Pulau Pandang Batubara – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Pandang Batubara

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Pandang merupakan salah satu pulau cantik eksotis dan tersembunyi di Batubara. Pulau di Selat Malaka yang menarik dijelajahi saat liburan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Selat Malaka, Kab. Batu Bara, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Bagi Anda yang sangat menyukai kegiatan berenang sembari menikmati pemandangan bawah laut, berwisata ke Pulau Pandang dapat menjadi pilihan liburan yang pas. Pasalnya pulau yang begitu asri ini sangatlah terkenal di Batubara dengan spot wisata bawah lautnya yang indah.

Tidak hanya memiliki pemandangan laut yang mempesona, pulau dengan luas satu hektar ini memiliki alam yang terjaga. Wisatawan dapat memandang hamparan pasir putih dan bebatuan yang tersusun apik di pantai yang mengelilingi seluruh bagian pulau.

Pulau yang dijaga oleh Departemen Perhubungan Distrik Navigasi ini juga terkenal sebagai surganya para pemancing. Dengan kekayaan lautnya yang luar biasa, wisatawan yang datang memancing akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan terumbu karang yang terlihat dari jernihnya laut yang berkilau kehijauan dan membentang luas di sepanjang pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pandang

Daya Tarik Pulau Pandang
Image Credit: Twitter.com @ofcivangunawan

1. Surganya Kabupaten Batubara

Dengan kekayaan alam, biota laut serta hayatinya yang berlimpah, tempat ini sering disebut oleh penduduk sebagai surganya Kabupaten Batubara. Wisatawan dapat melihat pantai pasir putihnya yang berpadu apik dengan air berwarna zamrud yang jernih serta lebatnya hutan di sekitar pulau yang begitu memanjakan mata.

2. Cocok untuk Memancing

Di kelilingi banyaknya ikan dengan berbagai macam jenis membuat Pulau Pandang cocok sebagai spot berwisata Anda yang memiliki hobi memancing. Wisatawan tidak akan dibuat kecewa karena selain hasil tangkapan yang besar, Anda dapat memancing sembari memandang hamparan lautnya yang hijau dan jernih.

Tidak hanya itu, biasanya di spot-spot memancing yang sudah disediakan wisatawan dapat langsung memasak ikan yang sudah ditangkap sambil menikmati pemandangan pantai.

3. Hamparan Terumbu Karang dan Kekayaan Laut yang Luar Biasa

Terkenal dengan kekayaan lautnya, tentu saja membuat snorkel dan diving menjadi wisata utama di daerah ini. Dengan ombaknya yang tenang, Anda dapat berenang di lautnya yang jernih dan tidak terlalu dalam sambil menikmati terumbu karang yang terhampar di sekeliling pulau dengan berbagai jenis dan ukuran.

Tidak hanya itu, wisatawan juga akan melihat banyaknya ikan, baik berukuran besar maupun kecil, yang berenang dengan bebas di sekitar pantai. Jika beruntung, Anda akan melihat gerombolan penyu yang berenang dan singgah untuk bertelur di area pantai.

4. Menara Mercusuar di Tengah Pulau

Terdapat sebuah menara mercusuar yang menjulang tinggi di tengah Pulau Pandang yang dapat wisatawan singgahi sewaktu berkunjung. Dari atas menara suar tersebut wisatawan dapat melihat pemandangan seluruh bagian pulau yang begitu indah.

Daya Tarik dari Pulau Pandang
Image Credit: Google Maps (Rudi Chandra Sambas)

5. Semua Lokasi Sangat Pas untuk Berfoto

Dengan pemandangan laut serta pemandangan alamnya yang mempesona, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat untuk berfoto. Seluruh tempat di pulau ini memiliki panorama yang luar biasa indah sehingga dimanapun Anda datang dan memotret, hanya keindahan panoramanya yang akan terpotret dengan indah di kamera Anda.

6. Batu Belah yang Unik

Selain wisata bahari dan menara mercusuarnya yang populer, ada satu tempat lagi yang tak kalah menarik yaitu batu belah yang ada di 2 buah bukit di area pulau. Uniknya nama batu belah tersebut diambil dari batunya yang berbentuk persegi dan terbelah dengan rapi.

7. Tempat yang Tenang

Pulau ini berada cukup jauh dari keramaian kota-kota di pulau Sumatera dan biasanya hanya beberapa alat transportasi saja yang terlihat melintas di jalanan pulau ini.

Ditambah dengan suara deburan ombak yang terdengar di seluruh penjuru pulau dan kicau burung dari balik rimbun hutan membuat pulau ini menjadi tempat yang tenang dan pas untuk merasakan ketenangan dari alam.

8. Pemandangan Sunrise dan Sunset yang Indah

Berada di tengah laut dan memiliki lokasi pantai yang merata membuat pulau ini memiliki panorama sunset dan sunrise yang luar biasa. Pemandangan tersebut dapat Anda nikmati dalam waktu tempuh kurang dari satu jam dari pantai bagian barat ke pantainya yang berada di timur pulau.

Alamat, Rute Lokasi & Biaya Wisata ke Pulau Pandang

Rute Pulau Pandang
Image Credit: Google Maps (Muhammad Aiman)

Pulau Pandang merupakan sebuah pulau di daerah Selat Malaka. Memiliki jarak 47 km dari daerah Tanjung Balai serta dari bagian selatan daerah Pulau Salahnama berjarak sekitar 10 km. Secara administratif pulau ini berada di Kecamatan Tanjung Tiram, Batubara, Sumatera Utara.

Jika mengambil jalur melalui Kota Medan, Anda akan menempuh total sekitar kurang lebih 6 jam perjalanan untuk sampai ke lokasi, yaitu perjalanan darat dari Kota Medan sampai ke Pelabuhan Tanjung Tiram selama 4 jam dan perjalanan lautnya selama 2 jam.

Untuk perjalanan menuju lokasi maupun untuk penyeberangan pulang kembali hanya bisa ditempuh dengan kapal sewaan melalui pelabuhan di Tanjung Tiram. Jika kondisi cuaca sedang baik perjalanan tersebut hanya akan memakan waktu 1,5 jam, dan jika kondisi laut sedang naik atau cuaca tidak mendukung biasanya akan memakan waktu 2 jam lebih.

Jika ingin lebih menghemat biaya dan tidak ingin mengikuti open trip yang disediakan biro wisata, Anda dapat menumpang perahu dari pelabuhan kecil di Desa Silau Baru, Silau Laut, Asahan. Tetapi untuk menumpang perahu tersebut Anda harus menunggu kuota penumpang penuh terlebih dahulu, dan ada resiko pembatalan sepihak jika kondisi laut memburuk.

Kemudian setibanya di dekat pelabuhan Pulau Pandang, karena kedalaman airnya yang rendah wisatawan akan diturunkan ke perahu yang lebih kecil. Dari sini, biasanya wisatawan akan diantarkan dengan kendaraan untuk ke menitipkan barang terlebih dahulu di penginapan yang sudah disediakan.

Untuk datang berkunjung ke area pulau, wisatawan tidak memerlukan tiket masuk. Pengunjung hanya perlu membayar biaya sewa kapal di pelabuhan yang akan mengantar langsung ke tujuan. Biaya tersebut relatif berbeda tergantung kesepakatan antara pengemudi kapal dan pengunjung atau tour guide yang Anda tunjuk.

Biasanya biaya kapal untuk transportasi keberangkatan berkisar Rp 100.000,- hingga Rp 200.000,- per orang, dan untuk sekali keberangkatan kapal akan membawa 15 – 20 orang penumpang. Sementara jika Anda ingin menyewa kapal untuk berkeliling sepuasnya di Pulau Pandang, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 1.500.000,-.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Pandang

Aktivitas di Pulau Pandang
Image Credit: Google Maps (Achmad Syahfrizal)

1. Berfoto

Wisatawan dapat mengabadikan keindahan alamnya yang mempesona yang hanya bisa di dapat di tempat ini. Anda juga tidak perlu khawatir karena tidak ada pembatasan area foto baik di dalam pulau maupun di area laut.

2. Snorkel dan Diving

Untuk pengunjung yang ingin menikmati pemandangan lautnya dari dekat, pengelola menawarkan kegiatan snorkel dan diving di beberapa spot perairan dekat Pulau Pandang. Pemandangan terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang berenang di dalam lautnya begitu memukau dan patut Anda coba.

3. Bermain Air dan Berenang di Pantai

Jika Anda tidak begitu pandai berenang, tidak perlu khawatir karena Anda dapat bermain air di pantainya yang berpasir putih. Dengan ombaknya yang tenang dan lautnya yang tidak begitu dalam Anda dapat menikmati pemandangan lautnya yang bagaikan batu zamrud serta beberapa terumbu karang kecil di dekat pantai.

4. Memancing

Kekayaan lautnya yang berlimpah membuat kegiatan memancing menjadi salah satu pilihan menarik di pulau ini. Wisatawan juga dapat langsung menyantap ikan tangkapan dan memasaknya sesuai selera di beberapa tempat yang dikelola oleh penduduk lokal.

5. Melihat Sunrise dan Sunset

Pulau yang di kelilingi oleh pantai pasir putih yang indah ini memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang luar biasa. Anda dapat menikmati perpaduan pemandangan laut yang hijau dan matahari terbit dari pantainya yang berada di sisi timur, sementara pemandangan matahari terbenamnya dapat dilihat di sisi barat pulau.

6. Berkunjung ke Batu Belah

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika berada di Pulau Pandang adalah kawasan batu belah. Batu persegi yang menariknya terbelah menjadi empat dengan begitu mulus ini merupakan salah satu keunikan alam yang wajib Anda lihat.

7. Menikmati Pemandangan dari Atas Menara Mercusuar

Menara mercusuar di tengah pulau menjadi salah satu spot wisata favorit pengunjung pulau. Pasalnya hanya dari tempat inilah Anda dapat melihat pemandangan seluruh area pulau. Selain itu pemandangan sunrise dan sunset yang juga dapat dinikmati dari atas menara suar sangatlah cantik.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Pandang

Penginapan di Pulau Pandang
Image Credit: Google Maps (Sahmitri R.T)

Di sekitar pulau tidak tersedia hotel ataupun losmen. Meski begitu Dinas Perhubungan dan Pariwisata daerah setempat menyediakan beberapa mess khusus untuk pengunjung. Mess tersebut memiliki fasilitas tikar, matras atau tilam, dan toilet yang biasanya satu kamar akan ditempati oleh 5-10 orang pengunjung.

Untuk wisatawan yang mengambil paket bersama dengan jasa travel Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya tinggal karena hampir semua biro perjalanan sudah termasuk dengan biaya menginap selama kurang lebih 1 hari di daerah pulau. Biro wisata biasanya sudah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan serta penduduk setempat.

Biro wisata tertentu terkadang menyediakan pilihan untuk wisatawan yang ingin mengupgrade kamar mess menjadi satu kamar dengan bungalow yang menghadap ke area laut dengan tambahan biaya sebesar Rp 50.000,- hingga Rp 200.000,-.

Untuk Anda yang berwisata sendiri atau backpacker, dan tidak ingin tinggal di mess tersebut, Anda bisa menyewa beberapa homestay atau cottage milik penduduk dengan biaya mulai dari Rp 50.000,- per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Pandang Batubara

Fasilitas di Pulau Pandang
Image Credit: Twitter.com @josua_sitompul

Pulau Pandang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dalam perawatan dan penyediaan fasilitas untuk kenyamanan para wisatawan. Untuk para pengunjung baik yang datang bersama biro pariwisata maupun para backpacker yang datang sendiri, di pulau ini terdapat fasilitas penginapan seperti mess, cottage, dan homestay.

Untuk fasilitas umumnya, terdapat toilet, tempat persewaan alat pancing dan menyelam, pelabuhan kecil, serta persewaan alat transportasi laut seperti perahu. Sayangnya belum tersedia kedai atau warung makan di daerah ini sehingga wisatawan sangat disarankan untuk membawa bekal makanan sendiri jika ingin berkunjung.

Pulau Pandang Batubara merupakan pulau dengan panorama spektakuler yang ada di daerah Sumatera. Keindahan alam lautnya yang luar biasa serta pemandangan dari menara mercusuarnya yang cantik tidak boleh dilewatkan begitu saja, apalagi untuk Anda yang ingin berwisata sembari melepas penat di waktu liburan bersama keluarga.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending