Pulau Pamutusan Padang, Pulau Cantik nan Eksotis Raja Ampatnya Sumbar

Pulau Pamutusan Padang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata Pulau Pamutusan salah satu pulau cantik nan memukau di Padang, Sumatera Barat. Destinasi bahari yang dianggap mirip Raja Ampat ini menyuguhkan panorama gugusan pulau, pantai berpasir dan bukit yang indah.

Biaya Wisata: Mulai Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Indonesia memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Pulau Pamutusan yang terletak di Padang, Sumatera Barat. Sebagai pulau yang masih asri, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan disana.

Pulau ini bukanlah pulau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, jadi untuk Anda yang tertarik berkunjung ke pantai atau pulang yang masih sepi, maka ia menjadi pilihan yang tepat. Fasilitas yang tersedia di pulau tersebut juga sudah cukup lengkap, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir untuk berlibur disana.

Untuk Anda yang tertarik untuk untuk mengunjungi pulau ini, berikut adalah beberapa informasi menarik yang sebaiknya Anda diketahui. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan waktu liburan yang maksimal karena sudah mengetahui berbagai spot menarik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pamutusan

Daya Tarik Pulau Pamutusan
Image Credit:  Twitter.com @haimagazine

1. Pemandangan yang Cantik

Pulau ini memiliki pemandangan cantik khas pulau terisolir dan kecil yang tidak banyak didatangi oleh manusia. Kawasan yang ada di sekitarnya masih asri, sehingga menawarkan landskap kepulauan yang tidak hanya cantik, namun juga memberikan keindahan yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Pemandangan tersebut dipadukan dengan cantiknya pemandangan pesisir yang menjadi ciri khas kepulauan. Air laut dan pesisir pantainya juga bersih, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat wisatawan yang datang berkunjung.

2. Bukit dan Landskap Alam yang Indah

Ketika Anda berada di Pulau Pamutusan, Anda bisa naik ke atas bukit dan melihat berbagai pulau yang ada di sekitarnya. Anda bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit, salah satu spot cantik yang bisa Anda temukan di pulau ini.

Ia juga menjadi lokasi spot foto yang indah dan diburu banyak wisatawan yang datang berkunjung. Anda bisa datang kesana sendiri atau berkelompok dan menikmati pemandangan yang ada. Bukit yang ada di pulau ini juga bisa didaki dengan mudah, tanpa perlu khawatir dengan stamina yang dimiliki oleh wisatawan.

Daya Tarik Pamutusan
Image Credit:  Twitter.com @kuliner_minang

3. Pemandangan Laut yang Indah

Berikutnya adalah pemandangan laut yang indah, sebab belum banyak tersentuh dengan kegiatan manusia. Anda bisa menemukan berbagai jenis biota laut, dari terumbu karang hingga ikan dengan bentuk yang cantik.

Aktivitas bawah laut seperti menyelam, berenang, hingga snorkeling dapat dilakukan oleh wisatawan yang tertarik. Bahkan tersedia jasa tour yang akan memandu Anda untuk melakukan perjalanan indah bawah laut, sehingga Anda tidak merasa kesusahan menemukan berbagai spot menarik.

4. Pantai dan Laut yang Bersih

Bagi Anda yang suka pemandangan pesisir dan berbagai aktivitasnya, Anda bisa bermain di bagian pantai dan tepi laut dari Pulau Pamutusan. Di bagian tepi pantai, air lautnya cukup jernih dan bisa digunakan untuk berenang tanpa khawatir takut tenggelam.

Akan tetapi bukan berarti Anda menyepelekan keamanan diri ketika melakukan aktivitas renang dan bermain air disana. Pastikan Anda mematuhi segala aturan yang telah ditetapkan oleh penjaga pantai untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisaya ke Pulau Pamutusan

Alamat Pulau Pamutusan
Image Credit: Twitter.com @newspadek

Alamat dari tempat wisata ini adalah di Bungkus Teluk Kabung, yang terletak di Padang Sumatera Barat. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi agar bisa sampai dengan lebih mudah. Sampai saat ini belum tersedia layanan kendaraan umum untuk menuju pulau ini secara langsung.

Anda juga bisa memanfaatkan penyewaan kendaraan jika datang dalam kelompok yang lebih kecil. Dari Padang, Anda hanya perlu berkendara sekitar 38 km, yang bisa dijangkau menggunakan mobil atau motor. Kira-kira untuk sampai ke lokasi wisata, Anda perlu menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

Rute menuju Pulau Pamutusan diakses melalui Sungai Pisang, sungai kecil lokal yang bisa diakses menggunakan perahu. Setelah sampai di Bungkus Teluk Kabung, Anda bsa menggunakan perahu yang disewakan oleh nelayan menuju pulau tersebut dan pulau lain yang ada di sekitarnya.

Untuk masuk dan menikmati keindahan pulau ini, Anda hanya perlu mengeluarkan budget sebesar 15 ribu rupiah saja untuk tiap orangnya. Harga tiket tersebut sudah termasuk penjelajahan di sekitar pulau dengan akses jalan kaki.

Biaya tersebut cukup terjangkau sebab Anda sudah membayar biaya kebersihan dan perawatan pulau. Jangan lupa mengenai parkir, Anda bisa parkir di sekitar Sungai Pisang dengan tarif harian yang cukup terjangkau. Beberapa layanan tour juga menyediakan akses menuju pulau tersebut dan beberapa pulau yang ada disekitarnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Pamutusan

Aktivitas di Pulau Pamutusan
Image Credit: Facebook.com @wemeup

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Pamutusan, baik kegiatan pribadi atau berkelompok bersama teman, diantaranya adalah:

1. Snorkeling

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pulau ini memiliki pemandangan laut yang indah, terutama di bawah permukaan air. Tersedia olahraga snorkeling yang bisa Anda lakukan guna menikmati berbagai keindahan alam bawah laut.

Jika Anda tertarik untuk melakukan snorkeling Anda bisa menyewa peralatan tersebut kepada toko yang tersedia di dekat pantai. Banyak layanan tour yang juga menyediakan kegiatan snorkeling yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau.

2. Berenang

Aktivitas laut lain yang bisa Anda lakukan adalah berenang, berenang bisa dilakukan di bibir pantai di pulau ini. Air laut yang ada di dekat pesisir pantai tidak hanya dangkal, namun juga jernih sehingga memberikan pantulan warna yang menarik.

Anda bisa berenang secara leluasa karena tidak ada hewan laut yang berbahaya di sekitarnya. Anda bisa berendam, bermain air ataupun sekedar duduk di dekat pantai untuk mengagumi keindahan yang terdapat di Pulau Pamutusan ini.

Aktivitas Pulau Pamutusan
Image Credit: Instagram.com @kara_lomiv

3. Fotografi

Karena berbagai spot menarik yang ada, Anda bisa melakukan fotografi demi mendapatkan hasil foto yang cantik dan estetik. Untuk mengabadikan setiap momen ketika Anda mengunjungi pulau ini, Anda bisa menelusuri pantai, bukit dan bagian pesisir untuk mendapatkan momen dan gambar yang tepat.

Untuk kamera sebaiknya Anda bawa dari rumah karena tidak ada penyewaan kamera disana. Ketika Anda membawa kamera pun tidak dikenai biaya tambahan, sehingga Anda dapat mengambil foto secara leluasa.

4. Menyusuri Pulau

Anda juga bisa melakukan trekking di pulau ini sebab ia memiliki jalur yang mudah dilalui oleh wisatawan. Ada pantai, bukit dan dataran rendah yang bisa ditelusuri oleh wisatawan. Jangan takut tersasar, pulau ini tidak terlalu besar dan Anda bisa menikmati sejuknya udara disana.

Ketika melakukan trekking di Pulau Pamutusan, Anda bisa melihat dengan seksama pemandangan indah yang ada di sekitarnya. Tidak hanya pulau itu sendiri, pulau lain yang ada di sekitarnya juga bisa Anda lihat dari atas bukit.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Pamutusan

Penginapan Pulau Pamutusan
Image Credit: Traveloka.com

1. Jophira Tintin

Berlokasi dekat dengan tempat wisata dan beberapa pulau di sekitar Sungai Pisang, Anda bisa menginap disana dan menikmati berbagai keindahan alam yang tersedia. Penginapan yang disediakan memiliki bentuk tradisional yang sayang untuk dilewatkan.

2. Baga Beach Cottage

Sesuai namanya, penginapan ini berbentuk cottage kecil yang bisa diakses dengan mudah oleh wisatawan. Harga yang ditawarkan untuk bermalam di penginapan ini juga cukup terjangkau, sehingga tidak membuat kantong wisatawan menjadi tipis. Pemandangan yang indah di sekitar pulau juga bisa Anda lihat langsung dari cottage yang Anda sewa.

3. Nyalo Beach Cottage

Untuk Anda yang ingin menginap di dekat pesisir pantai, maka penginapan ini memberikan akses tersebut di dekat Pulau Pamutusan. Dengan kamar berbentuk penginapan yang sederhana, Anda bisa menikmati liburan dengan lebih maksimal di kamar-kamar yang mereka sediakan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Pamutusan Padang

Fasilitas Pulau Pamutusan
Image Credit:  Twitter.com @okezonenews

Karena belakangan pulau ini sudah cukup populer sebagai tempat wisata, beberapa fasilitas sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh wisatawan yang berkunjung. Beberapa diantara fasilitas tersebut adalah:

Toilet Umum

Di pulau atau di sekitar Sungai Pisang, Anda sudah bisa menemukan toilet dan kamar mandi dengan mudah. Meskipun merupakan toilet umum, namun kebersihannya terjaga dengan baik. Dengan adanya toilet, kebutuhan dasar wisatawan dapat dipenuhi dengan baik.

Warung Makan

Jangan khawatir lapar jika berkunjung ke pulau atau pantai yang ada di Pamutusan. banyak masyarakat sekitar yang sudah membuka warung dan menyediakan berbagai sajian lokal. Anda bisa sekaligus berwisata kuliner dengan mengunjungi pulau ini.

Penginapan

Meskipun masih sederhana, Anda bisa menemukan penginapan yang cukup memadai di sekitar pulau ini. Harga dan layanan yang disediakan cukup beragam, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

Berbagai informasi mengenai Pulau Pamutusan tersebut semoga dapat membantu Anda, terutama yang hendak berkunjung kesana dalam waktu dekat. Rehat sejenak dari aktivitas harian yang penat bisa menjadi pilihan untuk mengunjungi pulau yang satu ini. Apalagi dengan sedikitnya pengunjung yang datang di waktu tertentu, Anda bisa menikmati keindahannya secara maksimal.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending