10 Wisata Bahari Terindah di Sulawesi Tenggara yang Wajib Dijelajahi

Wisata Bahari Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara terkenal dengan wisata bahari yang eksotis dan menarik untuk dijelajahi. Biota laut yang beragam dengan berbagai spesies ikan dan terumbu karang yang masih asri, bisa Anda jadikan destinasi alternatif untuk liburan.

Sulawesi Tenggara kerap menjadi jujukan wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Provinsi dengan ibu kota Kendari ini memang terkenal dengan ragam destinasi wisatanya. Salah satu yang paling populer ialah objek wisata bahari yang sangat mempesona. Jika Anda tertarik untuk menjelajahi keelokan lautannya, berikut rekomendasi wisata bahari populer di Sulawesi Tenggara yang bisa Anda pilih untuk liburan yang seru.

1. Pulau Muna

Pulau Muna
Image Credit: Instagram.com @hflkusumah

Ketika Anda merencanakan berlibur ke Sulawesi Tenggara, Pulau Muna menjadi pilihan destinasi yang tak boleh dilewatkan. Pulau dengan luas sekitar 2.889 km persegi ini menyuguhkan panorama alam yang memanjakan mata. Letaknya berada di bagian paling ujung provinsi, namun setiap musim liburan pengunjung tak henti berdatangan.

Setibanya di Pulau Muna, Anda langsung disuguhi dengan bentangan laut biru serta batuan karang yang ditumbuhi pohon-pohon hijau. Disini Anda bisa menikmati sembilan objek wisata yang cocok untuk melepas jenuh. Sembilan spot tersebut memiliki ciri khas keindahannya masing-masing. Danau Moko menjadi salah satu rekomendasi objek yang wajib Anda kunjungi.

Tidak hanya berkunjung Danau Moko saja, Anda juga bisa mampir ke Pantai Panjala dan Tanjung Labora. Kondisi tempat wisatanya tergolong masih alami, dengan angin semilir yang mampu menetralisir rasa lelah. Bisa dikatakan Pulau Muna ini sesuai untuk Anda yang membutuhkan liburan, kala pikiran jenuh dengan berbagai rutinitas yang monoton.

Lokasi: Madampi, Kec. Lawa, Kab. Muna.

2. Pulau Labengki

Pulau Labengki
Image Credit: Pegipegi.com

Selain Pulau Muna, terdapat Pulau Labengki yang dapat menjadi tujuan wisata saat di Sulawesi Tenggara. Para wisatawan kerap menjulukinya sebagai miniatur Raja Ampat, sebab memiliki gugusan pulau yang membentang indah. Suasana alamnya sangat damai dan tenang, itulah mengapa destinasi ini cocok bagi wisatawan yang ingin menjauh dari keramaian kota.

Tidak hanya menarik hati wisatawan lokal, tetapi wisatawan mancanegara juga terpesona oleh keelokannya. Area Pulau Labengki memiliki 5 destinasi pulau yang wajib disinggahi yaitu Mauang, Alnamira, Tukoh Kulay, Labengki Kecil, dan Lebengki Besar. Setiap pulaunya mempunyai daya tarik tersendiri, salah satunya teluk cinta yang menjadi favorit para wisatawan.

Selama berlibur di salah satu pulau di Konawe Utara ini, Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling. Mengintip kehidupan bawah laut yang sangat mempesona, dengan terumbu karang yang masih asri. Anda juga bisa mampir di Laguna Blue Lagoon dengan perairan jernih berwarna hijau toska, serta pemandangan yang dikelilingi oleh deretan karang tajam.

Lokasi: Labengi, Kec. Lasolo, Kab. Konawe Utara.

3. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi
Image Credit: Wikipedia.org

Nama Wakatobi sudah tidak asing di telinga para traveler, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Taman nasional ini dikenal dengan keindahan bawah laut yang tiada duanya. Sejak dibangun tahun 1996, Wakatobi selalu ramai pengunjung setiap musim liburan. Kurang lebih terdapat 90 persen biota laut yang bisa Anda temui di kedalaman lautan Wakatobi.

Cagar alam dunia ini mempunyai empat pulau yang bisa dikunjungi. Keempatnya ialah Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binangko, yang merupakan akronim dari nama Wakatobi. Empat spot tersebut merupakan sasaran wisatawan untuk melakukan aktivitas diving dan snorkeling. Terkadang juga mengadakan agenda memancing sebab merupakan tempat berkumpulnya ikan.

Lokasi: Lagiwae, Ambeua, Kec.  Kaledupa, Kab. Wakatobi.

4. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo
Image Credit: Twitter.com @ecosuntravel

Apabila Anda bosan dengan destinasi pantai, cobalah berkunjung ke air terjun Moramo. Disana menyajikan suaka alam margasatwa yang khas dengan suasana syahdu. Wisatawan akan dibuat terpana dengan bentuk air terjun bertingkat. Tingginya mencapai 100 meter dan mempunyai tipe air yang jernih serta sejuk.

Air terjun Moramo dikelilingi oleh hutan yang belum terjamah oleh manusia. Anda bisa menghabiskan liburan disini sambil berendam di kolam-kolam yang tersedia. Namun perlu berhati-hati jika musim hujan tiba, sebab bebatuan menjadi lebih licin dan rawan tergelincir. Waspada pula apabila Anda membawa anak kecil, karena tidak ada pembatas antara setiap tingkat air terjun.

Wisata bahari ini dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari kamar mandi hingga tempat ganti pakaian. Jika terlalu lelah setelah puas bermain, Anda bisa menginap di penginapan yang terletak di sekitar air terjun. Esok paginya Anda dapat menyaksikan sendiri indahnya sinar matahari yang membias di sela-sela batuan air terjun.

Lokasi: Sumber Sari, Kec. Moramo, Kab. Konawe Selatan.

5. Sungai Tamborasi

Sungai Tamborasi
Image Credit: Facebook.com @koran.Fesbuk

Keunikan destinasi ini terletak pada panjangnya yang sekitar 20 meter dan lebar sekitar 15 meter. Sehingga Sungai Tamborasi dinobatkan sebagai sungai terpendek di dunia. Aliran airnya jernih dan bermuara di bibir pantai. Hal tersebut disebabkan letaknya yang berdekatan dengan hutan serta pantai.

Perjalanan menuju Sungai Tamborasi memakan waktu 1-2 jam, apabila berangkat dari Kota Kolaka. Sepanjang perjalanan akan dibuat terkagum dengan suguhan menawan dari pegunungan marmer. Sesampainya di lokasi Anda akan terhipnotis dengan air danau yang berwarna hijau dan jernih.

Posisi sungai berhimpitan langsung dengan dinding tebing, pohon-pohon berakar hingga ke dasar sungai. Sehingga pemandangan yang terlihat tampak alami dan asri. Meskipun letaknya berada di pinggir pantai namun anginnya berhembus sangat sejuk karena beratapkan pepohonan rindang.

Hulu sungainya terletak 20 meter dari hilir, yang bermuara langsung ke sungai. Hal yang mengejutkan lagi bahwa sungai ini memiliki dua jenis air, yaitu air tawar dan asin. Sehingga saat berenang disana wisatawan bisa merasakan sensasi air yang berbeda. Anda juga bisa mengunjungi hutan sekitarnya yang dihuni oleh satwa khas Sulawesi, salah satunya monyet bulu emas.

Lokasi: Tamborasi, Kec. Kolaka, Kab. Kolaka.

6. Pulau Bokori

Pulau Bokori
Image Credit: Twitter.com @detiktravel

Untuk menuju ke pulau eksotis ini Anda perlu menyewa perahu terlebih dahulu. Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 90 menit dari Kampung Bajo. Setelah turun dari perahu, Anda langsung disuguhi dengan pemandangan yang memukau. Di pinggir pantai terdapat rumah-rumah nelayan, yang dibangun di atas permukaan air laut.

View Pulau Bokori kerap menjadi spot foto bagi para wisatawan. Bentangan pantainya dibungkus dengan hamparan pasir putih yang lembut. Saking lembutnya saat berjalan di atas pasir, kaki Anda tidak akan terluka karena adanya karang-karang kecil. Selain itu fasilitasnya sangat memadai, mulai dari kantin hingga homestay.

Pulau Bokori menawarkan area wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga, atau teman-teman sekantor untuk melepas penat. Hal ini karena banyak penginapan yang bisa disewa untuk beristirahat. Saat sore hari Anda akan mendapatkan panorama senja yang sangat mempesona. Semburat oranye membias di tengah laut, memperlihatkan siluet kapal-kapal yang berlabuh.

Lokasi: Kec. Soropia, Kab. Konawe.

7. Danau Biru Kolaka

Danau Biru Kolaka
Image Credit: Ksmtour.com

Di daerah Kabupaten Kolaka Utara terdapat wisata bahari istimewa, yaitu Danau Biru Kolaka. Danau ini terbentuk secara alami dengan kedalaman sekitar tujuh meter. Di dalamnya terdapat berbagai spesies ikan, yang menjadi daya tarik untuk akitivitas snorkeling para wisatawan. Warna permukaannya biru jernih hingga bias matahari bisa terlihat sampai ke dalam danau.

Menurut cerita terdahulu sebelum terbentuk danau, area ini merupakan sebuah hutan lebat. Kemudian Putri Raja Mokole sering berkunjung dan menyendiri di daerah tersebut, lalu menjelma menjadi Danau Biru Kolaka. Jaraknya sekitar 12 meter dari bibir pantai Laut Kolaka, dan hanya dipisah oleh dinding tebing yang sangat tinggi.

Tidak hanya aktivitas snorkeling, ada pula penyewaan perahu untuk mengelilingi kawasan danau. Anda juga bisa mengambil foto dengan latar tebing, gradasi warna tebing dan birunya danau membuat hasil jepretan tampak sempurna. Area wisata ini bisa menjadi liburan singkat Anda untuk sekedar melepas jenuh, sebab di dukung suasana alamnya yang menenangkan.

Lokasi: Walasiho, Kec. Wawo, Kab. Kolaka Utara.

8. Pulau Nirwana

Pulau Nirwana
Image Credit: Facebook.com @amirsyah.oke

Saat Anda menginjakkan kaki di Kota Bau-Bau, rasanya Pulau Nirwana sayang untuk dilewatkan. Pulau elok ini memiliki julukan sebagai surga dunia karena panorama alamnya sangat cantik. Tidak sulit untuk mencapai tempat wisata ini sebab jaraknya lumayan dekat dari pusat kota. Apalagi fasilitasnya sudah lengkap dan modern, sehingga pengunjung akan semakin betah.

Pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang, jadi tidak perlu khawatir apabila ingin berenang di sini. Seperti aktivitas di pantai pada umumnya, wisatawan juga bisa menyelami keindahan dunia bawah laut. Masalah peralatan selam tidak usah bingung karena pihak pengelola menyediakan penyewaan. Anda bisa menyewanya sesuai dengan hitungan jam sewa.

Jika enggan untuk berbasah ria, Anda bisa duduk santai di pinggir pantai sembari minum es kelapa. Atau menikmati santapan seafood yang dijual di beberapa warung sepanjang bibir pantai. Menjelang sore hari Anda akan tersihir dengan pemandangan matahari tenggelam. Apabila ingin menambah liburan Anda bisa menyewa homestay yang tersebar di sekitar pantai.

Lokasi: Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau.

9. Pulau Batu Atas

Pulau Batu Atas
Image Credit: Instagram.com @alionardd

Wisata bahari Sulewesi Tenggara ini memiliki biota laut yang jarang ditemui di tempat lain. Salah satu yang menjadi favorit ialah terumbu karangnya yang sangat terawat. Sehingga tidak heran apabila banyak menemukan spesies ikan disini. Tak ayal Pulau Batu Atas menjadi destinasi populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara.

Anda disarankan untuk berkunjung pada bulan-bulan tertentu yaitu April, September, dan Oktober. Pada bulan-bulan tersebut Anda dapat menyaksikan pemandangan paling indah di Pulau Batu Atas. Namun di luar dari waktu tersebut, Anda tetap bisa menikmati keelokan panorama destinasi ini. Apalagi momen matahari terbit yang menjadikan liburan semakin lengkap.

Luas hamparan pasirnya agak sempit, namun masih bisa dijadikan tempat untuk bersantai di tepi pantai. Sore hari menjadi waktu yang tepat untuk duduk menyendiri di area pantai. Angin sepoi-sepoi akan menenangkan suasana hati Anda yang sedang gundah. Anda juga dapat menjadikannya tujuan destinasi untuk mengadakan liburan singkat.

Lokasi: Wacuala, Kec. Batu Atas, Kab. Buton.

10. Pantai Kendari

Pantai Kendari
Image Credit: Citilink.co.id

Berangkat dari Kota Kendari Anda menempuh perjalanan sekitar dua jam. Barulah sampai di daerah Kendari Barat, di sanalah terdapat Pantai Kendari yang sering menjadi buah bibir. Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota menjadikan kawasan ini terbebas dari asap polusi. Begitu memasuki area pantai Anda akan disambut dengan angin semilir dan aroma khas laut.

Pantai Kendari menyuguhkan suasana yang syahdu, sekaligus panorama pantai yang sangat menakjubkan. Anda bisa datang kesini dengan mengajak keluarga atau teman-teman. Sambil mengadakan piknik kecil di pinggir pantai, sembari bermain-main di atas hamparan pasir putih. Menyewa perahu nelayan bisa menjadi pilihan untuk menjelajahi destinasi wisata di sekitar pantai.

Lokasi: Jl. Sultan Hasanuddin No.27, Punggaloba, Kec. Kendari Barat, Kota Kendari.

Itulah beberapa wisata bahari yang menarik Anda kunjungi di Sulawesi Tenggara. Sesekali cobalah untuk berlibur menikmati suasana alam yang mengagumkan. Anda bisa menjadikan destinasinya sebagai tempat untuk refreshing sementara. Melihat keindahan lautan sembari menikmati suasana tenang dan damai. Sudahkah Anda tertarik untuk berkunjung?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending