Pulau Cinta Gorontalo – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Cinta Gorontalo - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Cinta salah satu wisata bahari yang terkesan romantis di Gorontalo. Pulo Cinta merupakan eco-resort yang unik berbentuk hati mirip dengan resort di Maldives.

Biaya Wisata: Mulai Rp 3.000.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Patoameme, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo, Gorontalo; Map: Cek Lokasi

Berada jauh dari keramaian kota dan termasuk sebagai pulau terpencil, Pulau Cinta malah menjadi destinasi wisata alam yang sangat populer di Gorontalo. Pasir putihnya yang indah, lautnya yang jernih dengan hamparan terumbu karangnya yang mempesona, dan hutan bakaunya yang asri sangatlah memikat pengunjung.

Pulau yang berada di Teluk Tomini, Gorontalo ini selain terkenal dengan panorama alamnya yang luar biasa, konon memiliki legenda yang tak kalah romantis dengan spot wisata lain. Dikatakan bahwa dahulu pulau ini menjadi tempat persembunyian dan saksi bisu cinta terlarang antara seorang putri jelita anak saudagar Belanda dan Pangeran Gorontalo.

Dengan didukung oleh legenda dan keindahan alamnya yang mempesona, pulau berbentuk hati ini menjadi sangat populer dikalangan pasangan dan keluarga. Selain itu, Eco Resort yang mengelola tempat ini juga memberi pengaruh lebih dan semakin menarik keluar pesona pulau tujuan wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Cinta Gorontalo

Daya Tarik Pulau Cinta
Image Credit: Instagram.com @menzto

1. Pulaunya yang Berbentuk Hati

Sesuai namanya, pulau inipun memiliki bentuk hati yang begitu terlihat jika dipandang dari atas pulau. Bentuknya yang unik ini membawa kesan romantis bagi para pasangan yang berlibur dan honeymoon di sini.

2. Tempatnya yang Cocok untuk Berfoto

Memiliki pemandangan alam yang mempesona membuat kegiatan liburan Anda di pulau berbentuk hati ini sangat pas untuk diabadikan dalam potret kamera.

3. Pemandangan Langit yang Indah

Anda dapat melihat hamparan bintang di langit malam dari area ini. Bintang-bintang tersebut akan menerangi malam Anda ketika berwisata di sini. Tempatnya yang begitu jauh dari perkotaan membuat langit tampak bersih tanpa polusi udara.

BACA:  Pulau Sangiang Serang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Anda juga tak perlu repot pergi jauh karena pemandangan sunset dan sunrise dapat Anda lihat sekaligus dari cottage tempat Anda menginap di Pulo Cinta.

4. Pesona Laut Biru yang Jernih

Lokasinya yang jauh dari kota dan terjaga dari polusi air membuat langit di sekitar pulau begitu jernih dan memancarkan warna biru safir yang mempesona. Lautnya yang jernih membuat wisatawan dapat dengan mudah menikmati pemandangan indah yang tersembunyi dibalik laut.

5. Penginapan yang Berdiri di Atas Air

Penginapannya yang berbentuk rumah panggung dan berada di tengah laut menjadi salah satu icon wisata daerah ini. Apalagi penginapan yang terbuat dari kayu dan beratap jerami tersebut menjunjung konsep eco friendly sehingga wisatawan tidak perlu takut akan dampak tempat pariwisata ini pada lingkungan alam di sekitar pulau.

Daya Tarik Pulau Cinta Gorontalo
Image Credit: Instagram.com @menzto

6. Snorkel Langsung dari Mana Saja di Area Resort

Dari cottage tempat menginap, wisatawan dapat langsung berenang dan menikmati keindahan laut yang berada di bawah tempat tidur. Anda tidak perlu repot-repot bepergian jauh karena Anda di kelilingi langsung oleh laut dengan keindahan yang luar biasa.

7. Spot Diving yang Mempesona

Terdapat beberapa area diving atau menyelam dengan keindahan alam bawah lautnya yang mempesona. Disana pengunjung dapat melihat berbagai macam biota laut yang ada di Gorontalo serta berbagai rupa terumbu karang yang cantik. Lokasi tersebut dapat dicapai dengan kapal boat yang disewakan oleh pengelola.

8. Tempat yang Cocok untuk Meditasi

Tempatnya sebagai pulau terpencil membuat Pulau Cinta Gorontalo menjadi begitu tenang dan jauh dari polusi udara, suara, maupun air. Alasan tersebut cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan terhindar dari hal-hal itu dan bermeditasi sejenak untuk menyatukan diri dengan alam.

9. Hutan Bakau yang Lestari

Area pantai pulau ini di kelilingi oleh hutan bakau yang cukup besar. Selain berfungsi untuk melindungi pulau ketika air pasang datang, hutan ini juga memikat pengunjung untuk berpetualang di sekitar hutan dan menikmati pemandangannya yang tak kalah luar biasa.

10. Dikelilingi Pulau-Pulau Kecil

Untuk wisatawan yang bosan dengan wisata air saja, Anda dapat menyewa perahu dan berkeliling ke pulau-pulau kecil di sekitar lokasi wisata ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Pulo Cinta

Lokasi Wisata Pulo Cinta
Image Credit: Instagram.com @pulaucintagorontalo

Destinasi pariwisata alam yang sangatlah terkenal sebagai tempat berbulan madu para pasangan muda ini berlokasi di Teluk Tomini, Desa Patoameme, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

Wisatawan yang datang dari luar daerah Sulawesi dapat mengambil jalur penerbangan Bandara Jalaludin, Gorontalo. Jam penerbangan di pagi hari sangat disarankan, hal tersebut karena dari bandara wisatawan masih harus menempuh 2 jam perjalanan darat dengan kendaraan roda dua atau roda empat ke Pelabuhan Tilamuta di Kabupaten Boalemo.

BACA:  Pulau Padar Labuan Bajo - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Jika wisatawan sudah memesan penginapan terlebih dahulu, Anda tidak perlu repot mengeluarkan biaya transportasi lagi karena dari pihak pengelola biasanya sudah menyediakan tumpangan kendaraan gratis. Setelah tiba di Pelabuhan Tilamuta, barulah dilanjutkan dengan 15 hingga 30 menit perjalanan laut dengan perahu motor ke Pulau Cinta.

Untuk penyeberangan dengan perahu motor sendiri dibagi menjadi 2, yang pertama yaitu gratis bagi wisatawan yang sudah memesan kamar untuk 3 hari 2 malam. Kemudian yang kedua, bagi wisatawan yang hanya memesan penginapan untuk 2 hari 1 malam akan dikenakan biaya sebesar Rp 500.000,-.

Biaya Wisata ke Pulau Cinta Gorontalo

Biaya Wisata Pulau Cinta Gorontalo
Image Credit: Instagram.com @pulaucintagorontalo

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung dan berwisata di Pulau Cinta, Anda harus membayar mulai dari Rp 3.000.000,- hingga Rp12.000.000,- per harinya. Tergantung dengan paket wisata yang ingin Anda ambil.

Jumlah pembayaran tersebut sudah termasuk dengan fasilitas transportasi di Pelabuhan Tilamuta sampai ke area pulau, sewa peralatan diving dan snorkling, dan 3 kali makan sehari yang disediakan dengan konsep makan prasmanan di spot pantai di tengah pulau yang romantis ini.

Menjadi tempat yang populer tidak membuat pulau berbentuk hati ini memiliki banyak pilihan penginapan. Pulo Cinta nan romantis yang tadinya tidak berpenghuni itu hanya dikelola oleh resort pertama serta satu-satunya yaitu Eco Resort.

Eco Resort sendiri merupakan sebuah penginapan dengan konsep ramah lingkungan yang dibangun dengan banyak mempertimbangkan dampak keberadaannya terhadap lingkungan. Resort berbentuk cottage, dengan bangunan-bangunannya yang berbentuk rumah panggung yang terbuat dari kayu dan berdiri di tengah laut biru nan jernih.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Cinta

Kegiatan Dilakukan di Pulau Cinta
Image Credit: Instagram.com @pulaucintagorontalo

1. Snorkling dan Diving

Untuk wisatawan yang menyukai aktivitas air, Anda tak perlu khawatir karena di setiap cottage sudah disediakan dengan peralatan snorkel sehingga wisatawan dapat langsung berenang di sekitar cottage dan menikmati pemandangan terumbu karang di bawah jalanan resort.

Sementara untuk kegiatan menyelam, cukup menyewa perahu dan dalam waktu 5 menit wisatawan akan langsung tiba di spot-spot menyelam yang memiliki pemandangan luar biasa.

2. Berjalan-Jalan di Pulau

Untuk Anda yang tidak begitu suka berenang, berjalan-jalan dapat menjadi pilihan yang menarik. Meski terhitung memiliki ukuran pulau yang kecil tetapi pulau ini tetap asyik untuk dijelajahi oleh para wisatawan. Apalagi mengingat tidak hanya pantai pasir putihnya yang menghampar di penjuru pulau, tetapi terdapat pula bukit kecil dan hutan hijau yang indah.

3. Menikmati Sunset dan Sunrise

Wisatawan dapat melihat pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit langsung dari penginapan apung yang sudah disewa. Dengan jarak setiap penginapan yang cukup lebar, dapat dipastikan di tempat manapun Anda menginap di pulau Cinta, Anda akan mendapatkan pemandangan sunset dan sunrise yang terbaik.

4. Memandang Hamparan Bintang di Langit Malam

Dengan langit malamnya yang gelap dan bebas dari polusi udara, pengunjung bisa melihat bintang-bintang yang berkilau dengan begitu terang di langit Gorontalo. Bintang-bintang yang menghampar di langit ini terlihat begitu luar biasa jika dilihat sembari memandang lautnya yang begitu jernih dan memantulkan kilauan bintang di langit.

BACA:  Pulau Tidung Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

5. Berpetualang di Hutan Bakau

Untuk Anda yang memang suka berjalan-jalan dan mencoba segala jenis kegiatan yang ada di area pulau, Anda dapat mencoba merasakan petualangan di hutan bakau tak jauh dari pesisir pantai. Hutan bakau yang hijau tersebut memiliki daya tarik tersendiri dan jika Anda beruntung, Anda akan melihat beberapa biota laut yang tinggal di dekat tumbuhan bakau.

6. Berkunjung ke Pulau-Pulau di Sekitar Resort

Meski hanya memiliki satu pulau dengan resort yang megah, pulau ini masih memiliki anakan pulau kecil di sekitarnya yang bisa wisatawan kunjungi dan tentu saja sangat terawat alamnya.

7. Berfoto

Seluruh tempat di pulau ini sangatlah menarik dan memiliki pemandangan yang mempesona. Anda bisa berlibur sembari hunting foto sebanyak-banyaknya karena keindahan yang ada di alam sekitar tidak ada habisnya.

8. Dinner di Tepi Pantai yang Romantis

Hal ini menjadi fokus utama banyak pasangan yang honeymoon ke Pulau Cinta, dengan fasilitas yang disediakan oleh pengelola, pengunjung dapat menikmati makan malam yang romantis di tepi pantai bersama dengan pasangan Anda dan dalam penerangan lilin-lilin kecil yang indah.

Fasilitas yang Tersedia di Pulo Cinta Gorontalo

Fasilitas di Pulo Cinta Gorontalo
Image Credit: Instagram.com @atupatotour

Berada jauh dari kepulauan dan termasuk dalam daerah terpencil tidak membuat pulau ini minim fasilitas. Dengan pengelolaan yang baik, wisatawan akan menemukan fasilitas-fasilitas yang memadai. Pengelola Pulo Cinta Eco Resort menyediakan wifi gratis di area pulau, televisi, air bersih di setiap cottage, dan tempat persewaan peralatan diving dan snorkling.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir akan kelaparan karena terdapat layanan resto resort yang menyuplai makanan dan minuman Anda selama berlibur. Para tamu juga disediakan spot khusus di tengah pulau yang bertema prasmanan untuk kebutuhan makan 3 kali sehari. Tentu saja dengan rasa yang lezat dan menunya yang berbeda-beda setiap harinya.

Pengelola juga menyediakan fasilitas antar jemput di bandara dan transportasi laut. Anda tidak perlu khawatir akan dikenakan biaya tambahan untuk fasilitas-fasilitas tersebut karena biaya penginapan di Pulau Cinta sudah termasuk dengan biaya semua fasilitas yang ada di pulau ini.

Dengan banyaknya kegiatan dan keindahan yang ditawarkan di Pulau Cinta, tentu saja liburan ke tempat ini dapat dipastikan akan menjadi pengalaman berharga. Apalagi untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama pasangan dan keluarga, tempat yang menjunjung privasi pengunjungnya ini dapat membuat liburan Anda menjadi lebih berwarna.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending