5 Wisata Bahari di Pulau Bintan yang Paling Hits

5 Wisata Bahari di Pulau Bintan yang Paling Hits

Tertarik Liburan ke Pesisir? Inilah List Objek Wisata Bahari di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Destinasi Wisata Alam Terindah, Eksotis dan Paling Hits yang Menarik Dieksplor Saat Musim Liburan.

Ada banyak daratan yang bisa ditemukan di Kepulauan Riau. Provinsi yang merupakan penghubung wilayah Indonesia dengan dua negara tetangga, yakni Singapura dan Malaysia ini memang sudah dikenal memiliki banyak tempat yang mempesona untuk dikunjungi. Pulau Bintan merupakan daratan paling besar yang ada di area tersebut. Di dalamnya terdapat sepasang kota besar yang ada di sana.

Dengan luas lebih dari 60 ribu kilometer persegi ini, pulau tersebut menyimpan beberapa destinasi indah yang perlu disinggahi ketika berada di sana. Dari sekian banyak tujuan wisata, sebagian besar memang menampilkan keanggunan bahari tempat tersebut. Tak terkejut memang karena lautan di sana nampak menyatu apik dengan daratan hijaunya.

Pusat provinsi, Kota Tanjung Pinang, juga berada di pulau tersebut bersama dengan Kota Bintan. Di sekitarnya masih ada daerah-daerah kecil yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Pepohonan memang tumbuh dengan baik memberikan suasana asri kawasan tersebut. Akses menuju tempat-tempat wisata pun juga terbilang sangat mudah. Berikut rekomendasi wisata bahari yang menarik dijelajahi di Pulau Bintan.

1. Pantai Lagoi

Pantai Lagoi
Image Credit: Google Maps (DESFA KPP Pratama)

Ini merupakan salah satu tempat wisata yang begitu populer di Pulau Bintan. Bagaimana tidak, tempat yang satu ini menawarkan berbagai hal yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya. Kenampakan yang disajikan di sana begitu indah hingga membuat siapapun yang melihatnya akan berdecak kagum dan terpesona dengan keelokannya.

Tak heran jika objek wisata ini menjadi tujuan andalan wilayah tersebut. Dengan pasir pantainya yang putih, tempat ini akan menghipnotis siapapun yang melakukan kunjungan ke daerah Batam. Luas pantainya juga cukup bagi para wisatawan untuk lebih dalam melakukan penjelajahan dengan kaki telanjang langsung merasakan lembutnya pasir pantai.

Pantai Lagoi juga sudah cukup dikenal oleh para turis, tidak hanya lokal namun juga turis mancanegara. Keelokannya bisa disetarakan dengan pantai-pantai yang ada di Lombok maupun Pulau Dewata. Tidak berlebihan memang, karena dengan bersihnya area pasir pantainya, seolah menyatu padu dengan anggun bersama air laut yang mengitarinya.

Pemandangan menjadi bertambah elok dengan keberadaan vegetasi alam yang pada area setelah pasir pantai. Banyak pepohonan memang tumbuh di tempat tersebut sehingga kenampakan yang bisa dinikmati oleh masyarakat pun menjadi semakin indah. Deretan pohon kelapa begitu rapi dan membuat suasana semakin tenang ketika angin menerpa kulit.

Ketika berkunjung ke sana pun tidak perlu khawatir karena fasilitas yang tersedia sudah sangat lengkap. Turis yang singgah ke sana bisa bermalam karena ada beberapa penginapan hingga resort berdiri di dekat pantai tersebut. Bahkan, beberapa resort memang dibangun pada sisi lain pantai sehingga memberikan view yang menakjubkan ketika menginap di sana.

BACA:  Pantai Sanur Bali - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pengunjung yang hadir juga bisa menikmati pantai tersebut dengan berbagai hal. Mulai dari hal sederhana seperti berjalan menyusurinya sambil menikmati segarnya udara tepi laut, hingga berenang merasakan sejuknya perairan di objek wisata tersebut. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas penyelaman.

Pesona destinasi wisata ini ternyata tidak hanya tersaji di atas permukaan air lautnya saja. Namun, pada bagian dasar lautnya pun juga begitu indah untuk dinikmati oleh mata kepala sendiri. Itulah sebabnya aktivitas snorkeling ditawarkan oleh pengelola bagi wisatawan yang hendak merasakan sesuatu yang berbeda dari lawatan ke tempat tersebut.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sebong Lagoi, Kec. Teluk. Sebong, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

2. Pantai Trikora

Pantai Trikora
Image Credit: Twitter.com @indtravel

Destinasi wisata bahari yang ada di Pulau Bintan yang satu ini merupakan pantai paling panjang yang ada di sana. Jika diukur dari ujung pantai ke ujung yang lain bisa mencapai kurang lebih 25 kilometer. Tempat ini juga memiliki ciri khasnya tersendiri yakni berupa batuan granit yang berderet indah membentuk sebuah view yang apik dari tempat yang luar biasa itu.

Pantai Trikora memang menjadi ikon lain dari kawasan Tanjung Pinang. Letaknya memang tidak jauh dari Ibukota Provinsi Kepulauan Riau tersebut. Jaraknya hanya sekitar 45 kilometer saja. Berbagai akomodasi bisa dipesan untuk mengantarkan pengunjung ke tempat tersebut.

Tinggi perairan yang ada di pantai tersebut juga terbilang dangkal sehingga sangat aman untuk dijelajahi oleh berbagai kalangan. Tidak perlu risau ketika membawa anak kecil ke tempat tersebut. Namun, tetap perlu diperhatikan bahwa bebatuan di sana bisa saja membahayakan sewaktu-waktu. Oleh karenanya, tetap perlu pengawasan ekstra bagi si kecil.

Selain keberadaan bebatuan granit yang mempercantik pemandangan, pepohonan kelapa yang hidup di sana juga semakin membuat pengujung takjub. Destinasi tersebut nampak seolah seperti tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu berlibur. Berekreasi di tempat tersebut memang akan memberikan sebuah pengalaman tak terlupakan.

Ada beberapa resort berdiri di sekitar Trikora. Hal ini menjadi jawaban bagi mereka yang hendak menghabiskan waktu di tempat yang luar biasa tersebut. Fasilitas yang tersedia pun juga bisa dikatakan lengkap karena pengunjung bisa menggunakan beberapa sarana seperti bilik kamar mandi hingga beberapa mushola.

Beberapa gazebo juga disediakan oleh pihak pengelola agar orang-orang bisa menikmati tempat tersebut dengan lebih santai. Desiran angin yang berhembus bersamaan dengan ombak yang menerjang bebatuan yang seolah menjaga bibir pantai merupakan fenomena apik dan dapat diambil untuk latar belakang dari foto-foto untuk mengabadikan momen liburan.

BACA:  Pantai Tambakrejo Blitar - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

3. Pantai Senggiling

Pantai Senggiling
Image Credit: Twitter.com @nyimaswulandari

Objek wisata yang satu ini terletak di suatu tempat yang cukup tersembunyi dan membuatnya begitu menarik ketika dikunjungi. Kebanyakan pengunjung yang datang ke sana memang merupakan traveler yang sedang mencari suasana lain dari liburan ke sebuah tempat yang begitu luar biasa.

Pasir yang terdapat di tempat eksotik tersebut memiliki struktur yang padat. Bahkan, beberapa pengunjung yang membawa mobil sendiri ke sana pernah mengantar kendaraan tersebut menyusuri hamparan pasir putihnya. Dengan begitu, semakin banyak variasi foto yang bisa dihasilkan dari kunjungan ke tempat wisata tersebut.

Beberapa pengunjung mendirikan tenda untuk berkemah di tempat tersebut. Hal ini merupakan aktivitas yang menarik untuk dilakukan demi bermalam di objek wisata tersebut. Destinasi ini memang membawa nuansa lain dari berlibur di kawasan Batam. Angin dan ombak yang melintasi area pantai menambah syahdunya suasana.

Ombak yang menerpa bibir pantai terbilang cukup aman bagi wisatawan beraktivitas. Apalagi ketika musim kemarau, pengunjung bisa leluasa menikmati pantai karena angin yang berhembus berasal dari sisi selatan. Karena tempat ini berada pada sisi utara Pulau Bintan, maka tentu saja angin justru menerjang ombak yang datang dari sisi utara.

Tidak terlalu mudah memang untuk bisa menjangkau lokasinya. Wisatawan yang baru pertama kali datang ke sana disarankan untuk menyewa pemandu wisata yang bisa mengarahkan perjalanan. Selain itu, diharapkan juga membawa bekal sendiri karena minim fasilitas di tempat yang memiliki bebatuan serta pepohonan di tepi pantainya tersebut.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

4. Pantai Sakera

Pantai Sakera
Image Credit: Google Maps (Nusri Syahdoni)

Setidaknya ada satu lagi pantai berpasir putih yang dapat ditemukan di Pulau Bintan. Sebuah pantai yang memiliki area pasir yang cukup luas, Sakera menjadi salah satu tujuan wisata favorit yang ada di sana. Letaknya pun juga tidak terlalu jauh dari Batam. Terdapat pula beragam fasilitas yang bisa dinikmati oleh siapapun yang berkunjung ke lokasi tersebut.

Pantai dengan kontur landai ini menampilkan sebuah lanskap alam yang mempesona karena terlihat seperti sebuah tempat lapang yang cukup luas di tepian laut. Sama seperti tempat-tempat wisata sebelumnya, tempat ini juga memiliki perairan yang cukup jernih untuk dijelajahi lebih lanjut. Bahkan, wisatawan juga dapat mencari siput ataupun kerang di pinggir pantai.

Terdapat beberapa pohon yang hidup di sekitar area pasirnya. Hal tersebut membuat suasana menjadi menenangkan. Ada beberapa gazebo yang ditawarkan oleh pihak pengelola. Pasir yang terhampar juga terasa cukup lembut. Dengan begitu, orang-orang tidak perlu khawatir untuk menjelajahinya dengan kaki telanjang.

BACA:  Pantai Menganti Kebumen - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Beberapa pondok makan juga tersedia untuk memuaskan perut pengunjung yang lapar. Sajian seafood khas pinggir laut memang menjadi hidangan lezat untuk dicicipi. Aktivitas bermain air pun juga bisa dilakukan tanpa perlu risau. Banyak orang juga mencoba menikmati suasana dengan berenang di lautan yang mengitarinya.

Bagi wisatawan yang hendak menginap di objek wisata tersebut, tersedia pula beberapa tempat inap yang cukup nyaman. Mulai dari hotel minimalis dengan harga sewa yang murah tiap malamnya hingga tempat yang cukup mewah ada untuk dapat disewa oleh turis yang hadir.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Uban Utara, Kec. Bintan Utara, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

5. White Sand Island

White Sand Island
Image Credit: Google Maps (Hendra Gunawan)

Tempat ini berada terpisah dari Pulau Bintan, namun jaraknya tidak terlalu jauh. Untuk bisa mengaksesnya, wisatawan perlu mengambil perjalanan menggunakan perahu cepat dari desa bakau. Dari tempat yang memiliki ciri khas berupa hutan bakau alaminya yang rindang, perlu waktu sekitar 15 hingga 20 menit agar sampai di sana.

Ketika sudah berada di sana, mata akan dimanjakan dengan pemandangan alam luar biasa dari pulau mungil tersebut. Pasir pantainya berwarna putih dan begitu bersih berpadu elegan dengan air laut jernih yang nampak berwarna biru kehijau-hijauan. Banyak pepohonan juga tumbuh di area pantainya, membuat suatu kombinasi yang indah objek wisata tersebut.

Ada satu lagi wisata yang bisa diambil di tempat tersebut selain menikmati pantainya. Terdapat tempat konservasi penyu yang ada di bagian tengahnya. Tempat ini memang menjadi tempat untuk melestarikan penyu-penyu dengan mengembangbiakkannya. Bayi-bayi penyu dirawat di tempat tersebut dan ketika dewasa dilepaskan di lautan lepas ke habitat asli mereka.

Setelah puas menengok tukik-tukik yang imut, pengunjung bisa menikmati pemandang bawah air yang menakjubkan. Tempat tersebut memang menawarkan sebuah pengalaman berwisata bawah air dengan snorkeling di lautan sekitarnya. Terumbu karang yang ada di sana dijaga baik untuk membuat ekosistem persekitaran tetap alami dan terjaga.

Ada beberapa pendopo yang bisa dipakai pengunjung untuk menikmati objek wisata tersebut lebih privat lagi. Tempat ini akan memberikan sensasi berlibur di sebuah pulau tak berpenghuni yang bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang kembali.

Harga Tiket: Rp 52.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

Itulah daftar tempat yang bisa dikunjungi ketika melakukan trip bahari ke Pulau Bintan. Kawasan yang tidak jauh dari Singapura ini memang memiliki banyak pantai eksotis yang akan membuat pengalaman tak terlupakan. Menghabiskan waktu di tempat tersebut dapat membuat liburan menjadi lebih indah dan pikiran pun menjadi segar.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending