Pulau Cangkir Tangerang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Cangkir Tangerang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Cangkir salah satu pulau kecil nan memesona di Tangerang. Wisata bahari yang menawarkan pesona hutan bakau, pantai yang indah dan wisata religi ke makam Pangeran Jaga Lautan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 6.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Kronjo, Kab. Tangerang, Banten; Map: Cek Lokasi

Pulau Cangkir ini mempunyai luas wilayah berkisar 2,5 hektar. Tempat ini merupakan destinasi wisata yang terbilang cukup lengkap, sebab memiliki nilai sejarah tersendiri, bisa menjadi tempat ziarah makam, serta dapat melakukan aktivitas wisata bahari.

Nama pulau ini terinspirasi dari bentuknya yang nampak seperti bentuk cangkir. Destinasi ini cukup terkenal baik di daerah Banten ataupun di seluruh Indonesia. Pada awalnya keberadaan pulau ini terpisah dengan Pulau Jawa, namun kini sudah terdapat akses penghubung yang memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Masyarakat di sekitar membuat sebuah jalan sebagai penghubung menuju tempat tersebut menggunakan tanah yang ditumpuk hingga membentuk sebuah urugan di tahun 1995. Di sepanjang perjalanan menuju destinasi wisata Pulau Cangkir, Anda akan melihat berbagai tambak ikan bandeng. Tempat ini sepenuhnya dikelola oleh warga daerah setempat tanpa adanya campur tangan pihak pemerintah.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Pulau Cangkir

Daya Tarik Pulau Cangkir
Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

1. Wisata Religi

Destinasi ini menjadi sebuah wisata religi bagi penganut agama Islam. Di daerah pulau tersebut terdapat sebuah makam yang merupakan tempat peristirahatan terakhir Syeikh Waliyuddin. Beliau merupakan anak pertama dari Sultan Hasanuddin. Beliau juga sekaligus merupakan cucu Sunan Gunung Jati yang ada di Cirebon. Makam tersebut dinilai keramat oleh warga.

2. Penduduk yang Ramah

Tidak setiap tempat memiliki penduduk yang bersikap ramah. Di daerah sekitar tempat wisata ini, para warga sekitar bersikap ramah terhadap pada pengunjung, baik mereka yang merupakan wisatawan dari mancanegara maupun wisatawan domestik.

3. Adanya Hutan Bakau

Keindahan di Pulau Cangkir dilengkapi dengan adanya hutan bakau. Ketika Anda menuju ke pulau ini, Anda akan melihat barisan pohon bakau yang tertanam di sepanjang perairan. Adanya pohon bakau menambah pemandangan semakin terlihat elok.

4. Laut dengan Air yang Jernih

Pulau ini dikelilingi dengan lautan yang memiliki air yang jernih. Di tempat ini wisatawan dapat berenang. Bahkan, di sekitar pantai sudah tersedia tempat penyewaan pelampung. Sehingga, bagi Anda yang tidak dapat berenang dapat memakai pelampung dengan menyewanya.

5. Pusat Perbelanjaan

Sebagai sebuah destinasi wisata, maka di tempat ini juga tersedia pusat perbelanjaan. Terdapat berbagai produk maupun ikan segar yang dijual di berbagai toko yang ada. Bagi Anda yang ingin membeli camilan untuk menemani liburan Anda, Anda dapat membelinya di sekitar sini. Selain itu, jika Anda ingin membawakan oleh-oleh dan souvenir, terdapat beragam pilihan di tempat ini.

Alamat, Rute Lokasi & Biaya Wisata ke Pulau Cangkir

Image Credit: Google Maps (Martha Pranata)

Destinasi wisata ini terletak di daerah Kecamatan Kronjo, tepatnya ada di Desa Kronjo. Jika ditempuh dari Jakarta maka akan sejauh 75 kilometer. Sedangkan jika dari pusat Kota Tangerang berjarak 25 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum dari luar daerah Tangerang, maka Anda dapat turun di terminal Kota Tangerang. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki kendaraan umum yang lain seperti taksi online maupun ojek motor yang telah berjajar di sekitar terminal.

Apabila Anda menggunakan mobil, Anda bisa melalui jalan tol jalur Jakarta-Merak hingga sampai di Tangerang. Kemudian dilanjutkan dengan melewati Jalan Padar Kemis. Ikuti terus jalan ini hingga Anda sampai di Jalan Cadas. Selanjutnya Anda bisa belok kiri ketika menemui tikungan yang pertama. Ikuti jalan ini sampai Anda menemui tikungan lagi, kemudian belok kanan dan Anda sudah sampai.

Setiap pengunjung yang datang ke tempat wisata ini akan dikenai tarif senilai Rp 6.000. Tarif tersebut tergolong murah dan terjangkau bagi semua kalangan. Bahkan dengan tarif tersebut, sudah termasuk dengan memasuki area untuk lelang ikan.

Akan tetapi, bagi Anda yang menggunakan kendaraan untuk sampai di lokasi Pulau Cangkir, maka akan dikenai biaya tambahan sebagai tarif parkir. Untuk satu kendaraan roda dua akan dikenai biaya senilai Rp 3.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat dipatok sejumlah Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Cangkir

Aktivitas di Pulau Cangkir
Image Credit: Facebook.com @bgenk.stile

1. Ziarah Makam

Kegiatan ini menjadi salah satu di antara beberapa hal yang banyak dilakukan oleh umat Islam. Sebab, dengan mengunjungi makam, maka akan semakin mengingatkan dirinya akan kematian, sehingga dapat lebih bijak dalam menjalani hidup.

2. Berenang

Bagi wisatawan yang senang dengan aktivitas yang satu ini, maka tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Hal ini disebabkan karena air lautnya yang jernih serta ombak yang tidak begitu besar, sehingga masih tergolong aman.

3. Berfoto

Berbagai aktivitas berlibur di tempat ini pasti akan menjadi momen tersendiri dalam rentetan pengalaman berlibur Anda. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang menggunakan kameranya untuk membingkai beragam aktivitas mereka di tempat ini. Sehingga foto yang dihasilkan dapat menjadi sebuah kenang-kenangan untuk masa depan.

Penginapan Murah Dekat Dari Pulau Cangkir

Penginapan Dekat Pulau Cangkir
Image Credit: Agoda.com

1. Fame Hotel Gading Serpong

Biaya sewa untuk menginap di hotel ini cukup terjangkau yaitu sejumlah Rp 359.100. Fasilitas yang ada juga cukup memadai, diantaranya wifi, lahan parkir, AC, lift, resepsionis 24 jam, dan restoran. Sehingga ketika Anda ingin merasa lapar, Anda tak perlu bingung untuk mencari tempat makan lagi, karena di penginapan ini telah tersedia berbagai restoran dengan berbagai menu.

Warna ungu menjadi warna yang mendominasi hotel ini. Bangunan ini memiliki gaya minimalis dengan desain interior dan furniture bertema Hollywood. Bahkan pada beberapa kamar diberi sebuah dekorasi berupa karya seni yang menampilkan sosok terkenal seperti Bob Marley, Michael Jackson, dan Elvis Presley.

Total kamar yang ada di hotel ini sejumlah 144 kamar. Terdapat dua jenis kamar yakni Deluxe dan Superior. Pengunjung yang datang juga dipersilahkan untuk memilih apakah akan menggunakan ruangan bebas merokok atau ruangan bebas asap rokok, sehingga pengunjung dapat merasakan kenyamanan yang maksimal.

2. Starlet Hotel Serpong

Jika Anda menginginkan kemudahan untuk menjangkau berbagai tempat dengan mudah, maka Anda bisa menginap di hotel ini. Bahkan lokasi hotel ini hanya memiliki jarak kurang lebih 6,08 kilometer dengan Stasiun Tangerang. Harga yang dipatok untuk menginap satu malamnya juga cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 272.646.

Meskipun biaya yang ditetapkan tergolong murah, namun fasilitas yang disediakan tetap tergolong memadai. Bahkan pelayanannya juga memiliki kualitas yang baik. Di sini Anda tetap dapat menjalankan kepentingan bisnis, sebab di hotel ini juga tersedia akomodasi yang menunjang kepentingan bisnis.

Di tempat ini Anda dapat selalu tersambung dengan jaringan internet, sebab tersedia fasilitas wifi yang bisa diakses oleh para pengunjung. Wifi ini tersebar di berbagai area hotel. Selain itu, di sini Anda juga bisa check ini kapanpun, karena terdapat fasilitas berupa pelayanan resepsionis selama 24 jam.

3. De Green Inn

Penginapan ini terletak di wilayah Neglasari. Jika dari lokasi Stasiun Basoetta, hanya berjarak kurang lebih 3.07 kilometer. Di samping itu, letak penginapan ini juga cukup dekat dengan bandara, sehingga Anda tidak akan kesulitan ketika akan menuju ke bandara dalam waktu singkat.

Dengan adanya suasana yang nyaman dan kelengkapan fasilitas yang ada menyebabkan pengunjung merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Di sini bahkan juga tersedia fasilitas kolam renang, sehingga Anda bisa menikmati waktu bersantai dengan berenang bersama teman berlibur Anda.

Biaya menginap yang dipatok yaitu Rp 139.650. Biaya tersebut tergolong murah dan cukup dapat menghemat anggaran yang Anda miliki untuk kepentingan yang lain. Namun, ketika Anda akan menggunakan fasilitas transportasi dari pihak penginapan, maka Anda diharuskan membayar biaya lagi sejumlah Rp 15.000.

4. Amaris Hotel Citra Raya

Bagi Anda yang ingin menginap di hotel ini, Anda harus menyiapkan Rp 405.000 untuk biaya sewa kamar satu malam. Fasilitas yang tersedia cukup memadai, mulai dari lift, wifi, AC, restoran, dan resepsionis 24 jam. Adanya lift akan mempermudah Anda jika ingin menuju lantai atas tanpa harus berlelah-lelah menaiki tangga.

Restoran yang ada di sini dikenal memiliki menu yang rasanya begitu lezat, sehingga tak jarang wisatawan yang menyukainya. Lingkungan di sekitar hotel juga tampak bersih, sehingga siapapun yang berkunjung pasti akan merasa nyaman dengan kondisi ini. Pelayan yang ada di hotel juga ramah terhadap para tamu yang berkunjung.

Lokasi hotel ini cukup strategis, sehingga akses menuju tempat-tempat umum mudah untuk diakses. Letaknya ada di wilayah Cikupa. Selain strategis, hotel ini juga cukup dekat dengan Citra Raya Water World, yakni hanya berselang jarak 0,05 kilometer. Bahkan dari hotel ini Anda bisa sampai di Eci Plaza hanya dengan menempuh jarak 0,52 kilometer.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Cangkir Tangerang

Fasilitas di Pulau Cangkir
Image Credit: Instagram.com @boedisanz

1. Lahan Parkir

Di setiap tempat wisata pasti menyediakan fasilitas yang satu ini. Sebab, sebagian besar wisatawan yang berkunjung membawa kendaraan sendiri, apalagi mereka yang berasal dari luar daerah. Adanya berbagai daya tarik yang dimiliki oleh tempat ini, membuat pulau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga diperlukan lahan yang cukup untuk parkir.

2. Toilet

Fasilitas yang satu ini juga tak kalah penting keberadaannya. Sebab kebutuhan manusia untuk buang air ataupun hanya cuci tangan dapat datang kapan saja. Sehingga wisatawan tidak perlu bingung untuk mencari toilet ketika sedang membutuhkannya.

3. Mushola

Keberadaan tempat ibadah yang satu ini juga cukup penting, sebab sebagian besar wisatawan yang berkunjung adalah mereka yang merupakan pemeluk agama Islam. Ketika memasuki waktu shalat, maka wisatawan dapat segera menunaikan ibadahnya.

4. Gazebo

Adanya gazebo di tempat ini menciptakan kenyamanan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Sebab pengunjung dapat beristirahat sembari menikmati keindahan pemandangan dari gazebo ini. Anda juga bisa menikmati perbekalan yang sudah Anda bawa dari rumah bersama dengan teman-teman maupun keluarga Anda.

5. Warung Makan

Bagi Anda yang tidak sempat menyiapkan perbekalan untuk berlibur ke destinasi wisata ini, Anda tak perlu bingung, karena di sini sudah didirikan berbagai warung makan. Setiap warung makan pasti menyajikan menu yang beragam, Anda dapat memilih sesuai dengan selera Anda.

Wisatawan akan ramai berkunjung ke Pulau Cangkir ketika memasuki bulan Muharam. Pengunjung yang berdatangan kala itu tak hanya dari daerah sekitar, melainkan dari tempat-tempat yang cukup jauh pula. Biasanya wisatawan datang secara rombongan dengan menyewa kendaraan tertentu.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending