Pulau Macan Jakarta – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Macan Jakarta

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Macan merupakan pulau eksotis yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Seribu Jakarta. Wisata bahari yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 950.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, Jakarta; Map: Cek Lokasi

Pulau Macan merupakan destinasi dengan konsep eco resort yang kemudian disebut sebagai Tiger Islands Village & Eco Resort. Mengusung konsep eco village, daya listrik di pulau ini berasal dari solar cell dan turbin angin. Selain itu, pengelolaan sampah dilakukan dengan baik.

Sampah-sampah yang dihasilkan diolah menjadi pupuk yang digunakan untuk kebun-kebun, di daur ulang dan sisanya dihancurkan. Tidak hanya berhenti di situ, bangunan dan produk olahan di pulau ini juga berkonsep nature-friendly yang ramah dengan alam.

Pulau pribadi eksklusif ini memiliki luas tak sampai satu hektar. Dengan luas tersebut, pengunjung yang hadir dibatasi setiap harinya. Setiap hari, pulau ini hanya menerima sebanyak kurang dari 40 orang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Macan

Daya Tarik Pulau Macan
Image Credit: Twitter.com @indofestsg

1. Sepi dan Tenang

Pulau pribadi ini merupakan pulau yang berada di Kepulauan Seribu. Pulau Macan ini terdiri dari dua pulau yaitu Macan Besar dan Macan Kecil atau Macan Gundul. Pulau Macan merupakan lokasi tempat resort berada sedangkan Macan Kecil adalah pulau yang muncul ketika air laut dalam kondisi surut.

Pengelola pula memiliki kebijakan untuk membatasi jumlah pengunjung yang datang setiap harinya. Hal ini membuat pulau ini tidak dikunjungi oleh banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Sehingga kondisi pulau menjadi sepi dan tenang.

2. Panorama yang Indah

Pulau Macan yang merupakan bagian dari gugusan pulau di Kepulauan Seribu ini memiliki panorama indah yang sangat menyenangkan untuk dipandang. Gradasi antara laut biru kehijauan di laut dangkal dan laut biru tua dari perairan dalam menghasilkan pemandangan yang luar biasa.

Di laut yang dangkal, wisatawan dengan mudah melihat biota laut yang ada di dalam laut walau tidak menyelam. Terumbu karang dan ikan-ikan dapat terlihat dari atas karena kondisi air laut yang sangat jernih.

3. Air Laut yang Tenang

Selain jernih, air laut di sekitar pulau memiliki kondisi yang tenang. Sehingga sangat sesuai digunakan untuk berenang atau bermain air. Pengunjung yang membawa anak-anak tidak perlu lagi khawatir.

Daya Tarik dari Pulau Macan
Image Credit: Instagram.com @ecko_bacray

4. Bersatu Dengan Alam

Seluruh kegiatan di pulau Macan diupayakan mengutamakan pemeliharaan lingkungan. Keseluruhan bangunan di kawasan ini dibangun menggunakan material alami, begitu pula dengan furnitur yang berasal dari limbah kayu.

BACA:  Pulau Nusa Barong Jember - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Hampir seluruh listrik bersumber dari panel matahari, hanya sebagian kecil yang menggunakan genset. Air di pulau ini berasal dari air hujan yang ditampung kemudian disaring hingga kemudian digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

5. Kuliner yang Alami

Kuliner yang disajikan untuk tamu merupakan sayuran organik yang terbebas dari hama. Sayur-sayuran dan buah-buah yang disajikan merupakan hasil kebun dari petugas resort. Mereka menanam sendiri di kebun yang ada di pulau ini.

6. Pemandangan Bawah Laut

Pemandangan bawah laut pulau ini memiliki keindahan yang masih terjaga. Terumbu karang masih dalam kondisi baik dan ikan-ikan yang berenang menambah daya tarik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Macan

Rute Pulau Macan
Image Credit: Facebook.com @exploreseribu

Untuk sampai ke pulau menawan ini, wisatawan memerlukan waktu 90 menit perjalanan dari Pelabuhan Marina Jakarta. Penyeberangan biasanya dilakukan menggunakan speedboat, jadwal berangkatnya setiap pukul 8 pagi dan 2 siang.

Namun, untuk Anda yang ingin menekan biaya perjalanan dapat menggunakan kapal kayu. Untuk menggunakan kapal kayu, Anda bisa berangkat dari Pelabuhan Kaliadem di belakang Pasar Ikan Muara Angke. Biaya per satu kali penyeberangan adalah 45 ribu hingga 80 ribu rupiah.

Perkiraan Biaya Wisata ke Pulau Macan

Biaya ke Pulau Macan
Image Credit: Google Maps (Toni Huang)

Wisata ke pulau Macan memiliki variasi biaya berdasarkan jumlah hari yang dihabiskan wisatawan. Rata-rata wisatawan menghabiskan waktu mulai dari satu hari penuh hingga tiga hari dua malam.

Jika Anda hanya menginginkan wisata satu hari, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 950.000. Dengan biaya tersebut, Anda akan mendapatkan fasilitas tiket boat pulang pergi dari Pelabuhan Marina, welcome drink, makan siang, snorkeling atau kayak, dan termasuk tax and service 21 persen.

Jika Anda menginap akan ada harga sesuai dengan cottage yang Anda gunakan. Biaya per malam berkisar antara 1,6 juta hingga 2,6 juta untuk dewasa. Kemudian, ada harga khusus untuk anak-anak berusia 3 hingga 10 tahun dengan rentang 1,1 juta sampai 2,1 juta.

Biaya di atas sudah termasuk dengan fasilitas tiket boat pulang dan pergi dari pelabuhan Marina, welcome drink, akomodasi cottage, snorkeling atau kayak. Anda akan mendapat makan 4 kali jika menginap 2 hari satu malam dan makan 7 kali jika menginap 3 hari 2 malam serta pajak dan service sebesar 21%.

Balita yang berumur kurang dari 3 tahun dapat menginap dengan gratis. Pengunjung perlu melakukan reservasi atau pemesanan satu hingga dua hari sebelum tanggal keberangkatan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Macan

Aktivitas di Pulau Macan
Image Credit: Instagram.com @vikafebriantiwd

1. Snorkeling

Keindahan bawah laut pulau Macan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Upaya pengelola untuk menjaga terumbu karang tetap dalam kondisi baik membuat biota bawah laut ini berkembang dengan baik.

Wisatawan yang ingin melakukan snorkeling di sini tidak perlu pusing dengan peralatan. Peralatan untuk snorkeling telah disediakan secara gratis oleh pengelola karena masuk sekaligus pada paket wisata.

2. Tracking Mengelilingi Pulau

Kondisi pulau yang sepi dan tidak berpenghuni memberi Anda kesempatan untuk berkeliling dan merasakan semangat berpetualang. Tak perlu takut akan tersesat karena pulau ini memiliki luas yang tidak terlalu besar.

BACA:  Pulau Onrust Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Waktu satu hari akan sangat cukup untuk mengelilingi seluruh pulau dengan luas kurang dari satu hektar ini. Jangan lupa gunakan siapkan pakaian senyaman mungkin untuk kegiatan ini.

3. Berjemur

Tak jauh dari pulau Macan Gundul ada sebuah fenomena yang terjadi ketika air laut surut. Fenomena ini merupakan munculnya gundukan pasir yang disebut gusung. Hanya perlu berjalan selama dua menit untuk sampai di lokasi ini. Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk berjemur.

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan jika ingin berjemur adalah memanfaatkan kawasan bamboo bar dan sundeck. Area ini memiliki kondisi yang sangat cocok digunakan untuk berjemur.

Pantai juga menjadi area yang tak boleh dilewatkan untuk melakukan aktivitas ini. Cahaya matahari yang Anda incar, dapat dinikmati bersamaan dengan nyamannya pasir pantai. Anda dapat melakukan kegiatan ini di pagi atau sore hari menjelang matahari tenggelam.

4. Relaksasi

Kondisi pulau yang sepi dan tenang dengan jumlah pengunjung yang terbatas, membuat lokasi ini sangat sesuai dikunjungi jika Anda menginginkan rileksasi. Kondisi demikian tentu akan sangat mendukung kegiatan tersebut. Anda dapat memanfaatkan seluruh bagian pulau sebagai spot untuk rileksasi.

Anda dapat menemukan momen untuk bersama dengan diri Anda sendiri. Menyelami segala yang telah terjadi dan berterimakasih pada diri karena Anda masih dapat bertahan hingga hari ini. Me time seringkali jadi kegiatan yang dirindukan banyak orang.

5. Bermain Kano

Bermain kano menjadi pilihan yang tak boleh Anda lewatkan. Anda dapat mendayung perahu kano Anda hingga pulau Macan Gundul dan pulau Botak yang berada di seberang pulau ini. Kondisi laut yang tenang akan membuat Anda bisa menikmati perjalanan tanpa rasa lelah yang begitu berarti.

6. Hunting Foto

Kawasan pulau ini memiliki panorama yang cantik sepanjang hari. Pagi yang indah dengan matahari terbit, siang yang membuat pesona pantai semakin menawan dan senja dengan matahari tenggelam yang luar biasa. Dengan kondisi demikian, pengunjung tidak akan kehabisan waktu dan lokasi untuk berfoto.

7. Coral Planting

Pulau yang mengusung konsep bersatu dengan alam ini memiliki sebuah program yaitu penanaman koral. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan alam. Koral-koral baru yang telah selesai dikembangbiakan akan ditanam guna menggantikan koral lama yang sudah rusak.

8. Bakar Ikan dan Api Unggun

Menghabiskan waktu di pulau terpencil dengan orang terkasih menjadi kenangan indah yang sulit untuk dilupakan. Membakar ikan di api unggun akan menambah suasana meriah sekaligus hangat.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Macan

Penginapan di Pulau Macan
Image Credit: Google Maps (Gerick Mouton)

Dengan konsep Eco Resort, Pulau macan menghadirkan beberapa tempat menginap yang tersebar di area pulau. Masing-masing kamar memiliki keunikan dan fasilitas masing-masing.

1. Type Sunset Hut

Ini adalah tipe cottage yang menawarkan matahari tenggelam sebagai panorama yang dapat dilihat dari kamar yang menghadap ke barat. Kamar ini cocok ditempati empat hingga enam orang.

Kamar ini menyediakan fasilitas meja, kipas angin, net nyamuk, pintu masuk yang privat, lantai kayu, kamar mandi, toilet , alat mandi, single bed, handuk, tempat tidur queen-size, dan shower. Dengan kelebihan lain berupa pekarangan yang terbuka di belakang, pemandangan laut, sarapan, teras yang privat, dan pemandangan sunset.

BACA:  Pulau Semak Daun Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Island Hut

Kamar ini memiliki konsep yang hampir sama dengan driftwood. Dapat digunakan oleh empat hingga lima orang.

Di sini tersedia fasilitas meja, kipas angin, area duduk, kamar mandi, shower, alat keperluan toilet, toilet, handuk, queen-size bed, outdoor furniture, dan single bed. Menawarkan pemandangan laut yang bisa dinikmati sambil tiduran dengan teras dan pekarangan yang privat.

3. Coral Hut

Dengan fasilitas berupa dua unit queen-sized bed dan dua unit single bed yang besar, kamar ini cukup untuk dihuni tiga hingga empat orang. Dengan kamar mandi yang terbuka namun tetap aman.

Kamar ini menyediakan fasilitas berupa meja, kipas angin, area duduk, kamar mandi, shower, alat keperluan toilet, toilet, handuk, queen-size bed, outdoor furniture, dan single bed. Menampilkan pemandangan laut yang bisa dinikmati sambil tiduran dengan teras dan pekarangan yang privat.

4. Zen Hut

Cottage ini merupakan kamar yang paling baru. Difasilitasi dengan sebuah queen size bed dan dua buah single bed besar, kamar ini cocok dihuni hingga empat orang dewasa. Terdapat kamar mandi khusus, tempat kerja yang menghadap langsung ke laut Jawa. Cottage ini terletak di bagian tenggara pulau.

5. Garden Hut

Kamar baru yang dilengkapi dengan twin bed untuk dua orang. Fasilitas lain yang tersedia adalah dua buah kursi yang menghadap langsung ke panorama laut, hammock dan kamar mandi yang nature. Kamar ini merupakan salah satu kamar yang berada paling dekat dengan laut.

6. Drift Wood

Ini sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai konsep laut yang kental dengan bangunan yang didominasi oleh kayu laut. Merupakan salah satu kamar yang paling awal dibangun. Memiliki kapasitas dua orang dengan fasilitas satu buah king size bed. Kamar mandi terletak 15 meter dari kamar.

7. Red brick

Anda akan berada di penginapan yang didominasi oleh warna merah bata yang sangat kental dengan suasana pedesaan. Memiliki dua ruangan dengan sebuah Queen size bed sebuah tempat tidur. Kapasitas kamar ini dapat ditempati hingga tiga orang dewasa.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Macan Jakarta

Fasilitas di Pulau Macan
Image Credit: Facebook.com @vivacoid

Destinasi yang mengandalkan konsep eco village ini menghadirkan fasilitas berupa resort yang memiliki berbagai tema. Anda dapat memilih jenis cottage yang paling sesuai dengan Anda.

Di pulau Macan, wisatawan akan dengan mudah menemukan fasilitas untuk melakukan berbagai olahraga air seperti snorkeling, diving, wind surving dan canoe. Seluruh perlengkapan olahraga air tersebut masuk bagian paket wisata, sehingga wisatawan tak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Tata kelola pulau ini dilakukan mandiri oleh pengelola pulau. Sehingga tidak ada fasilitas umum yang tersedia kecuali yang disediakan oleh pengelola. Akomodasi, warung makan, warung kebutuhan harian, dan persewaan alat olahraga air sudah masuk dalam bagian pengelolaan pengelola pulau.

Pulau Macan memiliki keindahan yang tidak bisa diabaikan. Destinasi ini sangat pas digunakan bagi wisatawan yang tidak terlalu suka dengan keramaian dan menginginkan liburan yang damai. Atmosfir di pulau ini sangat mendukung untuk membantu Anda lepas dari kepenatan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending