Pulau Mandangin (Pulau Kambing), Sampang

Pulau Mandangin (Pulau Kambing), Sampang

Lokasi: Pulau Mandangin, Kec. Sampang, Kab. Sampang.
Map: Cek Lokasi

Indonesia memiliki banyak pulau pulau kecil dengan keindahan alamnya yang mampu menarik para wisatawan. Salah satu pulau kecil dengan pesona keindahan yang tak kalah eksotis adalah Pulau Mandangin (Pulau Kambing) yang ada di Sampang, Madura. Bagi Anda yang ingin menikmati liburan lebih dekat dengan alam, mengunjungi pulau Mandangin bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak keseruan yang bisa Anda dapatkan di pulau kecil ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Mandangin

Daya Tarik Pulau Mandangin
Image Credit: Visitmadura.id

Pulau Mandangin merupakan pulau kecil dengan luas wilayah 90,04 hektar. Jika dilihat dari kejauhan, pulau ini seakan hanya pulau dengan rerimbunan pohon. Namun, saat mengunjungi pulau ini, Anda akan disajikan dengan pemandangan pantai yang indah dan bersih. Air pantai yang tampak jernih dan bebas dari sampah. Pemandangan  pantai yang khas di pulau ini adanya deretan kapal yang terapung di sekitar pantai milik nelayan yang tinggal di pulau Mandangin.

Tak hanya pemandangannya yang indah,pulau satu ini juga memiliki udara yang sejuk dengan pepohonan yang rindang dan asri tumbuh di sekitar pantai. Dinamakan dengan Pulau Mandangin yang diambil dari kata Memandang Angin. Mengingat lokasinya yang berada di dekat pantai sehingga angin yang ada di tempat ini cukup kencang. Salah satu tempat favorit para wisatawan yaitu pulau Candin yang menawarkan keindahan pemandangan matahari terbit.

Daya Tarik Pulau Mandangin Sampang
Image Credit: Javatrans.com

Pemandangan sunrise di pantai ini tampak berbeda sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Matahari yang muncul dari ufuk timur bersandingan dengan pantai dan batu karangnya tampak seperti tergambar di lukisan. Selain pemandangan matahari terbit yang indah, momen matahari yang terbenam di pulau ini juga tidak kalah indahnya. Namun untuk mendapatkan keindahan langit senja, Anda harus mengunjungi Mandangin Barat.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Mandangin

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Mandangin
Image Credit: Azizfahmi94blog.wordpress.com

Pulau Mandangin merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, jawa Timur. Akses menuju ke lokasi ini terbilang cukup mudah, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika kesulitan mendapatkan kapal untuk menyeberang ke pulau ini. Anda bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi menuju ke terminal Sampang. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah pelabuhan Tangklok.

Perjalanan dari terminal menuju ke Tangklok memakan waktu sekitar 10 menit. Setelah itu, Anda harus memarkirkan kendaraan dan berganti transportasi dengan perahu milik nelayan sekitar. Anda akan dibawa menyebrang menuju pulau Mandangin. Biaya yang dikeluarkan untuk menaiki kapal ini sangat terjangkau hanya sekitar Rp 10 ribu saja untuk satu orang. Namun, untuk bisa menyebrang ke pulau ini Anda harus berangkat lebih pagi.

Mengingat perahu yang disediakan tidak beroperasi selama dua puluh empat jam, dimana pada jam 15.00 WIB merupakan batas maksimal perahu tersedia untuk menyebrangkan Anda menuju pulau mandangin. Sembari perahu berjalan, Anda bisa menikmati deburan ombak dan terpaan angin yang sejuk khas pantai. Perjalanan dengan perahu tidak lama, setidaknya menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam saja.

Biaya Wisata ke Pulau Mandangin Sampang

Biaya Wisata ke Pulau Mandangin Sampang
Image Credit: Instagram.com @adly_may_satrya

Selain keindahan alam yang ditawarkan oleh pulau satu ini, hal paling menarik yang perlu Anda ketahui dimana wisatawan yang datang tidak akan dikenakan biaya atau bisa dikatakan gratis. Tentu liburan di tempat ini menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan liburan yang tidak menguras biaya yang lebih banyak. Mungkin Anda perlu menyiapkan ongkos untuk menaiki transportasi selama perjalanan. Namun, sebagai antisipasi sebaiknya Anda membawa uang yang cukup.

Terutama uang tunai untuk mengantisipasi jika nantinya Anda kesulitan mencari ATM di tempat ini. Untuk jam operasionalnya sendiri dibuka selama dua puluh empat jam. Meski seharusnya Anda bisa mendatangi kapan saja. Namun, akan lebih baik jika mengunjunginya di pagi atau siang hari ketika kapal nelayan masih beroperasi. Berkunjung ke tempat ini, Anda juga harus menghormati dan mematuhi peraturan penduduk yang diterapkan di sana.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Mandangin

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Mandangin
Image Credit: Wisatamadura.or.id

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan selama di Pulau Mandangin, mulai dari menikmati keindahan pantai dan deburan ombaknya yang khas, pemandangan matahari terbit dan terbenam hingga mengenal kehidupan masyarakat yang tinggal di Pulau ini. Tentu ini menjadi hal yang sangat menarik bagi Anda yang hobi fotografi. Berselfi di atas perahu atau memotret ikan ikan yang sesekali muncul bisa menambah koleksi foto foto keren Anda.

Salah satu kegiatan andalan di pulau ini yaitu menikmati suasana pantai yang bersih dengan berjalan kaki maupun bersepeda di jalur pesisir. Puas menikmati deburan pantai dan hamparan pasirnya, Anda bisa melanjutkan aktivitas menarik dengan mencicipi olahan masyarakat sekitar. Karena mata pencaharian penduduk di pulau ini sebagai nelayan, maka tidak sulit menemukan olahan ikan, maupun ikan asap termasuk juga ikan ikan segar yang ada di teras rumah warga.

Jika ingin memasaknya sendiri dengan api unggun di tepi pantai, Anda bisa membeli ikan ikan yang segar. Tentu hal ini akan lebih menyenangkan apalagi jika Anda liburan bersama keluarga atau teman. Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan yaitu mengunjungi makam Bangsacara dan Ragapadmi. Ragapadmi sendiri merupakan sitri Cangsacara yang merupakan hulubalang dari Kerajaan Bidarba. Sang suami dibunuh karena istrinya hendak dijadikan permaisuri raja.

Penginapan di Pulau Mandangin

Penginapan di Pulau Mandangin
Image Credit: Kompasiana.com

Mengunjungi pulau kecil memang seringkali menyisakan sebuah pertanyaan tentang penginapan yang ada di tempat tersebut. Apalagi untuk Anda yang datang dari tempat yang cukup jauh. Namun, menghabiskan liburan di pulau Mandangin bukan menjadi masalah bagi Anda yang berasal dari luar kota, mengingat pulau ini sudah dihuni oleh penduduk sehingga sarana yang tersedia cukup memadai termasuk juga mengenai tempat penginapan.

Meskipun penginapan yang disediakan tidak terlalu bagus, namun sudah tersedia beberapa kamar yang siap menampung Anda ketika bermalam di pulau Mandangin ini. Selain itu, harga penginapan yang ditawarkan juga relatif murah sehingga dapat menghemat pengeluaran Anda selama liburan di pulau Mandangin. Menginap di pulau ini akan memberikan pengalaman liburan yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit di pagi harinya.

Namun jika ingin mendapatkan fasilitas penginapan yang lebih lengkap, Anda bisa memilih bermalam di hotel yang ada di Sampang. Harga penginapannya juga relatif terjangkau dibanderol mulai dari Rp 100 ribu. Fasilitasnya juga cukup lengkap mulai dari AC, TV, lemari, kursi hingga air minum. Bahkan beberapa diantaranya juga menyediakan WiFi gratis. Namun, karena lokasinya berada di luar Pulau Mandangin, maka Anda perlu menyebrang dengan perahu terlebih dahulu.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Mandangin

Fasilitas di Pulau Mandangin
Image Credit: Wisatamadura.or.id

Fasilitas yang ada di pulau ini sudah cukup memadai. Namun kebanyakan sarana dan prasarana yang ada di pulau mandangin tidak dibangun oleh pemerintah setempat melainkan oleh masyarakatnya sendiri. Beberapa fasilitas seperti perahu wisata sangat mudah Anda temukan di pulau ini. Perahu perahu tersebut disewakan oleh penduduk sekitar untuk para wisatawan yang ingin mengitari laut lebih jauh, sembari menyaksikan ikan ikan yang sesekali muncul di permukaan air laut.

Deburan ombak selama perjalanan akan semakin menambah syahdu saat Anda menaiki perahu wisata. Ditambah angin sepoi sepoi yang memberikan nuansa sejuk dan menyegarkan yang menemani perjalanan. Meskipun demikian, Anda juga tidak boleh lupa untuk memakai sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Fasilitas lain seperti masjid juga disediakan di tempat ini, sehingga Anda tidak perlu kesulitan apabila ingin menunaikan sholat.

Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan toilet umum. Apabila kebingungan mencarinya, Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar karena mereka tidak akan keberatan mengantarkan Anda untuk menemukan toilet. Ada juga warung warung yang siap didatangi ketika Anda lapar. Warung makan milik penduduk sekitar menyajikan berbagai olahan ikan hasil tangkapan mereka. Tak hanya memanjakan lidah, menikmati makanan di sini juga dapat memperbaiki gizi Anda.

Pulau Mandangin menawarkan keindahan alam yang tak luar biasa mulai dari pantainya yang jernih, pepohonan yang rindang hingga pemandangan sunset dan sunrise yang indah. Selain berbagai kegiatan yang menari, biaya penyebrangan menuju ke tempat wisata ini juga cukup terjangkau. Agar liburan semakin menyenangkan, sebaiknya Anda mengajak keluarga atau sahabat. Jangan lupa membawa kamera terbaik Anda untuk mengabadikan berbagai momen menarik selama di Pulau mandangin.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending