Pulau Seribu Jakarta – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Seribu Jakarta

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Seribu merupakan kawasan wisata bahari populer di Teluk Jakarta yang menyuguhkan keindahan alam eksotis dekat ibukota. Kepulauan Seribu memiliki pesona bahari yang bisa ditemukan di Pulau Harapan, Pulau Pramuka, Pulau Bidadari dan sebagainya.

Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kab. Kepulauan Seribu, Jakarta; Map: Cek Lokasi

Pulau Seribu merupakan sebuah kawasan yang terdiri atas ratusan pulau kecil yang terletak di area administratif Teluk Jakarta. Lokasinya strategis karena berbatasan dengan beberapa wilayah perairan. Sekitar 342 pulau yang terdata, 110 diantaranya memiliki terumbu karang. Setiap gugusan memiliki karakter yang berbeda-beda. Terdapat 3 jenis yang dominan diantaranya berpenduduk, private, dan konservasi.

Banyak hal bisa Anda temukan dan lakukan saat berkunjung. Agen-agen wisata juga telah menyediakan paket kunjungan dengan biaya yang terjangkau untuk dipilih sebagai alternatif.

Daya Tarik yang Dimiliki Kepulauan Seribu

Daya Tarik Kepulauan Seribu
Image Credit: Instagram.com @pegi_pegi

1. Hutan Mangrove

Pada beberapa wilayah bagian, terdapat sebuah hutan mangrove yang lebat dan subur. Keberadaannya difungsikan untuk memelihara keasrian pantai. Anda bisa berkunjung dan berfoto di depanya. Kegiatan ini pastinya akan memberikan pengalaman terbaik kepada setiap orang yang datang untuk singgah.

2. Penangkaran Penyu

Sebagian wilayah dari gugusan yang ada di sana, menjadi tempat pilihan untuk konservasi penyu sisik. Habitatnya yang mulai tergusur dan jumlahnya yang hampir punah, menjadi urgent untuk dibuatkan penangkaran. Jika Anda beruntung pemandangan ini akan menjadi spot terbaik untuk mengamati dan belajar tentang kehidupan hewan.

3. Wahana Menarik

Anda yang berkunjung ke tempat ini bersama keluarga atau anak-anak khususnya, pastinya akan sangat dimanjakan dengan berbagai wahana menarik yang tersedia. Penyewaan alat seperti jet ski, banana boat, alat diving, alat snorkeling, dan sepeda bisa Anda temukan dengan mudah. Tentunya, untuk mengantisipasi segala kemungkinan, sediakan uang yang cukup.

4. Pemandangan Bawah Laut

Penawaran pemandangan bawah laut yang satu ini tentu akan sangat menggoda terutama bagi Anda yang gemar melakukan snorekeling ataupun diving. Pasalnya semua laut yang ada di Pulau Seribu memiliki kekayaan hayati berupa jenis biota yang beragam dan juga cantik. Siapa yang tidak terpikat, jika semua tersaji dengan begitu indah.

Daya Tarik dari Kepulauan Seribu
Image Credit: Instagram.com @pulauseributravellers

5. Sunrise dan Sunset

Sebagaimana tempat lain yang menawarkan pemandangan sunrise dan sunset, di sini Anda juga bisa mendapatkannya. Berkemah dan menjemput matahari terbit bisa dicoba, selain itu datang saat senja untuk matahari terbenam juga asik untuk dilakukan.

BACA:  10 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu Jakarta yang Wajib Anda Jelajahi

6. Pemandangan Laut

Sebagai sebuah destinasi yang menawarkan pesona bahari menakjubkan tentu hamparan lautnya sangat indah. Warnanya yang biru dibalut dengan pemandangan hijau sekitar menambah sejuk di mata. Ujung-ujung yang terhubung dengan gugusan pulau kecil tidak berpenghuni tentu sangat menawan.

7. Hamparan Pasir

Sama seperti kebanyakan tempat sejenis lainnya, di Pulau seribu akan banyak ditemui hamparan pasir putih yang membentang luas dan bersih. Teksturnya juga lembut sehingga nyaman digunakan untuk beraktivitas di atasnya. Sekedar jalan-jalan ataupun duduk di atasnya bisa dilakukan tanpa khawatir terluka.

Deretan Pulau Eksotis di Kepulauan Seribu

Deretan Pulau di Kepulauan Seribu
Image Credit: Traveloka.com

Sebelum merencanakan untuk berlibur di Kepulauan Seribu, tentukan dulu dimana saja pulau yang akan Anda kunjungi. Karena di sana terdapat banyak sekali pesona pulau kecil yang memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing. Sebagai referensi berikut ini daftar lokasi yang bisa digunakan.

1. Pulau Semak Daun

Bagi Anda pecinta kehidupan biota bawah laut, Pulau Semak Daun menjadi pilihan yang tepat. Semak Daun menjadi salah satu gugusan Kepulauan Seribu yang tidak berpenghuni namun menjadi pilihan utama wisatawan untuk menghabiskan waktu liburnya. Berbagai kegiatan menarik bisa dilakukan termasuk membangun tenda dan bermalam menjemput sunrise.

2. Pulau Harapan

Seperti namanya, Pulau harapan akan melunasi setiap ekspektasi liburan indah yang telah Anda rencanakan. Jembatan yang terbangun apik memberikan kesan yang berbeda pada setiap mata yang melihat. Di sana Anda dapat bersantai menghilangkan semua penat yang menumpuk. Menariknya lagi tempat ini dikenal sebagai lokasi penangkaran hewan langka.

3. Pulau Pari

Pulau Pari merupakan bagian dari beberapa destinasi menarik yang harus Anda Kunjungi. Selain itu, banyak juga yang merekomendasikannya dalam paket liburan ke Pulau Seribu. Pasir putihnya bersih dan lembut, selain itu juga terdapat tempat budidaya rumput laut yang bisa dikunjungi. Beragam kegiatan olahraga air bisa dilakukan karena ombak yang tenang.

4. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka menjadi tujuan selanjutnya yang banyak dijadikan alternatif saat memilih paket liburan oleh warga Jakarta. Selain kesenangan, di sini juga menawarkan wisata edukasi bagi Anda. Semua itu dikarenakan adanya penangkaran Penyu yang dibuka untuk pengunjung yang datang. Keadaan tersebut menjadikannya sebagai tempat penting yang wajib dikunjungi.

5. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari berada dekat dengan Kota Jakarta sekitar 15 kilometer jarak yang perlu ditempuh. Dari tempat ini Anda bisa mengintip gedung-gedung yang menjulang tinggi seperti miniature. Kawasan wisata ini memiliki nilai sejarah yang dianggap cukup penting bagi kebanyakan orang. Terdapat sebuah hutan mangrove sebagai daya tarik utamanya.

6. Pulau Kotok

Bagi Anda yang senang dengan kegiatan menyelam, Pulau Kotok biasa jadi alternatif pilihan. Pesona pemandangan bawah laut yang kaya akan memanjakan setiap orang yang melihat. Banyak wahana yang disediakan seperti jetski, banana boat, dan berbagai alat sejenisnya. Uniknya, di sana terdapat sebuah cottage yang berada di pohon.

7. Pulau Tidung

Pulau Tidung menjadi Idola dari semua yang ada di Pulau Seribu. Lautnya biru dengan pecahan bagian yang mempesona serta berbeda. Memiliki keistimewaan berupa jembatan penghubung yang panjang. Suasananya masih asri karena semua masih terjaga keasliannya. Kegiatan seperti snorekeling dan juga diving bisa dilakukan di sana.

BACA:  Pulau Tidung Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Alamat, Rute Lokasi & Biaya Wisata ke Pulau Seribu

Rute ke Pulau Seribu
Image Credit: Instagram.com @dandhifns

Alamat pulau seribu berada di daerah Teluk Jakarta dan berbatasan langsung dengan perairan Bekasi, Lampung Selatan, Tanggerang, Banten, dan Bangka Belitung. Secara administratif bentuk wilayahnya berupa Pemerintahan Kabupaten yang dipimpin oleh seorang Bupati. Rute untuk menuju tempat ini dapat ditempuh dengan beberapa cara dari titik yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang ingin berkunjung bisa memulai dari Dermaga Marina Ancol, jika lokasi Anda dekat dengan taman Ancol. Kedua, bisa menggunakan jalur Pelabuhan Muara Angke yang ada di daerah Jakarta Utara. Ketiga, bisa juga dimulai dari titik pemberangkatan melalui akses jalan di Penjaringan Jakarta Utara. Selanjutnya, juga bisa berangkat melalui Dermaga Kapal Pluit.

Alternatif lainnya yaitu melalui tanjung Pasir Tanggerang ataupun Dermaga Rawa Saban. Semua rute yang dipilih hanya bisa diakses menggunakan kapal baik kayu dan speedboat. Pemberangkatan bisa Anda sesuaikan dengan titik terdekat, agar lebih efisien.

Mengenai biaya masuk dibagi dalam sebuah rincian seperti sewa kapal regular Rp 175.000,- atau Rp 100.000,- jika menggunakan kapal kayu. Kemudian untuk jumlah yang dibayarkan saat masuk sekitar Rp 5.000,- setiap pantainya. Harga tersebut bisa berubah sesuai ketentuan pengelola.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kepulauan Seribu

Aktivitas di Kepulauan Seribu
Image Credit: Bukalapak.com

1. Tour Pulau Kecil

Kegiatan menarik pertama dan utama yang bisa dilakukan adalah melakukan tour ke pulau kecil yang menjadi bagian dari gugusan wilayah tersebut. Banyak sekali pulau yang bisa Anda kunjungi, tentunya dengan biaya tambahan yang cukup menguras kantong. Pilih beberapa yang banyak menjadi favorit, karena mustahil untuk mengunjungi semuanya.

2. Diving dan Snorkeling

Pesona alam bawah laut dengan keragaman biota yang canti tentu sangat menggoda mata. Diving dan snorkeling menjadi kegiatan pilihan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan setiap momen liburan yang sudah direncanakan. Penyewaan peralatan juga banyak tersedia di sekitar pantai, tidak perlu untuk membawa sendiri dari rumah agar lebih mudah.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Seribu

Penginapan di Pulau Seribu
Image Credit: Google Maps (Ika Zuhrotunnisa)

1. New Griya Rahma Pulau Tidung

New Griya Rahma berada di Pulau Pramuka dengan suasana sejuk di pinggir pantai. Kelebihan lainnya yaitu teras yang menampakkan langsung pemandangan laut. Lokasinya juga sangat strategis sehingga sering penuh setiap bulannya. Harga untuk satu malam per kamar di sini sebesar Rp 332.461,-

2. Pulau Ayer Resort and Cottages

Pulau Ayer Resort and Cottages termasuk jajaran resort yang mahal namun kualitasnya bagus. Pengalaman yang memiliki kesan asri layaknya di maldewa. Selain itu, di sini juga menyediakan floating cottage yang menakjubkan. Konsep yang diusung adalah back to nature dengan 58 kamar tersedia. Harga untuk menginap yang harus dibayarkan Rp 1.531.385,-.

3. Cemara 38 Cottage Pulau Tidung

Cemara 38 Cottage merupakan tempat menginap dengan nuansa rustic. Kebersihan kamar dan kenyamanan suasananya terbangun dengan baik. Hotel ini sangat cocok bagi Anda yang mencari ketenangan dan keeksklusifan saat berlibur. Biaya yang diperlukan untuk menghabiskan malam di sini sebesar Rp 474.961,-.

4. Kedaton Villa Pulau Pramuka

Mengenai Kedaton Villa Pulau Pramuka, tempat ini menjadi favorit dari wisatawan. Bangunannya yang memiliki gaya desain klasik, menonjolkan kayu sebagai bahan dominan untuk menambah nilai estetiknya. Kamarnya bersih dan sangat nyaman untuk digunakan. Reservasi bisa on-line dan bayar waktu datang dengan jumlah sebesar Rp 502.902,-

BACA:  Pulau Bawean Gresik - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

5. Sisca Beach Homestay

Sisca Beach Homestay menjadi salah satu akomodasi terbaik yang ada di Pulau Tidung. Letaknya sangat strategis berjarak sekitar 0,05 kilometer dengan penghubung Jembatan Cinta yang berada di 1,36 kilometer. Keadaan tersebut memberikan kemudahan pengunjung untuk melakukan eksplorasi saat liburan. Biaya untuk menginap semalam per kamar Rp 332.461,-.

Penginapan Murah di Pulau Seribu
Image Credit: Google Maps (Nico)

6. Charlie Homestay Pulau Tidung

Charlie Homestay merupakan tempat penginapan yang sangat asri di Pulau Tidung. Kelebihan dari akomodasi yang ditawarkan berupa pesona pemandangan laut yang bersih dan nyaman. Harga yang dibandrol untuk satu malam menginap hanya Rp 300.000,-. Setelah booking Anda bisa chek-in pada pukul 14.00 setiap harinya.

7. Pari Island Guest House

Pari Island Guest House berada sekitar 22,5 mil atau sejauh 36,2 kilometer dari Ocean Park. Selain itu juga dekat dengan Seaworld Ancol yang berjarak sekitar 25,8 mill atau 41,6 kilometer. Lokasi sangat strategis dekat dengan Pusat Perbelanjaan Thamrin City. Menikmati sensasi kamar pribadi dengan biaya menginap sebesar Rp 870.00,- per malam.

8. Homestay Tidung Mantap

Menjadi salah satu penginapan pilihan wisatawan dengan penawaran menarik dan harga murah. Harga menginap per malam yang harus Anda sediakan untuk dibayarkan sebesar Rp 278.951,-. Bisa dibooking secara online dan bayar waktu tiba di Homestay Tidung Mantap.

9. Dolphin Homestay

Akomodasi ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Desain untuk interior kamar dibuat minimalis, cocok untuk bersantai. Memiliki sebuah pendopo yang berada di pinggir pantai. Biaya yang harus disiapkan untuk menginap per malamnya sebesar Rp 391.138,-.

10. Royal Mermaid Pulau Pramuka

Royal Mermaid menjadi salah satu resort dan resto dengan penawaran gaya desain serta substansi dari sebuah kenyamanan yang berupa layanan intuitif tradisi lokal. Memiliki daya tarik utama berupa pesona matahari terbenam yang mengesankan. Menyediakan kamar villa dan juga penginapan modern. Biaya untuk satu malam menginap sebesar Rp 427.461,-.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Kepulauan Seribu

Fasilitas di Kepulauan Seribu
Image Credit: Google Maps (Melli Fornandy)

Fasilitas-fasilitas yang ada di beberapa pulau di Kepulauan Seribu bisa dikatakan lengkap dibandingkan tempat wisata sejenisnya. Mulai dari sarana prasarana penunjang dan juga tambahan. Toilet, kamar mandi, rumah ibadah, juga wahana-wahan menarik tersedia lengkap di sana.

Menariknya di Pulau Seribu juga tersedia fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit kecil, dan Kapal Ambulance. Selain itu juga terdapat bank terapung, koramil juga kantor polisi, namun tidak ada mesin ATM. Jika Anda berniat untuk liburan di sana, sediakan uang cash yang cukup agar tidak kehabisan uang saat ingin mengeksplore semua keindahan yang ada.

Itulah keunikan yang ada di Pulau Seribu yang bisa Anda nikmati saat berkunjung bersama keluarga dan rekan tercinta. Penginapan mulai dari villa hingga cottage tersedia di sekitaran lokasi. Penyewaan berbagai alat kemah, sepeda, dan berbagai peralatan lain bisa Anda temui dengan mudah. Banyak juga paket liburan yang memfasilitasi untuk mengelilingi destinasi wisata pulau ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending