Teluk Kiluan Lampung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan & Lokasi

Teluk Kiluan Lampung

Daya Tarik, Aktivitas Liburan & Lokasi – Teluk Kiluan salah satu teluk yang memukau di Tenggamus, Provinsi Lampung yang kaya pesona. Wisata bahari yang menawarkan pantai dan laguna yang menawan menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung; Map: Cek Lokasi

Lampung lagi-lagi menyuguhkan pesona alam luar biasa di beberapa titik daerahnya. Destinasi wisata Teluk Kiluan adalah salah satunya. Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan panorama alam yang tidak biasa. Pasalnya di tempat ini pula anda akan menyaksikan lumba-lumba yang berenang kesana kemari seolah menyapa pengunjung yang datang.

Bahkan tempat ini juga terkenal akan keindahan wisata bawah lautnya. Dengan air laut yang begitu jernih ditambah garis pantai yang menakjubkan akan menambah memukau suasana. Bahkan dengan beragamnya jenis ikan yang menghuni, teluk ini menjadi tempat yang tepat untuk penyuka biota laut.

Kini, Teluk Kiluan lampung menjadi tempat wisata pilihan yang tidak boleh ketinggalan ketika liburan tiba. Daya tarik serta keunikannya seolah membius siapa saja untuk segera datang kesini. Selain itu ada aktivitas seru yang menanti Anda di teluk eksotis Lampung ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Teluk Kiluan

Daya Tarik Teluk Kiluan
Image Credit: Twitter.com @karyyystal

1. Pantai dan Laut yang Menakjubkan

Menjadi salah satu destinasi wisata primadona di lampung, Teluk Kiluan menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Hal ini dibuktikan dengan jernihnya air laut serta lautnya yang berwarna biru. Belum lagi ditambah dengan hijaunya pepohonan yang mengelilingi kawasan teluk. Pastinya Anda akan terpukau hanya dengan sekali lihat.

Teluk yang satu ini memiliki garis pantai indah yang dihuni oleh pasir putih memukau. Apalagi dengan airnya yang memang cenderung dangkal sehingga aman digunakan untuk bermain air. Rasakan airnya yang segar menyentuh kaki anda. Pengunjung juga bisa melihat kokohnya batu karang yang ada di sisi pantai.

BACA:  Pantai Tambakrejo Blitar - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Terdapat Primata Asli dari Teluk Kiluan

Bagi para pecinta primata, di tempat ini juga dihuni oleh puluhan primata asli. Jika beruntung anda akan mendapati beberapa ekor primata dengan bulu berwarna hitam yang meloncat dari satu pohon ke pohon lainnya. Mereka juga mengeluarkan suara yang cukup nyaring sehingga menyajikan harmoni tersendiri di pesisir pantai.

Hewan-hewan tersebut biasanya muncul secara tidak terduga, jadi anda jangan kaget bila berjumpa dengan primata yang menghuni pulau. Beberapa dari primata asli teluk adalah kukang, siamang, simpai, dan masih banyak lagi. Sedangkan di bagian lautnya anda bisa melihat penyu hijau yang berenang di laut. Tentunya ini akan menjadi pengalaman liburan tidak terlupakan.

3. Sekawanan Lumba-Lumba

Teluk Kiluan memang menyuguhkan pesona alam yang tidak biasa. Sebab disinilah anda bisa melihat sekawanan lumba-lumba yang sedang berenang dan meloncat keluar dari air. Bahkan lumba-lumba yang ada di tempat ini juga seringkali menyapa pengunjung yang datang. Saksikan ratusan lumba-lumba bergerombol mengunjungi perahu-perahu nelayan yang terparkir rapi.

Anda tidak perlu takut saat dihampiri oleh hewan laut ini. Pasalnya mereka begitu ramah dan sangat jinak. Banyaknya lumba-lumba yang ada di sini tidak lain karena teluk ini sendiri menjadi jalur migrasi. Sehingga di beberapa waktu tertentu Anda akan melihat lumba-lumba berenang seolah berkejaran. Diantaranya adalah lumba-lumba jenis hidung botol dan lumba-luma patuh panjang. Jika beruntung Anda juga akan menemui lumba-lumba abu-abu.

Daya Tarik dari Teluk Kiluan
Image Credit: Facebook.com @wayaklampung

4. Laguna Gayau yang Memukau

Daya tarik selanjutnya yang bisa Anda saksikan di Teluk Kiluan adalah adanya Laguna gayau. Laguna sendiri merupakan daerah cekung dikelilingi batu karang yang terbentuk alami. Laguna juga biasa disebut dengan kolam alami, karena airnya sendiri berasal dari air laut pasang.

Dengan warna airnya yang biru kehijauan, laguna gayau menjadi spot yang banyak diminati oleh pengunjung. Meski begitu untuk bisa sampai di laguna tersebut Anda harus menyusuri garis pantai. Menjadi tempat dengan air laut yang alami, laguna ini memiliki kedalaman sekitar 1 sampai dengan 3 meter. Jadi pastikan Anda memang bisa berenang untuk bisa mandi di sini.

5. Panorama Matahari Terbenam

Dengan lokasi pantai yang menghadap ke arah barat, di kawasan pantai teluk ini Anda dapat menyaksikan sunset yang indah. Anda pasti akan terpukau dengan pemandangan senja di tempat ini.

Hanya dengan duduk santai di pantai nikmati detik demi detik tenggelamnya matahari di ufuk barat. Suasana yang pastinya akan sangat mengesankan untuk liburan Anda. Apalagi jika Anda menyaksikannya dengan orang tersayang.

BACA:  Pantai Wediombo Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Teluk Kiluan

Alamat Teluk Kiluan
Image Credit: Facebook.com @mediatraveler

Untuk Anda yang ingin melihat sekawanan lumba-lumba berenang saat senja harus berkunjung ke wisata bahari ini. Teluk eksotis ini berada di desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Tenggamus, Lampung. Agar bisa sampai di tempat yang tepat, ada beberapa rute yang harus ditempuh. Jika Anda menempuhnya dari kawasan Kota Bandar Lampung perlu waktu sekitar 2,5 jam. Cukup lama memang, hal ini juga dikarenakan jarak tempuhnya sekitar 80 meter.

Dari kawasan Bandar Lampung Anda bisa mengemudi menuju Morotai. Selanjutnya lakukan kendaraan pribadi ke daerah jalan Raya Way Ratay. Dari jalan raya tersebut terus ikuti medan yang ada hingga sampai ke Jalan Dirt Road. Dari situ barulah Anda akan sampai ke Desa Kiluan Negeri.

Selain melewati Morotai, pengunjung juga dapat mengambil rute menuju Padang Cermin. Dari sini lajukan kendaraan Anda hingga sampai ke Punduh Pidada. Di bagian jalan tersebut pengunjung akan menemukan papan nama bertuliskan Teluk Kiluan. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk arah tersebut agar segera sampai di lokasi.

Seperti tempat wisata primadona pada umumnya, tempat ini juga mematok harga tiket yang setimpal dengan keindahan alamnya. Mesk begitu biaya yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu menguras kantong Anda. Hanya dengan membayar sebesar Rp 5000 saja Anda sudah bisa akses segala keindahan yang tersaji.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Teluk Kiluan

Aktivitas di Teluk Kiluan
Image Credit: Twitter.com @radiopls_mks

1. Berenang

Aktivitas pertama yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Teluk Kiluan adalah berenang. Seperti yang sudah dibahas bahwa teluk yang satu ini memiliki air yang tidak terlalu dalam. Sehingga Anda bisa sepuasnya berenang bersama ikan-ikan. Ingat juga agar membawa pelampung untuk berjaga-jaga ya.

Berenang di birunya laut Kiluan memang akan menjadi pengalaman tidak terlupakan. Jangan sampai Anda melewatkannya. Rasakan sensasi airnya yang begitu dingin dengan deburan ombak laut yang ramah. Apalagi di tambah dengan hijaunya pepohonan yang nampak teduh itu. Pastinya Anda akan ketagihan untuk berkunjung ke sini.

2. Bermain Air di Laguna

Seperti yang Anda tahu bahwa teluk ini juga memiliki laguna yang indah. Nah, untuk Anda yang berkunjung ke laguna tersebut bisa membayar tiket di luar tarif masuk ke teluk ya. Di laguna inilah Anda bisa bermain air dengan puas. Mulai dari berenang, berendam, maupun sekedar melihat keindahan alam yang ada si laguna tersebut.

BACA:  Pantai Mutun Pesawaran - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

3. Snorkeling

Teluk ini dikenal memiliki panorama alam bawah laut yang memukau. Oleh sebab itu kurang afdhol rasanya jika Anda tidak menilik ragam terumbu karang serta biota laut di tempat ini. Apalagi kawasan lainya yang masih begitu jernih. Anda bisa membawa alat snorkeling sendiri dari rumah atau menyewa di sekitar Teluk Kiluan.

Cari saja titik snorkeling yang tepat untuk bisa bercengkerama dengan ikan-ikan di sana. Pastinya ini akan menjadi pengalaman tidak terlupakan untuk Anda.

Penginapan Murah Terdekat dari Teluk Kiluan

Penginapan Teluk Kiluan
Image Credit: Tokopedia.com

1. Amin Yahuza Homestay

Di Amin Yahuza Homestay Anda bisa menginap dengan harga di bawah Rp 200.000 per malamnya. Untuk fasilitasnya sendiri sudah tersedia kipas angin dan kamar mandi dalam. Untuk bisa sampai di penginapan ini Anda hanya perlu menempuh jarak sejauh 0,5 km saja. Tempatnya memang dekat dengan kawasan Teluk Kiluan, hanya dalam beberapa menit saja Amin Yahuza Homestay.

2. Kiluan Dholpin

Kiluan Dholpin bisa Anda dapati di kawasan pesisir pantai. Dengan mengeluarkan tarif kurang dari Rp 400.000 saja Anda sudah bisa bermalam di sini. Saksikan pula dari dalam ruangan pemandangan tempat ini saat malam hari. Di mana langit malam membias indah ke air laut di teluk ini. Seketika mata akan terpana dengan fenomena alam yang satu ini.

3. Cece Guest House

Penginapan ini berada di pinggir pantai dengan kamar yang cukup luas. Jadi akan lebih nyaman jika dihuni oleh beberapa orang sekaligus. Apalagi dengan fasilitas ruangan yang sudah ber AC, pengunjung pasti akan merasa lebih nyaman.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Teluk Kiluan Lampung

Fasilitas Teluk Kiluan
Image Credit: Twitter.com @ecosuntravel

Sebagai tempat wisata primadona di Lampung, Teluk Kiluan menyuguhkan berbagai panorama alam yang begitu indah. Hal ini juga didukung dengan berbagai fasilitas yang ada di sini. Fasilitas tersebutlah yang menjadi titik berat pertimbangan pengunjung.

Di wisata bahari ini sendiri sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Di sana Anda akan menemukan masjid, penginapan, Perahu untuk disewa keliling melihat lumba-lumba dan toilet.

Berbagai ulasan mengenai Teluk Kiluan Lampung di atas pastinya membuat Anda ingin segera berkunjung ke sana. Jangan lupa untuk membawa perbekalan secukupnya saat akan liburan ke sini ya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending