Pulau Wayag Raja Ampat, Surga Para Pecinta Snorkeling dan Diving

Pulau Wayag Raja Ampat, Surga Para Pecinta Snorkeling dan Diving
Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Selpele, Waigeo Barat, Kab. Raja Ampat, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Wayag merupakan ikon dari Raja Ampat yang sangat terkenal dengan keindahan pantai-pantai dan perbukitan karst yang memanjakan wisatawan baik dari dalam maupun mancanegara. Kekayaan bawah laut dengan flora dan fauna yang menakjubkan membuat pulau ini selalu menarik minat para pecinta alam dan petualang.

Pulau cantik ini sendiri berada di utara Waisai. Perairannya sangat unik karena airnya memiliki beberapa warna, tergantung dengan kedalamannya. Di pesisir, air akan berwarna tosca dan biru muda, sedangkan semakin dalam akan berwarna biru tua. Pulau ini juga memiliki pulau-pulau kecil berupa batuan karang dengan puncak ditumbuhi pepohonan yang membentuk gugusan indah.

Berpetualang di Pulau Wayag, maka Anda harus bersiap kembali ke alam. Tidak ada penginapan, sehingga Anda harus berkemah. Tidak ada pula jalur internet sehingga Anda harus sejenak beristirahat dari sosial media. Anda dapat menikmati alam bebas dan berpetualang, menikmati perbukitan serta menyelami perairan yang indah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Wayag

Daya Tarik Pulau Wayag
Image Credit: Google Maps Tri W gmail

Keunikan dari keindahan alam pulau ini memang sangat menakjubkan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

1. Keindahan Perairan

Pulau Wayag memiliki perairan yang sangat indah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang. Air lautnya tenang berwarna kebiruan. Jika berada di perairan dangkal, maka kejernihan airnya membuat wisatawan dapat melihat terumbu karang yang berada di dasar air dan ikan-ikan yang hidup di sekitarnya dari atas kapal.

Tidak hanya itu, kehidupan bawah laut di perairan pulau juga sangat menakjubkan. Berbagai jenis terumbu karang, juga hewan-hewan laut yang hidup di dalamnya akan dapat wisatawan temukan di sekitar perairan. Dengan keindahan alam bawah lautnya, tidak heran jika perairan di sekitar pulau ini menjadi tempat yang sangat populer untuk menyelam.

2. Keindahan Pantai

Tidak hanya alam bawah lautnya, keindahan pantai di kawasan pulau juga luar biasa. Pulau dengan air yang biru jernih ini berpadu dengan pasir putih sehingga tampak sangat indah. Dari pantai ini, pengunjung dapat menikmati kesegaran air. Kejernihannya juga memungkinkan pengunjung untuk melihat terumbu karang dan juga ikan-ikan kecil di dasarnya.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Wayag
Image Credit: Google Maps NKN Multimedia

3. Pulau Karst

Pulau-pulau karst yang berjajar menjadi khas dari Pulau Wayag dan menjadi daya tarik yang membuat pulau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini berbentuk seperti bukit dengan pepohonan di puncaknya, sehingga tampak hijau di antara biru laut di sekitarnya. Adanya pulau karst ini menambah keindahan yang tersaji di lokasi wisata.

Untuk menikmati keindahan pulau ini, wisatawan harus mendaki ke atas bukit. Memang cukup melelahkan dan memerlukan persiapan fisik untuk mendaki jalur ini. Selain itu, wisatawan harus sangat berhati-hati dan mengikuti jalur agar tidak jatuh ke jurang ke laut lepas, namun setelah sampai di puncak, maka semua perjuangan akan terbayar.

4. Ikan Hiu Karang

Salah satu daya tarik yang bisa memberi pengalaman yang sulit dilupakan adalah dengan adanya hiu-hiu karang yang biasa berenang dengan bebas di bibir pantai. Hiu-hiu ini cukup ramah dan tidak berbahaya sehingga wisatawan dapat memberi makanan untuk mereka. Tentu saja makanan yang diberikan telah diperiksa oleh petugas konservasi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Wayag
Image Credit: Google Maps Adrian’s Life

Pulau Wayag merupakan salah satu dari kepulauan yang ada di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini masuk ke dalam Desa Weigo Barat, berada di utara Waisai. Pulau ini sendiri juga masih memiliki gugusan dari pulau-pulau yang lebih kecil. Menjadi ikon dari Kepulauan Raja Ampat sendiri, pulau ini banyak dikunjungi wisatawan dibandingkan dengan pulau-pulau yang lainnya.

Untuk mengakses kawasan pulau, Anda dapat memulai perjalanan dari Kota Sorong dan menumpang speedboad untuk menuju Waisai. Perjalanan air ini akan Anda tempuh kurang lebih selama 2 jam. Selanjutnya dari Waisai, Anda dapat langsung menuju Kepulauan Wayag yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 hingga 5 jam perjalanan.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Wayag
Image Credit: Instagram BAJO || RAJA AMPAT || SUMBA

Biaya untuk menuju Pulau Wayag sebenarnya tergantung dari mana awal perjalanan Anda. Jika Dari Sorong, Anda dapat menggunakan speedboad dengan biaya Rp 100.000 hingga Rp 250.000 menuju Waisai. Memasuki Raja Ampat, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 500.000 yang bisa digunakan selama setahun. Sedang wisatawan asing harus membayar Rp 1.000.000.

Untuk berkeliling pulau, Anda harus menyewa speedboad. Biaya sewa sendiri tergantung dengan jarak yang ditempuh. Rata-rata Rp 7.500.000 untuk jarak jauh sendiri sekitar Rp10 juta hingga Rp12 juta, dengan kapasitas 10 hingga 12 orang, sehingga akan jauh lebih murah jika menyewa speedboard bersama rombongan.

Sedangkan untuk penginapan juga tergantung dengan budget. Jika ingin menghemat, Anda dapat membangun tenda. Jika tidak, Anda dapat menginap di homestay dengan kisaran Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per malam. Sedang untuk resort dengan fasilitas lengkap, sewa kamar per malam bisa mencapai Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 per malam.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Wayag

Aktivitas di Pulau Wayag
Image Credit: Google Maps Bibi_ Bhswt 

Ada banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan saat berada di pulau ini. Kegiatan ini akan membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dan Anda juga tidak akan menyesal untuk menghabiskan waktu di ikon Kepulauan Raja Ampat ini. Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan seperti berikut.

1. Berenang

Perairan dangkal yang jernih memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan berenang. Apalagi pantai-pantai di sekitar Pulau Wayag memiliki ombak yang tenang. Karena itu, berenang menikmati kesegaran air laut menjadi kegiatan yang menyenangkan dan cukup aman dari bahaya terseret ombak.

2. Snorkeling dan Diving

Perairan di kawasan ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah sehingga kegiatan snorkeling ataupun diving merupakan kegiatan favorit yang banyak dilakukan oleh wisatawan yang datang ke pulau. Ada banyak resort yang menyediakan penyewaan peralatan kegiatan ini, serta akomodasi dan juga pemandu.

Aktivitas Seru di Pulau Wayag
Image Credit: Instagram BAJO || RAJA AMPAT || SUMBA

3. Naik Perahu

Anda dapat mencoba kegiatan satu ini. Menaiki perahu dan mendayung di perairan dangkal akan membuat pengalaman liburan Anda menjadi lebih menyenangkan. Dari atas perahu ini, Anda dapat melihat keindahan terumbu karang dan juga ikan-ikan kecil berenang di dasar. Kejernihan air membantu Anda menikmati ekosistem di perairan dangkal ini.

4. Hiking

Anda juga dapat melakukan kegiatan satu ini. Dengan menaiki puncak Pulau Wayag, Anda akan mendapatkan spot terbaik untuk menikmati keindahan alam yang terbentang di bawahnya. Meskipun perjalanan hiking akan cukup melelahkan, namun semua itu akan terbayar dengan sajian alam yang sepadan dengan tenaga yang harus dikeluarkan.

3 Penginapan Terdekat

Penginapan Terdekat Pulau Wayag
Image Credit: Google Maps Hermann Gruber

1. Sorido Bay Resort

Penginapan ini berada di Yenbuba, Kabupaten Raja Ampat. Merupakan penginapan terbaik jika ingin bermalam di Kepulauan Raja Ampat. Tempatnya yang nyaman juga didukung dengan keindahan pemandangan di sekitarnya. Warga lokal sekitar penginapan juga sangat ramah. Penginapan ini juga menawarkan akomodasi untuk menyelam, termasuk juga seorang pemandu.

2. Prajas Homestay

Penginapan ini berada di Pulau Waigo, lokasinya tidak terlalu jauh dari Pulau Wayag. Kurang lebih hanya 3 kilometer saja. Penginapan ini menawarkan tempat bermalam yang nyaman, namun juga kesan tradisional yang sangat terasa. Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah serta menu makanan laut yang lezat.

3. Misool Eco Resort

Penginapan ini banyak direkomendasikan jika mengunjungi Raja Ampat. Tempatnya juga tidak terlalu jauh dari lokasi pulau. Memberikan pelayanan yang mewah, resort ini juga menawarkan fasilitas berupa akomodasi untuk diving maupun snorkeling. Anda juga akan mendapatkan pemandu sehingga lebih mudah menemukan lokasi terbaik untuk menyelam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas di Pulau Wayag
Image Credit: Google Maps Motopacker Indonesia

Pulau Wayag merupakan destinasi wisata bagi pengunjung yang ingin berpetualang di alam, karenanya Anda tidak akan banyak menemukan fasilitas-fasilitas yang memadai. Meski demikian, Anda dapat menemukan transportasi berupa perahu untuk mengelilingi kawasan ini. Fasilitas ini merupakan kebutuhan untuk Anda menikmati kawasan ini.

Tidak ada penginapan yang tersedia di kawasan pulau. Jika Anda ingin bermalam, Anda dapat membangun tenda. Dengan berkemah, Anda tidak hanya menghemat biaya namun juga dapat lebih menikmati suasana alam. Namun jika tidak ingin berkemah, maka Anda harus mencari penginapan di kawasan pulau lain.

Penginapan atau resort di kawasan Raja Ampat biasanya akan menawarkan berbagai tur kepada Anda. Jika Anda ingin kegiatan diving atau snorkeling, resort tempat Anda menginap akan menawarkan perlengkapan menyelam untuk Anda. Selain itu, Anda juga akan dipandu menuju spot-spot terbaik untuk melihat keindahan alam bawah laut di perairan pulau ini.

Pulau Wayag yang menjadi ikon dari Kepulauan Raja Ampat memang merupakan destinasi yang harus dikunjungi. Dengan keindahan alamnya, Anda dapat merasakan berpetualangan menyusuri alam, menaiki bukit dan menyelami laut, serta beristirahat sejenak dari sosial media dengan tidak adanya internet di kawasan ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending