Pulau Mandeh Pesisir Selatan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Mandeh Pesisir Selatan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Mandeh salah satu destinasi bahari populer di Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang menawarkan pesona alam laut yang menakjubkan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 25.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Mandeh, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Mandeh, sebuah destinasi wisata yang berada di pesisir Selatan Sumatera Barat. Tempat ini memiliki luas sekitar 18.000 hektar dengan 3 kecamatan serta 7 desa. Daerah ini merupakan sebuah perpaduan dari kumpulan bukit yang indah dan teluk yang memesona.

Disebut sebagai Raja Ampat-nya Sumatera, tempat ini juga memiliki banyak destinasi yang bisa dijadikan pertimbangan bagi Anda dalam memilih tempat liburan. Tidak kalah dengan wisata yang ada di Pulau Dewata, Pulau Mandeh juga memiliki banyak tempat yang wajib dikunjungi.

Pulau Setan, Pulau Taraju, Pulau Marak, Kapo-Kapo, hingga Sironjong dan Pulau Cubadak, banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda temui di sini. Masing-masing tempat mempunyai keindahan yang khas, seperti Cubadak dengan kekayaan alam bawah laut dan Pulau Marak yang disebut-sebut sebagai Raja Ampat ke dua.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Mandeh

Daya Tarik Pulau Mandeh
Image Credit: Instagram.com @unboxing_indonesia

1. Pesona yang Terlihat dari Puncak Mandeh

Destinasi ini cukup terkenal di antara yang lainnya. Di Puncak Mandeh ini Anda dapat melihat pemandangan indah Teluk Carocok Tarusan dari atas. Spot ini juga akan menunjukkan kepada Anda betapa menakjubkannya wilayah yang dihiasi perbukitan dan pantai ini.

Tidak kalah dari yang pemandangan lain, pemandangan matahari terbenam juga sangat indah di sini. Semburat jingga di langit akan cocok dengan suasana sejuk yang Anda dapatkan di Puncak Mandeh.

2. Menyambangi Raja Ampat-nya Sumatera

Pulau Surga, begitulah julukan lain dari pulau ini. Keindahan yang sangat memesona ini dapat memanjakan mata Anda sejenak. Di sini Anda dapat menikmati destinasi alam bawah laut yang sangat direkomendasikan oleh banyak wisatawan. Pulau Cubadak merupakan salah satu dari beberapa pulau yang ada di Sumatera yang masih asri dan segar, jauh dari polusi.

Pepohonan di Pulau Cubadak bisa dibilang banyak dan lebat hingga udara di sini sejuk dan dapat membuat Anda rileks jika berada di sini. Pasirnya yang putih bersih serta airnya yang segar dapat membuat Anda betah.

Salah satu keunikan di sini adalah, penginapan yang ada di Pulau Cubadak menerapkan tema tradisional pada bangunan penginapan mereka. Tema ini tentu menimbulkan ketertarikan dari para pengunjung untuk mencoba rasanya tidur di bangunan tradisional seperti zaman dahulu.

Jangan lupakan Air Terjun Gemuruh yang ada juga di Pulau Cubadak. Berlokasi di Sungai Gemuruh yang memakan waktu 15 menit dari hutan bakau, Anda harus menyusuri sungai dengan menaiki perahu. Anda dapat menikmati ketenangan yang ada ketika melewati jejeran mangrove yang hijau.

Air terjun ini mengalir indah dari atas bukit dengan indah. Anda dapat membilas tubuh jika Anda baru saja bermain air di destinasi sebelumnya. Wisata ini juga direkomendasikan karena jernihnya air dan keasriannya masih terjaga, cocok bagi Anda yang ingin menjauh sejenak dari kesibukan kota.

Daya Tarik Pulau Mandeh Pesisir Selatan
Image Credit: Instagram.com @kaloka_tour

3. Pulau Setan

Walaupun nama pulau ini seram, tetapi keindahan tempatnya sangat jauh dari namanya. Nama asli pulau ini adalah Pulau Sultan, tetapi kesalahan pengucapan orang-orang di zaman dahulu menjadikannya bernama seperti sekarang.

Pulau Setan ini dapat Anda temukan di sisi Timur Pulau Pasumpahan dan di sisi Barat Sungai Pisang. Anda dapat menempuh perjalanan laut dengan tarif 20 ribu per orang dari perahu-perahu yang berlabuh di Tempat Pelelangan Ikan Carocok Tarusan. Pulau ini terkenal tidak berpenghuni sehingga keindahan alamnya masih natural dan menyejukkan.

Pasirnya yang putih dan lembut serta airnya yang biru jernih sangat indah. Selain itu, Anda juga dapat menelusuri hutan di pulau ini.

4. Pulau Sironjong

Sironjong Gadang adalah sebuah pulau kecil yang memiliki pemandangan yang indah. Salah satunya adalah pesona bawah lautnya. Anda dapat berenang, snorkeling, dan lain-lain di pulau ini. Populasi koral merah di sini sangat banyak, jadi berhati-hatilah saat Anda berenang, jangan sampai kegiatan Anda mematahkan terumbu karang di sini.

Selain pesona Pulau Sironjong Gadang, ada pula Sironjong Ketek yang dapat Anda tempuh hanya beberapa menit dari Sironjong Gadang. Sama seperti sebelumnya, di sini adalah sebuah pulau dengan pasir putih yang indah dan pemandangan air lautnya yang jernih.

Salah satu yang menarik di sini adalah Anda dapat melakukan Cliff Jump di sini. Dari ketinggian 15 meter, Anda dapat melompat dan menceburkan diri ke laut. Sensasi saat terpacunya adrenalin akan membuat Anda ketagihan untuk lompat dari atas tebing ini lagi dan lagi.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Pulau Mandeh

Lokasi Wisata Pulau Mandeh
Image Credit: Instagram.com @pranata.s_photography

Pulau Mandeh sendiri merupakan sebutan bagi pulau-pulau yang berada di pesisir selatan Sumatera Barat. Terletak di Koto XI Tarusan, Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Anda dapat memilih ingin menggunakan jalur laut atau darat untuk ke sini.

Jika Anda ingin lewat jalur darat dan memulai perjalanan dari pusat Kota Padang, Anda akan menempuh waktu kurang lebih 2 jam untuk tiba ke Mandeh dengan jarak 67,5 kilometer jauhnya. Setelah itu, Anda hanya perlu menyeberang dari satu pulau ke pulau lain menggunakan kapal sewa.

Sementara jika Anda ingin menggunakan jalur laut, Anda dapat memulai dari pelabuhan Teluk Bayur atau dari pelabuhan Muaro Padang langsung ke Pulau Mandeh. Dengan lama waktu perjalanan dan jarak tampuh yang kurang lebih sama dengan jalur darat, Anda dapat mencoba sensasi berbeda menggunakan dua jalur untuk sampai ke pulau tersebut.

Biaya Wisata ke Pulau Mandeh, Pesisir Selatan

Biaya Wisata Pulau Mandeh, Pesisir Selatan
Image Credit: Instagram.com @athifabubble93

Biaya untuk bisa berwisata ke Pulau Mandeh memang bisa dibilang tidak murah, hal itu dikarenakan Anda akan menyeberang dari satu pulau ke pulau lain untuk bisa menyambangi destinasi liburan di sana. Jika Anda bepergian sendirian dan tidak memiliki keahlian dalam tawar-menawar, maka biaya yang harus keluar akan lebih besar lagi.

Sebagai permulaan, Anda yang memulai perjalanan dari bandara dapat memilih menggunakan taksi atau bus damri untuk sampai di Mandeh. Jika menggunakan taksi, Anda bisa langsung menuju lokasi dengan biaya sekitar 100 ribu rupiah.

Tetapi jika Anda ingin berhemat dan lebih menikmati perjalanan, Anda dapat menggunakan bus damri dan membayar hanya sebesar 25.000 rupiah menuju Kota Padang. Setelah itu Anda harus melanjutkan ke Pasar Tarusan lalu menggunakan becak motor menuju Pelabuhan Cacorok, Sumatera Barat.

Biaya yang Anda keluarkan ketika melewati jalur darat kurang lebih hanya sekitar 100.000 rupiah. Selain itu, Anda dapat memilih menggunakan jalur laut, menaiki kapal cepat menuju Corocok Painan. Anda akan mengeluarkan biaya sekitar 300.000 rupiah untuk perginya saja.

Setelah sampai di sana, Anda juga harus menyeberang ke Pulau Mandeh dengan kapal lain lagi, bisa dengan mengikuti paket wisata, menyewa kapal, atau menumpang kapal lewat.

Jika Anda memilih mengikuti paket wisata, Anda hanya perlu mengeluarkan dana 250.000 rupiah dengan fasilitas makan siang dan camilan. Sementara dengan menyewa kapal, Anda akan membayar sewa sejumlah 400 sampai 650 ribu dengan catatan kapal bisa membawa Anda ke semua wisata pulau yang ingin Anda kunjungi seharian.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Mandeh

Aktivitas di Pulau Mandeh
Image Credit: Instagram.com @tetehyuliaa

1. Berenang dan Snorkeling di Pantai

Pulau Mandeh adalah tempat yang sangat cocok untuk berlibur menikmati masa istirahat dari kegiatan sibuk. Tempat ini menyimpan keindahan yang sangat mengagumkan dan sayang untuk dilewatkan.

Salah satu yang bisa Anda lakukan ketika berlibur di sini adalah berenang. Menikmati keindahan bawah laut adalah pilihan paling tepat. Seperti keindahan Pulau Cubadak dan Saronjong, Anda dapat berenang dan mengagumi pemandangan bawah laut yang indah.

2. Memancing dan Menikmati Hasil Tangkapan

Seperti ketika Anda mengunjungi Pulau Saronjong Ketek, Anda juga dapat memancing di beberapa pulau lain. Hasil pancingan Anda juga dapat dinikmati sendiri dengan membakarnya atau mengolahnya menjadi makanan lain.

Selain pemandangannya yang indah, kekayaan alam di sini masih sangat banyak dan terjaga mengingat belum terlalu ramai wisatawan yang datang ke Pulau Mandeh.

3. Berkemah di Alam Bebas

Seperti yang Anda ketahui, banyak dari pulau yang ada di sini belum berpenghuni dan minim terjamah manusia. Hal itu membuat keadaan alamnya masih sangat asri dan indah, sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dengan berkemah di sekitar destinasi wisata.

Walau begitu, Anda harus berhati-hati karena binatang buas bisa saja berada di pulau Anda berkemah. Bawalah perangkat kesehatan mini dan tetap waspada untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

Penginapan Murah Dekat Dari Pulau Mandeh

Penginapan Pulau Mandeh
Image Credit: Wisatapulausumaterabarat.com

1. Hannah Hotel Syariah

Berada di Jalan Ilyas Yakub No. 25 Painan, Pesisir Selatan, Anda dapat menemukan bangunan ini berdiri. Di penginapan ini Anda akan mendapatkan fasilitas kamar ber-ac, restoran untuk Anda makan, kolam renang yang nyaman, juga wifi gratis. Bagi Anda yang ingin tempat penginapan yang sejuk, Anda dapat mencoba bermalam di sini karena lokasinya dekat dengan perbukitan.

2. Cavery Beach Hotel

Anda dapat memilih penginapan ini jika ingin mencoba suasana yang sedikit tradisional. Dengan fasilitas kamar ber-ac, televisi, dan wifi gratis, tempat ini cocok bagi Anda mengistirahatkan tubuh setelah perjalanan liburan.

Struktur bangunan yang menghadap langsung ke laut membuat penginapan ini memiliki pemandangan yang cantik dan menyejukkan. Penginapan ini terletak di Jalan Padang – Painan Km 21, Pantai Bungus, Teluk Kabung, Padang.

3. Giszella Hotel

Penginapan ini berada di Jalan Raya Padang Painan, Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan. Dengan fasilitas kamar ber-ac, wifi, restoran terdekat dan menu sarapan tiap pagi, Anda dapat memilih tempat ini sebagai tempat beristirahat Anda.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Mandeh

Fasilitas di Pulau Mandeh
Image Credit: Instagram.com @kaloka_tour

Tiap pulau memiliki fasilitasnya tersendiri yang disediakan untuk menunjang kebutuhan para wisatawan. Fasilitas utama seperti kapal untuk menyeberang, penginapan, dan tempat makan sudah tersedia di sebagian besar pulau di sini.

Untuk ukuran sebuah destinasi wisata, fasilitas di sini sudah sangat cukup. Beberapa hal seperti penyewaan alat snorkeling sudah ada walau belum tersedia di semua pulau. Mengingat destinasi ini masih belum terlalu ramai, masih ada kemungkinan untuk pihak pengelola mengembangkan fasilitas di sini.

Pulau Mandeh yang berada di pesisir Selatan Sumatera Barat memiliki banyak sekali keindahan dan keajaiban yang diantaranya belum terkenal. Masih diperlukan banyak promosi untuk menaikkan pengunjung di sini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending