Pulau Tinjil, Pandeglang

Pulau Tinjil, Pandeglang

Lokasi: Cikiruhwetan, Kec. Cikeusik, Kab. Pandeglang.
Map: Cek Lokasi

Bagi Anda yang bosan untuk mengunjungi tempat yang itu itu saja, maka Pulau Tinjil Pandeglang pun dapat menjadi salah satu destinasi menarik yang sayang untuk Anda lewatkan. Pasalnya, pulau yang memiliki pemandangan memukau ini akan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Bagi Anda yang penasaran seperti apa cantiknya pulau satu ini, maka Anda pun bisa menyimak ulasan lebih lanjut mengenai Pulau Tinjil.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Tinjil

Daya Tarik Pulau Tinjil
Image Credit: Ksmtour.com

Untuk Anda yang ingin mengunjungi pulau satu ini maka Anda nantinya akan disambut dengan keindahan panorama yang ada di Pulau Tinjil. Ditemani dengan angin yang semilir, pastinya akan membuat Anda lupa waktu ketika sedang berkunjung ke tempat satu ini. Pulau yang berada di Banten ini, menyimpan sejuta daya tarik yang akan diminati oleh para wisatawan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin kesini maka Anda pun bisa menikmati pulau yang super eksotis.

Tak hanya menampilkan keindahan alam yang akan membuat Anda ingin berkunjung, Anda pun juga bisa melihat monyet ekor panjang. Hal ini dikarenakan Pulau Tinjil Pandeglang ini menjadi lokasi untuk mengembang biakkan secara alami dari spesies monyet tersebut. Memiliki nama latin yakni Macaca fascicularis, tempat satu ini pun telah menjadi lokasi tersebut sejak tahun 1988.

Daya Tarik Pulau Tinjil Pandeglang
Image Credit: Instagram.com @ganjargardia

Pengelolaan dari monyet yang memiliki ekor panjang tersebut telah dilakukan oleh Pusat Studi Satwa Primata atau PSSP dari Institut Pertanian Bogor. Dimana lokasi satu ini pun juga diperuntukkan bagi sarana pendidikan, penangkaran, pelatihan dan pendidikan bagi mahasiswa maupun staf yang berasal dari dalam dan luar IPB. Terutama bagi Anda yang memiliki ketertarikan akan bidang primatologi.

Untuk monyet yang berada di Pulau Tinjil Pandeglang ini, nantinya akan dijadikan sebagai hewan untuk percobaan dan penelitian. Dengan memiliki kualitas genetis yang tinggi dan baik untuk penelitian, dari dalam maupun luar negeri. Tak hanya monyet ekor panjang saja yang ada di tempat ini, melainkan ada juga primata lain yang juga dikembangkan di pulau satu ini, diantaranya adalah beruk atau yang memiliki nama latin Macaca Nemestrina.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Tinjil

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Tinjil
Image Credit: Faculty.washington.edu

Terletak di Samudra Hindia, Pulau Tinjil merupakan salah satu pulau kecil yang perlu untuk Anda kunjungi. Berada di dalam wilayah, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten maka pulau satu ini pun menjadi salah satu pulau terluar yang ada di Indonesia. Pulau yang memiliki luas yakni sekitar 600 hektar ini dapat Anda capai dengan cukup mudah. Bagi Anda yang ingin untuk mencapai lokasi pulau ini, maka Anda pun bisa menempuhnya dengan menggunakan kapal nelayan.

Anda nantinya bisa menyewanya melalui penduduk yang berada di Binuangeun dengan menempuh perjalanan yakni sekitar 16 kilometer atau kurang lebih dapat Anda tempuh dalam waktu dua jam. Namun, sebelum Anda menaiki kapal atau perahu nelayan, maka Anda pun harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 10 jam melalui Kadipaten untuk bisa sampai ke Binuangen.

Selain itu, Anda pun juga bisa menuju pulau satu ini dengan mengarah menuju Desa Cikruhwetan, Cikeusik. Dengan menggunakan kendaraan umum maka Anda pun bisa mencari angkutan yang menuju ke Terminal Bus Kota Kecamatan Cikeusik. Setelah itu, Anda pun bisa menggunakan ojek untuk menuju Desa Cikruhwetan.

Biaya Wisata ke Pulau Tinjil, Pandeglang

Biaya Wisata ke Pulau Tinjil, Pandeglang
Image Credit: Unikmisteri.blogspot.com

Untuk Anda yang ingin mengunjungi pulau satu ini ketika berlibur, maka Anda pun juga perlu untuk mengetahui berapa harga tiket masuk yang perlu untuk Anda keluarkan. Sehingga Anda pun bisa menyiapkan kocek yang pas ketika ingin berkunjung ke Pulau Tinjil. Pada umumnya, harga tiket untuk masuk ke tempat ini akan berbeda antara hari libur dengan hari masuk biasa.

Namun, baik untuk hari biasa ataupun akhir pekan maka bagi Anda yang ingin mengunjungi pulau yang berada di Banten ini, Anda pun bisa menyiapkan kocek yakni sekitar 100 ribu rupiah. Selain itu, Anda pun juga bisa menyiapkan dana yang cukup untuk berlibur di tempat satu ini. Mulai dari kebutuhan untuk penginapan, transportasi hingga membeli makanan selama Anda berwisata di Pulau Tinjil Pandeglang.

Kegiatan Menarik di Pulau Tinjil

Kegiatan Menarik di Pulau Tinjil
Image Credit: Primata.ipb.ac.id

Untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan di pulau satu ini, maka Anda pun bisa melakukan beragam aktifitas menarik di tempat satu ini. Untuk Anda yang ingin menyendiri sembari menikmati angin yang semilir, maka Pulau Tinjil akan menjadi salah satu lokasi yang tepat. Selain itu, Anda pun juga bisa untuk bermain air ketika sedang berada disini. Pastinya hal tersebut akan menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan.

Untuk itu, ketika Anda memiliki hobi memancing, maka Pulau Tinjil dapat Anda jadikan tempat wisata yang cocok untuk memancing. Sepanjang pantai yang merupakan pasir putih dengan beberapa vegetasi tumbuhan akan membuat Anda betah untuk duduk duduk di pinggiran pantai. Di tempat ini pun, nantinya Anda akan banyak menemukan koral dengan warna warna yang cantik.

Memiliki warna air yang jernih, tentu saja akan membuat Anda semakin betah untuk berjalan jalan dan berwisata di Pulau Tinjil. Di tempat ini juga terdapat penangkaran monyet yang bisa menjadi sarana edukasi bagi si kecil. Karena terdapat penangkaran untuk beberapa spesies monyet, maka ketika Anda mengunjungi tempat satu ini pengunjung pun harus menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya tidak menularkan berbagai macam penyakit pada populasi monyet yang ada di tempat tersebut. Sehingga monyet tersebut nantinya tidak akan terkena virus maupun patogen yang berasal dari pengunjung. Setelah itu, barulah Anda bisa menikmati berbagai macam aktifitas seru ketika berada di pulau yang mempunyai pemandangan yang menakjubkan ini.

Penginapan di Pulau Tinjil

Penginapan di Pulau Tinjil
Image Credit: Riswandi555.blogspot.com

Ketika Anda ingin menghabiskan waktu yang lebih lama untuk mengunjungi Pulau Tinjil maka Anda pun bisa menginap di penginapan yang letaknya berdekatan dengan pulau ini. Untuk itu, Anda pun bisa mencoba untuk menginap di Berkah Resort yang memiliki tempat bagus untuk memancing. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki hobi memancing, maka Anda pun disarankan untuk menginap di tempat satu ini.

Selain itu, tempat penginapan ini memiliki bentuk yang cukup eksotis. Dengan rumah berupa kayu dan juga tempat tidur yang nyaman, maka resort ini pun akan menjadi tempat yang cocok untuk menginap dan melepas lelah setelah seharian berjalan jalan dan bermain di Pulau Tinjil Pandeglang. Penginapan satu ini menghadap langsung ke pulau sehingga Anda pun bisa memiliki pemndangan yang menarik ketika pagi hari.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tinjil

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tinjil
Image Credit: Unikmisteri.blogspot.co.id

Memiliki tempat yang eksotis dan memukau, tentu saja akan menjadi sangat pas apabila dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang yang akan membuat Anda semakin nyaman. Di Pulau Tinjil sendiri juga telah tersedia sejumlah fasilitas pendukung yang akan bisa untuk melayani pengunjung yang datang. Mulai dari area parkir untuk kendaraan yang cukup luas sehingga akan memudahkan Anda untuk memarkir kendaraan pribadi Anda.

Selain itu, juga terdapat mushola sehingga Anda pun akan semakin nyaman untuk beribadah ketika sedang berada di pulau satu ini. kamar mandi atau MCK pun juga telah tersedia lengkap di tempat satu ini. Sehingga ketika Anda selesai bermain air dan juga basah basahan maka Anda pun nantinya juga bisa langsung mandi atau berganti pakaian. Untuk itu, ketika pulang atau sampai di tempat penginapan nda telah dalam keadaan yang bersih.

Untuk Anda yang kelaparan, maka tak perlu khawatir. Pasalnya, terdapat rumah makan yang tersedia di Pulau Tinjil ini. Sehingga hal tersebut akan membantu untuk mengatasi perut Anda yang keroncongan. Tempat istirahat dan penginapan sekitar pun juga telah tersedia di tempat satu ini. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menginap maka Anda pun bisa mencari penginapan terdekat yang sesuai dengan pilihan dan selera Anda.

Itulah beberap hal yang perlu Anda tahu mengenai Pulau Tinjil. Pulau dengan sejuta keindahan tersebut dapat menjadi tempat yang wajib untuk Anda kunjungi ketika sedang berada di Pandeglang. Sehingga, ketika Anda berada di kota ini, maka Anda pun akan memiliki kenangan yang manis akan pulau dengan pemandangan eksotis yang akan sulit untuk Anda lupakan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending