10 Wisata Bahari di Pulau Enggano yang Paling Hits

10 Wisata Bahari di Pulau Enggano yang Paling Hits

Inilah Rekomendasi Wisata Bahari Terindah di Pulau Enggano, Bengkulu Utara. Destinasi Wisata Alam yang Kaya Pesona, Populer dan Paling Hits yang Cocok Dijadikan Tujuan Liburan Anda.

Pulau Enggano adalah salah satu pulau di Indonesia yang keberadaannya di bagian terluar. Dimana pulau tersebut memiliki keindahan laut di setiap sisinya. Selain mendapatkan julukan sepotong surga, Pulau Enggano memiliki hasil laut yang melimpah. Pulau yang menjadi destinasi wisata bahari ini sangat populer.

Pulau yang menjadi bagian dari wilayah Bengkulu ini memiliki banyak rekomendasi wisata bahari yang memukau. Namun, sebelum menikmati keindahan pulau tersebut, Anda perlu menyusuri perjalanan selama kurang lebih 12 jam. Perjalanan itu terhitung jika Anda berangkat dari Pelabuhan Baai, Bengkulu.

Pulau yang lokasinya cukup sulit untuk ditempuh ini masih sangat alami dan asri. Belum banyak wisatawan yang berkunjung dan berlibur ke pulau tersebut. Sehingga keindahan dan kealamian wisata disini masih sangat terjaga. Berikut deretan wisata bahari yang hits di Pulau Enggano yang bisa Anda kunjungi.

1. Pantai Eska

Pantai Eska
Image Credit: Facebook.com (M Leo Depfizal)

Pantai Eska menyuguhkan keindahan panorama alam yang mempesona bagi setiap orang yang datang. Dari kecantikan air laut, pasir putihnya menjadi pemikat bagi pengunjung. Bagi pengunjung yang pernah datang ke pantai ini akan sangat sulit untuk melupakan semua momen dan keindahan yang tersimpan di Pantai Eska.

Di pantai ini juga terdapat pohon-pohon yang berjejer indah, dan membuat pantai Eska terlihat sempurna dari kejauhan. Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang dan kehidupan bawah laut yang beraneka ragam.

Karena belum banyak yang menyentuh, dunia bawah lautnya sama sekali tidak mengalami kerusakan. Sehingga sangat indah dan cantik. Dihiasi dengan ikan-ikan kecil yang berenang berwarna-warni. Hal ini menjadikan Eska juga masuk ke dalam list wisata bahari di Pulau Enggano yang patut untuk dikunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

2. Pantai Koomang

Pantai Koomang
Image Credit: Google Maps (Rendra Regen Rais)

Pantai Koomang memiliki keunikan yang menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung. Dimana di pantai Koomang ada sebuah batu besar yang berdiri. Di bagian dasar batu terdapat lubang yang membuat air laut masuk ke area dalam. Air laut yang masuk itu membentuk sebuah laguna kecil alami.

Adanya laguna itu menjadi sangat menarik bagi wisatawan. Selain indah, airnya sangat bening dan bersih. Anda bisa melihat ke dasar laguna tanpa harus menyelam karena kejernihan airnya.

Kegiatan paling sering dilakukan adalah berenang atau bersantai di pinggir pantai. Menikmati semilir angin pantai yang dapat menenangkan hati. Anda juga bisa berkeliling hunting foto. Terdapat banyak tempat berfoto yang unik dan keren.

Pantai terkenal yang letaknya di bagian utara Pulau Enggano ini memiliki tebing-tebing terjal. Bagi Anda pecinta ketinggian, Anda bisa memanjat tebing itu dan menikmati keindahan pantai dari ketinggian. Selain itu Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam dari atas tebing itu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banjarsari, Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

3. Padang Lamun

Padang Lamun
Image Credit: Instagram.com @penyelamhitam

Di Pulau Enggano terdapat perairan yang menyimpan jutaan lamun di dalamnya. Anda bisa snorkeling dan diving untuk menikmati keindahannya. Tidak hanya padang lamun, di perairan Kaana dan Pelabuhan Kahyapu Anda bisa menikmati keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan.

Kedua lokasi tersebut sangat terkenal dengan keberadaan lamun atau seagrassnya. Disebut padang karena lamun ini tumbuh sangat luas di kedua tempat itu. Untuk menikmati wisata ini, Anda diwajibkan untuk bisa berenang karena keindahan lamun disini tiada duanya. Jika tidak bisa berenang, Anda bisa menikmati keindahan dari atas perahu karena airmnya yang jernih.

Bagi pecinta snorkeling, destinasi wisata ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Anda bisa bermain-main di padang Lamun dan ditemani oleh ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Yang terpenting, para wisatawan diwajibkan untuk menjaga kelestarian ekosistem air agar tidak rusak.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

4. Pantai Ujung Batu

Pantai Ujung Batu
Image Credit: Instagram.com @fianbkl

Pulau Enggano tidak hanya menyimpan pantai yang memiliki pasir putih lembut nan indah. Namun, pulau tersebut memiliki memiliki pantai yang pesisirnya dipenuhi bebatuan. Pantai tersebut bernama Pantai Ujung Batu. Pantai yang keberadaannya sangat jarang dikunjungi ini masih menyimpan keunikan yang belum terjamah.

Lokasinya yang berada di bagian utara pulau menjadikan pantai ini banyak dikunjungi ikan-ikan cantik yang berenang di sekitarnya. Sehingga banyak para wisata yang snorkeling dan diving di sekitar pantai untuk menikmati keindahan biota di pantai. Pantai ini kemudian dikenal dengan kealamian yang tersimpan di dalamnya.

Bebatuan yang memenuhi pesisir pantai ini sangat indah dan unik. Selain itu terdapat batu besar yang menjorok ke arah laut. Sehingga seperti membentuk sebuah gili kecil. Dimana pantai ini juga dipenuhi dengan tumbuhan liar yang membuat tempat tersebut menjadi semakin indah.

Pantai Ujung Batu adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset romantis bersama pasangan. Lokasinya yang berdekatan dengan pantai Eska menjadikan pantai ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari Pantai Eska.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banjarsari, Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

5. Pantai Kahyapu

Pantai Kahyapu
Image Credit: Instagram.com @kahyapusurf

Pantai yang memiliki ombak besar ini sangat cocok bagi Anda pecinta surfing. Di lokasi pantai ada guide yang bisa membantu Anda menemukan beberapa lokasi yang cocok dan pas untuk surfing. Ombak besar yang ada di pantai itu dapat memicu adrenalin Anda sehingga Anda bisa bermain dengan seru.

Jika belum menemukan waktu yang pas untuk ombak yang cocok, Anda bisa menginap di pondok surfing yang dibuat di lokasi tersebut. Namun, Anda juga bisa mendirikan tenda dan bermalam di sekitar pantai. Camping akan seru bersama teman-teman di pinggir pantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kahyapu, Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

6. Pantai Telapak Kaki Batu Layar

Pantai Telapak Kaki Batu Layar
Image Credit: Instagram.com @aku_mancing

Pantai satu ini memiliki keunikan yang aneh dan tidak kalah cantiknya. Di pantai telapak kaki terdapat sebuah laguna kecil. Di laguna itu terdapat sebuah telapak kaki raksasa yang menjadi ikon pantai. Pantai ini sangat indah jika dinikmati dari ketinggian bukit.

Adanya telapak kaki raksasa yang tidak pernah hilang ini menjadi keunikan tersendiri bagi keberadaannya. Selain telapak kaki raksasa, pasir putih yang menghiasi pantai ini juga menjadi daya tarik pengunjung.

Di sekitar pantai, Anda bisa memancing ikan segar. Keberadaan pantai yang masih asri menjadikan pantai masih dikelilingi banyak jenis-jenis ikan yang unik dan cantik. Anda juga bisa berkeliling hutan mangrove yang tidak kalah indahnya. Menjelajahi hutan mangrove dan menikmati suasana alam beserta nyanyian dari burung-burung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

7. Goa Karst

Goa Karst
Image Credit: Kompasiana.com

Tidaknya hanya pantai, danau dan keindahan alamnya yang membuat Pulau Enggano didatangi banyak wisatawan. Ada sebuah Goa Karst yang cantik dan indah di pulau ini.

Goa itu belum banyak diketahui oleh orang-orang. Keberadaannya juga cukup tersembunyi. Dimana jalur menuju Goa tersebut juga cukup ekstrem. Meski begitu Goa ini menjadi salah satu tujuan terfavorit bagi wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

8. Danau Bak Blau

Danau Bak Blau
Image Credit: Instagram.com @razi05010

Danau ini memiliki air yang berwarna biru dengan kombinasi kehijauan. Keunikan danau Bak Blau tergambar dari warna airnya. Anda bisa berenang dan bermain air dengan puas di air danau Bak Blau.

Danau yang memiliki arti nama Mata Air Berwarna Biru ini terhubung dengan air laut. Anehnya air danau tersebut tidak memiliki rasa air yang asin sedikit pun. Sehingga Anda bisa bermain seru-seruan di danau indah ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Meok, Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

9. Trekking di Hutan Teluk Klowe

Hutan Teluk Klowe
Image Credit: Facebook.com @gung.senoaji

Selain wisata air di pulau Enggano juga memiliki kawasan wisata daratan yang juga cantik dan mempesona. Cagar Alam Hutan Teluk Klowe adalah salah wisata bahari di Pulau Enggano yang menjadi favorit bagi traveler. Banyak dari traveler yang datang ke Pulau Enggano selalu menyempatkan diri untuk singgah ke hutan ini.

Hutan yang didominasi dengan keberadaan mangrove ini menjadi satu dari banyaknya keindahan hutan. Anda bisa menyusuri jalan setapak hutan untuk menikmati keindahan dari satwa dan flora langka di hutan Teluk Klowe. Terdapat banyak spot foto yang bisa dijadikan background untuk frame foto Anda.

Anda bisa berburu udang di sekitar sungai di hutan, Anda bisa membakarnya bersama teman-teman. Rasanya yang gurih dan manis membuat Anda tidak ingin meninggalkan lokasi wisata hutan tersebut. Sehingga Anda bisa saja menginap dan camping di sekitar hutan dekat sungai.

Selain bisa mendapatkan sumber makanan, Anda juga bisa mendapatkan sumber air di dekat hutan ini. Hutan yang di lindungi keberadaannya ini berpotensi menjadi lokasi wisata yang menarik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kahyapu, Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

10. Cagar Alam Sungai Bahewo

Cagar Alam Sungai Bahewo
Image Credit: Google Maps (Rendra Regen Rais)

Cagar alam satu ini menyuguhkan sungai indah bernama sungai Bahewo. Hutannya yang asri dan masih liar menjadi penyejuk mata. Panorama alam yang ada menjadikan hutan alam sering dikunjungi wisatawan.

Tidak hanya sekedar jalan-jalan dan trekking, para wisatawan yang datang bisa menikmati berbagai jenis tumbuhan liar dan hewan-hewan yang masih langka di hutan ini. Dengan menyusuri sungai panjang dan indah ini Anda dapat menikmati pemandangan indah dan eksotis.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kahyapu, Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

Lokasi Pulau yang jauh dan cukup ribet untuk dilalui itu tidak menjadi hambatan bagi pecinta traveling untuk datang ke pulau Enggano, Bengkulu Utara. Keistimewaan dan keindahan alamnya yang mempesona membuat para wisatawan rela datang jauh untuk menikmati beberapa rekomendasi wisata bahari di Pulau Enggano diatas.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending