Pulau Galang Batam – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Galang Batam – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Galang merupakan pulau bersejarah dengan pesona alam yang menakjubkan di Batam. Pulau eks pengungsian warga Vietnam ini menarik untuk dieksplor.

Biaya Wisata: Mulai Rp 30.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau, Pulau Galang adalah satu dari tiga gugusan pulau besar di Batam dengan dua lainnya yaitu Batam dan Rempang. Tempat ini memiliki beberapa pantai dan destinasi wisata lain meliputi, Kampung Vietnam, Pantai Cakang, Pantai Mirota, Pantai Viovio dan Pantai Melur.

Lokasi pulau ini dapat dibilang strategis, berada di antara Selat Singapura dan Selat Malaka. Tempat ini juga sering disinggahi wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara. Selain karena terletak di jalur pelayaran Internasional, pulau ini juga berada di Kota Batam yang merupakan kota dengan industri perdagangan besar di Indonesia.

Kota Batam sendiri disebut sebagai kota dengan perkembangan industri dan pariwisata yang unggul, hingga tidak mengherankan terdapat banyak tempat wisata menarik seperti Pulau Galang salah satunya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Galang

Daya Tarik Pulau Galang
Image Credit: Facebook.com @glorymelurbatam

Pulau yang mempunyai keindahan yang tidak kalah dengan pulau di Bali ini memiliki banyak daya tarik yang terletak pada destinasi wisatanya. Beberapa tempat yang ada di pulau ini selain indah juga memiliki nilai sejarah yang tidak lekang oleh waktu.

Beberapa keindahan destinasi di Pulau Galang ada yang masih belum terkenal, hingga sering disebut surga yang tersembunyi. Ketika berlibur kemari, Anda jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen yang berharga.

1. Pantai Vio-Vio

Pantai ini terletak di Sijantung, Kecamatan Galang, Riau. Pantai dengan nama yang unik ini berdekatan dengan Kampung Vietnam sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Anda dapat menemukan kenyamanan ketika berada di pantai ini, pantainya yang berpasir putih akan memanjakan mata Anda, serta airnya yang tenang sangat aman untuk berenang.

Diving dan snorkeling diizinkan di sini, Anda dapat menikmati pemandangan bawah laut Pantai Vio-vio yang tengah hangat dibicarakan. Anda juga bisa menaiki sebuah ayunan besar yang dipasang menghadap langsung ke laut. Pemandangan laut yang luas dan biru akan memesonakan mata Anda.

Fasilitas hiburan yang tersedia di sini sudah lebih dari cukup untuk menunjang kenyamanan wisatawan saat berkunjung kemari. Ada banana boat dan peralatan snorkeling yang disewakan di sini. Selain itu terdapat gazebo, payung warna-warni, juga dipan untuk Anda jika ingin bersantai.

2. Pantai Mirota

Pantai yang cantik ini dekat dengan Pantai Vio-Vio serta Kampung Vietnam. Ketiganya adalah daftar destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Batam. Tempat ini memiliki pesona yang tidak kalah cantik. Pasir di Pantai Vio-Vio berwarna putih bersih.

Jernihnya air laut membuat dasarnya bisa dilihat menggunakan mata telanjang. Fasilitas di sini juga sangat lengkap, hampir semua yang dibutuhkan wisatawan ketika berlibur di pantai terdapat di sini.

Seperti fasilitas bermain untuk anak-anak, berenang atau snorkeling, tempat sewa kapal atau hiburan lain dan tentunya dipan untuk beristirahat. Anda dapat memilih berjemur di bawah rindangnya pohon atau di bawah sinar matahari yang menyengat. Jika Anda memilih opsi ke dua, jangan lupa membawa krim matahari.

3. Pantai Melur

Pantai yang memiliki ombak yang tenang ini berada di Sijantung. Tempat ini memiliki pasir putih yang indah dan airnya yang jernih. Pantai Melur juga mempunyai suasanya yang tenang, karena pengunjung pada siang hari lebih sedikit dikarenakan panas terik matahari. Ketika sore atau pagi-pagi barulah ada orang yang berjalan-jalan.

Ketenangan di sini cocok bagi Anda yang sukar dengan keramaian dan ingin menenangkan diri sejenak dari kesibukan pekerjaan.

Dengan fasilitas yang lumayan, Anda sudah bisa menikmati kenyamanan di sini. Letak pantai ini berada di antara dua daratan yang menjorok ke laut, dan pantai ini memiliki garis pantai yang pendek hingga beberapa sisi pantai tidak terjangkau dan tidak terlihat.

Daya Tarik Pulau Galang Batam
Image Credit: Facebook.com @glorymelurbatam

4. Pantai Cakang

Pantai yang terletak di ujung pulau Galang ini sangat indah. Berlibur kemari bersama keluarga akan membuat Anda rileks sejenak. Keindahan Pantai Cakang akan sangat sempurna bila dilihat bersama dengan pemandangan matahari terbenam. Sinar jingganya akan membuat Anda terkagum-kagum.

Pantai Cakang ini memiliki pasir hitam dan airnya yang hijau toska agak keputihan. Walaupun begitu Anda tetap dapat menikmati keindahan alam sekitar sini.

5. Kampung Vietnam

Tibalah Anda pada sebuah lokasi yang sangat terkenal dan bersejarah di Pulau Galang. Kampung Vietnam, sebuah tempat seperti pedesaan yang dahulu digunakan untuk menampung para pengungsi dan korban perang saudara di Vietnam pada tahun 1975.

Terletak kurang lebih 60 kilometer dari Batam atau sekitar 1.5 jam perjalanan yang akan ditempuh. Tempat ini memiliki banyak sekali nilai historis. Anda akan menemukan banyak peninggalan-peninggalan zaman dahulu hingga dibuatkan museum, seperti perahu yang digunakan pengungsi Vietnam, hingga bangunan yang dibuat khusus untuk pengungsi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Galang

Alamat Pulau Galang
Image Credit: Facebook.com @glorymelurbatam

Pulau ini sendiri terletak di wilayah Batam, Kepulauan Riau. Bagi Anda yang ingin ke sana akan memerlukan waktu berbeda-beda sesuai jalur yang Anda pilih. Sebagai contoh, jika Anda berangkat dari Bandara Hang Nadim, Anda memerlukan waktu 1.5 jam dengan melewati beberapa jalan besar dan kecil.

Dari Bandara Anda perlu berkendara hinga Jalan Jenderal Ahmad Yani, setelah itu ke Jalan Letjend Suprapto, lalu dilanjut menyeberangi Jembatan Barelang hingga yang ke 5. Tidak jauh dari jembatan itu Anda akan sampai di tempat lokasi.

Atau jika Anda memulai dari Pelabuhan Sekupang, Anda bisa melewati R.E Martadinata terlebih dahulu dan dilanjut ke Jalan Diponegoro, lalu menuju Jalan Letjend Suprapto. Setelah dari sini Anda hanya perlu mengikuti arah Jembatan Barelang hingga yang ke lima.

Biaya Wisata ke Pulau Galang Batam

Biaya Pulau Galang
Image Credit: Instagram.com @gita.petrimalia

Biaya wisata ke pulau ini bisa dibilang tidak murah, karena pulau ini sendiri terletak di Kota Batam yang pada dasarnya adalah kota industri. Untuk menghemat biaya biasanya Anda harus menggunakan kendaraan damri dengan bayaran murah.

Sebagai permulaan, Anda memulai perjalanan dari Bandara Hang Nadim. Setelah keluar dari bandara Anda akan menaiki bus damri dengan tujuan Batu Aji, lalu berhenti di Simpang Tembesi Barelang. Biaya bus damri ini relative murah, sekitar 30.000 rupiah.

Setelah itu, Anda naik kendaraan lain menuju Pulau Galang. Jika Anda naik menggunakan taksi mungkin biayanya sedikit mahal, sekitar 150.000 rupiah atau bisa lebih. Dan jika Anda menggunakan ojek, mungkin memang lebih murah dari taksi. Biayanya sekitar 50 sampai 100.000 rupiah.

Untuk memasuki pulaunya sendiri tidak dipungut biaya, tetapi Anda akan membutuhkan kendaraan untuk pergi ke destinasi wisatanya. Anda juga diharuskan membayar tiket masuk tiap tempat wisata dan uang parkir jika Anda membawa kendaraan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Galang

Kegiatan di Pulau Galang
Image Credit: Facebook.com @glorymelurbatam

1. Mempelajari Sejarah di Masa Lalu Lewat Kampung Vietnam

Seperti yang diketahui bahwa Kampung Vietnam adalah bekas pengungsian bagi warga Vietnam yang menjadi korban perang pada tahu 1975-1996. Di waktu yang panjang itu banyak peninggalan yang bisa Anda lihat secara langsung, seperti vihara, gereja, bahkan perumahan yang ditinggali mereka saat mengungsi masih utuh sampai sekarang.

2. Berenang di Pantai

Ada tiga pantai yang lokasinya berdekatan dengan Kampung Vietnam, yaitu Pantai Vio-Vio, Pantai Mirota, dan Pantai Melur. Anda hanya perlu memilih mana yang ingin Anda kunjungi. Di masing-masing pantai tersebut Anda dapat berenang atau snorkeling dengan bebas.

Pemandangan air pantai yang jernih dan menyejukkan akan membuat rileks tubuh Anda. Di sana juga terdapat fasilitas seperti penyewaan alat renang dan lain-lain, dengan begitu liburan Anda akan terasa makin menyenangkan.

3. Mengabadikan Momen

Jangan lupa saat Anda berlibur di tempat-tempat ini, Anda harus membawa ponsel atau kamera digital untuk menangkap momen spesial Anda. Terlebih, destinasi wisata di Pulau Galang ini terkenal memiliki spot foto yang banyak dan menarik.

Mengambil foto dengan latar pantai dan matahari terbenam adalah salah satu yang menjadi favorit di sini. Semburat sinar senja terlihat cocok dengan pemandangan pantai yang indah. Hal itu akan semakin memperindah foto.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Galang

Penginapan di Pulau Galang Batam
Image Credit: Sbsresort.co.id

1. Morelo Kelong Resort

Beralamat di Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, penginapan ini berdiri di samping pantai. Bangunan penginapan bergaya tradisional dan memiliki fasilitas yang lengkap. Anda akan mendapatkan kamar ber-AC dengan balkon pribadi yang menghadap pantai. Terdapat kolam renang juga restoran, serta transportasi gratis menuju pelabuhan Ferry Batam.

2. SBS Resort

Hotel bintang 3 yang beralamat di Komplek SBS Jembatan Barelang 5. Rempang – Galang, Kota Batam, Riau. Penginapan ini sangat strategis karena dapat menjangkau Kampung Vietnam, Pantai Vio-Vio, dan Jembatan 5 dalam beberapa menit.

Tempat ini memiliki banyak fasilitas dan mewah. Ada vila, restoran seafood, juga pantai pribadi bagi para pengunjungnya. Dengan kamar yang ber-ac dan balkon menghadap pantai, Anda juga dapat merasakan sepoi-sepoi angin laut. Jika Anda menginginkan penginapan yang ada villa di atas air, maka di sinilah tempatnya.

3. Kelong Almira Spa & Villa

Tempat ini berada di Sijantung, Galang. Anda dapat menemukan penginapan ini di dekat Pantai Mirota. Penginapan ini strategis dengan destinasi wisata di Pulau Galang, seperti Kampung Vietnam yang hanya ditempuh selama 10 menit.

Penginapan ini berdiri di atas air dan menyediakan teras dengan kursi-kursinya yang bisa menunjukkan kepada Anda pemandangan matahari terbit. Fasilitas di sini sangat lengkap, meliputi makan malam dan sarapan, kamar ber-ac, wifi gratis, tempat bermain, hingga area bersantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Galang Batam

Fasilitas di Pulau Galang Batam
Image Credit: Facebook.com @glorymelurbatam

Bagi sebuah tempat wisata, fasilitas Pulau Galang beserta tempat wisata yang ada di dalamnya sudah cukup memenuhi kebutuhan pengunjung. Fasilitas di tiap destinasinya pun sudah lengkap. Selagi bertambah ramainya pengunjung, perkembangan fasilitas dan lainnya akan turut mengikuti.

Dengan bertambahnya fasilitas maka kenyamanan wisatawan yang berkunjung akan bertambah pula. Fasilitas utama bagi pantai seperti penyewaan alat renang dan lain-lain sudah bagus. Fasilitas tambahan meliputi toilet umum, ruang ganti, rumah makan, juga tempat istirahat sudah sangat mendukung.

Pulau Galang adalah pulau yang memiliki banyak pantai yang indah. Ketika Anda berkunjung kemari, Anda akan merasakan indahnya tempat ini. Baik pantainya yang mengagumkan maupun matahari tenggelamnya yang indah. Semuanya adalah hal yang ditawarkan oleh Pulau Galang, Batam.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending