Pulau Kalimantung Tapanuli Tengah – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Kalimantung Tapanuli Tengah – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Kalimantung salah satu pulau eksotis dan hits di Tapanuli Tengah yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan, keindahan bawah laut, gugusan pulau karang dan pantai berpasir putih.

Biaya Wisata: Mulai Rp 1.500.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tapian Nauli I, Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Pulau Kalimantung yang berada di salah satu kabupaten di Sumatera Utara tepatnya Kabupaten Tapanuli tengah. Dari seluruh destinasi wisata, pulau ini menjadi salah satu destinasi yang paling populer akan keindahannya. Apalagi pulau ini semakin hits ketika dipromosikan mau di sosial media.

Pulau ini dapat dikategorikan menjadi pulau perawan, sebab kawasan wisata ini sangat jauh dari kehidupan hiruk-pikuk suasana perkotaan. Sehingga siapa pun yang datang ke sini mampu menghilangkan rasa penat. Bahkan jika Anda datang ke pulau eksotis ini, Anda tidak akan menemukan sampah-sampah di area tersebut.

Kondisi pulau yang seperti ini tentu saja tidak lepas dari proses perawatan dan juga menjaga kebersihannya. Apalagi kalau itu sendiri masih jarang sekali wisatawan yang datang, karena belum mengetahui lokasi dari pulau kalimantung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kalimantung

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kalimantung
Image Credit: Google Maps (Daeng Haris)

Seiring berjalannya waktu destinasi wisata bahari ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini terdapat adanya daya tarik yang tidak dimiliki oleh pulau-pulau lainnya. Untuk itu Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini mengenai daya tarik Pulau Kalimantung yang membuat Anda semakin ingin liburan ke sana.

1. Pasir Pantai yang Lembut

Kawasan dari alam ini memang sangat terkenal dengan panorama yang cukup memukau titik bahkan ketika datang ke pantai di pulau Kalimantan Anda akan mendapati hamparan pasir yang cukup lembut. Pasir pantainya sendiri memiliki warna yang sedikit kecoklatan yang jika selalu menjadi dambaan para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai.

Banyak sekali para wisatawan yang mengoleskan pasir tersebut ke wajah dikarenakan tidak percaya akan kehalusannya. Pastinya Anda akan puas ketika datangnya ke pantai ini untuk bermain pasir.

2. Memiliki Laut yang Sangat Indah

Bukan hanya pasir pantainya saja yang memukau para wisatawan, namun pemandangan di lautan di pantai pun tidak akan terlupakan. Lautnya memang sangat bersih memiliki warna biru sehingga bisa memanjakan mata yang memandang.

Dengan deburan ombak laut beserta adanya penerapan langit yang cukup jernih tentu akan menjadi pemandangan yang tak terlupakan. Menikmati keindahan ini sembari bersantai di pinggir pantai adalah hal yang yang bisa Anda lakukan bersama dengan orang terkasih. Jika ingin menikmati keindahan bawah laut maka Anda bisa berenang di perairan pulau tersebut.

3. Pulau yang Tidak Berpenghuni

Pulau Kalimantung adalah pulau yang tidak berpenghuni, tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sehingga Anda tidak akan menemukan sampah-sampah pabrik di area pulau ataupun pantainya.

Meskipun demikian, kondisi dari pulau ini terlihat seperti pulau yang dirawat serta dijaga kebersihannya. Sedangkan sama sekali belum ada orang yang menyentuh ataupun melakukan perawatan dengan rutin pada pulau ini.

4. Pulau yang Sunyi

Karena Pulau ini adalah pulau yang tidak berpenghuni sehingga tak heran jika kawasan alam ini terlihat sunyi dan juga sepi. Jadi jika Anda ingin menghilangkan rasa penat maka pulau ini adalah lokasi yang sangat cocok untuk Anda.

Alamat, Rute Lokasi & Biaya Wisata ke Pulau Kalimantung

Alamat Pulau Kalimantung
Image Credit: Google Maps (Maulvi Inayat Syah)

Untuk beberapa orang yang belum pernah ke Tapanuli Tengah tentu akan bingung memilih rute yang akan digunakan menuju ke Pulau Kalimantung. Pulau ini berada di Kepulauan Mursala, Tapanuli Tengah, provinsi Sumatera Utara.

Untuk bisa menuju ke lokasi pulau dari kota Medan akan menempuh jarak waktu sekitar 2 jam. Namun hal ini bisa jadi akan semakin lambat ketika jalanan mengalami kemacetan.

Sebetulnya ketika Anda ingin berkunjung ke pulau ini, akan sangat menguntungkan apabila Anda pergi beramai-ramai. Sebab untuk kapal yang dipakai menjadi transport menuju ke pulau tersebut maksimal mampu menampung kurang lebih 20 orang. Jadi tarif yang dikeluarkan akan sangat mahal Ketika Anda hanya bepergian dengan beberapa orang saja.

Untuk bisa berkunjung, para wisatawan diwajibkan untuk menyewa kapal menjadi transportasinya. Yang mana biaya untuk menyewa kapal tersebut sekitar 1,5 juta rupiah perhari, dan juga membayar awak kapal untuk bisa mengetahui rute menuju ke pulau tersebut.

Apabila tidak ingin kerepotan, para wisatawan bisa memakai jasa trip wisata yang memang membuka tour ke Pulau Kalimantung. Sehingga nantinya Anda tidak akan kesulitan untuk mencari tempat makan ataupun homestay.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Kalimantung

Aktivitas Menarik di Pulau Kalimantung
Image Credit: Google Maps (Yuni Kartika)

1. Bermain Pasir di Pantai

Seperti yang kita ketahui jika Pulau Kalimantung ini memiliki pantai yang pasirnya sangat lembut. Nah, kegiatan seru yang bisa Anda lakukan ketika tentu saja bermain pasir. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan ketika Anda beserta anak-anak Anda membuat istana pasir. Tidak ada salahnya bukan turut serta bermain dengan anak-anak untuk membahagiakan mereka.

2. Menyelam untuk Melihat Biota Laut

Untuk Anda yang penasaran seperti apa biota laut yang ada di pulau ini, maka Anda hanya bisa menyelam di bagian dekat pantai saja. Meskipun tidak sampai ke tengah laut, Anda dapat melihat terumbu karang serta beberapa biota laut. Tentunya kegiatan ini sangat seru untuk dilewatkan.

3. Mengabadikan Moment Dengan Berfoto Ria

Karena Pulau Kalimantung ini adalah wisata yang instagenic jadi sangat disayangkan jika Anda tidak mengambil foto dengan latar belakang lautan. Apalagi laut yang ada di pulau tersebut berwarna biru cerah. Bahkan, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang matahari terbenam.

Penginapan Murah Terdekat Dari Pulau Kalimantung

Penginapan Murah Pulau Kalimantung
Image Credit: Pegipegi.com

1. Penginapan Hotel Wisata Indah

Untuk penginapan yang satu ini merupakan hotel bintang 3, yang tepatnya berada di Jalan Brigjen Katamso nomor 51, Kota Sibolga.

Penginapan ini sendiri menjadi hotel yang cukup diminati para wisatawan. Sebab menawarkan view pantai serta taman yang sangat indah. Kemudian pada bagian kamarnya juga sangat baik dan juga bersih.

Selain itu, pelayanan dari para pegawai hotel juga sangat profesional. Yang mana mereka selalu memberikan bantuan jika para pengunjung mengalami kesulitan.

2. Penginapan PIA Hotel Pandan

Untuk yang kedua ini merupakan Hotel yang berada di Jalan Padang Sidempuan nomor 10A, Kabupaten Tapanuli Tengah. Hotel ini sendiri menawarkan banyak sekali fasilitas umum yang digunakan oleh para pengunjung hotel. Dimulai dari restoran, kemudian adanya kolam renang outdoor, bahkan sampai sarapan gratis.

Meskipun memperoleh kamar yang standar, tapi view yang dimiliki cukup indah yaitu view dari pantai dan juga lautan. Lokasi dari hotel juga sangat strategis karena sangat dekat dengan Pulau Kalimantung dan beberapa pulau lainnya.

3. Penginapan Hotel Pasar Baru

Pulau ini berada di Kota Sibolga yang tepatnya berada di Jalan raya junjungan Lubis no 41. Kamar ini menawarkan fasilitas terbaik bagi para pengunjungnya. Yang mana terdapat kamar bersih, dengan toilet yang bersih.

Mengenai masalah harga, penginapan ini mematok tarif yang cukup terjangkau. Apalagi jika melihat bagaimana fasilitas yang bisa digunakan.

4. Penginapan Prima Indah Hotel

Untuk hotel ini masih berada di Kota Sibolga, namun berada di Jalan Brigjen Katamso nomor 45. Penginapan ini mengusung konsep rumah besar sehingga terlihat megah.

Selain itu, setiap kamar memiliki view yang sangat indah kemudian terdapat sirkulasi udara beserta pencahayaan yang bagus. Untuk sarapan dijamin Anda tidak perlu cemas karena akan menyediakan bagi para pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Kalimantung

Fasilitas di Pulau Kalimantung
Image Credit: Google Maps (Mobile Encok)

1. Jasa Trip ke Pulau Kalimantung

Untuk beberapa orang yang sudah datang ke Kabupaten Tapanuli Tengah, kebanyakan mereka kebingungan bagaimana cara untuk bisa berkunjung ke pulau cantik ini. Untuk itu, Anda bisa menggunakan jasa trip yang akan memudahkan Anda untuk menuju ke pulau tersebut. Jasa trip tersebut memang cukup banyak, jadi pastikan Anda mengumpulkan budget yang sesuai.

2. Penyewaan Kapal Penyeberangan

Untuk bisa ke Pulau Kalimantung, para wisatawan diharuskan menyewa kapal. Nah, fasilitas ini akan selalu disediakan oleh pihak pengelola bagi para wisatawan. Untuk tarifnya juga sangat terjangkau apalagi jika Anda datang bersama dengan rombongan.

3. Fasilitas Umum yang Banyak di Sekitar Pulau

Seperti yang kita ketahui, jika pulau ini tidak berpenghuni. Namun, di dekat Pulau Kalimantung sendiri terdapat beberapa fasilitas umum yang tidak akan membuat Anda kesulitan. Contohnya saja seperti penginapan yang bisa dipilih sesuai dengan budget.

Kemudian terdapat toko oleh-oleh yang bisa Anda telusuri untuk membeli beberapa hadiah kepada teman atau saudara di rumah. Bahkan juga terdapat beberapa supermarket, yang akan memudahkan Anda jika ingin membeli cemilan ataupun makanan instan. Ada pula ATM center, sehingga Anda tidak perlu kebingungan lagi jika ingin mengambil uang cash. Sebab, terdapat beberapa apa atau ATM.

Nah, itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai Pulau Kalimantung. Meskipun menjadi pulau yang tak berpenghuni, namun destinasi wisata ini wajib masuk kedalam list itinerary ketika ke Kabupaten Tapanuli Tengah. Pastikan Anda menyiapkan budget agar bisa menyewa kapal untuk orang banyak.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending