Pulau Samalona, Makassar

Pulau Samalona, Makassar

Lokasi: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.
Map: Cek Lokasi

Jika berbicara mengenai keindahan alam yang ada di Indonesia rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Banyak sekali wilayah di Indonesia yang memiliki surge tersembunyi dan wajib untuk dikunjungi ketika liburan tiba. Salah satunya adalah Pulau Samalona yang ada di Kota Makassar. Pasalnya pulau ini menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa dan memanjakan para wisawatan yang datang berkunjung. Yuk intip apa saja keseruan di Pulau Samalona berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Samalona

Daya Tarik Pulau Samalona
Image Credit: Arsytours.com

Pulau mungil ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah dan sangat memanjakan mata para pengunjung yang datang. Saat Anda mengunjungi pulau ini maka Anda akan disuguhi ole hamparan pulau yang sangat biru dan mempesona. Ditambah lagi ombaknya yang cantik akan membuat suasana pantai semakin keren dan membuat betah siapa saja yang berkunjung. Semilir angin akan langsung menyapa siapa saja yang datang berkunjung ke pulau ini.

Daya tarik utama dari pulau Samalona ini adalah keindahan dunia bawah lautnya yang sangat mempesona. Pulau ini terhitung masih memiliki laut yang sangat jernih dan minim sampah yang berkeliaran. Saat Anda menyelam ke area bawah laut maka Anda akan menyaksikan keindahan terumbu karang yang cantik dan ikan berwarna warni yang berenang bebas di dasar laut tersebut.

Airnya yang sangat jernih membuat Anda bisa langsung melihat bagian bawah laut tersebut. Bagi Anda yang tidak berani untuk menyelam bisa menikmati keindahan terumbu karang dari kapal perahu. Untuk melakukan penyelaman sendiri ada baiknya dilakukan pada pagi hari karena pengunjung akan disuguhi pemandangan ikan ikan yang sangat ramai. Ikan ini akan berenang bebas kesana kemari diantara terumbu karang yang masih bersih di bawah laut tersebut.

Daya Tarik Pulau Samalona Makassar
Image Credit: Detik.com

Pulau Samalona tergolong pantai yang masih dijaga kebersihanya sehingga memiliki pulau yang sangat indah dan mempesona. Anda akan melihat lautan biru yang sangat jernih ditemani pasir putih yang ada di sepanjang bibir pantai. Di ujung pulau Samalona ada akan menemukan kota Makassar yang terlihat di ujung pulau tersebut. Ditambah lagi banyak sekali perahu yang banyak berkeliaran di daerah tersebut dan akan mengantar pengunjung untuk menikmati liburan.

Daya tarik lain yang tak kalah bagus adalah pemandangan matahari yang tenggelam di ujung pantai. Pemandangan matahari yang tenggelam ini sangatlah menawan dan mampu menyihir semua wisatawan yang datang berkunjung ke pulau tersebut. Dengan pemandangan yang luas dan tidak ramai oleh orang atau toko, maka akan membuat Anda merasa sangat nyaman untuk berlama lama melepas matahari pamit di sore hari.

Di saat sinar matahari sedang terik teriknya Anda bisa berteduh di bawah pohon kelapa yang memberikan keteduhan tersendiri. Apalagi jika Anda berteduh ditemani dengan es kelapa muda yang akan melepaskan dahaga karena panasnya matahari yang menyengat. Pulau yang masih asri dan tak berpenghuni ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama dengan orang orang tersayang.

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pulau Samalona

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pulau Samalona
Image Credit: Pegipegi.com

Pulau ini secara administratif terletak di sebelah Kecamatan Wajo, Makassar Kota Makassar Sulawesi Selatan. Untuk menuju ke pulau ini Anda harus menempuh perjalanan sejauh 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut. Untuk menuju pulau ini Anda harus menggunakan perahu nelayan atau perahu dengan mesin temple. Biasanya Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai di lokasi.

Untuk menyewa kapal atau perahu ini akan dikenakan dengan harga yang berkisar dari Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000.-. Agar jauh lebih hemat akan lebih baik jika Anda mengajak rombongan atau kelompok sehingga akan meminimalisir pengeluaran. Pulau ini juga memiliki sebuah mercusuar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal kapal yang berbadan besar.

Biaya Wisata ke Pulau Samalona

Biaya Wisata ke Pulau Samalona
Image Credit: Wisato.id

Jam operasional dari pulau ini pun selama 24 jam, sehingga Anda bisa berkunjung ke pulau ini kapanpun Anda mau. Namun pastikan jika Anda sudah menemukan jasa perahu layar yang tepat sehingga bisa mengantar Anda untuk berkunjung ke pulau tersebut. Untuk memasuki pulau Samalona pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk atau gratis. Namun Anda harus mempersiapkan uang untuk sewa atau belanja keperluan selama di pulau tersebut.

Karena pulau ini menyediakan banyak sekali fasilitas yang memang sudah disediakan oleh para pengelola. Anda bisa menginap di pulau tersebut barang hanya semalam agar merasakan lebih puas lagi dengan keindahan alam yang ada di pulau tersebut. Selain itu ada juga wahana banana boats yang akan menguji adrenalin Anda selama melakukan perjalanan.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pulau Samalona

Kegiatan di Pulau Samalona
Image Credit: Instagram.com @nurkamilajafar

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di pulau mungil satu ini. Kegiatan mengabadikan foto bersama keluarga adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Apalagi dengan background foto yang sangat bagus dan latar pasir putih yang memanjang di bibir pantai. Bermain pasir juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati panorama yang ada di pulau tersebut.

Snorkeling juga aktivitas yang sangat pas untuk menghabiskan waktu di pulau tersebut. Keindahan bawah laut dan ikan ikan yang berenang bebas menjadi pemandangan yang tak akan terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung. Bermain banana boat yang sangat mengacu aderenalin juga bisa dilakukan di pulau mungil tersebut. Perahu akan ditarik oleh speed boat dikendarai oleh satu sampai dua orang pemandu.

Untuk sekali putaran mengelilingi pantai, permainan naik banana boat berlangsung sekitar 15 menit. Saat menaiki perahu banana boat ini rasanya akan sama seperti saat menaiki kuda. Untuk bisa menikmati permainan ini, maka Anda harus merogoh kocek yang sekitar Rp. 150.000.- untuk satu kali putaran di Selat Makassar. Pulau Samalona juga memiliki villa Belanda yang sudah berdiri sejak jaman dulu.

Pada jaman pendudukan Belanda di Indonesia, kurang lebih sebanyak 350 orang Belanda kemudian tinggal menetap di Sulawesi. Sebagai alternatif wisata bagi para pejabat tinggi, maka dibangunlan villa tersebut sebagai tempat peristirahatan. Vila ini berdiri sudah cukup lama hingga akhirnya rubuh setelah berdiri selama kurang lebih 100 tahun di pulau ini. Anda akan menemukan banyak sekali bekas bekas peninggalan dari villa yang hanya tersisa atap seng dan tegel.

Anda juga bisa berjalan jalan menyapa indahnya lautan biru yang maha luas dan memanjakan mata. Semilir angina akan terasa saat Anda berjalan jalan di area pulau tersebut. Perlu diketahui jika pada hari hari tertentu beberapa orang melakukan ziarah ke kuburan yang bertujuan untuk meminta bekah dan sebagainya. Di pulau ini terdapat kuburan tua yang sudah ada sejak jaman dahulu kala.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Samalona

Fasilitas di Pulau Samalona
Image Credit: Kumparan.com

Pulau ini menyediakan banyak sekali toilet dan mushala yang disediakan untuk Anda yang ingin melakukan ibadah shalat. Di pulau ini bahkan terdapat beberapa warung makan yang menawarkan berbagai macam makanan laut yang menggiurkan. Anda bisa menikmati makanan tersebut di gazebo yang sudah disediakan oleh pihak pengelola pulau tersebut.

Fasilitas lain yang bisa dicoba adalah banana boat yang bisa dinaiki oleh 5 hingga 6 orang dan akan menguji nyali bagi para penumpangnya. Dengan banyaknya fasilitas tersebut Anda tidak perlu ragu untuk menginap lebih lama di Pulau Samalona tersebut. Anda bahkan bisa melakukan banyak sekali aktivitas dan menginap selama beberapa hari ditemani dengan deburan ombak yang sangat menenangkan.

Penginapan di Sekitar Pulau Samalona

Penginapan di Sekitar Pulau Samalona
Image Credit: Indonesiakaya.com

Bagi Anda yang ingin berlama lama untuk menikmati keindahan alam yang ada di Pulau Samalona, Anda bisa memutuskan untuk melakukan camping di daerah tersebut. Sebagian besar penginapan yang ada di pulau ini sengaja disediakan oleh para penduduk setempat. Selain itu ada juga pondok pondok penginapan khusus yang memang sengaja dibangun untuk memanjakan para pengujung.

Penginapan yang ada di Pulau Samalona biasanya berupa guest house dari rumah rumah tradisional milik warga. Harga sewa pun beragam tergantung dari fasilitas yang diberikan di masaing masing rumah sewa tersebut. Untuk hara kamar sewa ini berkisar antara 200 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah permalamnya. Namun jika Anda pandai menawar, maka harga tersebut sudah termasuk fasilitas makan malam dan sarapan.

Pulau Samalona sendiri memilik daya tarik yang sangat berbeda dari pulau pulau lain yang ada di Sulawesi. Meskipun memiliki ukuran pulau yang mungil, namun pulau ini tidak kalah bagus dengan pulau lain yang tak jauh berada di pulau Samalona. Anda bisa melakukan banyak sekali kegiatan saat berkunjung ke pulau satu ini Yang paling penting ajaklah keluarga untuk berlibur ke Pulau Samalona yang merupakan surga tersembunyi di Pulau Sulawesi.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending