Pulau Bidadari Labuan Bajo, Pesona Pulau Eksotis yang Memanjakan Mata

Pulau Bidadari Labuan Bajo, Pesona Pulau Eksotis yang Memanjakan Mata
Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Ada berbagai macam pulau yang bisa dikunjungi saat kita sedang liburan atau memang sedang berencana untuk mencari tempat relaksasi diri. Diantara semua pulau yang ada di Indonesia, ada salah satu pulau yang namanya masih belum terlalu familiar, yakni Pulau Bidadari terletak di Labuan Bajo.

Padahal, pulau yang satu ini tidak kalah menarik dan menawan apabila dibandingkan dengan beberapa pulau lain yang lebih terkenal. Sebab, pulau ini juga menyajikan berbagai macam keindahan yang sanggup membuat orang lain menjadi betah berlama-lama di tempat ini.

Semua keindahan itu tentu saja bisa dipertahankan sebab pihak yang mengurus Pulau Bidadari memang menjaganya dengan bersungguh-sungguh. Hal itu membuat wisatawan yang mengunjungi pulau ini harus mampu mengikuti semua peraturan yang ada di dalamnya agar bisa menikmati tempat wisata dengan lebih baik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Bidadari

Daya Tarik Dimiliki Pulau Bidadari
Image Credit: Instagram jesslyn

Seperti halnya pulau-pulau lain yang terkenal, Pulau Bidadari juga menawarkan berbagai macam daya tarik yang memikat. Hal itu membuat wisatawan yang ingin mengunjunginya menjadi tertarik untuk mengeksplorasi setiap sudut tempat wisata ini. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang bisa Anda temukan saat mengunjunginya:

1. Air Laut yang Biru Jernih

Daya tarik pertama yang dimiliki pulau eksotis di Labuan Bajo tentu saja jatuh kepada air lautnya yang sangat indah. Air yang ada di pulau ini terdiri atas beberapa warna yang sangat memanjakan mata. Warna tersebut yaitu biru kehijauan yang tampak berkilauan terlebih apabila berada pada paparan sinar matahari.

Tidak hanya memiliki warna menarik, namun airnya pun sangat jernih dan dijamin bebas dari sampah apapun. Pengunjung yang sepi membuat kebersihan pulau ini sangat terjaga, sehingga makhluk hidup di bawah laut pun menyenangi tempat ini. Hal ini terbukti dengan banyaknya ikan-ikan kecil yang hidup dan berenang kesana kemari ketika berada di tempat ini.

2. Sejarah Penamaan yang Menarik

Membicarakan pulau ini tidak lepas dari sejarah penamaannya yang begitu menarik dan unik. Berdasarkan sejarah yang dipercayai oleh masyarakat setempat, pada awalnya pulau ini hanya diberi nama sederhana yakni Pulau Bajo. Namun, ternyata di sekitar pulau itu juga ada pulau lainnya yang tidak kalah indah dan bernama Pulau Bidara.

Lambat laun, kedua pulau tersebut dianggap sebagai satu pulau kesatuan yang sama sehingga namanya pun berubah menjadi Pulau Bidadari. Selain fakta sejarah, ternyata ada pula kisah mistis yang turut serta menyelimuti pulau ini. Konon, pada pulau ini sering terlihat sosok misterius yang hanya muncul pada periode tertentu.

Sosok misterius itu kabarnya berwujud perempuan yang sangat cantik dan jelita. Sosok perempuan yang misterius itulah yang membuat pulau ini dinamakan sebagai Pulau Bidadari sebab kecantikannya hampir menyerupai sosok bidadari. Terlebih, sosok itu diperkirakan muncul karena pulau ini memang sangat sepi dan hening.

3. Nuansa Sekitar Pantai yang Sangat Damai

Suasana yang ada di dalam pulau ini memang tampak begitu damai dan tenang. Bahkan, saking tenangnya suasana yang ada di tempat ini banyak yang mengaitkan keberadaannya dengan kehadiran sosok makhluk astral yang tidak kasat mata.

Namun, suasana itu menjadi salah satu alasan utama mengapa mengunjungi pulau ini dapat membawa Anda merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan biasanya. Apabila Anda merasa kelelahan dengan kehidupan asli yang tidak kunjung mereda, maka mengunjungi pulau ini sambil melakukan relaksasi dapat menjadi kegiatan yang sangat tepat.

Daya Tarik Pulau Bidadari
Image Credit: Twitter Alex Journey

4. Tidak Dihuni Oleh Komodo

Karena berlokasi di Nusa Tenggara Timur, mungkin masih banyak masyarakat yang enggan untuk mengunjunginya sebab provinsi tersebut memang cukup identik dengan hewan komodo. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab pulau ini tidak dihuni oleh komodo sama sekali.

Justru sebaliknya, pulau ini dihuni oleh banyak hewan mungil yang sangat tenang dan ikan-ikan yang hanya ada di dalam air. Karena itulah, jika ingin mengunjungi tempat ini Anda bisa merasakan sensasi aman yang sangat tinggi dan tidak perlu khawatir dengan bahaya lain yang tidak diinginkan.

5. Salah Satu Pulau Terindah di Flores Barat

Tidak bisa dipungkiri lagi, Pulau Bidadari memang menyajikan pemandangan yang sangat indah. Bahkan, keindahannya itu menjadikan pulau ini termasuk ke dalam jajaran pulau paling indah se-Flores Barat.

Kawasannya yang cukup sepi membuat pulau ini cocok untuk dijelajahi bersama orang terdekat dan menyaksikan keindahan yang ada di dalamnya. Dijamin, Anda tidak akan merasa bosan untuk meneliti seberapa besar keanggunan yang dimiliki oleh pulau ini.

6. Bentang Pasir yang Lembut

Selain pemandangan yang indah, bentang pasir yang ada di sekitar pantainya juga sangat lembut. Pasir tersebut apabila dipegang menggunakan tangan akan terasa begitu halus dan tidak akan melukai kulit ketika kita berjalan tanpa memakai alas kaki.

Pasir yang berwarna putih itu tampak sangat cantik apabila dilihat dari atas. Bentuknya yang tidak terlalu kasar juga menjadi alasan sempurna mengapa Anda harus bermain pasir di tempat ini bersama anak-anak.

7. Pepohonan yang Rindang

Terakhir, pulau ini dikelilingi oleh pepohonan rindang. Meskipun pohonnya tidak selebat pohon yang ada di pantai lainnya, namun pohon yang ada di tempat ini mampu melindungi pengunjung dari sengatan sinar matahari yang sangat mengganggu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Bidadari
Image Credit: Facebook Visit Indonesia

Pulau Bidadari berlokasi di Labuan Bajo, sebuah daerah yang masih termasuk ke dalam kawasan Kabupaten Manggarai Barat. Pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur seringkali dilupakan sebab popularitasnya kalah jauh dengan Taman Nasional Komodo yang juga berada di provinsi tersebut.

Untuk mencapai pulau ini, Anda bisa berangkat dari pusat daerah Labuan Bajo. Setelah itu, Anda bisa menyewa kapal nelayan untuk sampai pada lokasi pulau dengan segera. Sebab, akses menuju pulau ini hanya bisa dilalui menggunakan alat transportasi laut saja.

Estimasi Biaya Wisata Menuju Pulau

Biaya Wisata Menuju Pulau Bidadari
Image Credit: Instagram Sumba Ocean Phinisi

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi Pulau Bidadari, maka Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya yang terlalu banyak untuk mengunjunginya. Sebab, pulau ini bisa diakses tanpa harus mengeluarkan biaya tiket masuk, sehingga pengunjung bisa mengunjunginya tanpa terhambat biaya yang berlebihan.

Namun, mungkin Anda harus memikirkan biaya transportasi yang harus Anda keluarkan untuk menuju pulau ini. Apabila Anda berasal dari kota besar, maka biaya tiket pesawat yang harus dibayarkan kurang lebih sekitar 500 ribu rupiah. Selain pesawat, Anda juga harus mengeluarkan biaya sewa kapal nelayan yang harganya kurang lebih 100 ribu rupiah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Bidadari

Aktivitas Seru di Pulau Bidadari
Image Credit: Facebook Ipang FLorez

1. Berenang

Ada begitu banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pulau Bidadari, salah satunya yaitu berenang. Air laut yang berada di sekitar bibir pantai ini tidak terlalu dalam, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan olahraga renang selama beberapa waktu.

Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan lingkungan sekitar sehingga Anda tidak perlu berenang terlalu jauh. Berenang di tempat ini juga mampu membuat tubuh menjadi jauh lebih segar daripada sebelumnya, sehingga pastikan bahwa Anda membawa peralatan renang yang lengkap sebelum memutuskan untuk mengunjungi pulau ini.

2. Berfoto

Selanjutnya, Anda bisa berfoto-foto di tempat ini. Pulau ini memang memiliki spot foto yang sangat banyak dan mampu membuat siapapun merasa terpukau dan berminat untuk menjadikannya sebagai latar belakang untuk pemotretan. Terlebih, ketika waktu sudah menunjukkan pukul sore hari, Anda bisa menyaksikan fenomena matahari yang menarik.

Matahari tersebut bisa dilihat secara jelas saat sedang terbenam ataupun sedang terbit. Karena itulah, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah siang atau sore hari sebelum matahari benar-benar menghilang. Potret yang Anda peroleh nantinya pasti akan tampak begitu menakjubkan.

Tidak hanya itu saja, namun pulau ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang foto prewedding. Berfoto bersama pasangan tentu saja menjadi impian banyak orang terlebih disertai oleh latar belakang yang indah dan memikat mata, sehingga alangkah lebih baik apabila Anda menulis nama pulau ini sebagai salah satu daftar pulau yang wajib dikunjungi.

Aktivitas di Pulau Bidadari
Image Credit: Twitter Alex Journey

3. Bersantai

Terakhir, Anda dapat memanfaatkan suasana hening dan damai Pulau Bidadari Labuan Bajo sebagai tempat untuk duduk santai. Anda dapat menggelar tikar yang sudah ada di tempat ini sambil duduk menikmati semilir angin yang berasal dari berbagai sisi menyentuh wajah Anda.

Karena keheningannya itu, tempat ini bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk rekreasi keluarga. Anak-anak tentu sangat menyukai suasana hening yang disajikan tempat ini, dan mereka bisa bermain dengan leluasa ketika berada di tempat ini.

Penginapan Murah Dekat Pulau

Penginapan Dekat Pulau Bidadari
Image Credit: Google Maps Iain Laslett

1. Seaesta Komodo Hostel & Hotel

Penginapan yang bisa dipilih adalah Seaesta Komodo Hostel & Hotel. Penginapan ini mampu membuat pengunjungnya merasakan sensasi pemandangan laut yang menarik dari dalam hotel. Fasilitas yang diberikan pun memiliki kualitas yang sangat tinggi.

2. Loccal Collection Hotel

Untuk hotel yang satu ini, harganya memang cukup mahal yakni sekitar 1 juta lebih. Namun, harga tersebut tentu sudah sesuai dengan kualitas yang disediakan oleh para pengelola hotel yang ada di sini. Jarak tempat penginapan ini dengan Pulau Bidadari pun cukup dekat dan hanya memakan waktu beberapa menit saja.

3. Angel Island Eco Resort

Penginapan ini memiliki lokasi yang sangat dekat dengan daerah pantai, yakni hanya sekitar 80 meter saja. Ada beberapa fasilitas yang diberikan di hotel ini, seperti Wi-Fi gratis dan sarapan pagi yang disediakan oleh pihak hotel. Tidak hanya itu, penginapan ini juga cocok untuk digunakan bersama dengan anak-anak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas di Kawasan Pulau Bidadari
Image Credit: Instagram Digi View

Ketika ingin mengunjungi Pulau Bidadari, tidak perlu bingung sebab fasilitas yang tersedia di pulau ini sudah lumayan lengkap untuk pulau yang belum terkenal. Beberapa fasilitas tersebut antara lain toilet, perahu, restoran, dan lain-lain.

Restoran yang ada di tempat ini juga sudah lama terkenal akan menu makanannya yang mampu memuaskan lidah pengunjung. Harga yang diterapkan pada restoran tersebut memang berbeda dengan restoran biasa, namun hal itu tentu wajar terjadi.

Ketika ingin menggunakan fasilitas perahu, maka pengunjung wajib untuk mengeluarkan uang tertentu sebelum menggunakannya. Umumnya, harga yang harus dikeluarkan untuk menyewa perahu tidak terlalu mahal dan Anda tetap bisa mengelilingi laut dengan tenang bersama penyedia perahu.

Begitulah informasi mengenai Pulau Bidadari di Labuan Bajo yang bisa Anda ketahui ketika berminat mengunjungi pulau eksotis tersebut. Tidak hanya indah saja, namun pulau tersebut mampu membawa Anda untuk merasakan keindahan dunia yang menakjubkan.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending