Pulau Ketawai Bangka Tengah, Pulau Eksotis dengan Keindahan Biota Lautnya

Pulau Ketawai Bangka Tengah, Pulau Eksotis dengan Keindahan Biota Lautnya
Biaya Wisata: Mulai Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kurau, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Anda yang sedang melancong ke Kepulauan Bangka Belitung tidak perlu pusing-pusing menentukan spot wisata untuk menghabiskan waktu liburan. Karena, gugusan Kepulauan Bangka Belitung sudah tidak perlu diragukan lagi eksotismenya. Seperti halnya Pulau Ketawai satu ini. Dengan berlibur ke gugusan Kepulauan Bangka Belitung ini, wisatawan akan mendapatkan sensasi liburan yang berbeda.

Pulau Ketawai berada di Kabupaten Bangka Tengah dengan luas wilayahnya sekitar 30 hektar. Memiliki pemandangan eksotis pasir putih dan pepohonan kelapa yang menjulang tinggi dengan suasana asri dari hutan bakaunya menjadikan pulau ini favorit dijadikan sebagai area rekreasi keluarga. Luasnya hamparan laut biru pun dapat dengan mudah wisatawan temukan ketika berkunjung ke pulau ini.

Tak hanya itu saja, wisatawan yang berkunjung juga bisa merasakan berlibur layaknya private island karena pulau ini termasuk pulau yang tak berpenghuni. Sungguh menarik bukan? Sehingga bukan suatu hal yang mengherankan lagi kalau pulau ini mampu memikat banyak wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Dengan semua hal yang dimiliki pulau ini menjadikannya favorit. Tertarik?

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Ketawai

Daya Tarik Pulau Ketawai
Image Credit: Google Maps (Nakal Nakal)

Pulau Ketawai merupakan sebuah pulau kecil eksotis yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini adalah pulau yang tidak berpenghuni, namun jika ditanya mengenai pengunjung. Pulau ini mampu memikat wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Banyak wisatawan yang rela berdatangan dari luar daerah hanya untuk merasakan daya tarik sesungguhnya dari pulau di Kepulauan Bangka Belitung ini.

1. Kesan Eksotisme yang Begitu Lekat Terasa

Memiliki hamparan luas berupa pasir putih yang bersanding dengan birunya lautan memberikan kesan eksotis dari pulau ini. Selain itu, sambutan alami berupa deretan pepohonan kelapa yang menjulang tinggi juga akan menambah kesan eksotis. Tak hanya itu saja, wisatawan yang berkunjung juga akan disambut dengan semilir angin yang dibawa dari ombak kecil lautan dan lambaian dedaunan kelapa.

2. Sepinya Pulau Menciptakan Suasana Tenang

Pulau Ketawai memiliki suasana sepi karena pulau yang berlokasi di Kepulauan Bangka Belitung ini tidaklah berpenghuni. Mungkin lokasinya yang sepi menjadi kekecewaan tersendiri, namun untuk sebagian orang, sepinya suasana di pulau ini menjadikan daya tarik tersendiri. Wisatawan yang berkunjung akan merasakan berlibur di private island-nya sendiri. Belum lagi ditemani kesan eksotisme yang ditawarkan.

3. Pemandangan Cantik Biota Lautnya yang Tidak Bisa Dilewatkan

Pulau yang memiliki luas wilayah sekitar 30 hektar ini juga memiliki pemandangan biota laut yang terkenal cantik. Sehingga sangat disayangkan untuk Anda yang sedang melancong ke pulau ini tanpa menyaksikan kecantikan biota lautnya. Beragam jenis terumbu karang tersedia disini dan menjadi bagian dalam konservasi. Menyelam merupakan kegiatan yang sangat tepat jika dilakukan di pulau eksotis ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau

Alamat Pulau Ketawai
Image Credit: Google Maps (Mona Rosalia)

Pulau Ketawai merupakan salah satu destinasi wisata alam berupa pulau kecil eksotis yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung tepatnya Kabupaten Bangka Tengah, Desa Kurau. Pulau ini berjarak 54 km dari pusat Provinsi Bangka Belitung. Walaupun jaraknya tergolong jauh, wisatawan tidak akan merasa kecewa ketika menginjakkan kakinya disini. Sebab, panorama eksotis yang disajikan sedap dipandang.

Sebelum mempersiapkan semuanya untuk menyambangi pulau ini, ada baiknya untuk mengetahui rute yang akan dituju. Wisatawan yang tertarik menyambangi pulau ini bisa melalui dua rute perjalanan yaitu perjalanan darat dan perjalanan laut. Wisatawan juga tidak perlu merasa bosan ketika dalam perjalanan, karena suguhan alam yang disajikan oleh Bangka Belitung akan mengabaikan rasa bosan perjalanan.

Akses jalan yang pertama yang akan dilalui yaitu akses jalan darat yang bisa ditempuh dari Bandara Depati Amir. Setelah wisatawan berada di Bandara Depati Amir tersebut, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan taxi ataupun transportasi umum untuk menuju ke Desa Kurau. Jarak dari Bandara Depati Amir ke Desa Kurau ini berkisar antara 35 km dengan waktu tempuh hanya 30 menit.

Setelah menuju Desa Kurau, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan laut untuk menuju pulau tujuan. Wisatawan bisa memanfaatkan jasa sewa perahu nelayan milik masyarakat yang akan mengantarkan wisatawan ke pulau tujuan. Waktu yang ditempuh ialah 1 jam. Wisatawan juga disarankan untuk memulai perjalanan pada waktu pagi hari agar tidak menemui ombak besar sehingga bisa memudahkan nelayan.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya ke Pulau Ketawai
Image Credit: Google Maps (M Fajar Pratama)

Pulau Ketawai terletak sedikit jauh dari Provinsi Bangka Belitung. Walaupun jauh dan akses jalan yang ditempuh juga memiliki dua rute, wisatawan yang berkunjung ke pulau eksotis ini tak pernah sekalipun merasa rugi mengenai waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk mengunjunginya. Karena dengan eksotisme yang pulau ini suguhkan seakan dapat membayar lelah dan waktu untuk menuju lokasi tujuan.

Tempatnya yang eksotis dengan beragam daya tariknya akan membuat siapapun terpikat menyambangi pulau di Kepulauan Bangka Belitung ini. Dengan mempersiapkan dana sebesar Rp 20.000 sebagai transportasi darat menggunakan kendaraan umum, wisatawan sudah bisa menempuh perjalanan dari bandara untuk menuju ke Desa Kurau. Bagaimana, apakah sudah tertarik untuk berkunjung ke pulau ini?

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Ketawai

Aktivitas di Pulau Ketawai
Image Credit: Instagram.com @maulanaable_3g

1. Bersantai di Tengah Panorama Eksotis

Bersantai merupakan suatu hal yang paling tepat jika dilakukan di Pulau Ketawai. Menyajikan perpaduan daya tariknya menjadikan pulau ini memiliki pemandangan eksotis yang tentunya sangat memikat para wisatawan. Wisatatawan yang berkunjung bisa merasakan bersantai di tengah panorama eksotisnya sembari ditemani lambaian angin lembut yang tercipta dari gulungan ombak kecil dan dedaunan kelapa.

2. Menikmati Sunset dengan Suasana Tenang

Jangan sekali-kali mencela sunset yang disajikan oleh pulau ini. Pasalnya sajian sunset yang ditawarkan khusus bagi para pengunjungnya dari pulau ini begitu memesona. Wisatawan bisa merasakan cercahan cahaya hangat dari matahari sore sembari ditemani suara deburan ombaknya. Suasana tenang karena jauh dari hiruk-pikuk kota yang disajikan pun akan semakin menambah momen menikmati sunset disini.

3. Menyelam di Atas Biota Lautnya yang Cantik

Selain bersantai dan menikmati sunset, wisatawan disarankan sekali untuk menyelam di perairan laut Pulau Ketawai ini. Sajian biota lautnya yang begitu memikat dari berbagai jenis terumbu karang, rasanya sayang untuk dilewatkan. Air lautnya yang jernih akan menemani pengalaman menyelam wisatawan. Dengen menyelam disini, wisatawan akan mendapatkan momen menyelam yang begitu berkesan.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan di Pulau Ketawai
Image Credit: Tripadvisor.co.id

1. Homestay Pantai Batu Merah Emas

Homestay Pantai Batu Merah Emas ini menyuguhkan lokasi penginapan yang luas dan berdekatan dengan Pulau Ketawai. Walaupun masih dalam masa peningkatan fasilitas, daya tariknya dalam meraup pengunjung untuk menginap disini sudah tidak perlu diragukan lagi. Wisatawan yang menginap disini akan merasakan pengalaman menginap yang sangat pas karena lokasinya dekat dengan lokasi tujuan.

2. Fox Harris Hotel Pangkalpinang

Hotel ini termasuk favorit ditinggali oleh para pelancong. Dengan pelayanan yang bagus didukung oleh para staf-nya yang ramah serta sajian makanannya bercita rasa lezat menjadikan Fox Harris Hotel Pangkalpinang dipuja oleh wisatawan yang bermalam disini. Fasilitas yang disediakan juga beragam mulai dari kolam renang, area parkir, Wi-Fi, sarapan, hingga resepsionis yang melayani 24 jam penuh.

3. Bravo Residece

Tidak ada kata lain selain sempurna yang patut diberikan untuk Bravo Residence. Pelayanannya yang begitu dipuji pengunjung sebab karyawannya yang ramah menjadikan Bravo Residence tepat digunakan sebagai tempat untuk bermalam selepas lelah berlibur di lokasi tujuan. Penginapannya pun dinilai bersih dengan fasilitas Wi-Fi hingga ruangan ber-AC. Pantas saja kalau penginapan ini dinamakan Bravo!.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Ketawai

Fasilitas Pulau Ketawai
Image Credit: Google Maps (Onedes Sipahutar)

Lokasinya yang berada sedikit jauh dari Provinsi Bangka Belitung serta rute yang dituju sedikit merepotkan membuat fasilitas yang tersedia di pulau ini kurang memadai. Luas wilayah yang tidak seberapa serta tidak memiliki penduduk merupakan alasan lain dari kurangnya fasilitas di pulau ini. Walaupun begitu, panorama alam eksotis yang disuguhkan mampu memikat siapapun untuk datang.

Fasilitas yang tersedia disini memang kurang memadai, hanya terdapat beberapa fasilitas umum layaknya toilet umum serta gazebo. Wisatawan bisa memanfaatkan toiletnya untuk keperluan pribadi ataupun mengganti pakaian sebelum dan selepas berenang di perairan pulaunya. Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir mengenai keberadaan toilet disini.

Selain toilet, pulau ini juga memiliki fasilitas gazebo yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjungnya. Wisatawan yang datang bisa bersantap ataupun piknik kecil bersama keluarga diatas gazebo. Dengan piknik disini, wisatawan akan merasakan terpaan angin lembut yang dibawa dari ombaknya serta suasana sejuk dari pepohonan kelapa yang menjulang tinggi. Jadi, gazebo disini sangat bermanfaat.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Pulau Ketawai di Bangka Tengah. Walaupun lokasi pulau ini berada sedikit jauh dari Provinsi Bangka Belitung, pemandangan alam eksotis yang dimilikinya tak kalah indah dari destinasi wisata lainnya. Pulau ini sangat cocok dijadikan sebagai area rekreasi liburan untuk Anda dan keluarga. Karena beragam daya tariknya patut disambangi oleh wisatawan keluarga. Tertarik untuk datang kesini?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending