Pulau Dua Tambrauw, Pulau Eksotis Nan Cantik yang Memanjakan Mata

Pulau Dua Tambrauw, Pulau Eksotis Nan Cantik yang Memanjakan Mata
Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Distrik Werbes, Kab. Tambrauw, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Dua Tambrauw merupakan wisata pulau yang terletak jauh di wilayah timur Indonesia, yaitu di Provinsi Papua Barat. Berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah utara, sepasang pulau ini juga dikenal masyarakat sekitar dengan nama lain, yaitu Pulau Amsterdam dan Meossu. Jika Anda berkunjung ke pulau ini, bersiaplah untuk menempuh perjalanan yang cukup melelahka.

Terlebih jika Anda berkunjung dari pulau-pulau besar di kawasan barat Indonesia. Pasalnya, Anda tidak hanya wajib menempuh perjalanan udara untuk mencapai Sorong, kota terdekat dari Tambrauw, Anda juga perlu menempuh perjalanan laut atau darat, lalu perjalanan laut lagi untuk mencapai lokasi.

Keeksotisannya memang sangat patut diacungi jempol. Tidak hanya itu, sepanjang jalan menuju ke Pulau Dua Anda akan disajikan berbagai hal ‘unik’ yang takkan Anda jumpai di wisata lain. Tentunya, ini karena medan yang tidak mudah ditempuh. Hutan di kanan-kiri, penerangan yang minim, serta ketidaktersediaan akomodasi yang dekat dari pulau menjadikan spirit petualang Anda jadi makin membuncah!

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Dua

Daya Tarik Dimiliki Pulau Dua
Image Credit: Facebook Erwin Rate

1. Pantai yang Indah

Keindahan pantai di pulau ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski tidak seterkenal Raja Ampat yang masih berlokasi di provinsi yang sama. Hamparan pasir putihnya memang tidak terlalu luas, namun bukan berarti Anda tidak bisa bersantai dengan nyaman di pantainya.

Tak hanya hamparan pasir yang akan menyambutmu sesampainya di pantai, ragam pepohonan pantai dan angin yang berembus sepoi-sepoi dengan ramah menyambutmu di pantai pulau yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik ini.

2. Pantai yang Masih Alami

Dengan keterbatasan fasilitas yang tersedia dan akses yang termasuk susah menuju pulau ini, kealamian Pulau Dua Tambrauw ini masih sangat terjaga. Jarang sekali ditemukan sampah yang berserakan di pantai. Oleh karena itu, rasanya penat selama perjalanan ke pulau ini akan terbayar.

3. Air Laut yang Jernih dan Nampak Biru dari Kejauhan

Gradasi warna yang cantik; yaitu dari warna coklat muda pasir pantai, biru kehijauan, dan semakin tua ke tengah laut begitu memanjakan mata setiap pengunjung pulau. Ombak laut cenderung tenang, jadi Anda tidak perlu khawatir kalau Anda ingin sekadar berenang santai di tepi pantai.

Daya Tarik Pulau Dua
Image Credit: Facebook Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

4. Konon, Pulau Ini adalah Pulau Tak Berpenghuni

Meski tidak ada sumber yang menyatakan secara gamblang membahas mengenai hal ini, beberapa sumber mengatakan bahwa pulau cantik di Tambrauw merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Hal ini disebabkan karena penduduk asli Pulau Dua diungsikan ke Biak karena seringnya terjadi konflik bersenjata di kawasan tersebut.

Walau begitu, Anda masih dapat melihat beberapa rumah warga di pulau tersebut. Karena tidak ada warga, tidak ada warung penjaja makanan juga yang bisa Anda kunjungi saat lapar menyerang.

5. Keindahan Laut yang Bikin Anda Berdecak Kagum

Jika Anda merupakan pencinta olahraga diving, Anda bisa melakukannya di pulau ini juga. Meski demikian, Anda perlu membawa peralatan sendiri karena di pulau ini tidak terdapat persewaan alat-alat untuk diving.

Demikian pula halnya apabila Anda mengincar keindahan laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik ini dengan kacamata snorkelingmu. Keindahan bahari di perairan sekitar pulau ini menjadikan spot ini pantas dijadikan sebagai spot snorkeling di kawasan Papua Barat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Image Credit: Facebook Janny Rotinsulu

Pulau Dua terletak di Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat. Lebih tepatnya, pulau ini berada di daerah Werur, Koor, Tambrauw. Untuk berkunjung ke pulau ini Anda mungkin dapat menghabiskan waktu lebih dari sehari semalam, terlebih jika Anda mengandalkan jalur darat untuk mencapai kawasan Werur di Kabupaten Tambrauw.

Rute yang harus ditempuh untuk menuju Pulau Dua di Tambrauw adalah sebagai berikut:

1. Dari Domisilimu, Ambil Penerbangan Menuju Sorong atau Manokwari

Dari Jakarta, harga tiket pesawat (per Agustus 2021) menuju kedua kota tersebut kurang lebih setara. Namun, penerbangan langsung dari Sorong lebih banyak daripada ke Manokwari. Penerbangan ke Manokwari didominasi oleh penerbangan dengan transit sekali hingga empat kali.

Maskapai yang melayani penerbangan dari Jakarta menuju Sorong atau Manokwari kurang lebih sama, misalnya Batik Air, Lion Air, Sriwijaya, Garuda Indonesia, bahkan maskapai asing seperti Air Asia.

2. Sorong/Manokwari à Werur, Tambrauw

Dari Sorong atau Manokwari, Anda perlu menyewa kendaraan untuk menuju Werur, yang berlokasi di Kabupaten Tambrauw. Werur merupakan sebuah kampung yang terletak di Distrik Werur. Distrik ini merupakan distrik terdekat untuk menuju lokasi pulau ini.

Dari Sorong, Anda bisa menumpang angkutan untuk menuju Pantai Werur di Tambrauw. Anda bisa juga menyewa kendaraan secara pribadi, namun biaya yang perlu Anda siapkan jauh lebih besar-yaitu sekitar 4-5 jutaan rupiah per kendaraan sekali jalan (mobil Hilux).

3. Werur à Pulau Dua

Dari sini, Anda dapat menggunakan kapal speedboat untuk menuju kawasan pulau. Biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Untuk kelas eksekutif, biaya yang ditarik tentunya lebih besar daripada kelas ekonomi. Namun perlu diingat, pelayaran tidak setiap hari tersedia.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau
Image Credit: Facebook Erwin Rate

Untuk menuju ke Pulau Dua Tambrauw, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Akan tetapi, seperti yang mungkin sudah Anda perkirakan, biaya transportasi yang harus Anda bayar lumayan besar. Rinciannya adalah sebagai berikut (dengan anggapan Anda berangkat dari Jakarta menuju Sorong):

  • Biaya perjalanan Sorong ke Werur via darat: Rp 4.000.000,- s.d. Rp 5.000.000,- (sewa Mobil Hilux sekali jalan)
  • Biaya speedboat Werur ke Pulau Dua: Rp 100.000,-

Sebagai opsi alternatif, Anda juga bisa memilih untuk melakukan perjalanan udara dari Sorong ke Sausapor. Penerbangan menuju Sausapor dari Manokwari pun juga bisa dipilih untuk menghindari melintas jalur darat yang memang masih ‘hutan’. Penerbangan Manokwari – Sausapor hanya tersedia pada Selasa dan Jumat dengan tarif sebesar ±Rp 300.000,- per penumpang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Dua

Aktivitas Seru di Pulau Dua
Image Credit: Facebook Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

1. Berenang di Tepi Pantai

Puaskan hobi berenangmu saat mengunjungi Pulau Dua Tambrauw. Dengan ombak yang tidak begitu ganas (asal tidak terlalu jauh dari pantai), Anda bisa dengan puas melakukan olahraga air yang satu ini.

2. Diving

Asal Anda mampu membawa peralatan sendiri, tidak ada satu pun orang yang akan melarangmu untuk menyelam. Perlu diingat, selalu jaga keselamatan diri sendiri saat menyelam, ya!

3. Snorkeling

Lihat lebih dekat kehidupan bawah laut dengan melakukan kegiatan ini. Tentunya, Anda perlu membawa peralatan sendiri karena tidak ada persewaan alat snorkeling di sana.

4. Bersantai di Pantai

Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat disarankan saat berkunjung ke Pulau Dua. Pasalnya, di pulau yang sepi ini, Anda tidak perlu khawatir akan berdesakan dengan pengunjung lainnya. Temukan spot terbaikmu, dan nikmati keseruan bersantai di pulau tak berpenghuni ini. Menarik bukan?

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan Terdekat Pulau Dua
Image Credit: Google Maps Swiss Belhotel Manokwari

1. Mess Distrik Kebar

Mess yang dimiliki pemerintah daerah ini terbilang cukup sering disinggahi oleh pelancong yang berencana ke spot wisata Kabupaten Tambrauw. Sayangnya, tidak ada keterangan berapa uang yang perlu Anda siapkan untuk menginap di sini.

2. Je Meridien Hotel Sorong

Opsi lain yang dapat Anda pilih adalah menginap di Sorong. Aston Hotel menjadi salah satu hotel yang bisa Anda singgahi sebelum berkunjung ke pulau cantik ini. Per malamnya, Anda perlu membayar Rp 400.000 (harga dapat berubah).

3. Swiss-Belhotel Manokwari

Berkunjung dari Manokwari? Anda bisa menginap di hotel ini sebelum berangkat ke Tambrauw. Harga yang ditawarkan memang lebih mahal dibandingkan hotel sebelumnya, yaitu Rp 950.000,- per malamnya. Meski demikian, fasilitas yang bisa Anda peroleh tentu setara dengan harga yang harus dibayarkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Dua
Image Credit: Facebook Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sayang sekali, meski dengan biaya transportasi yang mahal, Anda tidak dapat menemukan fasilitas penunjang baik itu akomodasi (penginapan), restoran, atau bahkan sekadar toilet. Oleh karena itu, Anda perlu membawa makanan sendiri ketika berkunjung ke pulau ini.

Bagi Anda penggemar renang, snorkeling, atau diving, akan lebih baik jika Anda membawa sendiri peralatan yang diperlukan. Karena pulau ini tidak berpenghuni, tentu Anda tidak akan menjumpai tempat persewaan peralatan olahraga laut ini.

Selain absennya rumah makan, tempat ibadah pun tidak dapat dijumpai dari pulau ini. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui hal-hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan saat berlibur ke lokasi tersebut.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pulau Dua di Tambrauw, Papua Barat. Meski terkesan misterius karena kondisinya yang tidak berpenghuni, keindahan alam yang ditawarkan bisa dikatakan mampu bersaing ketat dengan Raja Ampat, lho! Jadi makin penasaran, kan?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending