Pulau Kalong, Pulau Eksotis dengan Pemandangan Alam Memukau di Gunung Kidul

Pulau Kalong, Pulau Eksotis dengan Pemandangan Alam Memukau di Gunung Kidul
Biaya Wisata: Mulai Rp 6.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pulau Kalong merupakan kawasan yang sering dikunjungi para wisatawan. Berada pada wilayah dusun Pendowo, kabupaten Gunung Kidul. Berdasarkan namanya, berarti dapat dipastikan banyak terdapat binatang kalong atau kelelawar. Benar saja pemberian nama pulau ini disebabkan karena banyak kalong yang mendiami kawasan pulau.

Banyak destinasi wisata yang tersedia disini, adanya pantai, jembatan gantung dan masih banyak lagi. Dilihat secara sekilas saja memang pantai disini mirip sekali dengan pantai yang berada di wilayah Nusa Penida. Yang merupakan pulau yang dihiasi tumbuhan hijau dengan deburan ombak yang unik dan eksotis.

Deskripsi Pulau Kalong yakni memiliki batu karang yang cantik. Kemudian sensasi ombak yang begitu deras seperti memberi kesan berbeda. Jalanan menuju lokasi juga sangat ekstrim dan ekstra hati-hati. Namun sepanjang perjalanan menuju lokasi Anda akan ditemani hiasan landscapenya yang luar biasa. Sebagai seorang pecinta petualang yang ekstrim akan sangat menyukai lokasi ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pulau Kalong

Daya Tarik Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps JE 7

1. Jembatan Gantung

Jembatan gantung yang tersedia sebagai sarana dalam transportasi untuk menghubungkan antara pantai sinden dengan Pulau Kalong. Penyeberangan ini terbilang cukup ekstrim sebab jembatan gantung yang masih sangat minim terbuat dari bahan kayu dan tali. Ektrim namun penuh pesona yang sangat indah. Memang perlu nyali yang besar dalam perjalanan menuju lokasi.

Para wisatawan yang datang ke kawasan pulau sangat suka dengan pemandangan unik dengan latar belakang ombak, tempat ini sangat cocok. Adrenalin yang sangat menegangkan apalagi di saat menyeberangi jembatan. Sensasi yang tak dapat dirasakan ketika berada di lokasi lainnya. Dengan nuansa jembatan gantung yang tersedia masih sangat tradisional.

Jembatan gantung yang terbuat dari kayu dengan pegangan tali plastik yang berlandaskan tumpukan kayu sebagai dasar. Hal ini tentunya sangat adrenalin dan menantang para wisatawan yang berkunjung. Menjadi bagian yang tertantang maka Anda perlu mengunjungi lokasi cantik ini.

2. Area Camping

Berwisata ke Pulau Kalong yang cantik ini tidak seru jika hanya beberapa jam saja. Maka mencoba bermalam adalah sangat menjanjikan pesona yang berbeda. Kabarnya di lokasi terdapat area yang dapat Anda gunakan untuk bercamping. Selain itu, berkemping di hari ini sangat menyerukan dan tentunya akan memberikan pengalaman yang sangat mengesankan. Terutama bagi Anda yang suka dalam kawasan yang menantang.

Area camping sudah dilengkapi dengan beberapa peralatan untuk memasak. Sehingga bagi Anda berkunjung untuk camping namun tidak membawa alat masak maka disini sudah tersedia. Jangan khawatir tentang hal itu. Namun, untuk lebih mengesankan tentu membawa bekal merupakan pilihan yang bagus. Selain menambah mudah dalam beraktivitas juga Anda akan lebih hemat.

Jika membawa bekal, jangan lupa untuk menjadi pengunjung yang bijak. Yakni tidak membuat sampah atau menjaga kebersihan dengan baik. Area camping ini menjanjikan panorama yang eksotis, diiringi dengan irama suara ombak yang kian menambah suasana elegan.

3. Pemandangan Eksotis

Memiliki terumbu karang dengan kondisi terumbu karang yang lancip dan banyaknya ilalang. Merupakan bagian dari pemandangan eksotis yang tersaji di Pulau Kalong nan cantik ini. Suasana yang begitu sejuk dengan banyaknya berbagai tanaman yang menghiasi pulau. Adanya pemandangan hijau yang disebabkan banyaknya ilalang rerumputan juga pemicu pemandangan eksotis.

Tidak hanya itu saja, berada di pulau yang cantik ini tentunya pemandangan sunset maupun sunrisenya sangat berbeda dari pulau yang lain. Memiliki pemandangan sunset yang sering menjadi incaran para pecinta senja. Tak heran bila banyak para wisatawan yang berkunjung memanfaatkan waktu untuk berburu sunset.

Keindahan pulau sangat lengkap dengan pemandangan laut biru. Apalagi suasana ombak yang deras, hamparan lautan yang eksotis, dan tak lupa terumbu karang yang cantik. Semua tersaji di Pulau Kalong Jogja ini. Maka jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pulau

Alamat Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps Aurora Kids Collections

Lokasi Pulau Kalong merupakan lokasi yang adrenalin juga strategis terutama bagi pecinta petualangan. Apalagi lokasi Yogyakarta sudah sangat populer dengan objek wisatanya. Alamat lengkapnya yakni di wilayah daerah istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Lebih tepatnya berada di dusun Pendowo kabupaten Gunung Kidul. Atau di desa Jepitu Kecamatan Girisubo. Yang tentunya kawasan ini menyimpan banyak objek wisata cantik lainnya. Berbagai jalur dapat Anda tempuh dengan tingkat tempuh yang berbeda.

Lokasi yang dapat Anda kunjungi menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Namun untuk ketitik lokasi utama harus berjalan kaki menyeberangi jembatan gantung. Jembatan gantung ini benar-benar pemicu adrenalin yang eksotis. Apalagi ketika menyebrang tiba-tiba datang angin yang kuat.

Biaya Wisata ke Pulau Kalong

Biaya Wisata ke Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps Ari

Memasuki Pulau Kalong perlu membayar tiket, layaknya di destinasi wisata lainnya. Tidak merogoh kantong yang dalam karena tarif tiket terbilang ramah dan cukup royal. Namun setiap wahana berbeda harga tiketnya. Jika sekedar masuk tanpa berFoto maka hanya Rp. 6.000 per orang.

Berbeda lagi bila berselfie di jembatan gantung, yaitu dengan biaya Rp. 25.000 per orang. Tentunya akan sangat berbeda lagi bila pengunjung bercamping di lokasi ini. Untuk kegiatan camping dibanderol dengan biaya Rp. 25.000 per orang.

Banyaknya kegiatan yang dapat Anda lakukan merupakan bagian dari kesempatan untuk Anda. Seperti kegiatan memancing di pulau yang cantik ini. Namun Anda juga membayar biaya pemancingan yakni mencapai Rp. 100.000 per orang.

Ragam Aktivitas Seru di Pulau Kalong

Ragam Aktivitas Seru di Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps sayur asem

1. Hunting Foto

Kegiatan hunting Foto di Pulau Kalong Jogja ini sangat mengesankan dengan pemandangan yang eksotisnya. Pesona yang menawan berlatar belakang hamparan lautan luas dan berwarna biru. Merupakan pemandangan yang menjadi incaran para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kegiatan hunting Foto juga dapat menjanjikan hasil Foto-Foto yang kece dan tentunya Instagramable. Apalagi sangat menarik yakni pulau ini memiliki landscape yang wort it. Tentunya bukan hanya obral belaka, bahkan benar-benar realita. Hunting Foto tidak akan mengecewakan Anda.

2. Camping

Menjadi pengunjung yang tidak datang cuman beberapa jam saja adalah berwisata sambil bercamping. Sangat disayangkan bila hanya datang sesaat lalu pergi. Maka kegiatan Camping merupakan kegiatan yang tepat bagi pecinta alam. Suasana malam yang indah dan menenangkan jiwa yang lelah.

Camping juga dapat Anda lakukan dengan atau tanpa keluarga. Pemandangan yang sering ditunggu para pelancong yakni panorama sunset dan sunrise. Ketika camping, Anda dapat menjumpai kedua pemandangan ini. Maka kegiatan Camping akan sangat menyenangkan pun menguntungkan Anda. Maka jangan lewatkan bercamping saat Anda mengunjungi Pulau Kalong.

3. Memancing

Tidak hanya menjadi pengunjung yang menikmati pemandangan indah. Kegiatan memancing juga kerap kali menjadi tujuan para wisatawan. Apalagi bila Anda suka atau hoby memancing. Maka pulau cantik ini ada pilihan yang tepat untuk tujuan berlibur Anda.

Kegiatan memancing selain dapat memenuhi kepuasan batin Anda juga dapat menguntungkan. Berekreasi dengan pulang membawa hasil yang menyenangkan. Atau hasil pancingan ini dapat Anda bakar-bakar ikan bersama keluarga menikmati keindahan malam.

4. Menikmati Sunset

Keindahan Pulau Kalong ini sangat berbeda, juga menawarkan sunset yang menawan. Pencinta senja kerap kali menjadi buruan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Menikmati sunset dengan penuh rasa tafakur terhadap ciptaan-Nya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps Ari

Fasilitas di Pulau Kalong sudah terbilang memadai seperti terdapat toilet, penitipan kendaraan, musholla, warung kopi dan masih banyak lagi. Tentunya pengadaan fasilitas ini untuk menyenangkan hati pengunjung. Pihak pengelola selalu melakukan pembenahan.

Area camping, spot Foto, spot pemancingan, jembatan gantung, juga merupakan fasilitas yang tersedia. Semua tersaji dengan begitu penuh perhatian pihak pengelola. Meskipun sebenarnya tanpa fasilitas, pulau akan tetap menawarkan keindahan alami.

Menjadi bagian dari kewajiban bersama adalah kegiatan menjaga kebersihan lingkungan. Maka memanfaatkan fasilitas yang ada sebaik-baiknya. Dan jangan lupa memperhatikan sampah, jangan sampai menjadi pelaku pembuatan kerusakan lingkungan.

Pulau Kalong di Gunung Kidul yakni aset kekayaan Indonesia yang memiliki banyak pesona elegan. Meskipun berada ditengah-tengah wisata cantik yang tak kalah menarik di Yogyakarta. Namun, keindahan destinasi yang hits ini tidak bisa diragukan. Apalagi bila diabadikan sebagai moment yang Anda terlibat didalamnya. Maka menjadi pengunjung adalah hal yang akan membuktikan keindahan pulau cantik ini.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending