Pulau Dutungan, Barru

Pulau Dutungan, Barru

Lokasi: Cilellang, Kec. Mallusetasi, Kab. Barru.
Map: Cek Lokasi

Sulawesi adalah salah satu pulau yang ada di Indonesia dengan keindahan alam yang tiada duanya. Banyak orang yang belum mengetahui keindahan alam yang tersimpan di dalam, sehingga belum banyak destinasi wisata yang dikunjungi masyarakat dari luar. Provinsi Sulawesi Selatan ternyata memiliki keindahan alam tersembunyi di Pulau Dutungan Barru. Kamu dapat menikmati berbagai daya tarik dan suguhan alamnya, yuk simak ulasannya!

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Dutungan

Daya Tarik Pulau Dutungan
Image Credit: Instagram.com @jhify182

Daya tarik yang membuat banyaknya penduduk sekitar Sulawesi berkunjung adalah letak wisata ini yang berada di tengah lautan. Para wisatawan yang datang ke tempat ini harus menyeberangi lautan agar sampai ke pulau tersebut. Inilah yang menarik banyak wisatawan karena memberikan pengalaman baru yang tidak akan terlupakan. Kamu tidak hanya akan berlibur, tetapi juga menjajal naik kapal dengan kapasitas yang cukup besar.

Biasanya pantai akan mengalami abrasi atau pengikisan batu oleh air, tetapi destinasi satu ini tidak mengalami hal tersebut. Pasir yang ada di pantai ini berwarna putih dan tekstrunya halus. Selain itu, terdapat pula batu karang yang menghalau abrasi. Oleh karena itu, pulau satu ini semakin indah dan ekosistem sekitar pantai sangat terjaga. Yang harus diperhatikan oleh para wisatawan adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan agar ekosistem tetap seimbang.

Beberapa orang enggan mengunjungi pantai atau pulau di tengah lautan karena cuaca yang panas dan minimnya pepohonan. Hal itu tidak akan kamu rasakan karena lingkungan sekitar pantai ditumbuhi banyak pohon, seperti palem. Fungsi dari tumbuhan ini tentu membuat kawasan ini menjadi teduh, sehingga para pengunjung tidak terpapar sinar matahai secara langsung. Rimbunnya pepohonan ini membuat seolah olah memayungi jalan setapak.

Daya Tarik Pulau Dutungan Barru
Image Credit: Facebook.com @maxoneMKS

Banyak destinasi wisata yang telah rusak karena kurang dijaga ataupun kurang dikelola dengan baik. Oleh karena itu, menjadi kewajiban seluruh pihak pengelola dan wisatawan yang berkunjung agar pulau di Kabupaten Barru ini tetap lestari. Salah satu daya tarik yang juga bermanfaat untuk menjaga ekosistem adalah hutan bakau. Tanaman yang tidak dapat kamu temui di sembarang tempat ini menjadi salah satu proteksi untuk pulau.

Yang membuat pulau ini banyak dikunjungi tentu karena keindahan alamnya. Akan tetapi, terdapat faktor lain yang turut menunjang yaitu mitos yang menyertainya. Mitos yang ada mengatakan bahwa pulau ini dihuni oleh makhluk halus dengan jumlah cukup banyak. Hal itu pulalah yang membuat pulau di kabupaten Barru ini dijadikan sebagai lokasi syuting film horor. Kisah yang diangkat juga berasal dari mitos, yaitu keangkeran lokasi tersebut.

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pulau Dutungan

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pulau Dutungan
Image Credit: Anekawisatanusantara.blogspot.com

Pantai yang berada di tengah laut ini termasuk dalam kawasan Kabupaten Barru, Makassar. Alamat pulau ini ada tepat di desa Cilellang dan telah dikelola dengan baik oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu, perjalanan menuju objek wisata ini juga cukup mudah dan aman. Dari kota Makassar, kamu hanya memerlukan waktu tempuh dengan kendaraan darat kurang lebih 4 jam. Arah perjalanan ke utara dengan penunjuk jalan ke wilayah Palanro.

Jika kamu berasal dari kota Pare Pare membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit dengan perjalanan kira kira 27 km. Letak destinasi wisata ini sangat strategis, sehingga dapat kamu jangkau dari berbagai arah dan berbagai transportasi. Para wisatawan cukup mencari lokasi Tanjung Indah, lalu memarkir kendaraan pribadinya di tempat yang telah tersedia. Lalu cukup menyeberang dengan kapal dari pihak pengelola selama kurang lebih 30 menit.

Biaya Wisata ke Pulau Dutungan, Barru

Biaya Wisata ke Pulau Dutungan
Image Credit: Twitter.com @adhyblackrose

Pantai yang berada di pulau ini cukup menarik hati, sehingga banyak wisatawan yang tertarik berkunjung. Terutama setelah lokasi ini dijadikan sebagai latar dari sebuah film layar lebar, jumlah pengunjung semakin meningkat. Jika kamu berada di daerah Barru atau Pare Pare, tentu harus menyempatkan waktu untuk berlibur ke pulau eksotis ini. Untuk pecinta camping, juga dapat melakukan pendirian tenda dan menikmati keindahan malam di pulau yang asri.

Beberapa destinasi wisata yang telah dikelola tentu telah mematok harga tiket, sehingga ada pemasukan untuk perawatan lokasi. Kamu hanya perlu membayr 50 ribu rupiah untuk biaya kapal pergi dan pulang. Setelah itu, tidak ada harga tiket yang harus dibayar kecuali kamu melakukan camping hingga larut malam. Harga ini dipukul rata untuk semua wisatawan, baik domestik maupun mancanegara sehingga cukup ekonomis bukan?

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Dutungan

Kegiatan di Pulau Dutungan
Image Credit: Seratusnews.id

Ombak di pantai ini sangat tenang, sehingga cocok dipakai untuk berenang atau snorkeling. Kamu dapat menikmati kekayaan alam di bawah laut secara lebih dekat, tetapi tetap dalam batas aman. Pihak pengelola memberikan batas berenang agar tidak terlalu jauh dan dapat berisiko tenggelam atau hilang. Selain itu, untuk snorkeling kamu dapat menyewa alat untuk menyelam, seperti pelampung dan snorkel, meskipun tidak perlu memakai tabung oksigen.

Setelah puas berenang dan melihat kekayaan bawah laut, kamu dapat membersihkan diri dengan air tawar. Pihak pengelola pulau ini telah melengkapi destinasi ini dengan air tawar yang melimpah, sehingga badan kembali segar. Dengan begitu, kamu dapat kembali berlibur dengan nyaman. Selain itu, terdapat pula spot untuk memancing ikan bagi para pecinta kegiatan ini. Lokasinya cukup aman, sehingga dapat dilakukan dengan tenang tanpa takut jatuh.

Menikmati luas pulau sekitar 9 hektar ini tidak cukup hanya berjalan atau mengitarinya. Kamu dapat memanfaatkan banana boat untuk berkeleling bersama teman selama kurang lebih 1 jam. Kegiatan ini dapat kamu gunakan untuk mengitari pulau dan menikmati lau serta pegunungan hijau. Telah disebutkan sebelumnya bahwa terdapat banyak pohon yang rindang, sehingga kamu dapat bersantai dengan memasang hammock di antara pepohonan itu.

Penginapan di Sekitar Pulau Dutungan

Penginapan di Sekitar Pulau Dutungan
Image Credit: Anekawisatanusantara.blogspot.com

Sulawesi Selatan ini memiliki rumah adat Bugis yang sangat eksotis dan menarik. Kamu bisa menikmati sensasi menginap di dalam rumah adat sebagai tempat peristirahatan. Pengelola pulau ini menyediakan rumah untuk disewakan dengan rentang harga mulai dari 250 ribu hingga 1.5 juta rupiah. Harga ini bergantung pada luas rumah yang kamu pilih, sehingga bisa patungan dengan teman atau kerabat jika menginap bersama rombongan yang cukup banyak.

Bagi para pecinta camping tentu dapat mendirikan tenda di kawasan yang telah tersedia. Kamu dapat membawa tenda sendiri, lalu menginap sambil ditemani oleh suasana malam di pulau yang indah dan masih asri ini. Harga yang harus dibayar cukup 50 ribu rupiah sebagai biaya sewa atau perijinan. Pastikan memilih tempat yang aman untuk mendirikan tenda, seperti di pinggir pantai yang tidak terlalu dekat dengan bibir pantai atau tanaman rumpun.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Dutungan

Fasilitas di Pulau Dutungan
Image Credit: Youtube.com (Handayani sapri)

Di pantai tentu banyak aktivitas yang dilakukan dan perjalanan cukup jauh, sehingga cukup lelah. Pihak pengelola menyediakan gazebo di beberapa spot pantai, sehingga dapat dipakai untuk berteduh atau beristirahat. Kamu dapat menikmatinya dengan partner liburanmu untuk sekadar bersantai karena tidak dipungut biaya. Hal ini menjadi fasilitas yang menarik karena gazebo cukup banyak, nyaman, dan membuat para pengunjung betah.

Terdapat tali pembatas yang dipasang di tengah laut agar para pengunjung tidak berenang terlalu jauh. Hal ini menjadi antisipasi yang sangat tepat agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Selain itu, terdapat pula air tawar yang melimpah untuk mandi setelah berenang atau snorkeling di air laut. Air laut membuat tubuh lengket sehingga kurang nyaman saat harus beraktivitas lagi. Oleh karena itu, fasilitas satu ini menjadi sangat penting disediakan secara melimpah.

Tempat wisata ini telah dilengkapi dengan listrik, sehingga tidak perlu khawatir saat berlibur hingga larut malam. Hal ini tentu menjadi keresahan para pecinta camping, karena khawatir kurangnya penerangan di kawasan pantai. Listrik yang terus mengalir ini juga karena pulau buka selama 24 jam nonstop, sehingga kamu juga sangat aman berlibur di tempat ini. Para wisatawan yang menginap di rumah adat pun juga telah tersedia listrik yang memadai.

Pulau yang berada di perbatasan kabupaten Barru dan kota Pare Pare ini cukup banyak dikunjungi wisatawan. Hal itu dikarenakan destinasinya yang sangat menarik, harga yang sangat terjangkau, dan nilai mistis yang berkembang luas. Ketiganya menjadi paduan sangat pas untuk lokasi yang sangat cantik ini. Kamu dapat memerolehnya dalam paket lengkap dalam waktu singkat, sehingga jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending