial. Sehingga banyak para wisatawan yang datang dan melakukan aktivitas seru seperti memancing. Karena di pantai tersebut memang mempunyai spot untuk memancing lobsteryang bisa dilakukan oleh para pengunjung.

BACA:  7 Pantai di Nusa Penida yang Wajib Dikunjungi

Para pengunjung biasanya akan membawa alat pancing sendiri baru setelah itu mencari spot yang cocok untuk memancing lobster di bagian timur pegunungan. Bukan hanya bisa menyalurkan hobi dalam memancing, tapi dengan adanya kegiatan seperti ini tentu akan membuat para pengunjung semakin senang karena hasil pancingan tersebut bisa dimanfaatkan menjadi kuliner yang enak.

2. Berkemah dengan Tenang

Suasana yang ada di pantai Wohkudu ini sangat tenang, nyaman dan juga sepi. Dengan adanya hamparan tanah yang lapang dan juga luas kerapkali dijadikan sebagai tempat untuk berkemah bagi beberapa pengunjung lain.

Dengan menghabiskan malam di sekitar area pantai dengan mendirikan tenda pasti akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Jika saja Anda bermalam bersama dengan keluarga ataupun sahabat. Terlebih lagi dengan suasana yang sangat tenang bahkan sangat jarang wisatawan yang datang, sehingga serasa bercamping di pantai pribadi.

Bukan hanya itu saja para pengunjung pun bisa dengan bebas melepas penat bersama dengan teman-teman sembari menyalakan api unggun. Apalagi para pengunjung bisa menikmati hasil tangkapan dari memancing secara bersama-sama, yang tentunya akan membuat makan malam semakin nikmat.

3. Duduk Santai Sembari Melihat Indahnya Pemandangan

Seperti yang telah disebutkan di atas jika pantai ini mempunyai pemandangan indah karena memang jarang dijamah oleh orang lain. Yang pastinya sangat cocok untuk melepas penat.

Karena pantai ini dikelilingi oleh adanya tebing yang tinggi, menjadikan tempat ini sangat sejuk dan membuat siapa saja betah ketika datang ke tempat ini. Para wisatawan bisa melihat pemandangan indah seperti burung burung liar yang memang tinggal di sekitaran area tebing tersebut.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Wohkudu

Penginapan Terdekat Pantai Wohkudu
Image Credit: Traveloka.com

1. Penginapan The Royal Joglo

Untuk penginapan yang pertama ini memiliki nama The Royal Joglo. Fasilitas yang dimiliki oleh penginapan ini cukup membuat nyaman bagi siapapun pengunjung yang menginap. Bagaimana tidak, para pengunjung bisa dengan leluasa menikmati wi-fi gratis untuk bisa berselancar di media sosial.

Selain itu, pada saat pagi hari para pengunjung tidak perlu dibangunkan mencari sarapan di luar penginapan. Karena penginapan ini menyiapkan sarapan gratis bagi seluruh pengunjungnya.

Anda pun tidak perlu cemas akan kebersihannya. Karena setiap kamar selalu dirawat dengan baik agar para wisatawan yang menginap di sana nyaman ketika beristirahat. Terlebih lagi dengan layanan mereka yang sangat ramah akan membuat siapapun nyaman ketika berinteraksi.

BACA:  10 Wisata Pantai di Wonosari, Gunung Kidul Paling Hits

2. Penginapan Sea View Sundak Indraprastha

Penginapan yang kedua ini adalah penginapan dengan rating paling tinggi. Karena pada setiap kamar yang dipesan oleh pengunjung bisa secara langsung melihat pemandangan indah lautan yang biru. Tentu suasana seperti ini tidak akan bisa diperoleh ketika berada di rumah bukan?

Kamar yang dimiliki oleh penginapan ini juga sangat bersih dan terawat. Jadi ketika Anda memasuki kamar bisa langsung beristirahat dengan nyaman. Untuk Anda yang lapar saat tengah malam maka bisa memesan makanan pada pihak hotel. Caranya ialah bisa order dengan menggunakan telepon yang disediakan di setiap kamar.

3. Penginapan Queen Of The South Beach Resort

Untuk yang ketiga ini juga terdapat hotel cottage yang memiliki view pantai yang bagus. Bahkan terdapat kolam renang yang berada di area kamar dengan background pantai.

Untuk kamar yang seperti ini tentu saja sangat cocok bagi Anda yang menyukai pemandangan dari laut. Sebab Anda bisa melihat sunrise ketika pagi hari. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

4. Hotel Adinda

Penginapan yang terakhir ini juga memiliki view lautan. Bahkan tempat dari penginapan ini masuk ke dalam zona aman tsunami.

Pada setiap gambar juga sudah disediakan peralatan mandi yang bersih dan juga baru. Jadi para pengunjung tidak perlu khawatir dan yang pasti kondisinya di kamar selalu bersih dan juga terawat.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Pradini Sugiharto)

1. Fasilitas MCK

Pantai Wohkudu telah menyediakan fasilitas MCK yang selalu bersih dan juga terawat. Panitia pengelola wisata di sana memang telah membangun fasilitas ini guna membuat para pengunjung yang datang semakin nyaman.

Tak heran jika pantai yang satu ini sangat cocok apabila digunakan untuk tempat berkemah. Jadi ketika berkemah tidak perlu kebingungan untuk mencari toilet.

2. Warung Makan

Warung makan yang ada di sekitaran area pantai ini memang cukup banyak dan juga berjajar. Untuk itu, Anda bisa dengan mudah menikmati menu sajian khas dari daerah Gunung Kidul. Akan tetapi, Anda juga bisa memilih menu yang diolah dari ikan laut.

Tempat makan ini juga menyediakan berbagai macam minuman segar. Pastinya Anda bisa melepas dahaga sehabis bermain air di Pantai Wohkudu. Bahkan semua harga yang dibanderol untuk semua menu yang ada di warung makan kawasan area pantai tersebut sangat terjangkau dan tidak akan membuat kantong Anda kering. Apalagi jika berkunjung ke sana bersama dengan rombongan.

Demikianlah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai wisata Pantai Wohkudu di Gunung Kidul, Jogja. Di atas tentunya Anda tertarik bukan untuk berkunjung ke wisata ini. Pastikan bahwa terapi sendiri jika berniat untuk melakukan camping.c

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending