Pulau Sambu Batam – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Sambu Batam – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Sambu terkenal sebagai pulau kilang minyak di Batam yang menarik dieksplor pesonanya. Pulau mungil dekat Singapura menawarkan beragam kegiatan seru dan fasilitas wisata terbaik.

Biaya Wisata: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tanjung Sari, Kec. Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Batam adalah sebuah Kepulauan yang memiliki berbagai macam pantai yang cantik dan pastinya siap untuk  Anda kunjungi. Di Batam juga banyak berjajar-jajar pulau kecil yang ramah untuk pengunjung dan menarik untuk dikunjungi, walaupun terkadang pulau itu belum terkenal karena akses menuju tempat tersebut yang sulit.

Salah satunya adalah Pulau Sambu. Pulau ini masuk ke dalam gugusan pulau-pulau yang berada di Kepulauan Riau. Hanya yang berbeda, pulau ini pastinya memiliki daya tarik yang berbeda dengan pulau yang lainnya. Pulau lain mempunyai wisata laut yang indah dan membuat para pengunjung ingin untuk menyambanginya, tetapi cukup berbeda dengan daya tarik di pulau ini.

Di antara banyaknya pulau kecil yang berada di sekitar wilayah Batam, Pulau ini merupakan pulau yang sangat bersejarah. Karena pulau Sambu ini sudah dijadikan sebagai storage oil tank yang dilakukan oleh perusahaan minyak Royal Dutch Shell mulai tahun 1927.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sambu

Daya Tarik Pulau Sambu
Image Credit: Facebook.com @marianto.kasim

Penduduk di Pulau Sambu banyak yang sudah pindah tempat tinggal dan tidak lagi menghuni pulau yang sudah tak pernah lagi beroperasi. Pulau ini dulunya adalah tempat kilang minyak, sekarang sudah tidak pernah beroperasi dan meninggalkan banyak sekali gedung-gedung dan rumah kosong yang memiliki arsitektur melayu.

1. Letaknya yang Strategis

Batam termasuk salah satu kota yang memiliki letak cukup strategis karena Batam terletak di jalur pelayaran internasional. Kota yang memiliki luas sebesar 3.990 km2 ini dapat diketahui kalau tempat ini mempunyai pelabuhan internasional terbanyak di Indonesia.

Beberapa di antaranya seperti Pelabuhan Ferry Harbour Bay, Internasional Sekupang, Batam Centre, Noangsa Pura, Internasional Waterfront, Yang menjadi menarik, pelabuhan itu juga menawarkan sebuah fasilitas bebas visa bagi para pengunjung dari negara-negara tertentu.

2. Bangunan Kosong yang Indah

Tidak hanya rumah yang ditinggal para penghuninya, pulau ini lengkap dengan fasilitas umum seperti masjid, gedung bioskop, gedung yang terdapat secajar, pagoda selamat datang, wisma, hingga ada kantor pos ada di Pulau Sambu ini. Dari masjid tersebut juga memberikan view yang sangat indah karena berada di dataran tinggi.

Di Gedung-gedung itu juga lah yang membuat para pengunjung tertarik untuk menyambanginya. Meskipun sudah tidak ada penghuninya, namun gaya dan desain dari bangunan tersebut sangat menarik untuk Sebagian pengunjung. Dari atas pulau ini,  Anda juga bisa melihat kapal yang berlayar dari Singapura karena jaraknya yang dekat.

Alamat, Rute Lokasi & Etimasi Biaya Wisata ke Pulau Sambu

Alamat Pulau Sambu
Image Credit: Google Maps (The Ray Official)

Pulau Sambu ini berlokasi di seberang Batam, tepatnya berada di sebelah utara dari Sekupang. Untuk menuju ke pulau ini, kita harus menaiki perahu motor atau yang biasa disebut pancung dari pelabuhan Sekupang. Letak Pelabuhan Sekupang ini berada tepat sebelum pintu masuk ke terminal ferry internasional, dan  Anda belok kiri untuk sampai di pelabuhan.

Biaya untuk naik pancung ini untuk menuju ke pulau seharga 15.000 rupiah (pada tahun 2016) dan untuk sampai ke lokasi hanya diperlukan waktu sekitar 15 menit saja. Sebelum masuk untuk melihat-lihat di kawasan pulau ini,  Anda harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari pihak security di sana.

Anda bisa mendatangi Pulau Sambu tanpa ada harga tiket masuk yang biasa dibilang gratis. Karena di pulau ini tidak ada orang yang menjual tiket masuk ke pulau ini.  Anda juga bisa mengunjungi tempat ini tanpa harus memikirkan jam buka dan jam tutup. Karena tidak ada batasan waktu yang ditentukan untuk datang ke Pulau ini. Pulau yang menawarkan nilai sejarah dan arsitektur yang bagus tanpa dipungut biaya tiket masuk untuk kesana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Sambu

Aktivitas di Pulau Sambu
Image Credit: Instagram.com @sudi_motret

1. Explore Rumah Kosong

Di pulau Sambu ini banyak sekali rumah kosong yang sudah ditinggal oleh para penghuninya pada tahun 1990-an dikarenakan berhentinya operasi kilang minyak. Banyak penghuni pulau tersebut berpindah tempat ke Batam dan meninggalkan bangunan rumahnya tersebut.

2. Berkunjung ke Masjid Al-Muhajirin

Suasana di Pulau Sambu ini bisa dikatakan sangat sepi dan lengang dari hiruk pikuk aktivitas manusia. Sangat cocok untuk  Anda yang ingin sekali berlibur ke tempat yang aman, damai dan sepi.  Anda bisa mendatangi masjid kokoh berdiri dan terawat di kawasan pulau, masjid itu diberi nama masjid Al-Muhajirin.

3. Jalan-Jalan Menyusuri Tepian Pantai

Di tepi sepanjang jalan pantai hanya terdapat berderet-deret rumah kayu tak berpenghuni dan terbengkalai. Tetapi, pantai yang berada di Pulau Sambu masih terbilang bersih dan cantik karena tidak adanya sampah yang dibuang ke laut.

Dan juga  Anda bisa melihat dari jauh Negara Singapura yang sangat jelas karena dekat dari pulau ini. Jalanan di pinggir pantai yang memiliki suasana asri dengan diiringi semilir angin laut yang berdesir dan mendengarkan suara ombak laut yang tenang membuat liburan  Anda semakin sempurna.

Aktivitas Pulau Sambu
Image Credit: Google Maps (Eka Ayu Hardiana)

4. Berfoto untuk Kenang-Kenangan

Di Pulau Sambu ini terdapat banyak sekali bangunan-bangunan yang memiliki gaya arsitektur melayu yang pastinya cocok untuk  Anda jadikan spot foto yang keren dan juga instagrammable. Di pulau ini dengan banyaknya rumah dan gedung gedung kosong tidak membuat kesan yang seram, malah banyak dijadikan spot foto yang unik oleh para pengunjung.

5. Memetik Buah Mangga

Anda tidak boleh memetik buah mangga sembarangan di Pulau Sambu ini,  Anda harus ijin terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga saat itu di pulau ini. Di pulau ini memang banyak sekali mangga bergelantungan yang tidak tahu pemilik siapa. Maka dari itu para petugas akan memberi ijin kepada  Anda untuk memetik buah mangga di tempat ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Kilang Minyak

Penginapan Pulau Kilang Minyak
Image Credit: Pegipegi.com

1. KTM Resort Batam

Resort santai ini berlokasi di tepi Selat Singapura, berjarak sekitar 3 km dari Terminal Feri Internasional Sekupang. Tempat ini memiliki suasana yang tenang dan damai, cocok untuk  Anda yang suka dengan ketenangan. Dan juga KTM Resort Batam ini memiliki pem  Anda ngan hamparan hijau tumbuhan dan tanam tanaman yang siap menyambut   Anda .

Fasilitas di KTM Resort Batam ini sangat lengkap. Disini tersedia Spa,Wi-Fi gratis, Kolam Renang luar, Restoran, Bar, Resepsionis 24 jam, Business Center, Ruangan ber-AC, Tempat parkir yang luas dan gratis, Room Service, dan juga memiliki akses ke pantai yang mudah.

2. Hotel Gloris

Hotel berbintang tiga ini memiliki harga yang cukup murah tetapi nyaman untuk tempat bermalam sementara   Anda . Hotel ini beralamat di Komplek Nagoya City Centre Blok I No.8, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

Di hotel Gloris ini memiliki fasilitas yang cukup bagus untuk harga hotel yang terbilang murah. Hotel ini cocok untuk anak anak, selain itu di hotel ini memiliki fasilitas kamar ber-Ac, dan juga Layanan Resepsionis 24 jam yang ramah.

3. Holiday Inn Resort Batam

Holiday Inn Resort Batam merupakan salah satu hotel berbintang 4 yang dekat dengan Pulau Sambu. Hotel ini memiliki suasana yang sejuk dan damai karena tempatnya yang cukup luas dan juga jarangnya orang yang menginap disini dikarenakan harganya yang agak mahal. Tetapi walau harganya mahal, hotel ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Fasilitas di hotel ini meliputi tempat parkir yang luas dan gratis, kolam renang, spa, Wi-Fi gratis, restoran, bar, room service, tempat bermain golf, layanan resepsionis 24 jam, layanan penatu swalayan, layanan concierge, kolam renang yang ada di luar dan di dalam ruangan.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sambu Batam

Fasilitas Pulau Sambu
Image Credit: Google Maps (Budi Surya Nugraha)

Pulau Sambu untuk saat ini masih memiliki penduduk yang menghuni di dalamnya. Meskipun lebih banyak dulu yaitu sekitar 200 orang,  Anda sebagai pengunjung masih tetap bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada di kawasan pulau. Disini tersedia tempat makan untuk  Anda makan yang sudah disediakan disana oleh para penduduk.

Di Pulau Sambu ini masih terdapat masjid yang berfungsi dengan baik untuk  Anda bisa melakukan ibadah atau hanya sekedar istirahat sejenak. Nantinya juga ada rumah-rumah para penduduk yang akan membantu  Anda karena tidak semuanya ditinggal oleh para pemiliknya untuk pindah ke tempat lain. Disini juga terdapat ATM yang masih berfungsi dan digunakan dengan baik.

Untuk  Anda yang suka traveller atau berpetualang dan suka menelusuri sejarah, masukkan Pulau Sambu sebagai pulau yang nantinya bakal  Anda kunjungi. Karena disini banyak sekali sejarah dan keindahan yang bisa  Anda explore supaya bisa menambah wawasan  Anda tentang sejarah.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending