5 Wisata Pantai di Banjarmasin yang Paling Hits

Wisata Pantai Banjarmasin

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Populer di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Objek Wisata Bahari yang Kaya Pesona, Eksotis dan Paling Hits yang Menarik Anda Eksplor untuk Liburan yang Berkesan.

Banjarmasin yang berada di Kalimantan Selatan, kerap dijuluki sebagai kota seribu sungai. Daerah ini memang diapit Sungai Martapura dan Sungai Barito, sehingga Banjarmasin kaya akan wisata alam. Tak hanya sungai, ibu kota dari Kalimantan Selatan tersebut juga memiliki destinasi wisata pantai yang hits dan sangat layak untuk Anda kunjungi baik di akhir pekan maupun ketika musim liburan tiba. Berikut daftar pantai terindah di Banjarmasin yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Takisung

Pantai Takisung
Image Credit: Twitter.com @kalimantanber

Wisata bahari pertama yang sangat populer di Banjarmasin yaitu Pantai Takisung. Pantai satu ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat Kalimantan Selatan, terutama warga Tanah laut, Banjarmasin, Banjarbaru dan sekitarnya. Lokasinya sendiri memang berada di daerah Tanah Laut, sehingga penduduk dari Tanah Laut memang yang paling banyak berkunjung kemari.

Selain masyarakat sekitar, Pantai Takisung juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari luar daerah. Baik itu dari dalam negeri, maupun wisatawan yang berasal dari luar negeri. Bahkan pada akhir pekan, Anda bisa melihat puluhan pengunjung memadati lokasi pantai. Jumlah tersebut terus meningkat ketika musim liburan tiba.

Kepopuleran dari Pantai Takisung sendiri tidak lepas dari keindahan yang ditawarkan oleh objek wisata tersebut. Tidak main main, destinasi ini menyuguhkan panorama alam yang sangat mempesona dan menawan. Mulai dari hamparan pasir putihnya yang begitu bersih dan halus, air lautnya yang berwarna biru jernih, hingga pohon kelapa yang menjulang tinggi di tepian.

Selain itu sarana dan prasarana yang ditawarkan oleh Pantai Takisung juga cukup memadai. Anda bisa melakukan banyak aktivitas pantai di sini, seperti menyewa perahu untuk berkeliling, mencoba banana boat, hingga berenang dengan menggunakan pelampung atau ban yang disewakan di pantai. Penginapan pun tersedia cukup banyak di sekitar lokasi pantai.

Jadi bagi Anda yang berkunjung dari luar kota dan ingin menikmati suasana indah senja di Pantai Takisung tidak perlu khawatir. Anda bisa bermalam di sekitar pantai, dan terus menikmati indahnya pantai tersebut di sore hari tanpa takut pulang terlalu malam. Penginapan yang tersedia di sekitar pantai juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Takisung, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

2. Pantai Angsana

Pantai Angsana
Image Credit: Twitter.com @ehindonesia

Berikutnya ada Pantai Angsana yang tidak kalah populer dari Pantai Takisung. Pantai satu ini merupakan primadona baru yang ada di Kalimantan Selatan. Untuk berkunjung ke destinasi satu ini, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan dari arah kota Banjarmasin. Dan sepanjang perjalanan tersebut Anda bisa menikmati sejuknya daerah Angsana tersebut.

Sesampainya di lokasi pantai, Anda akan disuguhi pesona alam yang begitu memukau siapapun yang melihatnya. Dengan suasana yang damai, Anda bisa menikmati indahnya hamparan pasir putih yang kontras dengan laut biru. Dimana keduanya berpadu dengan hutan sawit lebat di sekeliling pantai, yang membuat daerah tersebut semakin terasa sejuk.

Jadi meski cuaca di Banjarmasin sedang sangat panas ketika Anda berkunjung ke Pantai Angsana, namun rindangnya pepohonan sawit membuat wilayah pantai tersebut menjadi tidak panas. Keberadaan dari pepohonan ini juga membuat suasana sore hari di Pantai Angsana menjadi lebih indah. Dimana cahaya senja yang melewati celah celah pohon membuatnya tampak eksotis.

Selain keindahan alam yang ditawarkan oleh Pantai Angsana, para pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang disediakan. Di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di air, seperti berenang, snorkeling, scuba diving, dan lain sebagainya. Sebab banyak warga lokal yang menyediakan persewaan alat alat tersebut.

Tidak ketinggalan pula, di Pantai Angsana juga terdapat cukup banyak warung makan yang menjajakan aneka kuliner. Tentunya kuliner laut seperti ikan, udang, cumi cumi, kerang, dan lain sebagainya bisa Anda temukan dengan mudah. Tidak hanya lezat, aneka olahan kuliner laut tersebut juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau dan tidak membuat kantong jebol.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sawit KM.8, Bunati, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

3. Pantai Joras

Pantai Joras
Image Credit: Google Maps (Danny Sadega)

Satu lagi pantai yang ada di daerah Tanah Laut yaitu Pantai Joras, yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Apabila Anda ingin berkunjung ke pantai yang memiliki vibe hampir sama dengan lokasi syuting drama korea Goblin yaitu Pantai Jumunjin, maka di Pantai Joras ini Anda bisa mendapatkannya. Dimana terdapat dermaga yang seolah menuju lautan, bisa Anda temukan.

Dermaga tersebut menjadi salah satu tempat favorit bagi para pengunjung untuk berfoto ria. Selain dermaga, adanya mercusuar yang pembangunannya tidak terselesaikan menjadi salah satu daya tarik dari pantai tersebut. Banyak pengunjung yang memanfaatkan bangunan mercusuar sebagai salah satu spot foto instagramable yang kekinian.

Mercusuar yang memiliki tinggi kurang lebih 20 meter tersebut, mampu menampung berat maksimal 7 orang dewasa. Jadi apabila Anda ingin berfoto di atas mercusuar, pastikan untuk mengantre dan tidak melebihi batas maksimal. Sebab apabila melebihi batas, ditakutkan mercusuar yang sudah tua tersebut bisa roboh dan bisa membahayakan Anda.

Di samping dermaga dan mercusuar yang banyak diburu oleh para pengunjung, Pantai Joras sendiri memiliki keindahan tersendiri yang berasal dari pasir pantai serta air lautnya. Dimana pasir putihnya memiliki butiran yang sangat lembut dan tidak menusuk di kaki, sedangkan air lautnya sangat jernih dan mampu menggoda Anda untuk segera menceburkan diri ke dalamnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jorong, Kec. Swarangan, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

4. Pantai Asmara

Pantai Asmara
Image Credit: Google Maps (Nolianto Ananda)

Anda ingin melewatkan liburan romantis bersama dengan pasangan ? Maka Pantai Asmara bisa menjadi pilihan yang tepat. Nama dari pantai ini sendiri sebenarnya merupakan akronim dari Asam Asam Muara, namun karena terdapat tulisan LOVE warna warni di tengah pantai, banyak yang mengira dari sanalah asal usul nama Pantai Asmara tersebut.

Tulisan LOVE yang berada di tengah tengah pantai ini menjadi salah satu daya tarik, dan banyak diburu oleh para wisatawan. Banyak pasangan yang juga mengabadikan momen romantis mereka pada spot foto instagramable tersebut. Selain dapat berfoto ria, pengunjung juga bisa menyewa kano dan menjelajah di sekitar pantai.

Naik kano ketika senja bisa menjadi salah satu kegiatan romantis yang dapat Anda lakukan bersama dengan pasangan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ketika berada di atas kano tersebut, sebab cahaya jingga dari matahari terbenam yang menjadi latar belakangnya bisa membuat potret Anda semakin apik dan begitu eksotis.

Hal lain yang unik dari Pantai Asmara yaitu Anda bisa menemukan dermaga mini yang terbuat dari kayu ketika berkunjung kemari. Dermaga mini tersebut juga banyak digunakan oleh pengunjung untuk berfoto bersama teman dan keluarga. Lalu pengelola pantai juga sudah menyediakan cukup banyak gazebo di tepian, yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat.

Selain karena berbagai fasilitas dan keunikan yang ada di Pantai Asmara ini, para pengunjung yang datang ke lokasi juga banyak memburu keindahan dari pantai tersebut. Dimana pasir pantai yang dimilikinya terasa begitu halus dan lembut, serta air laut yang begitu jernih dengan ombak yang cukup tenang sehingga Anda bisa puas bermain air di sana.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Muara Asam Asam, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

5. Pantai Gedambaan

Pantai Gedambaan
Image Credit: Instagram.com @ari_hdn

Terakhir ada Pantai Gedambaan yang tidak kalah indah dan populer dari pantai pantai yang lainnya. Objek wisata yang memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 1 kilometer ini, menawarkan pemandangan indah yang mampu menghipnotis siapapun yang berkunjung ke sana. Dengan menyusuri garis pantai tersebut, Anda bisa melihat dengan jelas pesona dari Pantai Gedambaan.

Di siang hari, Anda bisa melihat bagaimana pasir putihnya yang sangat bersih tampak seolah berkilauan ketika tertimpa sinar matahari. Sedangkan jika Anda berkunjung kemari ketika sore hari, maka cahaya jingga dari matahari terbenam yang semakin meninggalkan area pantai membuat semburat yang kontras di laut biru sehingga terlihat sangat eksotis.

Jadi kapanpun Anda berkunjung ke Pantai Gedambaan, tidak sedikitpun mengurangi keindahan dari pantai tersebut. Selain itu fasilitas yang ditawarkan oleh wisata bahari satu ini juga sudah cukup lengkap, karena pengelola wisata daerah Pantai Gedambaan banyak melakukan perbaikan untuk memanjakan para pengunjungnya.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Pantai Gedambaan di antaranya yaitu tempat parkir yang memadai, toilet dan kamar bilas, cottage, kolam renang air tawar, playground untuk tempat bermain anak anak, camping ground, serta rumah makan yang menyediakan aneka kuliner seafood. Anda para pecinta kuliner laut wajib untuk mencoba makanan yang dijajakan di Pantai Gedambaan ini.

Selain fasilitas yang sudah disebutkan tersebut, masih ada fasilitas pendukung lainnya yang akan membuat Anda semakin nyaman. Bagi Anda yang beragama Islam tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke pantai pada saat masuk waktu sholat. Sebab di pantai ini juga menyediakan mushola yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan ibadah.

Harga Tiket: Rp 11.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Banjarmasin memang sudah lama terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah dan mempesona, termasuk juga pada wisata bahari yang dimiliki oleh daerah tersebut. Deretan pantai di kota seribu sungai ini, masing masing menawarkan keindahan serta keunikannya tersendiri yang wajib untuk Anda jelajahi. Tertarik untuk berkunjung ke pantai di Banjarmasin?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending