Pulau Kangean Madura – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Kangean Madura

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya WisataPulau Kangean salah satu pulau terindah di bagian timur Madura yang menawarkan beragam pesona alam, termasuk pantainya yang memukau. Pulau dengan suasana tenang dan masih alami.

Biaya Wisata: Mulai Rp 280.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kab. Sumenep, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pulau Kangean merupakan salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Sumenep, Madura. Bukan hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, kawasan ini merupakan penghasil komoditas laut. Komoditi laut Kangean meliputi garam dan ikan.

Kangean merupakan salah satu pulau terbesar yang masuk dalam gugusan pulau dalam satu kawasan yang terdiri dari 60 pulau. Dua pulau besar lain adalah Pulau Sepanjang dan Pulau Paliat. Pulau Kangean memiliki luas wilayah sekitar 500 km persegi.

Pulau ini memiliki berbagai macam kekayaan yang dapat dieksplorasi oleh wisatawan yang datang berkunjung. Ada kekayaan alam baik yang terdapat di bawah maupun atas laut. Kekayaan budaya yang terlihat dari kebudayaan dan adat istiadat masyarakat. Serta kekayaan kreasi kuliner hasil karya masyarakat setempat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kangean Madura

Daya Tarik Pulau Kangean Madura
Image Credit: Google Maps (Yusuf Agung nugroho)

1. Memiliki Banyak Objek Wisata

  • Pemandian Celgung

Pemandian ini merupakan pemandian dengan sumber mata air alami yang berasal dari bawah tanah. Sumber mata air ini dikenal dengan nama air somber atau air sumber.

Ada hal unik yang terjadi di pemandian ini ketika air laut dalam kondisi pasang. Di sini air laut dan air dari tawar dari pemandian tidak dapat menyatu walaupun lokasinya sangat dekat. Mengingatkan pada fenomena sama yang terjadi di Timur Tengah sana di mana air laut dan tawar terbatas dengan jelas.

  • Jembatan Ajaib Kangean

Kemunculan jembatan ini masih menyisakan misteri tersendiri. Masyarakat meyakini bahwa jembatan ini muncul sendiri setelah seorang warga menyaksikan sebuah cahaya berkilat di kawasan laut. Hingga saat ini jembatan ajaib ini menjadi salah satu ikon fenomenal wisata Kangean.

  • Pemandian Olbek

Lokasi pemandian olbek dikelilingi oleh pepohonan rindang sehingga udara di sini lebih terasa begitu sejuk dan sedikit dingin. Beberapa wisatawan yang berkunjung memilih untuk menggunakan pakaian yang lebih tebal karena udara dingin di kawasan ini.

BACA:  Pantai Watu Leter Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Masyarakat setempat memiliki keyakinan bahwa air di pemandian ini dapat memberikan khasiat tertentu. Air yang berasal dari mata air olbel diyakini dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Selain berendam, pengunjung biasanya membawa pulang air dari pemandian ini.

  • Pulau Mamburit

Lokasi ini adalah tempat yang cocok untuk melihat pulau Kangean dari ujung. Pulau ini masih sangat alami karena masih jarang wisatawan yang berkunjung ke sini. Selain itu, pulau ini menyimpan kekayaan bawah laut yang luar biasa. Ada salah satu buah tangan yang tak boleh dilewatkan setelah kunjungan dari pulau ini yaitu buah Sukun.

  • Goa Kuning

Goa Kuning merupakan destinasi yang bukan hanya menghadirkan keindahan alam namun memiliki nilai sejarah tersendiri. Goa ini merupakan goa buatan yang dahulu pernah digunakan untuk tempat persembunyian saat masa penjajahan Belanda.

Di dalam goa masih terdapat beragam perabot rumah tangga yang berbahan dasar batu. Keberadaan perabotan ini menjadi sebuah tanda bahwa kemungkinan warga yang bersembunyi saat itu menghabiskan waktu yang lama di dalam goa.

  • Pantai Batu Guluk

Berlokasi di Kangean Besar, pantai ini merupakan salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kangean. Pesona alam yang luar biasa nampak begitu cantik. Perpaduan antara birunya langit dan air laut yang tenang serta pasir putih membuat siapa saja betah berlama-lama di lokasi ini.

  • Pantai Teluk Sapoong

Pantai ini merupakan sebuah kawasan yang diapit oleh teluk. Lokasi demikian membuat suasana di pantai ini begitu menawan. Ditambah kepekaan pengelola dalam menghadirkan atraksi di pantai ini membuat daya Tarik pantai ini semakin kuat.

  • Pulau Saebus

Jika Anda menginginkan kegiatan permainan air, lokasi ini menjadi pilihan yang tak boleh dilewatkan. Di sini telah tersedia penyewaan alat snorkeling yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Untuk wisatawan yang merasa kurang dengan waktu satu hari, Anda dapat menemukan penginapan di pulau ini.

  • Pulau Paliat

Pulau ini masih masuk dalam gugusan di Pulau Kangean. Memiliki keindahan bawah laut yang menawan dan siap untuk Anda jelajahi.

Daya Tarik Pulau Kangean
Image Credit: Google Maps (Nur Kholis Mansur)

2. Suasana Pulau yang Alami

Pulau Kangean memiliki ekosistem alam yang masih terjaga. Beberapa titik di kawasan ini dihiasi oleh pepohonan yang rindang sehingga membuat suasanya menjadi sangat sejuk. Kealamian ini juga nampak pada makanan khas yang dibuat oleh masyarakat setempat. Baik bahan baku maupun proses pengolahannya masih alami.

3. Kekayaan Budaya

Saat berkunjung ke kawasan Kangean, wisatawan dapat menyaksikan adat istiadat yang khas dan unik Madura. Jika bertepatan dengan perayaan, pengunjung dapat menyaksikan tari-tarian khas Kangean.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Kangean

Rute Pulau Kangean
Image Credit: Facebook.com @wisatakangean

Wisatawan tidak perlu merasa khawatir saat ingin berkunjung ke pulau cantik di Madura ini. Lokasinya dapat dikatakan tidak sulit untuk ditemukan. Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Surabaya. Dari kota ini, lanjutkanlah perjalanan menuju ke Kabupaten Sumenep. Perjalanan menuju Sumenep dapat ditempuh menggunakan transportasi darat dengan melewati jembatan Suramadu.

BACA:  Pulau Sempu Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Jika sudah berada di Kabupaten Sumenep, Anda dapat memilih untuk melanjutkan menuju ke terminal atau langsung menuju pelabuhan Kalianget. Ada dua opsi kendaraan yang dapat Anda gunakan untuk sampai menuju pulau Kangean yaitu menggunakan kapal ferry atau kapal cepat bahari.

Selain dua alternatif tersebut, terdapat penyawaan kapal untuk wisatawan yang menginginkan island hopping. Island hopping merupakan kegiatan berkunjung sekaligus ke beberapa pulau. Biaya sewa untuk satu buah kapal yang dapat menampung 10-15 orang adalah 450 ribu hingga 1,5 juta rupiah per hari.

Biaya Wisata ke Pulau Kangean Madura

Biaya ke Pulau Kangean
Image Credit: Google Maps (Halolis)

Biaya yang akan Anda keluarkan untuk sampai ke pulau Kangean adalah biaya angkutan umum dari kota Sumenep sebesar 50 ribu atau 20 ribu jika menggunakan ojek. Kemudian, akan ada pengeluaran untuk menyewa speedboat sebesar 150 ribu satu kali jalan.

Jika Anda sekaligus membeli tiket untuk pulang dan pergi, harga yang harus dibayar menjadi 280 ribu. Setelah sampai di kota Kangean, Anda dapat menggunakan angkutan umum dengan membayar sebesar 45 ribu rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Kangean

Aktivitas di Pulau Kangean
Image Credit: Google Maps (Yusuf Agung Nugroho)

1. Mencicipi Makanan Khas

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh pulau Kangean adalah masyarakatnya yang masih menjaga kealamian baik alam maupun proses pengolahan makanan. Wisatawan yang berkunjung tidak boleh melewatkan untuk mencicipi makanan khas yang dibuat dari bahan dasar alami dengan proses yang juga alami.

Beberapa kuliner yang harus dijajal adalah kue lanon, sangngar-sangngar, kamboya, pes-pes, gurubik atau burubik, dan keripik tekai. Makanan-makanan tersebut memiliki karakter masing-masing yang unik dan khas.

2. Menikmati Suasana Pantai Kangean

Pulau Kangean memiliki beberapa spot pantai yang tidak boleh dilewatkan. Panorama yang menawan akan membuat Anda yang berkunjung akan berfikir bahwa satu kali kunjungan masih sangat kurang untuk menikmati seluruh suasana di sini.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai tanpa ada gangguan hujan atau mendung, ada baiknya Anda datang pada bulan April hingga November. Pada bulan-bulan ini cuaca Kangean biasanya sedang dalam kondisi cerah.

3. Snorkeling di Perairan Dangkal

Kegiatan satu ini menjadi kegiatan yang wajib masuk dalam agenda wisata di Pulau Kangean. Pulau ini dikelilingi oleh kekayaan laut yang luar biasa. Gugusan pulau yang tersebar membuat terumbu karang yang tumbuh di kedalaman laut menjadi variatif dan cantik.

Anda dapat bertemu dengan ikan-ikan yang berenang aktif menikmati laut yang merupakan penghasil garam ini. Berbagai macam ikan dapat Anda temukan di sini. Selain itu, biota laut lain juga menjadi penghuni kedalaman air yang masuk dalam wilayah laut Jawa ini.

BACA:  Pulau Harapan Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Terdapat penyewaan alat-alat untuk snorkeling di Kangean. Namun, dengan jumlah yang terbatas akan lebih baik jika Anda membawa alat milik sendiri untuk snorkeling.

4. Camping

Kawasan Kangean ini memiliki pasir putih yang mengelilingi area sekitar pulau. Beberapa kawasan dihiasi oleh pepohonan hijau rindang yang membuat sejuk suasana. Angin yang bertiup sepoi-sepoi membuat suasana semakin syahdu. Suasana demikian sangat mendukung untuk melakukan sebuah kegiatan seru yaitu camping.

Wisatawan dapat membawa tenda dan mendirikannya di wilayah pulau untuk bermalam. Suasana yang masih sangat alami dan terjaga membuat bintang mudah terlihat di kawasan ini pada saat malam hari. Pada siang hari, jika musim sedang cerah langit akan menampakan pemandangan yang luar biasa.

Berbagai kegiatan dapat dilakukan saat camping berlangsung. Wisatawan dapat memancing ikan di laut pada siang hari, menikmati air kelapa muda, atau hanya santai dan bernyanyi di dalam tenda. Pada saat malam datang, wisatawan dapat membuat api unggun dan membakar ikan yang telah di dapat sebelumnya.

Wisatawan dapat memilih titik berkemah yang memiliki akses melihat matahari tenggelam dan matahari terbit. Melihat terbenam dan terbitnya matahari menjadi kegiatan yang sulit untuk dilewatkan, apalagi jika ada kesempatan untuk melakukannya.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Kangean

Penginapan di Pulau Kangean
Image Credit: Traveloka.com

1. Pandeman Resort

Penginapan ini terletak di Jalan raya pak Makki-temor, Pandeman, Arjasa. Untuk menginap di sini, pengunjung akan dikenakan biaya menginap 100 ribu per malam untuk satu orang. Biaya yang sangat terjangkau untuk menginap di pulau cantik ini bukan ?

2. De Baghraf

Hotel ini memiliki berbagai fasilitas seperti kolam renang, parkir, restoran, spa, AC,pusat kebugaran serta fasilitas rapat. Fasilitas lain yang tersedia adalah coffe shop, business center, rooftop bar, serta layanan kamar 24 jam. Harga untuk menginap di hotel ini dimulai pada harga 240 ribu.

3. Kaberaz Luxury

Hotel ini menawarkan harga mulai dari 300 ribuan untuk satu kali menginap. Ada tiga tipe kamar yang dapat pengunjung pilih yaitu superior room only, superior room breakfast, dan deluxe room breakfast. Hotel ini menyediakan taman dan teras untuk pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Kangean Madura

Fasilitas di Pulau Kangean
Image Credit: Google Maps (Nur Kholis Mansur)

Beberapa fasilitas telah tersedia di pulau ini. Walaupun hanya ada satu penginapan, wisatawan yang ingin bermalam dapat menemukan homestay atau menginap di rumah warga. Untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana bawah laut, di sini terdapat penyewaan alat snorkeling.

Pulau Kangean memiliki kekayaan yang begitu kompleks di Pulau Madura. Sebagai seorang pendatang, wisatawan hendaknya selalu menjaga keasrian dan kealamian destinasi ini sama seperti masyarakat setempat telah menjaganya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending