Pulau Tegal Mas Lampung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Tegal Mas Lampung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Tegal Mas merupakan kawasan wisata yang hits di Pesawaran, Lampung. Pulau ini dikenal dengan sebutan Maldivesnya Lampung karena keindahan alamnya yang menakjubkan dan penginapan terapung.

Harga Tiket: Rp 50.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pulau Tegal Mas merupakan destinasi wisata populer yang ada di Lampung. Pulau ini juga menjadi salah satu wisata bahari yang unggul di Indonesia. Awalnya, tempat wisata ini hanya dikhususkan untuk keluarga, namun saat ini sudah menjadi wisata umum untuk semua masyarakat.

Pulau yang dikelola mulai Oktober 2017 ini memiliki fasilitas yang sangat memadai. Seperti persewaan alat menyelam, wisata kuliner yang lezat, masjid terapung, dll. Hal ini dikarenakan Pulau Tegal Mas memiliki perkembangan yang pesat dalam pembangunan wisatanya. Sehingga membuat pengunjung nyaman saat berlibur di tempat wisata ini.

Bukan hanya itu saja, beragam aktivitas menarik bisa dilakukan di tempat ini. Diantarannya seperti snorkling, diving, dan lainnya. Alam sekitarnya juga sangat indah, baik yang ada di darat maupun di bawah laut. Sebab itu, sangat disayangkan jika pergi ke Lampung tapi tidak mengunjungi tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Tegal Mas

Daya Tarik Pulau Tegal Mas
Image Credit: Facebook.com @dody.slankers3

1. Letak yang Mudah Dijangkau

Pulau eksotis ini memiliki daya tarik dari segi lokasi yang mudah dijangkau oleh semua kendaraan. Baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Parkirnya pun bisa di Pantai Sari Ranggung yang kemudian harus menyebrang untuk bisa sampai Pulau Tegal Mas.

Namun jangan khawatir Anda hanya butuh waktu 15 menit dengan menggunakan speed boat atau menaiki kapal sekitar 35 menit. Sedangkan jarak Pantai Sari Ranggung dengan ibu kota Lampung yakni Bandar Lampung adalah 25 km dengan waktu 30 menit perjalanan.

2. Adanya Hiu Paus

Kadang kala tempat ini dapat memperlihatkan Hiu Paus atau Hiu Tutul saat hewan tersebut berenang di lautan. Biasanya mereka akan berenang dengan cara bergerombol.

Hiu yang hidup di tempat ini tergolong raksasa, namun hiu ini termasuk hewan jinak yang memakan plankton dan ikan kecil seperti teri. Hidupnya hiu paus di pulau ini, menjadi bukti bahwa ekosistem laut pulau ini masih terjaga dengan baik.

BACA:  Pantai Minang Rua Lampung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Selain itu, tempat ini juga memiliki penangkaran bayi hiu (baby shark) yang menjadi daya tarik para pengunjungnya. Hal ini bertujuan untuk edukasi masyarakat dan konservasi untuk riset. Pengunjung pun dapat melihat bayi hiu tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Tegal Mas
Image Credit: Facebook.com @LampungEksis

3. Masjid (Musholla) Terapung

Tempat ini memiliki masjid yang cukup unik yakni terapung di atas laut. Masjid ini memuat jamaah sebanyak 100 orang. Hal ini pun sangat bermanfaat bagi pengunjung muslim yang ingin berlibur di tempat ini.

Sensasi beribadah di atas laut pun dapat dirasakan. Iman pun bertambah dengan mengagumi kuasa-Nya yang menciptakan Lautan dengan segala keindahan di sekitarnya.

4. Keindahan Bawah Laut

Hal paling menonjol dari pulau ini adalah keindahan bawah lautnya. Banyaknya terumbu karang yang hidup serta ikan-ikan nemo yang berenang didalamnya membuat pengunjung ingin melakukan snorkling ataupun diving. Selain itu airnya yang jernih dan tenang juga membuat pengunjung memilih tempat ini sebagai tempat snorkling.

Selain ikan nemo ada pula spesies lain yang dapat dijumpai saat snorkling. Diantarannya adalah penyu hijau yang jarang bisa ditemukan di tempat wisata lain. Jika ingin melakukan kegiatan ini Anda pun bisa pergi ke pusat informasi dive center dan snorkling center yang tersedia di tempat ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Tegal Mas

Alamat Pulau Tegal Mas
Image Credit: Google Maps (Lidya MR)

Pulau yang menawan ini terletak di Provinsi Lampung, lebih tepatnya di Kabupaten Pesawaran. Pulau ini berseberangan dengan Pantai Sari Ranggung, Anda pun bisa mengeceknya di Google Maps. Tempat ini sangat mudah diakses, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Saat Anda menggunakan kendaraan umum, Anda pun bisa naik angkot. Untuk tempat turunnya adalah di depan gerbang Pantai Sari Ranggung, yang mana jarak menuju Pulau Tegal Mas dari tempat tersebut sekitar 2 km.

Selain kendaraan umum, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda berangkat dari kota Bandar Lampung Anda harus menuju ke Jalan RE Martadhinata kemudian melewati Pantai Duta Wisata. Setelah itu, Anda pun masih harus melewati Pantai Tirtayasa, yang berlanjut ke Villa Gardenia.

Saat sudah sampai di Villa Gardenia, Anda pun bisa melanjutkan ke Pantai Queen Artha, Pantai Mutun, kemudian Pantai Hanura. Nanti akan bertemu Gapura masuk ke arah Pantai Sari Ranggung, yang ada di sebelah kiri jalan. Setelah itu Anda pun harus menyebrang dengan menyewa perahu untuk bisa sampai lokasi dengan waktu 35 menit.

Harga sewa perahu untuk bisa sampai di lokasi Pulau Tegal Mas adalah Rp 250.000 per kapal. Sehingga bisa patungan dengan teman, saudara, ataupun keluarga besar. Biasanya semakin ramai penumpang, maka biaya sewa semakin murah dan bisa melakukan negosiasi dengan pemilik.

BACA:  Pulau Padar Labuan Bajo - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Tegal Mas Lampung

Biaya ke Pulau Tegal Mas
Image Credit: Facebook.com @yudi.a.azhar

Harga tiket masuk wisata Pulau Tegal Mas ini memang relatif mahal, akan tetapi sangat sebanding dengan fasilitas serta pemandangan indah yang bisa dinikmati. Harga tiket masuk tersebut adalah Rp 50.000.

Namun sebelum itu Anda harus membayar tiket masuk dulu ke Pantai Sari Ranggung, yang mana harga tiket masuk sekaligus parkirnya adalah Rp 25.000 untuk motor dan Rp 30.000 untuk mobil. Agar lebih murah Anda pun bisa ikut open trip dengan harga sekitar Rp 150.0000 hingga Rp 170.000.

Perjalanan ke Pualu ini tentu sangat jauh bukan? Maka dari itu lebih baik Anda menginap. Sebab tempat wisata ini juga sudah menyediakan penginapan. Harga penginapan di tempat ini mulai dari Rp 1.750.000-Rp 6.000.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Tegal Mas

Aktivitas di Pulau Tegal Mas
Image Credit: Facebook.com @yuli.ekapriati

1. Snorkling

Seperti yang dikatakan sebelumnya, tempat ini sangat ideal untuk melakukan kegiatan snorkling atau diving. Apalagi penginapan di tempat ini sudah menyediakan kegiatan ini secara gratis, lengkap dengan guide dan alat snorkling. Tempat ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah.

Awalnya tempat ini hanya untuk penelitian saja, karena banyak trumbu karang yang hidup di dalamnya serta ikan nemo yang berenang bebas. Ekosistemnya sangat terjaga dan masih alami. Namun semakin hari pengunjung semakin banyak.

Sebab itu, aktivitas snorkling banyak dilakukan. Cocok sekali untuk diabadikan, tidak perlu khawatir cara mengabadikannya. Sebab paket snorkling yang ada juga menyediakan dokumentasi bawah laut.

2. Menginap

Tempat ini memiliki penginapan yang unik dengan berbagai Tipe. Seperti tipe Rumah Lombok yang dibuat mengapung. Selain itu ada pula tipe Villa yang bisa muat banyak orang, yakni sekitar 10 orang. Adapun tipe cottage yang unik dan bisa melihat pesisir yang nampak di halamannya. Fasilitasnya pun sangat lengkap dan memadai.

Dengan demikian Anda tak perlu khawatir mencari penginapan di tempat lain. Selain itu Anda juga tidak perlu bolak-balik dari penginapan atau hotel ke tempat wisatanya yang biasanya menempuh jarak beberapa kilo. Selain itu, Anda juga bisa menikmati tempat ini selama 24 jam penuh.

Tipe Penginapan di Pulau Tegal Mas

Tipe Penginapan di Pulau Tegal Mas
Image Credit: Lampungeksis.com

1. Penginapan Tipe Rumah Lombok

Pulau ini memiliki tempat penginapan tersendiri dengan berbagai tipe, salah satunya adalah tipe Rumah Lombok. Penginapan ini sangat unik sebab ada yang mengapung dan ada yang dibangun permanen. Untuk harga yang di tarik adalah Rp 4.000.000. Jika menambah orang dan kasur extra maka menambah uang Rp 300.000.

Harga tersebut mencakup 6 orang lengkap dengan kamar mandi, kamar tidur, teras dan ruang tengah. Adapun sofa, Full Ac, TV, lemari, dll. Selain itu, penginapan ini juga menyediakan fasilitas tambahan seperti kapal penyebrangan pulang pergi Pantai Sari Ranggung ke Pulau Tegal Mas, sarapan 1x, snorkling 1x, 2 unit kano dan pelampung.

BACA:  Pulau Mengkudu Lampung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Penginapan Tipe Cottage

Tempat ini juga menyediakan penginapan tipe Cottage yang mana ada tipe pesisir dan sai bathin. Jenis pesisir menarik harga Rp 2.000.000 sedangkan jenis Sei Bathin menarik harga Rp 2.500.000 tambah Rp 300.000 jika tambah orang. Satu Cottage dapat memuat 3 orang sudah lengkap dengan kamar mandi, teras, dan tempat tidur.

Fasilitas di penginapan cottage ini cukup menunjang, seperti AC, Sofa, Lemari, TV kabel, dll. Selain itu ada pula fasilitas tambahan seperti kapal penyebrangan Pantai Sari Ranggung ke Pulau Tegal Mas dengan sistem PP. 1x sarapan dan 1x snorkling, serta tersedia 2 unit kano dan pelampung untuk waktu pemakaian maksimal 1 jam.

3. Penginapan Tipe Villa

Terakhir ada penginapan tipe Villa dengan biaya sekitar Rp 5.000.000 untuk 8 orang dengan 2 kamar mandi dan 2 kamar tidur, ruang makan, teras, ruang tengah. Adapun Rp 6.000.000 untuk 10 orang dengan 3 kamar tidur, ruang tengah, teras, ruang makan dan 4 kamar mandi. Bisa menambah orang dengan 1 kasur ekstra sebesar Rp 300.000.

Untuk fasilitasnya sendiri juga sangat lengkap, seperti AC, TV kabel, lemari, dan sofa. Sama seperti 2 penginapan lainnya ada pula fasilitas tambahan seperti kapal penyebrangan. 1 kali sarapan dan satu kali snorkling lengkap dengan alat dan guide serta dokumentasi bawah laut. Adapun pelampung dan 2 unit kano.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tegal Mas Lampung

Fasilitas di Pulau Tegal Mas
Image Credit: Facebook.com @erixsoekamti.full

Pulau Tegal Mas Lampung memiliki fasilitas yang sangat memadai dan menunjang kebutuhan pengunjung. Diantarannya adalah alat snorkling yang bisa Anda sewa untuk melihat keindahan bawah laut pulau ini.

Selain itu, Anda jua bisa menyewa Banana Boat dan jet sky. Tempat ini pun menyediakan penginapan seperti Cottage dan Villa yang sangat khas. Sementara itu, ada pula tempat untuk membilas badan setelah melakukan kegiatan snorkling, yakni Kamar Bilas.

Untuk Anda yang capek berkeliling Pulau ini, ada Gazebo yang bisa digunakan berteduh dan istirahat. Saat di tempat ini Anda juga tidak perlu khawatir akan ibadah wajib anda, sebab sudah ada musholla di atas laut atau dikenal dengan Musholla Terapung. Selain itu, ada pun tempat makan yang menyajikan aneka menu makanan dan minuman.

Demikianlah informasi yang dapat diulas mengenai Pulau Tegal Mas yang ada di Pesawaran, Lampung. Pulau eksotis ini sangat rekomendasi untuk dikunjungi. Sebab keindahan daratan dan lautan yang sangat memukau. Wisata bahari satu ini cocok jika dikunjungi saat libur panjang. Lebih seru jika berlibur bersama keluarga, kerabat, ataupun teman.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending