Pulau Ranoh Batam – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Ranoh Batam – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Ranoh salah satu wisata bahari yang tersembunyi dan menawan di Batam dengan hamparan pasir putih lembut dan deretan pohon kelapa menambah keindahan pulau ini.

Biaya Wisata: Mulai Rp 550.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Abang, Kec. Galang Baru, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Pulau Ranoh merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata yang terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Pulau ini mempunyai pasir pantai yang menonjol pada permukaan hingga membentuk satu semenanjung kecil ke laut dan memiliki air laut yang tenang dan bersih. Tepatnya pulau ini berada di seberang jembatan 6 Barelang.

Pulau ini sekarang lebih terkenal dengan julukan Adventure Pulau Ranoh adalah pantai persinggahan bagi para pengunjung yang ingin diving dan snorkeling dari pulau abang, pada umumnya para pengunjung akan menghabiskan waktu di pantai ini dengan makan siang atau hanya sekedar untuk berfoto foto sebelum meninggalkan tempat ini.

Para turis dari mancanegara maupun lokal yang akan berkunjung ke pulau ini mayoritas memakai jasa adventure ranoh island yang pastinya siap untuk menerima tamu yang akan berlibur ke pulau ini, dan pastinya menjadikan waktu liburan Anda semakin berkesan dan juga tempat ini sangat cocok untuk Anda nikmati bersama orang orang tercinta.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Ranoh

Daya Tarik Pulau Ranoh
Image Credit: Twitter.com @wisata_bintan

Selain tempatnya yang indah, pulau ini juga memiliki daya tarik yang membuat para wisatawan terpesona.. Berikut adalah daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Ranoh di Kota Batam.

1. Pantai yang Bersih dan Airnya Jernih

Walaupun selalu ramai akan wisatawan yang datang, tetapi pantai ini masih sangat asri dan terjaga kebersihannya. Hal itulah yang membuat pantai ini banyak dipadati pengunjung dari dalam negri ataupun luar negri. Anda bisa melihat biota biota laut disini dengan jelas tanpa menggunakan alat atau bisa dilihat dengan mata telanjang

2. Pasir Putih yang Indah

Di sepanjang garis pantai Pulau Ranoh ini memiliki pasir putih yang cantik nan elok. Disini Anda juga bisa bermain istana pasir bersama anak anak, karena pasirnya yang indah membuat anak anak betah bermain pasir disini. Selain itu, Anda juga bisa hanya berjalan jalan di pantai untuk menghabiskan waktu hingga matahari terbenam.

3. Letaknya yang Strategis

Batam termasuk salah satu kota yang memiliki letak cukup strategis karena Batam terletak di jalur pelayaran internasional. Kota yang memiliki luas sebesar 3.990 km2 ini dapat diketahui kalau tempat ini mempunyai pelabuhan internasional terbanyak di Indonesia.

Beberapa di antaranya seperti Pelabuhan Ferry Harbour Bay, Internasional Sekupang, Batam Centre, Noangsa Pura, Internasional Waterfront, Yang menjadi menarik, pelabuhan itu juga menawarkan sebuah fasilitas bebas visa bagi para pengunjung dari negara-negara tertentu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Ranoh

Alamat Pulau Ranoh
Image Credit: Twitter.com @radioelshinta

Apakah Anda ingin pergi ke Pulau Ranoh tetapi tidak tahu dimana letak pulau cantik ini? Pulau ini terletak di Kecamatan Galang Baru, Pulau Abang, Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Kota Batam merupakan sebuah kota yang letaknya di ujung barat Negara Indonesia dan berbatasan langsung dengan Negara Singapura.

Untuk menuju pulau ini Anda bisa menaiki kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kendaraan umum sejenis KANDAP dengan jalur mulai dari SP Plasa Batuaji dan berhenti di PT Pari Jembatan 6 Barelang. Untuk naik kendaraan umum jenis ini Anda diharuskan membayar tarif sebesar 50.000 rupiah saja.

Letak pulau ini berada tepat di antara Pulau Abang Kecil dengan Pulau Abang. Untuk menuju kesana Anda bisa memilih dua pilihan antara jalur laut ataupun jalur darat. Rutenya bisa dimulai dari Kota Batam ke Pelabuhan Pulau Labun melewati di Jemabatan 6 Barelang. Dari titik pelabuhan ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan speedboat kurang lebih 20 menit sebelum sampai.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Ranoh Batam

Biaya Pulau Rano
Image Credit: Google Maps (Lorenz Gerber)

Sebenarnya untuk masuk ke Pulau Ranoh tidak ada tiket masuk yang dibuat oleh pihak pengelola alias gratis, tetapi banyak sekali paket wisata yang menawarkan paket liburan menuju pulau ini. Untuk warga Negara Asing maka akan dikenakan biaya sebesar 780.000 rupiah per orang untuk 1 hari berlibur disini dengan fasilitas snorkeling, dan 700.000 rupiah apabila tanpa snorkeling.

Apabila Anda Warga Negara Indonesia, maka harga yang ditawarkan akan lebih murah dibanding ke Warga Negara Asing. Sebelum Anda datang ke pulau ini, Anda akan diminta untuk konfirmasi KTP sebagai bukti bahwa Anda Warga Negara Indonesia. Apabila sudah dilaksanakan, maka biaya yang ditawarkan untuk paket wisata ke tempat ini adalah 550.000 per orang termasuk dengan snorkeling.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Ranoh

Aktivitas di Pulau Ranoh
Image Credit: Google Maps (Sur yadi)

1. Bermain Jetski

Bagi Anda yang mau untuk memacu adrenalin dan juga seru seruan di pulau ini, Anda bisa mencoba salah satu wahana yang bernama jetski. Di pulau ini dilengkapi fasilitas jetski yang bisa Anda sewa dengan harga yang tidak terlalu mahal, yaitu hanya sebesar 305.000 rupiah untuk jangka waktu sewa selama 15 menit.

2. Spot Foto yang Instagrammable

Disini Anda juga bisa melakukan kegiatan tanpa mengeluarkan biaya yang banyak, yaitu berfoto foto. Karena tempatnya yang indah nan cantik, menjadikan pulau ini memiliki spot foto background yang instagrammable. Hal itu didukung oleh tempatnya yang indah dan juga banyak tempat yang cantik.

3. Snorkeling

Kurang lengkap rasanya apabila Anda mengunjungi pantai yang memiliki laut indah tetapi tidak mencoba olahraga airnya. Maka dari itu pantai ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menjelajahi penduduk lautnya karena memiliki spot snorkeling yang bagus.

Ekosistem bawah laut di pantai Pulau Ranoh tak kalah jika Anda bandingkan dengan pantai pantai terkenal yang ada di Indonesia. Kondisinya yang masih bersih serta alami menjadikan pantai ini sangat cocok sekali untuk Anda jelajahi. Disini Anda bisa melihat berbagai macam isi laut yang unik dan lucu, dan pastinya jangan lupa untuk Anda abadikan dalam setiap foto.

Aktivitas Pulau Ranoh
Image Credit: Twitter.com @sobatim3batam

4. Banana Boat

Kegiatan ini juga akan memacu adrenalin serta dapat membuat olahraga jantung Anda. Disini tersedia banana boat yang bisa Anda gunakan dan Anda sewa secara berkelompok atau beramai-ramai. Sangat direkomendasikan Anda naik banana boat dengan teman teman Anda supaya lebih asyik dan seru.

Harga sewa Banana Boat di pulau ini hanya berkisar 70.000 rupiah untuk penggunaan dalam jangka waktu 5-8 menit dan minimal hanya 3 pax.

5. Berjemur di Tepi Pantai

Karena letaknya yang strategis untuk banyak mendapatkan sinar matahari, maka dari itu banyak sekali para wisatawan yang memanfaatkan keadaan tersebut untuk berjemur di pulau ini. Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, berjemur juga bisa membakar lemak Anda karena akan keluar keringat.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Ranoh

Penginapan Pulau Ranoh
Image Credit: Booking.com

1. The Golden Bay Hotel

Hotel bintang 3 ini terletak di Tj.Buntung. Hotel ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal apabila Anda ingin bermalam di hotel ini. Secara keseluruhan hotel ini memiliki kualitas yang baik dari segi akses bandara, selain itu hotel ini juga memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap.

Fasilitas itu seperti kamar yang full AC, memiliki tempat untuk spa, Wi-Fi gratis, tempat parkir yang luas dan juga gratis, restoran, sarapan yang gratis, layanan resepsionis 24 jam, ramah difabel dan pastinya tempat ini sangat cocok apabila Anda sedang membawa anak anak.

2. Nagoya Hill Hotel

Yang satu ini merupakan salah satu hotel yang berada di pusat Kota Batam. Hotel ini memiliki kualitas bintang 3. Hotel ini terletak di Hill Batam. Hotel ini berjarak hanya sekitar 3 km dari Pelabuhan Feri Harbour Bay

Hotel ini dilengkapi fasilitas seperti kamar yang full AC, kolam renang, gym and spa,Wi-Fi gratis, tempat parkir yang luas dan nyaman, restoran, bar, room service, sarapan gratis, sarapan prasmanan, layanan yang lengkap, dan juga hotel ini memiliki fasilitas jemputan bandara.

3. RedDoorz Baloi Batam

Penginapan ini lebih murah dibanding 2 hotel yang disebutkan tadi, karena penginapan ini bisa dibilang masih memiliki kualitas bintang 2. Penginapan ini terletak di komplek Pertokoan Wahana 757. Untuk Anda para perokok sebaiknya tidak ke penginapan ini, karena tempat ini bebas asap rokok.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Ranoh Batam

Fasilitas Pulau Ranoh
Image Credit: Twitter.com @wisata_bintan

Seiring berjalannya waktu, fasilitas di pulau ini semakin lama semakin banyak dan lengkap. Hal itu dikarenakan pihak pengelola dapat mengelola tempat ini dengan baik. Fasilitas untuk seru seruan bersama teman di tempat ini seperti bean bag, panahan, catur, voli pantai, sepak bola pantai dan lain-lain.

Untuk wahana air, tempat ini juga menyediakan banyak sekali wahana air. Di antara lain seperti water park, single canoe, double canoe, snorkeling, inflatable island, dan juga trendy floating. Di pulau ini juga menyediakan fasilitas tambahan sebagai penunjang liburan Anda seperti kamar mandi, musholla, toilet, dan juga restoran.

Itulah beberapa info mengenai Pulau Ranoh di Kota Batam yang bisa Anda jadikan pertimbangan atau panduan wisata Anda. Dengan tempat yang indah serta belum tercemari, dapat membuat Anda semakin nyaman dan betah untuk berlama-lama saat berkunjung.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending