Pulau Waigeo Raja Ampat, Destinasi Wisata Bahari Eksotis yang Kaya Pesona

Pulau Waigeo Raja Ampat, Destinasi Wisata Bahari Eksotis yang Kaya Pesona
Biaya Wisata: Mulai Rp 500.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat:Kepulauan Raja Ampat, Kab. Raja Ampat, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Waigeo di Raja Ampat dikenal juga dengan sebutan Amberi atau Waigiu. Pulau ini ada di Papua Barat dan merupakan salah satu dari empat pulau terbesar yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Menjadi salah satu destinasi liburan ke Raja Ampat, pulau eksotis ini merupakan satu-satunya pulau dengan jalan yang sudah teraspal baik dan dapat dilewati kendaraan roda empat.

Menjadi pulau yang paling mudah untuk dijangkau kendaraan maupun transportasi umum, akomodasi dan transportasi di pulau ini juga yang paling mudah di antara pulau-pulau lain di Raja Ampat. Akomodasi ini akan mempermudah wisatawan menuju berbagai objek wisata yang banyak tersebar, namun tetap tidak akan mengurangi petualangan Anda menyusuri pulau ini.

Karena meski infrastruktur sudah baik, keadaan alam di Pulau Waigeo juga terjaga dengan sangat baik. Pulau Waigo telah menjadi rumah dari berbagai spesies flora maupun fauna langka yang hidup liar di perairan maupun hutan belantara. Sebagian besar dari wilayah pulau ini memang belum terjamah dan tidak ada akses menuju ke sana sehingga lingkungan dan alamnya masih terjaga dengan baik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Waigeo

Daya Tarik Pulau Waigeo
Image Credit: Google Maps Save Our Seas

Pulau ini merupakan surga bagi pecinta petualangan. Ada banyak sekali destinasi wisata alam yang dapat dikunjungi dengan keasrian yang masih terjaga dengan sangat baik. Untuk mencapainya juga bukan perkara yang mudah. Meski demikian, justru itulah yang menjadi daya tarik karena semua lelah akan terbayar dengan surga yang tersembunyi.

1. Pulau Karang

Pulau Waigeo memiliki keindahan pulau karang yang menjulang tinggi dengan berbagai ukuran dan membentuk gugusan-gugusan yang cantik. Berupa batu karang dengan pepohonan hijau di atasnya, pulau karang ini tersebar di berbagai wilayah pulau ini. Berdiri dari atas laut yang biru menambah keindahan pemandangan yang menarik wisatawan.

Beberapa pulau karang juga memiliki pantai dengan pasir putih yang cantik. Air laut di sekitar pantai sangat jernih dan tampak seperti kristal. Ditambah dengan batuan karang, membuatnya menjadi paduan alam yang menakjubkan. Wisatawan tidak akan menyesal datang ke pulau dengan sajian pemandangan karang ini.

2. Keindahan Bawah Laut

Wisata Kepulauan Raja Ampat memiliki keunggulan keindahan bawah lautnya, termasuk juga menjadi daya tarik tersendiri untuk Pulau Waigeo. Dengan perairan yang sangat jernih, di dalamnya hidup berbagai jenis spesies karang, aneka ikan, dan biota laut yang sangat kaya. Bahkan ada 8 spesies paus dan 7 jenis lumba-lumba hidup di perairan ini.

Pulau besar di Kepulauan Raja Ampat ini juga menjadi tempat hidup dugong, penyu, hiu, dan berbagai hewan endemik yang hanya hidup di Papua. Oleh karena itu, pulau ini menjadi salah satu spot menyelam populer, tidak hanya bagi wisatawan dalam negeri namun juga dari mancanegara. Spot menyelam ini sangat tenang dan kedalam air bisa mencapai 25 meter.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Waigeo
Image Credit: Twitter Yan

3. Teluk Mayalibit

Salah satu destinasi wisata yang menjadi daya tarik Pulau Waigeo adalah Teluk Mayalibit. Di teluk ini adan beberapa tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi oleh wisatawan seperti Kampung Lopintol, Air Jatuh, dan Kalibiru. Berkunjung ke Kampung Lopintol, wisatawan dapat melihat kearifan lokal yang sangat khas dari warga lokal.

Sementara Air Jatuh merupakan tempat dimana wisatawan dalat menemukan air terjun dengan ketinggian yang hanya 50 hingga 100 sentimeter saja. Air ini merupakan air tawar yang asalnya dari pengunungan lalu jatuh ke laut sehingga air di wilayah itu menjadi air payau. Kawasan ini memiliki ombak yang sangat tenang sehingga wisatawan dapat menikmati alam sambil berenang.

Sedangkan Kali Biru ada di Teluk Mayalibit. Merupakan sebuah kolam yang memiliki air yang berwarna biru benang dan sangat dingin. Menuju tempat ini memang cukup melelahkan karena harus melakukan trekking selama 15 menit dan harus melewati anak sungai. Meski demikian, perjalanan menuju kawasan ini merupakan pengalaman yang berkesan.

4. Hutan Pengamatan

Sebagian wilayah pulau merupakan hutan belantara. Di dalamnya hidup berbagai flora dan fauna yang sebagian di antaranya merupakan endemik dari Papua. Hutan ini biasa disebut Hutan Pengamatan. Salah satu satwa yang langka adalah burung Maleo Waigeo yang hidup liar dan cukup sulit untuk dijumpai.

Burung ini cukup besar dengan panjang tubuh mencapai 43 sentimeter. Burung ini memiliki dominasi warna coklat pudar dan kombinasi warna abu-abu di punggungnya. Bagian kepala dan lehernya sendiri hampir tidak memiliki bulu. Karena hidup liar, maka hanya wisatawan yang beruntung saja yang dapat melihat langsung burung unik satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Pulau Waigeo
Image Credit: Google Maps Kawi Boedisetio

Pulau Waigeo merupakan salah satu pulau dari Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Untuk ke Raja Ampat, Anda dapat melalui Jakarta atau Bali dan transit di Makassar untuk menuju Sorong. Dari Bandara Sorong, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Sorong dengan menyewa kendaraan.

Dari Pelabuhan Sorong, Anda dapat menyewa perahu yang banyak tersedia untuk langsung ke Waisai yang ada di kawasan pulau. Perjalanan air ini akan Anda tempuh akan menghabiskan waktu selama kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan. Sesampainya, Anda dapat menyewa kendaraan untuk menuju tempat tujuan Anda, baik langsung ke tempat wisata atau tempat Anda menginap.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Waigeo

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Waigeo
Image Credit: Google Maps Boru Dwi Sumarna

Biaya ke Pulau Waigeo akan banyak dihabiskan untuk transportasi. Memasuki Raja Ampat, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 500.000. Selanjutnya Anda harus menyewa kendaraan. Sewa mobil biasanya seharga Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan biaya penginapan yang harganya bervariasi tergantung dengan fasilitas yang ditawarkan. Anda dapat memilih tempat menginap sesuai selera dan anggaran Anda.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Waigeo

Aktivitas di Pulau Waigeo
Image Credit: Instagram Reza Yanuar Satria

Berkunjung ke pulau eksotis ini, terdapat banyak sekali kegiatan-kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan. Berbagai kegiatan ini tentu akan membuat pengalaman liburan Anda menjadi sangat menyenangkan dan berkesan. Dengan berbagai destinasi wisata yang dapat dikunjungi, berikut adalah kegiatan yang dapat dilakukan.

1. Snorkeling atau Diving

Dengan perairan yang sangat tenang dan jernih, Pulau Waigeo menjadi spot populer untuk melakukan kegiatan snorkeling atau diving. Apalagi di kawasan ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis terumbu karang, biota laut, juga ribuan jenis ikan yang akan berenang bersama Anda. Selain itu, di perairan ini juga hidup hewan besar seperti paus, hiu, lumba-lumba dan lainnya yang Anda temukan.

2. Melihat Kearifan Lokal

Jika Anda mengunjungi Kampung Lopintol, Anda akan menemukan kearifan lokal dari warga sekitar. Salah satu kegiatan menarik adalah menangkap ikan dengan cara tradisional. Biasanya ketika panen tiba, warga akan berkumpul untuk membuat kurungan ikan yang terbuat dari batu. Malam harinya mereka akan menangkap ikan lema dalam kurungan dengan menyendok menggunakan berbagai alat.

3. Mengamati Satwa Endemik Papua

Jika Anda merupakan pecinta alam yang senang melihat atau mengamati hewan-hewan langka, maka Anda dapat datang ke hutan pengamatan. Di dalam hutan ini, Anda dapat melihat satwa-satwa langka yang sebagian merupakan endemik yang hidup bebas di alam liar. Hutan ini hanya sebagai tempat untuk mengamati hewan langka, tidak dibenarkan untuk melakukan perburuan.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Murah Terdekat
Image Credit: Google Maps Talaip Homestay

1. Pandawa Resort

Merupakan penginapan yang favorit dengan lokasi yang strategis dan memiliki akses ke wisata wajib. Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, termasuk AC, resepsionis 24 jam, dan fasilitas hiburan seperti memancing atau kegiatan menyelam. Dengan menawarkan pemandangan pantai, penginapan ini juga dijaga oleh security selama 24 jam.

2. Talaip Homestay

Penginapan ini sangat nyaman dengan bangunan menggunakan dinding kayu. Berada di Waigeo Barat, hoemstay ini dekat dengan berbagai destinasi wisata yang ingin Anda datangi. Dengan kamar yang bersih, penginapan ini juga ramah anak.

3. Kamaraja Hometsay

Berada du Waigeo Barat. Penginapan ini sangat nyaman dengan dinding yang terbuat dari kayu. Pemandangan di sekitar juga asri. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas di Pulau Waigeo
Image Credit: Google Maps Ria Aria Lai

Pulau Waigeo memiliki fasilitas berupa mudahnya akomodasi dan transportasi. Dengan jalan yang sudah beraspal sehingga mudah untuk melakukan perjalanan menuju berbagai tempat yang dapat di akses di kawasan ini. Sudah tersedia berbagai penyewaan mobil atau motor, selain itu ada juga kendaraan umum yang dapat digunakan.

Anda juga dapat menemukan banyak penginapan di kawasan pulau ini. Anda dapat memilih homestay atau hotel sesuai dengan budget yang Anda miliki. Sedangkan fasilitas yang akan Anda dapatkan, tergantung dari harga sewa per malamnya.

Fasilitas lainnya berupa alat sewa untuk kegiatan seperti diving atau snorkeling. Beberapa hotel biasanya akan menawarkan tur atau akomodasi untuk kegiatan ini. Anda juga dapat mencari pemandu untuk menunjukkan spot terbaik menyelam.

Pulau Waigeo menjadi salah satu pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat yang memiliki akses jalan yang cukup baik. Alam yang masih terjaga membuat pulau ini sangat cocok bagi para pecinta petualangan. Banyak sekali tempat-tempat dengan keindahan menakjubkan yang dapat dikunjungi. Juga sebagai tempat melihat langsung flora dan fauna langka dan endemik Papua.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending