Pulau Lae Lae, Makassar

Pulau Lae Lae, Makassar

Daya Tarik, Rute, Biaya Wisata & Fasilitas – Pulau Lae Lae menjadi objek wisata bahari kaya pesona andalan Makassar. Pengjung pun dapat melakukan banyak kegiatan menyenangkan, seperti berenang, bermain pasir dan snorkling.

Lokasi: Pulau Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.
Map: Cek Lokasi

Bagi Anda yang ingin berlibur di area Makassar, maka tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pulau Lae Lae. Pulau yang terletak di Sulawesi Selatan ini rasanya tidak pernah habis untuk menawarkan keindahan alam. Wisata baharinya menjadi andalan yang patut untuk diacungi jempol dan menjadi destinasi yang menarik. Yuk simak keseruan apa saja yang bisa Anda rasakan di Pulau Lae Lae Makassar berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Lae Lae

Daya Tarik Pulau Lae Lae
Image Credit: Instagram.com @firman.nd

Pulau Lau Lau adalah pulau kecil yang berada di Makassar Barat dan menjadi suatu tujuan favorit bagi wisatawan yang datang berkunjung. Pulau ini dulunya digunakan untuk perang dunia 2 dan digunakan oleh Jepang untuk area pertahanan. Pulau ini sendiri memiliki luas tanah kurang lebih sebesar 6,5 hektar dengan pasir putih yang sangat luas. Penduduk yang bermukim di daerah tersebut pun kurang lebih sebanyak 2000 jiwa.

Pulau ini dinilai sangat unik karena memiliki bentuk persegi panjang dengan dinding penghalang ombak yang terletak di bagian barat pulau tersebut. Bahkan penghalang ini memiliki area yang cukup luas hingga membentang dari utara ke selatan. Bisa dibilang jika pesona yang dimiliki oleh pulau tidak jauh dari pesisir Pantai Losari, bahkan bisa dibilang jaraknya sangat dekat dengan bibir kota.

Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa di beberapa titik di Pulau Lae Lae. Terlebih dari pulau ini akan terlihat hiruk pikuk kota Makassar dengan kasat mata. Pulau ini juga menawarkan sunset yang sangat indah dan berbeda dengan pulau lainnya. Bagi para penduduk lokal daerah tersebut, Pulau Lae Lae merupakan surganya sunset Kota Makassar. Tidak heran jika menjelang sore para pemburu sunset akan memenuhi Dermaga Kayu Bangkoa untuk menyeberang menuju Pulau Lae Lae.

Daya Tarik Pulau Lae Lae Makassar
Image Credit: Mongabay.co.id

Banyak sekali pengunjung yang rela menghabiskan sunset yang ditawarkan oleh Pulau Lae Lae pun memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang ingin bermalam di pulau tersebut. Umumnya jika Anda berkunjung ke Pulau Lae Lae ini maka akan disediakan Bale Bale atau biasa disebut dengan pondok yang kecil. Biasanya pondok ini memiliki letak yang tidak jauh dari pulau dan dikelola oleh penduduk setempat sendiri.

JIka Anda menginjakkan di Pulau Lae Lae ini Anda juga bisa mampir ke Pulau Gusung Tallang. Masyarakat sekitar menyebut nama Gusung Tallang karena bentuknya yang sangat kecil. Pulau ini memiliki luas pulau kurang lebih sekitar 2 hektar. Pulau ini terletak di antara Pulau Lae Lae dan juga Pulau Kayangan yang bisa dijadikan destinasi wisata yang sangat mengagumkan.

Alamat dan Rute Menuju Kawasan Pulau Lae Lae

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pulau Lae Lae
Image Credit: Liputan6.com

Pulau ini terletak di Provinsi Sulawesi Selatan memiliki keindahan pulau yang sangat eksotis dan memanjakan para pengunjung yang datang. Pulau cantik ini termasuk pulau yang berpenghuni dan memiliki pemandangan pantai yang sangat ini. Pulau Lae Lae ini memiliki jarak yang tidak terlampau jauh jika ditempuh dari pesisir Makassar. Anda hanya harus menempuh perjalanna sekitar 1,5 km yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit.

Untuk alamat lengkapnya Pulau Lae Lae ini masuk ke dalam wilayah Kelurahan Lae Lae, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar. Pulau ini sudah ditempati sejak zaman dahulu dan masih menjadi perdebatan hingga hari ini. Namun beberapa temuan seperti bunker peninggalan tentara Jepang dan juga sumur yang dibangun oleh Belanda. Sehingga banyak orang yang mengira pulau ini sudah dihuni sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang.

Nama Pulau Lae Lae kini sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas karena betang alamnya yang sangat indah. Jika Anda ingin menuju Pulau Lae Lae maka Anda bisa berangkat melalui dermaga Fort Rotterdam atau dari Dermaga Kayu Bangkoa. Sementara itu biaya untuk satu penyebrangan ini mulai dari Rp. 20.000.- hingga Rp. 30.000.- Jika Anda berkunjung bersama rombongan maka ada baiknya menyewa perahu agar lebih mudah menjangkaunya.

Biaya Wisata ke Pulau Lae Lae

Biaya Wisata ke Pulau Lae Lae
Image Credit: Ksmtour.com

Untuk biaya menuju pulau ini Anda harus mempersiapkan beberapa ribu rupiah untuk menyewa kapa sehingga bisa menyebrang ke pulau Lae Lae. Selain itu Anda juga harus mempersipakan dana untuk menginap di pulau mungil tersebut. Pasalnya Anda akan menyesal jika berkunjung ke Pulau Lae Lae namun tidak menginap di pulau tersebut. Siapkan biaya untuk makan selama di pulau tersebut.

Sementara itu untuk harga tiketnya Anda tidak akan dipungut biaya lagi. Anda harus mempersiapkan uang untuk menyewa perahu dan kapal sehingga bisa menyebarangi pulau. Selain itu jika Anda ingin menginap, maka Anda harus mengeluarkan beberapa rupiah lagi. Dengan menyewa penginapan maka Anda akan lebih puas lagi untuk menikmati keindahan dan keseruan mengunjungi Pulau Lae Lae Makassar.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Lae Lae

Kegiatan Menarik di Pulau Lae Lae
Image Credit: Siipuljalanjalan.com

Pulau yang dijadikan sebagai tempat wisata ini memang menawarkan beragam aktivitas yang bisa dilakukan. Selain pesona baharinya yang membentang luas dan memanjakan mata, Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan matahari terbit dan tenggelam. Selain itu aktivitas di pulau ini yang tidak boleh untuk dilewatkan adalah snorkeling. Perlu diketahui jika tempat wisata ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah.

Anda akan ditemani ikan ikan kecil dan pemandangan terumbu karang yang sangat indah dari bawah laut tersebut. Sehingga petualangan menyelami laut pun semakin menyenangkan dan tidak akan terlupakan. Namun jika Anda melakukan snorkeling maka Anda harus berhati hati dengan terumbu karang yang ada. Karena beberapa terumbu karang telah rusak sehingga Anda harus berhati hati.

Sebaiknya Anda membawa barang barang snorkeling sendiri karena jarang sekali ada tempat penyewaan yang menyediakan alat alat snorkeling yang lengkap. Pulau ini dinilai sangat aman karena minim bulu babi yang jarang ditemui di pulau tersebut. Selain itu Anda juga bisa berjalan jalan di sekeliling pantai karena memang memiliki keindahan alam yang luar biasa indah. Sambil berjalan jalan Anda juga bisa menghirup udara pantai yang sangat menyegarkan.

Berjalan jalan di bagian selatan dari Pulau Lae Lae maka Anda akan disuguhi oleh pemandangan batu pemecah karang yang berbentuk seperti piramida. Pepohonan yang membentang juga akan menambah keindahan pulau ini. Apalagi jika Anda hobi untuk mengabadikan momen momen berjalan jalan, tentunya menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan.

Menikmati panorama sunset juga menjadi aktivitas yang menyenangkan ketika berkunjung ke pulau tersebut. Momen matahari yang tenggelam ini menjadi landmark yang tersohor dan sangat sayang untuk dilewatkan. Di sisi pulau Anda juga bisa mengunjungi pantai Bob yang membuat pantai Lae Lae semakin cantik. Dinamakan pantai Bob karena pantai ini dikelola oleh Om Bob yang merupakan penghuni pulau.

Penginapan di Sekitar Pulau Lae Lae Makassar

Penginapan di Pulau Lae Lae Makassar
Image Credit: Aroengbinang.com

Jika Anda memutuskan untuk menginap, maka Anda akan mudah sekali menemukan penginapan di daerah tersebut. Harganya pun bervariasi tergantung dari fasilitas dan ukuran kamar yang ditawarkan. Anda bisa saja menghemat pengeluaran jika menemukan penginapan yang murah di daerah tersebut. Harga yang ditawarkan pun mulai dari rentang harga Rp. 50.000.- hingga Rp. 150.000.- per malamnya.

Selain penginapan yang dibangun oleh warga, Anda juga bisa menemukan beragam hotel yang berdiri megah di area pulau. Untuk sewa hotel ini Anda akan membutuhkan biaya yang lebih besar tergantung dari fasilitas dan layanan kamar. Beberapa hotel yang ada di pulau tersebut antara lain Hotel Pantai Gapura Makassar, Makassar Beach In, dan Swiss Belhotel Makassar.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Lae Lae

Fasilitas di Pulau Lae Lae
Image Credit: Liputan6.com

Apabila Anda berkunjung ke Pulau Lae Lae maka Anda tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang tersedia. Anda bisa menikmati keindahan pulau ini lebih lama dengan menginap di penginapan yang sudah tersedia di pulau tersebut. Harga penginpan yang ditawarkau terbilang terjangkau. Untuk penginapan yang lebih akrab dengan nama bale bale ini dipatok dengan harga yang sangat terjangkau.

Untuk menginap di penginapan tersebut Anda hanya harus membayar sekitar 50 hingga 150 ribu permalamnya. Selain itu pulau ini juga menyediakan beragam tempat makan yang lumayan banyak. Fasilitas seperti toilet pun juga sudah disediakan oleh pihak pengelola. Bahkan pantai ini sudah memiliki fasilitas untuk beribadah yang terletak tak jauh dari kota Makassar. Anda juga bisa berkunjung ke penginapan di luar pulau yang tidak jauh dan membutuhkan waktu tempuh 10 menit saja.

Itulah beberapa ulasan menarik mengenai Pulau Lae Lae yang berada di Kota Makassar. Anda bisa berkunjung ke pulau tersebut bersama dengan keluarga atau orang tercinta. Pemandangan laut yang masih biru dan asri mampu meyihir para pengunjung untuk berlama lama berada di pulau tersebut. Belum lagi jika Anda hobi untuk melakukan snorkeling, pemandangan terumbu karang dan ikan ikan kecil di dasar laut.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending