5 Wisata Bahari di Pulau Buru yang Paling Hits

5 Wisata Bahari di Pulau Buru yang Paling Hits

Butuh Liburan yang Menantang? Inilah List Wisata Bahari di Pulau Buru, Provinsi Maluku. Objek Wisata Alam Terindah, Eksotis dan Paling Hits yang Menarik Anda Jelajahi untuk Liburan yang Seru.

Pulau Buru merupakan sebuah pulau berukuran luas yang di kelilingi oleh perbukitan hijau, dan masih berada di wilayah Kepulauan Maluku. Potensi wisata yang dimiliki pulau ini pun tidak perlu diragukan lagi, terdapat banyak destinasi wisata terutama baharinya yang menarik untuk. dikunjungi.

Kawasan pantai yang berpasir putih dengan air laut berwarna semu hijau, tersebar luas menjadi sebuah tempat wisata bagi para pengunjung pulau ini. Baik pengunjung dari dalam maupun luar negri, memilih menghabiskan waktu liburan di pantai yang berada di Pulau Buru ini.

Dari sekian banyak wisata bahari yang dapat ditemukan di pulau tersebut, berikut ini ada daftar rekomendasi wisata bahari di Pulau Buru. Anda bisa mengunjungi wisata ini kapan saja, bahkan rata-rata wisata menawarkan pemandangan yang menawan.

1. Pantai Jikumerasa

Pantai Jikumerasa
Image Credit: Twitter.com @beta_ambonezz

Wisata bahari pertama yang menjadi favorit bagi banyak pengunjung adalah Pantai Jikumerasa. Berada dekat dari pusat kota, pengunjung yang akan mendatangi pantai ini dapat dengan mudah menjangkaunya. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Berjarak 27 km dari kota terdekat, perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 40 menit saja. Jika Anda berencana berangkat menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menyewa perahu dengan tarif yang lumayan untuk menyebrangi lautan.

Tentu saja setelah menginjakkan kaki di pantai ini, keindahan pantai dengan lautan berwarna biru akan menyambut kedatangan Anda. Deretan perbukitan hijau yang tampak asri, terlihat bak membingkai sebagian sisi lautnya. Alasan inilah yang menjadikan pantai tersebut masuk dalam rekomendasi wisata bahari di Pulau Buru yang wajib Anda datangi.

Kontras warna dari lautan dan pepohonan hijau tersebut, akan menyihir mata siapa saja yang melihatnya. Banyak pengunjung menjadikan pemandangan ini sebagai latar belakang fotonya. Sering juga tempat ini dijadikan sebagai salah satu lokasi foto prewedding.

Selain menyusuri keindahan pemandangannya, Anda juga bisa menjelajahi pesona bawah laut yang ramai dengan ikan-ikan kecil. Olah raga snorkling atau semacamnya menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu dengan ikan-ikan yang berenang di pinggiran laut.

Banyaknya ikan berukuran kecil yang akan mengelilingi anda, dapat diabadikan melalui sebuah foto underwater yang cantik. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan keselamatan seperti rompi pelampung dan kacamata air. Perlengkapan tersebut bisa Anda sewa dari para warga yang berada di sekitar pantai.

Setelah lelah menjelajah keindahan bawah lautnya, pengunjung bisa beristirahat dan merasakan makanan khas dari Maluku. Rujak pedas khas kepulauan timur ini dapat menemani Anda sembari memandang indahnya lautan lepas.

BACA:  10 Pantai Terindah di Maluku yang Wajib Dikunjungi
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Jikumerasa, Kec. Lilialy, Kab. Buru, Maluku.

2. Pantai Baikole

Pantai Baikole
Image Credit: Twitter.com @tonihar44437691

Rekomendasi wisata bahari selanjutnya adalah Pantai Baikole yang memiliki keunikannya tersendiri. Bagaimana tidak unik, bentuk lautan dari pantai ini memanjang menyerupai sungai namun dengan warna air yang sangat jernih.

Saat Anda pertama kali melihat pantai ini, mungkin akan mengira bahwa pantai ini adalah sebuah aliran sungai yang berakhir di laut lepas. Namun setelah membaca sebuah tulisan di bagian depan yang bertuliskan “Pantai Baikole”, Anda baru akan percaya bahwa tempat ini adalah sebuah pantai.

Karena bentuknya yang memanjang tersebut, sebuah jembatan dari kayu dibangun untuk menghubungkan dua desa yang ada di setiap sisi pantai. Selain merupakan jalur transportasi para warga, jembatan ini juga digunakan sebagai spot berfoto bagi pengunjung pantai.

Warna hijau tosca yang mendominasi jembatan, akan menyempurnakan hasil foto terbaik Anda di Pantai Baikole. Menjadi salah satu wisata pantai yang terindah di pulau Buru, membuat nama dari pantai ini kian terkenal di kalangan pengunjung luar daerah.

Karena letak pantai yang berdekatan dengan pemukiman, tak jarang beberapa warga sekitar menawarkan penginapan bagi pengunjung yang akan bermalam di kawasan tersebut. Sikap warga yang ramah dengan pengunjung pantai, menjadi nilai tambahan dari wisata pantai tersebut.

Lautan yang cenderung tenang, menjadi alasan para pengunjung betah berlama-lama di pantai berpasir putih tersebut. Bahkan jika hari menjelang gelap, anak-anak dari desa sekitar banyak yang berenang di area pantai ini. Saat mulai menceburkan diri di laut, keceriaan dari anak-anak tersebut akan terlihat jelas dari tawa yang terdengar.

Kesegaran air laut dari pantai ini bisa Anda rasakan dengan berenang bersama anak-anak lokal tersebut. Jika menginginkan suasana yang lebih seru, Anda dapat mencoba melompat dari ketinggian jembatan. Dari banyak kegiatan tersebut, maka pantas saja jika Pantai Baikole dijadikan destinasi wajib ketika berkunjung ke pulau ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Propinsi, Jikumerasa, Kec. Namlea, Kab. Buru, Maluku.

3. Air Babunyi

Air Babunyi
Image Credit: Twitter.com @sigmarlatualex

Destinasi wisata selanjutnya adalah sebuah air terjun yang letaknya berada dekat dengan pantai Air Babunyi. Memiliki nama yang sama, air terjun dengan jarak 50 meter dari arah pantainya ini mempunyai daya tariknya tersendiri.

Suasana khas pedalaman hutan akan sangat terasa saat Anda mengunjungi tempat ini. Karena berada jauh dari pemukiman warga, lingkungan air terjun ini masih terlihat asri. Pohon-pohon berukuran besar terlihat menyatu dengan batuan di sekitarnya.

Terdapat pepohonan rimbun yang tampak sudah tua mengitari sekitar air terjun tersebut. Mulai dari jalan setapak yang akan Anda lewati untuk sampai di wisata ini, hingga kolam air yang menjadi tempat jatuhnya air dari ketinggian. Gemercik air pun akan terdengar dari jarak yang cukup jauh.

BACA:  16 Wisata Pantai di Surabaya & Sekitarnya yang Paling Hits

Suasana sejuk sangat melekat pada wisata yang pernah menjadi tuan rumah salah satu festival tingkat daerah ini. Udara segar di sekitarnya, menjadi bonus bagi Anda yang sedang bersantai di air terjun ini. Apalagi bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk menenangkan diri, wisata ini bisa menjadi jawabannya.

Beberapa kegiatan menarik bisa Anda lakukan saat berada di kawasan wisata Air Babunyi ini, salah satu yang sering dilakukan adalah berenang. Memiliki kolam air yang cukup dalam, dapat menjadi spot utama bagi Anda yang akan terjun dari tebing-tebing sekitar air terjun.

Kegiatan menarik lainnya juga dapat Anda lakukan, seperti misalnya memancing atau tracking. Karena banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan di wisata tersebut, Air Babunyi memang sangat layak untuk masuk daftar kunjungan Anda.

Jadi saat Anda sedang berada di Pulau Buru, jangan lupa untuk menyempatkan diri mendatangi wisata bahari satu ini. Keindahan alam dengan suasana asri akan menjadi sebuah kenangan indah bagi Anda nantinya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Leksula, Kec. Namrole, Kab. Buru Selatan, Maluku.

4. Pantai Telaga

Pantai Telaga
Image Credit: Twitter.com @einshartanto

Mungkin nama pantai Telaga mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Perlu Anda ketahui, keistimewaan wisata ini terletak pada titik lokasinya. Berjarak sangat dekat dengan pusat kota di pulau tersebut, pantai ini dapat dijangkau dengan waktu 5 menit saja.

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang menyajikan pemandangan laut lepas dengan warna birunya yang memikat mata. Pantai ini memiliki pemandangan lautan yang di latar belakangi oleh Gunung Bata Bual. Banyak yang menjadikannya sebagai andalan spot berfoto saat berada di pantai tersebut.

Pengunjung pantai Telaga ini sebagian besar datang saat hari sudah menjelang sore. Jam 3 hingga 5 sore adalah waktu dimana pengunjung mulai ramai berdatangan, ada yang sendiri, ada juga yang datang bersama pasangan.

Sengaja datang pada jam-jam tersebut karena pengunjung ini ingin menikmati keindahan sunset yang ditawarkan oleh pantai tersebut. Langit biru yang berubah warna menjadi semburat jingga, terlihat begitu cantik berbarengan dengan tenggelamnya sang surya.

Momen ini menjadi favorit pengunjung tempat wisata tersebut karena keindahannya bertambah saat siluet dari pohon kelapa di sekitarnya mulai tampak. Pesona bak lukisan yang ada atas kanvas sangat terlihat jelas saat momen itu berlangsung.

Tidak hanya warga lokal saja yang menjadi pengunjung wisata pantai Telaga ini, pengunjung luar daerah pun sering berdatangan saat musim libur tiba. Saat ini, nama pantai ini memang sudah cukup terkenal, oleh karena itu tempat ini wajib untuk dikunjungi.

BACA:  Pantai Sanur Bali - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pengunjung luar daerah pun dapat menghabiskan waktunya hingga beberapa hari di pantai ini. Akan ada penginapan di sekitar pantai yang dapat di sewa dengan harga yang ramah di kantong. Mulai dari nominal ratusan, Anda sudah bisa menginap dengan nyaman di kawasan pantai tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nametek Kodim, Kec. Namlea, Kab. Buru, Maluku.

5. Pantai Merah Putih

Pantai Merah Putih
Image Credit: Google Maps (Mas Mujib)

Ada sebuah pantai dengan kisah sejarahnya yang menarik untuk Anda datangi saat berada di Pulau Buru. Bernama Pantai Merah Putih, sejarah yang dimiliki oleh pantai ini berhubungan dengan perebutan wilayah pada saat masa kolonial berlangsung.

Tempat wisata ini juga menjadi saksi bisu dari beberapa peperangan yang terjadi saat itu. Bahkan salah satu warga yang masih memiliki keturunan dari pejuang NKRI, mengatakan bahwa pantai ini harusnya dapat dikelola secara baik.

Karena nilai sejarah yang ada di pantai tersebut, pemerintah setempat masih berupaya untuk memperbaiki kondisi tempat wisata ini. Sebelum terkenal dengan nama Pantai Merah Putih, kawasan tersebut dulunya merupakan sebuah pasar malam bagi warga sekitar.

Setiap malamnya, daerah dekat pinggiran pantai itu penuh dengan penjual baju hingga makanan di sisi kiri dan kanan jalanannya. Pasar malam ini selalu ramai dengan para warga, banyak diantaranya yang hanya sekedar berjalan-jalan saja.

Namun saat ini, pantai Merah Putih berubah menjadi kawasan wisata yang bersih nan rapi. Terdapat beberapa kursi dan meja yang sengaja dibangun untuk para wisatawan jika ingin beristirahat.

Pohon-pohon kelapa di sekitar pantai pun tak kalah menjadi sorotan, dimana di sekelilingnya dibangun sebuah pot besar yang terbuat dari campuran semen. Fasilitas yang disediakan bagi para pengunjung pantai ini juga terbilang lengkap.

Terdapat sebuah masjid dan beberapa kamar mandi yang ada di salah satu sudut pantai tersebut. Selain itu, wisatawan pun dapat dengan mudah menemukan rumah makan yang menyajikan menu-menu pilihan. Tentu saja yang menjadi andalan adalah makanan khas dari Kepulauan Maluku.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Namlea, Kab. Buru, Maluku.

Itulah daftar rekomendasi wisata bahari di Pulau Buru yang dapat dijadikan referensi jika Anda berencana mendatangi pulau eksotis ini. Keindahan alamnya yang memukau tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Menariknya, jarak dari kelima tempat wisata tersebut pun tidak terlalu jauh. Jadi, Anda bisa mengunjungi semua lokasi sekaligus ketika berkunjung ke pulau Buru ini dalam satu waktu.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending