Pulau Simeulue Aceh, Destinasi Bahari yang Eksotis

Pulau Simeulue Aceh

Daya Tarik, Aktivitas Liburan & Lokasi Pulau Simeulue salah satu pulau yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan di Provinsi Aceh. Pulau ini ibarat surga bahari yang masih alami dan kaya pesona wisata.

Biaya Wisata: Mulai Rp 44.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kab. Simeulue, Aceh; Map: Cek Lokasi

Indonesia disebut sebagai Nusantara dikarenakan suatu wilayah yang diapit secara langsung dengan samudera. Sehingga tidak heran bahwa Indonesia memiliki banyak pulau. Pulau Simeulue menjadi salah satu destinasi yang paling diidamkan oleh wisatawan. Selain pulau tersebut masih banyak pulau lain yang memiliki potensi wisata tinggi baik di kalangan wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Jika berkunjung ke Pulau Simeulue, wisatawan akan menikmati keindahan alam bagaikan surga di dunia. Pulau ini sering juga disebut sebagai dunia para peselancar. Hal tersebut dikarenakan wisatawan yang berkunjung ke pulau ini bisa menikmati berbagai fasilitas sebagai hiburan seperti berselancar. Pulau yang memiliki keindahan eksotis ini membuat traveler selalu merasa takjub.

Meskipun berada di Provinsi Aceh dan sering menjadi langganan gempa bumi, keberadaan Pulau ini tetap dicari oleh wisatawan. Bukan hanya sekedar melepas lelah saja, tetapi dengan berkunjung ke pulau ini wisatawan bisa merasakan keindahan alam yang masih natural dan luar biasa. Ketenangan dan ketentraman bisa dirasakan di Pulau ini. Berikut beberapa hal menarik berkaitan dengan pulau cantik ini.

Daya Tarik Wisata Pulau Simeulue

Daya Tarik Pulau Simeulue
Image Credit: Google Maps (Cantika Chaerunissa Dwi Ayu)

Pulau ini memiliki daya tarik yang begitu besar, sehingga bisa menjadi destinasi pariwisata dengan level tinggi. Adanya Pulau ini menambah jajaran pulau-pulau di Indonesia dengan keindahan alam yang menakjubkan. Berikut ini beberapa daya tarik Pulau ini yang menjadikan wisatawan betah berkunjung.

1. Lokasi Pulau yang Bersih dan Asri

Kebersihan selalu menjadi salah satu daya tarik pendukung dari suatu tempat wisata. Meskipun lokasi wisata memiliki keindahan yang luar biasa Akan tetapi jika sampah menumpuk dan tidak terawat, maka akan terlihat buruk. Pulau Simeulue memiliki lokasi yang bersih dan masih alami. Sehingga wisatawan betah berkunjung berlama-lama di Pulau ini bahkan hingga menyewa penginapan.

Pihak pengelola berusaha sebaik mungkin untuk menjadikan Pulau ini terlihat terawat. Mulai dari membersihkan setiap hari kemudian memberikan himbauan kepada wisatawan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, pihak pengelola selalu mengontrol beberapa Spot atau lokasi yang mungkin bisa menimbulkan banyak sampah. Perawatan tersebut sengaja dilakukan agar Pulau ini tetap terjaga kebersihannya.

2. Hamparan Pasir Putih yang Luas

Daya tarik lain yang dimiliki Pulau ini adalah adanya hamparan luas pasir berwarna putih. Hamparan tersebut dibingkai dengan warna laut yang kebiruan sungguh sangat menakjubkan. Pulau ini diselimuti dengan banyak sekali tumbuhan dan pepohonan yang berukuran besar. Saat siang hari, wisatawan tidak akan merasa kepanasan karena banyaknya pohon rindang.

Selain itu, banyaknya pohon rindang mengakibatkan udara di Pulau ini terasa sejuk. Wisatawan bisa duduk-duduk di Gazebo sambil menikmati pemandangan laut yang tidak terbatas sejauh mata memandang. Dengan langit yang berwarna cerah serta pasir putih yang memukau.

Image Credit: Google Maps (Yuni Mahara)

3. Deretan Pantai Dengan Ombak yang Besar

Pulau Simeulue merupakan surganya bagi para peselancar. Mereka bisa mengasah adrenalin dengan cara menantang ombak yang besar. Akan tetapi hal tersebut hanya boleh dilakukan oleh para profesional saja.

Apabila masih amatir dan ingin mencoba maka harus melalui pelatihan terlebih dahulu. Karena ombak yang ada di pulau ini memang cenderung lebih besar daripada ada ombak di Pantai pada umumnya.

4. Berbagai Kegiatan Liburan yang Menarik

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Mulai dari kegiatan di pantai sekitar Pulau hingga kegiatan di Laut. Selain itu pihak pengelola Pulau ini juga menyediakan banyak fasilitas untuk wisatawan.

Baik keperluan untuk kondisi tertentu hingga keperluan untuk olahraga air. Jadi, wisatawan yang berkunjung ke sini tidak perlu khawatir terkait dengan peralatan permainan air.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Simeulue

Alamat Pulau Simeulue
Image Credit: Google Maps (Dedi Dedi)

Bagi orang yang memiliki tempat tinggal di Provinsi Aceh tentunya sudah tidak asing lagi dengan pulau ini. Karena Pulau ini terletak di provinsi Aceh. Meskipun demikian Pulau ini tetap berada dalam gugus kepulauan Sumatera tepatnya ada di Kabupaten Simeulue.

Rute untuk menuju ke Pulau Simeulue bisa dibilang muda. Jika wisatawan berasal dari Kota Banda Aceh maka bisa menggunakan transportasi yang melalui jalur darat. Ada 2 jenis transportasi yang bisa dinaiki wisatawan dan memiliki rute ke arah pulau tersebut.

Transportasi tersebut yaitu minibus L300 dan bus Damri. Saat menggunakan kedua transportasi tersebut wisatawan akan diarahkan ke Labuhan Haji. Sedangkan untuk waktu tempuhnya sendiri memerlukan waktu 8 hingga 14 jam tergantung dari transportasi yang digunakan.

Selanjutnya bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Simeulue maka akan diberi arahan oleh pihak pengelola. Sehingga baik wisatawan lokal ataupun asing yang masih pertama kali datang ke Simeulue, tidak perlu khawatir karena akan terdapat pemandu arah.

Wisatawan yang belum pernah berkunjung ke pulau ini tentunya harus mengetahui beberapa hal berkaitan dengan pulau ini. Apabila wisatawan dari mancanegara atau dari lokal sendiri tetapi denganmu wilayah yang jauh, maka harus mempersiapkan beberapa hal seperti biaya, kesehatan, tenaga, dan persiapan yang matang.

Tentunya yang memiliki lokasi di wilayah Aceh Harus Memiliki transportasi via udara. Sebelum menuju ke lokasi pastinya setiap wisatawan akan menaiki kapal feri. Ongkos kapal feri sangat bervariasi dan bisa berubah-ubah.

Misalkan saja untuk saat ini biaya wisatawan tanpa membawa kendaraan jika dewasa maka Rp 44.000 sedangkan anak-anak hanya berkisar Rp 26.000. Jika membawa kendaraan, maka biaya yang dikeluarkan bisa lebih besar.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pulau Simeulue

Aktivitas di Pulau Simeulue
Image Credit: Instagram.com @natashasmit_coaching

Setelah wisatawan jauh-jauh mengunjungi Pulau ini, pastinya Sangat disayangkan jika tidak melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan.

1. Melakukan Kegiatan Seru di Pantai

Banyak sekali permainan pantai yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Misalkan saja melakukan snorkeling, kemudian berselancar, memancing dan masih banyak lagi.

Setiap lokasi memiliki permainan air yang berbeda-beda. Misalkan saja pihak pengelola menyediakan lokasi khusus untuk snorkeling, kemudian lokasi khusus memancing hingga lokasi khusus yang bisa digunakan untuk berselancar.

2. Menikmati Panorama Alam yang Eksotis

Tentu saja hampir setiap pantai menyediakan fasilitas permainan air akan tetapi hal yang membedakan antara pantai pada umumnya dengan pulau ini adalah keindahan alamnya. Pulau ini selalu terjaga kebersihannya sehingga kapan pun wisatawan mengunjunginya akan selalu tampak natural dan eksotis.

3. Berfoto di Spot Keren

Berfoto menjadi kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Pulau ini memiliki puluhan bahkan ratusan Spot yang bisa digunakan untuk berfoto. Bagi wisatawan yang lupa tidak membawa kamera, tidak Perlu khawatir karena di lokasi ini juga terdapat jasa fotografi.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan di Sekitar Pulau
Image Credit: Tiket.com

Perjalanan yang panjang pastinya membuat wisatawan kelelahan apabila langsung pulang dan pergi. Oleh karena itu, pihak pengelola menyediakan banyak sekali penginapan di lokasi pulau ini.

1. Simeulue Surflodges

Penginapan ini memiliki jarak yang dekat dan berada di Pulau Simeulue. Bahkan penginapan ini mendapatkan rating 4,5 dari 5. Bagi wisatawan yang ingin menginap di penginapan ini maka harus merogoh kocek yang lumayan dalam.

Karena harga yang ditawarkan berkisar Rp 1.265.000. Penginapan ini memiliki bentuk rumah yang menyerupai rumah adat dan juga latar pemandangan yang memukau. Bahkan wisatawan bisa mendapatkan berbagai fasilitas lengkap mulai dari sarapan hingga makan siang.

2. Simeulue Trip Homestay

Penginapan ini termasuk salah satu yang dipadati wisatawan karena memiliki harga yang relatif terjangkau. Harga yang ditawarkan adalah berkisar Rp 450.000. Akan tetapi biasanya hotel ini sudah dipadati oleh pengunjung. Sehingga jika ingin memesan, maka harus melakukan pemesanan di jauh hari.

3. Mahi-Mahi Surf Resort

Penginapan yang satu ini memiliki rating tertinggi dan paling banyak diminati oleh wisatawan. Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang mewah tetapi estetik. Penginapan ini dibanderol dengan harga Rp 1.450.000. Meskipun harganya tergolong mahal, akan tetapi banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke penginapan ini untuk melepas lelah dan beristirahat.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Simeulue

Fasilitas di Pulau Simeulue
Image Credit: Google Maps (Bintan78)

Pulau ini memiliki fasilitas yang lengkap dan memanjakan wisatawan. Misalkan saja adanya penginapan yang memang terletak di lokasi Pulau ini. Hal tersebut mempermudah wisatawan untuk beristirahat dan Menikmati keindahan Pulau ini secara langsung dalam waktu yang lama.

Kemudian adanya outlet-outlet dan warung-warung makan menjadikan wisatawan tidak perlu khawatir apabila merasa lapar. Fasilitas umum yang disediakan juga sangat banyak sehingga wisatawan tidak perlu antri atau bergantian.

Pulau ini sangat luas dan memiliki beberapa pantai yang bisa dikunjungi para wisatawan. Selain itu pihak pengelola Pulau ini menyediakan berbagai set perlengkapan untuk melakukan kegiatan hiburan air.

Sebagai warga Indonesia sangat disayangkan apabila belum pernah berkunjung ke Pulau Simeulue ini. Pasalnya nuansa alam yang luar biasa sangat menakjubkan. Pulau yang ada di Provinsi Aceh ini sangat direkomendasikan. Meskipun biaya yang diperlukan mahal, akan tetapi hal tersebut tidak sebanding dengan keindahan yang akan diperoleh.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending