Pulau Samosir – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Samosir - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Samosir salah satu pulau indah dan memesona di tengah Danau Toba, Sumatera Utara. Pulau unik yang menawarkan pesona alam dalam beragam objek wisata yang menarik dieksplor.

Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Samosir, Kab. Samosir, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbesar di dunia. Bahkan Indonesia sudah banyak dikenal oleh banyak negara karena keunikan dan keindahannya. Terdapat sekitar 17.000 pulau yang ada di negara ini. Dari banyaknya pulau tersebut hanya ada 7000 pulau yang ada penghuninya.

Semua pulau di Indonesia memiliki keindahan alam yang mengagumkan. Iklik tropis yang dimiliki Indonesia sangat mendukung sektor pariwisata. Salah satu pulau yang sangat indah di Indonesia adalah Pulau Samosir. Pulau ini cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Banyak orang yang masih belum mengetahui informasi seputar tempat wisata Pulau Samosir. Berikut beberapa informasi seputar tempat wisata Samosir agar dapat Anda jadikan sebagai acuan apabila ingin pergi ke wisata yang terletak di tengah danau Toba ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Samosir

Daya Tarik Pulau Samosir
Image Credit: Instagram.com @andi_gultom

1. Wisata Alam

Disini para wisatawan akan disuguhkan berbagai tempat yang indah di pulau ini. Anda juga bisa melihat dengan jelas keindahan Danau Toba dari tempat ini. Selain itu, bersepeda di kawasan perbukitan sambil menikmati pemandangan sekitar bisa juga jadi pilihan tepat. Anda dapat menyewa sepeda tersebut di persewaan sepeda di sekitar lokasi. Harganya juga masih cukup terjangkau.

2. Cerita yang Melegenda di Pulau Samosir

Pulau ini memang memiliki legenda yang hampir diketahui oleh banyak orang. Dongeng Danau Toba dan ikan mas membuat banyak orang penasaran dengan tempat ini. Berdasarkan cerita dari masyarakat setempat, pulau yang berada di tengah danau Toba ini merupakan jelmaan dari seorang anak yang dikenal dengan nama Samosir.

Samosir merupakan putra dari dari seorang pria bernama Toba dengan istrinya yang ternyata jelmaan ikan mas. Kehidupan mereka bahagia hingga suatu ketika sang anak terlambat mengantar makan siang untuk ayahnya. Toba yang marah akhirnya menyebut anaknya “Anak Ikan”.

BACA:  Nusa Lembongan Bali - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Perkataan Toba terdengar oleh istrinya sehingga dia sangat marah. Hal itu merupakan larangan yang telah dikatakan sang istri ketika menikah dengan Toba. Oleh karena itu, sang anak disuruh pergi ke atas bukit. Kemudian sungai meluap dan menenggelamkan Toba. Akhirnya tempat tersebut saat ini dinamakan Danau Toba.

Tempat Samosir melarikan diri akhirnya dinamakan Pulau Samosir. Cerita yang sangat menarik ini membuat banyak orang ingin menyaksikan bukti nyata dari legenda tersebut.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Samosir

Lokasi Pulau Samosir
Image Credit: Instagram.com @gnaibaho

Lokasi tempat wisata ini berada di tengah Danau Toba. Terdapat beberapa cara untuk menuju tempat tersebut. Anda dapat menggunakan jalur udara agar dapat mencapai tempat tersebut dengan mudah. Pilihlah pesawat dari tempat anda menuju ke Bandara Internasional Sisingamangaraja XII yang berada di Siborong-borong, Tapanuli Utara. Bandara ini cukup dengan Samosir apabila dibandingkan dengan Bandara Internasional Kualanamu.

Anda hanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam menggunakan transportasi darat dari Bandara Sisingamangaraja XII. Tentu saja perjalanan tersebut lebih singkat daripada Anda melalui Bandara Kualanamu yang membutuhkan waktu kurang lebih enam jam untuk menuju Samosir.

Anda juga bisa menggunakan jalur laut untuk menuju lokasi tempat wisata ini. Terdapat empat rute yang dapat Anda gunakan.

Rute pertama dari Ajibata Fery Ihan Batak. Rute ini dikenal dengan nama Ambarita-Ajibata. Rute ini terbuka dan selalu ada kapal feri yang setiap hari ada untuk mengantarkan Anda menuju Pulau Samosir. Jarak per keberangkatan kapal tiga jam sekali mulai dari pukul 09.30 WIB.

Rute kedua adalah Simanindo-Tigaras. Jadwal kapal di rute ini yang paling banyak apabila dibandingkan dengan rute lainnya. Per hari terdapat enam kali keberangkatan dengan jarak keberangkatan dua jam sekali. Rute mulai dibuka pada pukul 07.00 WIB.

Rute ketiga yaitu Onan Runggu-Balige. Rute ini dibuka pada hari Senin dan Jumat. Perjalanan dibuka mulai pukul 10.30 WIB. Apabila Anda berangkat pada akhir pekan dapat menggunakan rute Sipinggan-Muara. Perjalanan dibuka mulai pukul 09.00 WIB.

Rute terakhir yaitu Tomok-Ajibata. Rute ini dibuka setiap hari. Dalam sehari ada lima kali perjalanan yang dibuka. Perjalanan pada rute ini dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Biaya Wisata ke Pulau Samosir

Biaya Wisata Pulau Samosir
Image Credit: Instagram.com @juxn_kalit

Liburan ke pulau ini ternyata cukup murah. Apabila dihitung diluar biaya perjalanan dari tempat Anda maka tidak akan lebih dari Rp 200.000,00. Bahkan ada beberapa yang mengatakan dapat liburan mengelilingi tempat ini dengan harga Rp 100.000,00.

Pemerintah setempat telah mendukung pariwisata di tempat wisata ini. Oleh karena itu, para wisatawan dapat menghemat beberapa biaya seperti biaya transportasi. Terdapat transportasi massal berupa bus pariwisata yang dapat mengantarkan para wisatawan.

Wakil Bupati Samosir juga mengatakan bahwa liburan di pulau ini hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 100.000,00. Biaya tersebut sudah mencakup harga tiket masuk.

BACA:  Pulau Kalimantung Tapanuli Tengah - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Samosir

Aktivitas di Pulau Samosir
Image Credit: Instagram.com @tripelaketoba

1. Mengelilingi Pulau Dengan Menggunakan Sepeda Motor

Kegiatan ini memang terdengar sangat sederhana tapi hal tersebut sangat menyenangkan ketika dilakukan di pulau ini. Disini wisatawan bisa menyewa sepeda motor di daerah Tomok. Hanya ada satu jalan utama di tempat wisata ini sehingga perjalanannya akan sangat mudah.

Di sepanjang perjalanan Anda akan menikmati dan melihat pemandangan indah dari pulau ini. Terdapat sawah, rumah Batak, dan Danau Toba yang dapat Anda lihat dan nikmati panoramanya.

2. Mengunjungi Pantai Pasir Putih

Pantai ini berada di Desa Parbaba. Lokasinya sendiri di pinggir Danau Toba. Hawa di tempat ini sangatlah sejuk. Melakukan aktivitas berenang maupun bersantai dengan rekan atau keluarga jadi pilihan favorit. Anak-anak juga dapat berenang dengan aman di tempat tersebut karena tidak berbahaya.

Anda bisa memilih opsi bermain beberapa wahana yang ada di tempat tersebut. Terdapat banana boat, jetski, dan kapal bebek yang dapat Anda coba. Anda juga bisa menyewa ban apabila tidak bisa berenang atau hanya ingin bersantai di atas air.

3. Menyaksikan Pertunjukkan Sigale-Gale

Jika Anda ingin menonton pertunjukkan ini maka dapat menuju ke Kampung tua Hutan Bolon. Di tempat tersebut Anda dapat melihat pertunjukkan tari Batak tradisional yaitu Sigale-Gale.

Banyak yang mengatakan bahwa tarian tersebut hampir sama dengan tari Tor-Tor. Tarian tersebut juga diiringi dengan alat musik tradisional. Tarian ini pada mulanya ditujukan untuk menjadi obat rindu raja kepada anaknya yang telah hilang.

Tarian ini juga menggunakan boneka. Boneka tersebut dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai anak raja tersebut. Oleh karena itu, boneka tersebut terlihat seperti manusia. Wisatawan bisa belajar tarian ini apabila bertanya pada masyarakat di kampung tersebut. Masyarakatnya cukup ramah sehingga Anda tidak perlu takut bertanya.

4. Menuju ke Lokasi Batu Parsidangan

Terdapat pengadilan tradisional Batak yang berada di Ambarita. Di tempat tersebut terdapat batu-batu melingkar yang tersusun dengan rapi. Tentu saja usianya mencapai ratusan tahun. Disini Anda bisa melihat tempat eksekusi hukuman mati bagi tahanan yang melakukan pelanggaran berat.

5. Menyantap Mi Gomak

Mi gomak merupakan makanan yang hampir mirip dengan spaghetti. Mi ini juga disiram dengan saus yang mirip dengan rendang. Saus tersebut mirip dengan bumbu andaliman. Di dalam bumbu tersebut ada merica dan jahe sehingga membuat makanan ini terasa pedas. Makanan ini sangat cocok dimakan untuk menghangatkan tubuh.

Saus tersebut diberi kelapa yang telah disangrai. Oleh karena itu, aromanya sangat harum. Mi ini juga cukup terkenal sehingga banyak orang yang ingin mencoba kelezatannya. Anda bisa menemukan makanan ini dengan mudah di sekitar pertokoan pulau ini.

6. Berbelanja di Pasar Tomok

Di pasar ini Anda akan menemukan berbagai macam souvenir khas Pulau Samosir yang bagus dan unik. Terdapat ikat pinggang tradisional Samosir, kain ulos, gorga, dan lain-lain. Harganya juga cukup murah sehingga Anda pasti merasa senang berbelanja di pasar tersebut.

BACA:  Pulau Panjang Jepara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pengunjung bisa merasakan suasana pasar tradisional di pulau ini yang sangat menarik untuk dilihat. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan pasar yang sering kita jumpai di daerah perkotaan.

7. Berfoto

Kegiatan ini tentu saja wajib Anda lakukan ketika berlibur di Pulau Samosir. Ada banyak spot yang dapat Anda kunjungi dan abadikan keindahannya dalam sebuah foto. Oleh karena itu, Anda juga akan menemukan banyak orang yang suka dalam bidang fotografi di pulau ini. Bawalah kamera terbaik Anda agar dapat memotret keindahan Samosir.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Samosir

Penginapan Pulau Samosir
Image Credit: Traveloka.com

1. Toledo Inn

Penginapan ini berada di daerah Tuktuk Siadong, Danau Toba. Desainnya cukup menarik karena menyerupai rumah adat khas daerah tersebut. Harga per malamnya mulai dari Rp. 497.700,00. Dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti restoran, resepsionis 24 jam, area parkir yang luas, dan wifi.

2. Carrolina Cottage

Penginapan ini berada di daerah Tuktuk Siadong, Danau Toba. Pengunjung bisa menikmati pemandangan langsung Danau Toba dari tempat tersebut. Harga per malamnya mulai dari Rp 400.000,00. Dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti restoran, area parkir yang luas, dan wifi.

3. Mas Cottages

Penginapan ini berada di daerah Tuktuk Pindah Raya, Danau Toba. Desain dari tempat ini cukup bagus sehingga banyak orang yang menyukainya. Harga per malamnya mulai dari Rp 300.000,00. Dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti restoran, area parkir yang luas, layanan kamar, dan wifi.

4. Hotel Silintong

Penginapan ini berada di daerah Tuktuk Siadong, Danau Toba. Desainnya cukup modern sehingga Anda juga akan mudah beradaptasi di penginapan tersebut. Harga per malamnya mulai dari Rp 450.000,00. Dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti restoran, area parkir yang luas, AC, dan wifi.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Samosir

Fasilitas di Pulau Samosir
Image Credit: Shutterstock.com

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini sudah cukup lengkap. Terdapat penginapan, toilet, mushola, rumah makan, dan toko oleh-oleh. Semua pelayanan di fasilitas yang telah disediakan juga sudah cukup baik. Sebagian besar wisatawan sudah cukup puas dengan pelayanan dan fasilitas yang ada di pulau ini.

Beberapa informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi apabila ingin berlibur di Pulau Samosir. Keindahan dari pulau ini tidak bisa terbantahkan sehingga Anda harus mengunjungi tempat wisata ini apabila ingin berlibur. Sebagian besar wisatawan yang telah mengunjungi pulau ini selalu merasa puas dan senang.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending