Pulau Cemara Kecil, Karimunjawa

Pulau Cemara Kecil, Karimunjawa

Lokasi: Pulau Cemara Kecil, Kab. Jepara.
Map: Cek Lokasi

Kepulauan Karimun Jawa terletak di sebelah utara kota Jepara, dan ditempuh perjalanan sekitar 3-4 jam. Ada kurang lebih 27 pulau yang bersemanyam di pulau ini, masing-masingnya menyimpan pesona bawah laut. Salah satu gugusan pulaunya adalah Pulau Cemara Kecil, yang terkenal akan kecantikan terumbu karangnya. Berbekal panorama alam serta perairan yang jernih, Cemara Kecil bisa menjadi solusi untuk mengisi waktu liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Cemara Kecil

Daya Tarik Pulau Cemara Kecil
Image Credit: Wikivoyage.org

Untuk mencapai pulau cantik ini Anda harus menyewa kapal dari dermaga Karimun Jawa. Dari puluhan pulau dari utara kota Jepara ini, hanya pulau Cemara Kecil yang tidak berpenghuni. Karena tidak mempunyai dermaga untuk tempat kapal bersandar, jadi Anda harus berjalan kaki menuju pulau. Tidak perlu khawatir tenggelam sebab perairan pulau ini sangat dangkal. Meskipun begitu pulau menyimpan pesona wisata yang tidak ada di tempat lainnya.

Pulau Cemara Kecil menyuguhkan panorama laut dan kekayaan bawah laut yang menajubkan. Kondisi airnya begitu jernih dan tampak berkilauan saat diterpa oleh sinar matahari. Dari atas perahu saat menyebrang Anda bisa langsung melihat terumbu karang yang terlihat indah. Jarak antara terumbu karang dengan permukaan laut sekitar 2-4 meter. Akan terasa lebih dekat lagi ketika air laut sedang surut bahkan bisa dipegang tanpa perlu menyelam.

Seperti kebanyakan alam bawah laut, perairan Pulau Cemara Kecil juga dipenuhi biota laut yang unik. Banyak ikan wara-wiri dari beragam spesies, terkadang bersembunyi di sela-sela terumbu karang. Anda bsia menyasikan keindahan alam ini saat melakukan kegiatan snorkeling. Pengunjung diajak bertemu kumpulan ikan badut, ikan bulat, hingga kawanan kuda laut merah. Jangan lupa membawa kamera underwater untuk mengabadikan momen di bawah laut.

Daya Tarik Pulau Cemara Kecil Karimunjawa
Image Credit: Detik.com

Kehidupan bawah laut Pulau Cemara Kecil memang tidak bisa ditolak keelokannya. Disini Anda akan bertemu dengan banyak koral, yang mempunyai ukuran dan warna unik. Ada koral besar yang berbentuk seperti otak, serta beberapa koral yang berbentuk bunga. Jajaran koral tersebut ada yang memiliki warna ungu atau biru, saat terpantul sinar matahari bisa berganti dengan warna lainnya.

Untuk pertama kalinya Anda akan melihat bintang laut berwarna biru, yang kerap muncul di permukaan pantai. Puluhan bulu babi juga ikut menampakkan diri ketika ada wisatawan yang berkunjung. Tetapi Anda perlu berhati-hati saat menjelajahi perairan Cemara Kecil, terutama saat air laut surut. Sebab ketika Anda salah melangkah dikhawatirkan bisa menginjak terumbu karang. Selain itu beresiko kaki terluka karena ketajaman duri pada bulu babi.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Cemara Kecil

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Cemara Kecil
Image Credit: Kelanakecil.wordpress.com

Pulau yang terkenal dengan panorama bawah laut ini tidak begitu jauh dari pusat dermaga. Untuk mencapai Pulau Cemara Kecil Anda hanya membutuhkan sekitar 10 menit perjalanan. Berangkat dari Pulau Karimunjawa Besar menggunakan speedboat yang dapat memuat kurang lebih 10 penumpang. Sayangnya disini tidak ada dermaga untuk tempat kapal menepi. Jadi pengunjung diturunkan di tengah laut dan berjalan kaki sampai ke pinggir pantai.

Apabila berangkat dari terminal kota Jepara, Anda perlu mengambil rute menuju Pelabuhan Kartini. Setibanya di pelabuhan langsung membeli tiket kapal feri, yang akan membawa Anda ke lokasi. Ada dua pilihan kapal yaitu Kapal Singinjai dengan harga 80 ribu, dan Kapal Bahana Express seharga 150-175 ribu. Setelah sampai di pelabuhan Anda langsung menyewa speedboat untuk menuju Pulau Cemara Kecil.

Untuk menyewa speedboat Anda perlu mengeluarkan budget sekitar 100 ribuan. Kisaran harga ini masih bisa berubah, apalagi saat musim liburan datang. Jadi supaya menghemat pengeluaran Anda dapat mengikuti open trip Karimunjawa. Tarif speedboat nantinya bisa ditanggung dengan beberapa wisatawan lainnya. Dari kejauhan Anda sudah bisa melihat keindahan salah satu pulau di Karimunjawa yang tampak mungil.

Biaya Wisata ke Pulau Cemara Kecil Karimunjawa

Biaya Wisata ke Pulau Cemara Kecil Karimunjawa
Image Credit: Karimunjawa.co.id

Apabila berangkat dari kota Semarang Anda harus meneruskan perjalanan ke Pelabuhan Kartini Jepara. Ada banyak akomodasi yang bisa digunakan mulai dari bus kota, hingga sewa kendaraan. Untuk bus biasanya akan dikenakan tarif sekitar 50 ribu, sedangkan untuk rental mobil atau motor sekitar 50 ribu per hari. Dari Jepara ke Karimunjawa wisatawan harus menaiki kapal feri KMP Singinjai. Jadwal keberangkatannya hanya hari Senin, Rabu, dan Sabtu.

Anda perlu mengeluarkan budget sekitar 75 ribu, untuk menaiki KMP Siginjai kelas ekonomi. Untuk menuju Pulau Cemara Kecil Anda membutuhkan pengeluaran sebesar 50-100 ribu. Tetapi tarif tersebut bisa dipatung bersama wisatawan lainnya dalam satu kapal. Sedangkan biaya tiket masuknya kurang lebih 10 ribu rupiah. Supaya liburan lebih memuaskan Anda bisa menyewa salah satu homestay, dengan biaya 150 ribu per malam.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Cemara Kecil

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Cemara Kecil
Image Credit: Karimunjawa.co.id

Pulau ini terkenal sebagai pulau tidak berpenghuni, dan menawarkan suasana sunyi yang menenangkan. Bisa dibilang nuansa pulaunya cocok digunakan sebagai tempat mencari ketenangan sejenak. Anda bisa menyusuri sepanjang bibir pantai sambil menikmati halusnya pasir pantai. Angin semilir khas kawasan laut membuat pikiran penat menjadi lebih rileks. Sambil duduk santai di pinggir pantai, Anda dapat melihat kanan kiri pulau yang dikelilingi gugusan pulau.

Tentunya Anda tidak boleh melewatkan agenda snorkeling, untuk melihat keindahan bawah laut. Jika air laut sedang surut pengunjung boleh berjalan diatas permukaan air laut. Sembari menikmati keindahan rupa terumbu karang, dan biota laut yang muncul ke permukaan. Disini pengunjung diperbolehkan untuk melakukan diving, asalkan kondisi cuaca bersahabat. Takutnya saat ombak besar dan angin kencang bisa membahayakan keselamatan.

Pulau Cemara Kecil juga menyediakan spot memancing bagi Anda yang mempunyai hobi serupa. Hasil tangkapan bisa diolah menjadi bakaran ikan segar, sebagai santapan saat siang hari. Memasuki waktu sore hari biasanya saat yang tepat untuk mengambil swafoto. Sebab langit masih cerah dan matahari sudah sedikit teduh. Selain itu landscape panorama alam sangat terlihat dari jarak dekat. Jadi hasil foto nantinya akan terlihat instagramble tanpa perlu editing.

Menjelang malam hari Anda bisa berkemah di pinggiran pantai, dan membagun tenda-tenda kecil. Oleh sebab itu sebelum berangkat ke Pulau Cemara Kecil, Anda harus melengkapi diri dengan berbagai perbekalan. Mengingat pulau ini tidak berpenghuni jadi kecil kemungkinan menemukan tempat penyewaan. Agenda camping menjadi favorit para wisatawan karena rasanya seperti dekat dengan alam. Apalagi sambil melihat gugusan bintang saat malam mulai larut.

Penginapan di Pulau Cemara Kecil

Penginapan di Pulau Cemara Kecil
Image Credit: Kurakuraresort.com

Rasanya tidak puas mengunjung pulau cantik ini dalam waktu satu atau dua hari. Setidaknya 3-4 hari tinggal disini sambil menjelejahi gugusan pulau lainnya. Ada beberapa penginapan yang jaraknya cukup dekat dari lokasi Pulau Cemara Kecil. Anda tinggal memilih sesuai budget yang sudah dipersiapkan. Mulai dari kelas ekonomi hingga sekelas hotel berbintang, serta menawarkan fasilitas kamar yang berbeda-beda.

Kura-Kura Resort menjadi penginapan bintang empat yang lokasinya paling dekat. Pengunjung yang menginap disini akan mendapatkan fasilitas berupa sarapan gratis. Selain itu terdapat fasilitas kolam renang dan gymnasium, yang membuat liburan semakin lengkap. Atau menyewa Inn yang tarifnya sekitar 80-250 ribu per malam, sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Ada pula homestay yang menawarkan fasilitas sekelas hotel, tetapi dengan budget yang lebih sedikit. Tetapi lokasi homestay tidak berada di dalam pulau, kebanyakan berada di Karimunjawa pusat. Dengan desain penginapan dibuat seperti rumah, homestay menawarkan kenyamanan tempat untuk beristirahat. Anda cukup mengeluarkan budget tidak lebih dari 100 ribu per malam.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Cemara Kecil

Fasilitas di Pulau Cemara Kecil
Image Credit: Pinterest.com @the_nextstop

Tidak ada fasilitas khusus yang tersedia di pulau ini, karena termasuk pulau tidak berpenghuni. Pengunjung bahkan disarankan untuk membawa peralatan memancing sendiri. Bahkan jika ingin snorkeling harus sudah menyewa perlengkapan di Karimunjawa besar. Sekalipun dermaga tidak tersedia di tempat wisata ini, jadi bisa dibilang tidak ada kehidupan manusia di dalamnya. Tetapi pesona alamnya bisa membuat pengunjung betah berlama-lama disini.

Kepulauan Karimunjawa tidak henti-hentinya memberikan pesona alam kepada para wisatawan. Kali ini kehadiran Pulau Cemara Kecil cukup menghipnotis pengunjung lewat kekayaan bawah lautnya. Disini Anda bisa menikmati terumbu karang dengan bentuk serta warna yang unik. Selain itu keberadaan biota laut seperti bintang laut biru, dapat Anda temukan disini. Mulai dari snorkeling hingga diving bisa dilakukan untuk menikmati liburan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending