Pulau Tabuhan Banyuwangi – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Tabuhan Banyuwangi - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil tak berpenghuni di tengah laut. Pulau cantik di Banyuwangi dengan hamparan pasir putih yang lembut menawarkan pemandangan luar biasa dan beragam aktivitas wisata menarik.

Biaya Wisata: Mulai Rp 50.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Tabuhan, Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Jawa Timur memang memiliki sejuta objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terdapat berbagai macam jenis wisata mulai dari wisata permainan, wisata alam, wisata sejarah bahkan terdapat wisata budaya. Salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki objek wisata alam yang menakjubkan adalah Banyuwangi.

Di daerah Banyuwangi terdapat salah satu objek wisata yang sangat terkenal, dan merupakan salah satu objek wisata yang paling diburu oleh wisatawan. Objek wisata tersebut bernama Pulau Tabuhan, tempat ini merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang memiliki suasana yang tenang serta terdapat banyak sekali pepohonan hijau nan rimbun.

Pemandangan di tempat ini begitu mempesona, dan mampu membuat pengunjung merasa nyaman. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata bersama keluarga atau teman-teman yang sangat tepat. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan berlibur yang menyenangkan dan seru, selain itu akomodasi menuju tempat ini juga sudah sangat mendukung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Tabuhan

Daya Tarik Pulau Tabuhan
Image Credit: Google Maps (Eko Purwadi)

Pulau Tabuhan merupakan objek wisatawan di daerah tersebut, lokasi objek wisata ini berada di Selat Bali. Luas dari pulau ini sendiri hanya seluas 5 Hektar, tempat ini juga tidak berpenghuni sehingga sangat cocok untuk dijadikan objek wisata. Pantai di tempat ini juga sangat bersih dan memiliki pasir putih yang indah, masih banyak lagi daya tarik yang dimiliki tempat ini seperti:

1. Keindahan Alam Bawah Laut

Tidak hanya keindahan alam yang ada di daratan, pulau ini juga menyimpan keindahan pada habitat terumbu karang dan berbagai macam biota laut. Ekosistem di objek wisata alam ini sangatlah terjaga, jarang di temukan sampah pada bibir pantainya. Air di pantai ini juga memiliki warna yang indah yakni berwarna biru dan sangat jernih.

BACA:  10 Pulau Cantik di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

2. Pantai dengan Pasir Putih

Pantai di tempat ini memiliki pasir yang berwarna putih. Keindahan pasir putih bisa Anda temukan di sepanjang bibir pantai, pasir di pantai ini juga sangat bersih dan terawat. Adanya pasir dengan warna putih ini mampu menambah keindahan alam yang ada di objek ini, apalagi dengan air laut yang berwarna biru toska memuat tempat ini semakin indah.

Daya Tarik Pulau Tabuhan Banyuwangi
Image Credit: Google Maps (Eko Purwadi)

3. Pepohonan Rimbun Nan Teduh

Dengan luas yang hanya sebesar 5 hektar membuat Pulau Tabuhan tidak terlalu besar, namun hal yang perlu Anda ketahui adalah di atas daratan tersebut terdapat tanah yang sangat subur. Hal tersebut membuat pulau ini mempunyai pepohonan yang sangat banyak dan memenuhi tempat ini. Adanya pepohonan tersebut dapat digunakan sebagai tempat berteduh oleh wisatawan.

4. Spot Camping yang Indah

Selain bisa berlibur pada siang hari, pengunjung juga bisa berkemah di objek wisata ini. bagi Anda yang ingin Camping di sini harus meminta izin terlebih dahulu kepada pengurus tempat wisata di sana. Dari tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Ijen yang sangat menawan, selain itu Anda akan dimanjakan dengan suasana tenang di malam hari.

5. Terdapat Beberapa Spot Snorkeling yang Indah

Karena tidak berpenghuni dan dikembangkan sebagai objek wisata, membuat tempat wisata ini memiliki ekosistem yang sangat terjaga. Bila berkunjung ke sini, nahkoda Kapal dan pengelola objek wisata di sana akan menunjukan beberapa spot yang sangat cocok untuk kegiatan snorkeling. Keindahan bawah laut di tempat ini mampu membuat pengunjung yang datang merasa takjub.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Tabuhan

Lokasi Pulau Tabuhan
Image Credit: Google Maps (Rian Dior)

Objek wisata Pulau Tabuhan berada di Selat Bali yang masuk kedalam kawasan Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Wengsorejo. Untuk sampai ke tempat ini tersedia beberapa rute yang dapat dilewati oleh pengunjung, baik melalui daerah Banyuwangi ataupun dari daerah luar Banyuwangi.

Untuk Anda yang berasal dari Banyuwangi bisa menggunakan rute terdekat, yakni mengambil arah menuju Pelabuhan Ketapang, setelah melewati Pelabuhan tersebut Anda harus menuju Pantai Watudodol. Setelah itu terdapat petunjuk jalan ke Rumah Apung menuju Pantai Bangsring dan di tempat ini Anda bisa menyewa kapal untuk ke pulau cantik di Banyuwangi ini.

BACA:  Air Terjun Pengantin Ngawi - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Sedangkan bagi Anda yang berasal dari daerah luar Banyuwangi, terdapat juga rute untuk perjalanan ini. dari daerah asal, Anda bisa menggunakan Kereta Api menuju Stasiun Banyuwangi, kemudian setelah sampai di sana Anda bisa menggunakan angkutan umum ke terminal. Dari terminal Anda mencari angkutan ke desa Bangsring, dari sini Anda harus menyewa kapal untuk menyeberang ke pulau ini.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Tabuhan Banyuwangi

Biaya Wisata Pulau Tabuhan
Image Credit: Google Maps (Adeka Rahman)

Untuk masuk ke objek wisata ini sebenarnya tidak membutuhkan biaya tiket masuk, namun sebagai penggantinya adalah Anda harus menyewa kapal untuk bisa sampai ke tempat ini. Untuk biaya sewa kapal dengan kapasitas 10 orang, dana yang dibutuhkan cukup tinggi yakni Rp500.000. Namun bila di bagi 10 orang bersama teman atau keluarga, biaya yang dikeluarkan per orangnya hanya Rp 50.000.

Selain itu bila Anda membutuhkan beberapa fasilitas liburan lain, maka dana yang akan dikeluarkan juga akan bertambah. Untuk penyewaan tour guide selama berlibur di tempat ini biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 75.000. jika berkunjung ke tempat ini secara berkelompok maka biaya yang dikeluarkan juga akan semakin sedikit.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Tabuhan

Aktivitas di Pulau Tabuhan
Image Credit: Google Maps (gusti)

Ketika berlibur ke suatu objek wisata seperti pulau atau pantai tentu banyak sekali hal menarik yang bisa dilakukan. Begitu juga dengan Pulau Tabuhan pada tempat ini pengunjung bisa melakukan kegiatan seperti menikmati pemandangan, bermain air, serta bersantai. Mengingat tempat ini tidak berpenghuni maka pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seperti:

1. Berenang di Pantai

Karena memiliki pantai dengan air laut yang sangat bersih dan juga tenang, membuat pengunjung bisa mandi serta berenang di tempat ini. Namun perlu diketahui saat berkunjung ke objek wisata ini pada waktu tertentu untuk menghindari bermain di pantai karena air dan gelombang di pantai tersebut cukup tinggi.

2. Berfoto Dengan Latar Pantai yang Indah

Keuntungan dari tidak adanya penghuni di pulau ini membuat Anda bebas mengambil gambar. Karena tidak terlalu ramai gambar yang bisa Anda tangkap memiliki nilai estetik yang tinggi karena jarang didapatkan objek-objek pengganggu. Mungkin yang berada di tempat ini adalah sesama pengunjung yang sedang berlibur.

3. Camping

Selain bisa bermain dan bersenang-senang ketika siang, Anda juga bisa berkemah di objek wisata ini. Pemandangan serta suasana di tempat ini begitu syahdu, dimana suasana yang tenang serta suara gemercik air pantai mampu menciptakan suasana yang tenang. Namun, untuk bisa berkemah disini Anda harus mendapatkan izin dari pengelola wisata disana.

BACA:  Pulau Maratua Berau - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

4. Snorkeling

Menikmati keindahan yang ada di suatu pulau yang menjadi objek wisata memang kurang lengkap bila tidak melakukan snorkeling. Kegiatan ini sangat wajib dilakukan bila berkunjung ke Pulau Tabuhan di Banyuwangi, selain memiliki habitat dan ekosistem yang masih sangat terjaga di tempat ini juga mempunyai banyak spot-spot snorkeling.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Tabuhan

Penginapan Pulau Tabuhan
Image Credit: Google Maps (Bernard Baliadvisor)

1. Panorama Homestay

Salah satu rekomendasi penginapan yang memiliki jarak paling dekat dengan objek wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi adalah Panorama Homstay. Jarak penginapan ini dengan tempat wisata tersebut sekitar 10,5 km, tempat ini merupakan penginapan bergaya homestay. Untuk biaya sewanya sendiri Anda cukup mengularkan biaya sebesar Rp 150.000an per malam.

2. Manyar Garden Hotel

Rekomendasi penginapan ke-2 yang memiliki jarak cukup jauh adalah Manyar Garden Hotel. Penginapan ini berjarak 16 km dari pulau cantik ini, biaya yang dikeluarkan untuk sewa per malamnya sekitar Rp 300.000 untuk satu kamarnya. Rekomendasi ini merupakan penginapan dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Hotel Mahkota Plengkung Banyuwangi

Rekomendasi terakhir untuk penginapan yang ada di sekitar objek wisata di Banyuwangi ini adalah Hotel Mahkota Plengkung Banyuwangi yang berjarak sekitar 17 km dari objek wisata tersebut. Untuk biaya sewanya sendiri mulai dari Rp 300.000 per malamnya. Rekomendasi ini juga dilihat dari harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Fasilitas Pulau Tabuhan
Image Credit: Google Maps (yovie rahmatullah)

Fasilitas di objek wisata ini bisa dikatakan masih minim, mengingat jarak yang cukup jauh dan juga berada di tengah laut. Namun, untuk sekarang fasilitas yang tersedia cukup untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan wisatawan. Di Pulau Tabuhan sudah tersedia warung-warung kecil yang menjual minuman.

Selain itu untuk keperluan lain wisatawan seperti tempat berganti pakaian juga sudah ada. Namun, fasilitas yang paling menarik di tempat ini adalah terdapat penyewaan alat-alat berenang dan kebutuhan snorkeling. Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi tempat ini sangat disarankan membawa perlengkapan pribadi.

Bagaimana, objek wisata ini sangat menarik bukan? Bagi Anda yang bingung untuk mencari tempat tujuan berlibur tempat ini sangat cocok dan direkomendasikan. Banyak hal menarik yang dapat Anda temukan di Pulau Tabuhan. Keindahan yang dimiliki juga mampu membuat Anda terpukau serta merasa nyaman dengan suasana yang ada.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending