10 Wisata Pantai di Gresik yang Paling Hits

Wisata Pantai Gresik

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Gresik, Jawa Timur. Destinasi Wisata Bahari yang Kaya Pesona, Populer dan Terhits yang Cocok Dijadikan Tujuan Liburan Anda Selanjutnya.

Berlibur ke kota industri sering kali dipandang sebagai tempat yang kurang menyenangkan karena hanya ada gedung gedung perkantoran atau pabrik. Hal tersebut melekat erat di kota Gresik yang terkenal sebagai kota industri. Kota ini tak hanya cocok untuk para pekerja keras yang mengadu nasib, tetapi juga menawarkan keindahan wisata bahari yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut deretan wisata pantai terbaik dan paling hits di Gresik yang harus dikunjungi bersama orang tercinta untuk liburan yang lebih berkesan.

1. Pantai Ria

Pantai Ria
Image Credit: Ihategreenjello.com

Berada di area Sangkapura yang termasuk pulau Bawean membuat pantai ini sangat indah dan wajib dikunjungi oleh wisatawan Gresik. Tempat ini menyuguhkan panorama paduan antara wisata bahari Klayar dan Pantai Ria yang ada di Pandeglang. Anda akan menikmati sajian pantai yang sangat berbeda daripada di tempat lain. Pada umumnya, pantai memiliki pasir berwarna putih yang lembut dan ombak yang menyapu daratan dengan sangat kencang.

Lain halnya dengan objek satu ini, karena ombaknya sangat tenang dan adanya batu karang berwarna hitam yang megah. Tak hanya megah, tetapi juga menjulang tinggi menunjukkan kekokohan serta keindahan pada setiap pengunjung yang datang. Ombak yang tenang jadi tempat yang tepat untuk mencari ikan dan kekayaan bahari lainnya. Tak heran, tempat ini jadi salah satu spot pengolahan ikan dan rumput laut yang sangat digemari oleh banyak orang dari luar kota.

Lokasi: Dekatagung, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

2. Pantai Delegan

Pantai Delegan
Image Credit: Maps.google.com @den dik

Sebelumnya diberi nama dengan pantai Wisid, tetapi tidak terlalu terdengar gaungnya di telinga masyarakat. Hingga akhirnya namanya pun diubah menjadi Delegan tanpa alasan yang jelas, tetapi membawa dampak yang sangat positif. Tak hanya berubah nama, wisata bahari satu ini juga ditata ulang agar tata letaknya jauh lebih baik dan menarik wisatawan lebih banyak. Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang ingin melihat pesona alam bahari satu ini.

Lokasi tepatnya, Delegan berada di perbatasan kota Gresik dan Lamongan sehingga dekat dari dua arah kota tersebut. Daya tarik utama dari tempat ini, yaitu memiliki pasir putih di sepanjang bibir pantai dan gulungan ombak yang cukup tenang sehingga aman untuk anak anak. Para pengunjung bisa bermain pasir di pinggir pantai, berenang, atau sekadar duduk di warkop yang ada di tepi pantai. Kawasan ini cocok bagi Anda yang ingin melepas penat sejenak.

Lokasi: Rejodadi, Delegan, Campurejo, Kec. Panceng, Kab. Gresik.

3. Pantai Ngemboh

Pantai Ngemboh
Image Credit: Gresik24jam.org

Tempat satu ini memiliki sederet keindahan yang tidak bisa dibantah, sehingga jadi destinasi yang kerap dikunjungi masyarakat. Tak hanya dari dalam kota, tetapi juga berasal dari luar kota Gresik. Pantai Ngemboh memiliki panorama yang sangat terkenal ditambah lokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau. Hal itulah yang menjadi alasan utama banyak orang yang tertarik dengan wisata bahari di Ujungpangkah yang sering kali ramai saat Ramadhan tiba.

Ramadhan adalah momen penting bagi umat Islam, tetapi tampaknya waktu itu jadi momen spesial bagi semua orang. Pasalnya, pantai ini jadi sangat ramai pengunjung karena banyak pedagang yang menjajakan takjil di sepanjang lokasi ini. Menikmati takjil ditemani debur ombak dan panorama matahari tenggelam jadi momen spesial bersama orang terkasih. Tak heran, tempat ini banyak muda mudi yang menghabiskan waktu ngabuburit bersama teman atau kekasihnya.

Lokasi: Ngemboh, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik.

4. Pulau Noko

Pulau Noko
Image Credit: Youtube.com @aristiyo resmana

Pulau Noko jadi salah satu keindahan yang ditawarkan oleh Gresik ke setiap pengunjung yang datang. Anda tidak perlu khawatir untuk berlibur di kota yang cukup panas ini karena tidak mungkin bosan karena wisata baharinya sangat menawan. Pulau satu ini berada tak jauh dari Gili Bawean yang terkenal sangat indah. Seakan tak mau kalah, Noko memiliki air laut berwarna biru dan pasir putih halus yang menghiasi sepanjang bibir pantai yang indah.

Menariknya, Anda bisa menginap di kawasan ini sembari berburu sunset dan sunrise yang tiada duanya. Menariknya, pengalaman ini akan semakin lengkap bila ditambah dengan menyantap ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Bagi para pecinta snorkeling, area ini jadi spot yang sangat tepat karena ombaknya begitu tenang. Berburu keindahan biota laut dapat Anda lakukan termasuk swafoto di kedalaman air laut, tentu harus dengan alat yang memadai.

Lokasi: Pamona, Sidogedungbatu, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

5. Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar
Image Credit: Gresikkab.go.id

Tampaknya jadi pulau yang sangat sepi dari pengunjung patut disandang oleh Pulau Noko Selayar ini. Anda dapat menikmati panorama yang tiada duanya untuk melepas penat atau sekadar melipir dari padatnya perkotaan. Pantai yang ada di kawasan pulau Bawean ini jadi salah satu destinasi yang cocok untuk berlibur di akhir pekan bersama orang terdekat. Anda akan disuguhi pasir putih lembut dan air laut yang jernih sebening kaca.

Alasan yang menyebabkan pantai ini cukup sepi pengunjung, yaitu akses menuju ke lokasi yang terbatas. Pasalnya, para pengunjung harus naik perahu motor selama kurang lebih 20 menit dari labuhan Bawean. Meskipun mobilitasnya cukup sulit, tetapi Anda tidak akan menyesal menempuh jalan yang jauh. Aktivitas yang bisa dilakukan beragam, yaitu mulai dari snorkeling, diving, bahkan hunting foto di berbagai spot alami untuk koleksi foto di Instagram.

Lokasi: Bawean, Sungairujing, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

6. Ayang Ayang Benteng Mengare Exotic

Ayang Ayang Benteng Mengare Exotic
Image Credit: Mytrip.co.id

Destinasi wisata satu ini cukup digemari banyak orang karena memiliki ciri khas yang beda daripada tempat lainnya. Anda akan disuguhi hamparan pasir berwarna putih yang dihiasi kumpulan cangkang kerang. Hal tersebut membuktikan bahwa pantai ini memiliki banyak kekayaan alam biota yang patut dilestarikan. Para pengunjung dapat mengumpulkan kerang untuk dikoleksi atau sekadar penghias akuarium, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Objek wisata bahari yang berada di kawasan Bukit Jamur ini termasuk salah satu pulau yang tidak dihuni oleh masyarakat. Tak heran, kondisi alam sekitarnya masih sangat asri dan tidak banyak sampah di sana sini. Wisatawan yang datang diharapkan dapat menjaga kelestarian alam dan kebersihan agar tidak terkontaminasi. Meskipun tidak ada penghuni, tetapi wisata ini telah menyediakan fasilitas umum yang cukup memadai dari segi kebersihan, toilet, dan tempat parkir pengunjung.

Lokasi: Tanjung Widoro, Kec. Bungah, Kab. Gresik.

7. Pantai Kerang Kering

Pantai Kerang Kering
Image Credit: Umroh.com

Bagi yang tidak memiliki kendaraan atau sulit akses ke tempat wisata yang jauh, maka tidak perlu khawatir. Saat ini telah tersedia wisata di kawasan pusat kota yang dapat dikunjungi bersama keluarga atau teman dekat. Kebomas jadi area yang bisa Anda kunjungi dengan mudah karena aksesnya cukup banyak, yaitu mulai dari roda dua hingga roda empat. Anda juga tak perlu khawatir mengenai kontur jalan karena telah tertata dan aman dilalui oleh sepeda motor.

Daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata satu ini cukup menarik, yaitu hutan bakau yang ada di sekitar pantai. Hutan mangrove ini dibangun untuk mencegah terjadinya abrasi yang mampu menggerus wilayah daratan akibat aktivitas di pantai. Air laut mampu memicu penggerusan daerah daratan, sehingga wilayah bibir pantai akan semakin sempit.

Pembangunan hutan bakau ini selain memiliki fungsi yang besar, bermanfaat pula jadi salah satu spot cantik di pantai Kerang kering. Di area pohon bakau ini dibangun jembatan dari kayu yang tampak ikonik dan cocok jadi spot instagramable. Anda bisa berswafoto sembari menunggu matahari kembali ke peraduannya untuk mengabadikan momen spesial di jembatan yang tampak seperti dermaga ini.

Lokasi: Jl. Kapten Darmo Sugondo, Karang Kering, Kec. Kebomas, Kab. Gresik.

8. Pantai Mombhul

Pantai Mombhul
Image Credit: Gresikkab.go.id

Tergolong sebagai salah satu destinasi baru di Kota Gresik, pantai Mombhul tampaknya sangat digemari oleh para wisatawan. Tak hanya libur panjang atau akhir pekan, pantai ini juga ramai pengunjung di hari efektif kerja. Hal tersebut tidak lepas dari keindahan alam dan wahana yang ditawarkan oleh pengelola kepada setiap pengunjung yang datang. Destinasi yang hits ini memiliki waterboom kolam asin yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya.

Waterboom yang biasanya memakai air biasa, maka kali ini para pengunjung memiliki salah satu pengalaman unik yang tak akan terlupakan. Seakan tidak cukup, wisata ini juga telah memiliki tempat penangkaran penyu untuk melestarikan hewan yang mirip kura kura ini. Saat ini tidak perlu jauh jauh ke Bali, sebab Gresik telah memiliki sederet wisata alam yang sangat menarik untuk di eksplor lebih jauh terkait kekayaan alam dan penangkaran penyu.

Lokasi: Jl. Raya Bawean, Kec. Tambak, Kab. Gresik.

9. Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara
Image Credit: Tempatwisata.pro

Masih berada di kawasan Bawean, Pantai Mayangkara tampaknya diminati oleh banyak orang baik dari luar maupun dalam kota Gresik. Lokasinya sangat strategis dan mudah untuk dicari, yaitu 500 meter dari jalan raya. Oleh sebab itu, Anda bisa memakai kendaraan roda dua atau empat untuk mempermudah mobilitas pulang dan pergi. Keindahan alam di area ini diklaim menyerupai pantai yang ada di Thailand atau pulau Bali yang terkenal sangat indah.

Daya tarik utama dari spot yang tergolong unik ini, yaitu pohon yang ada di tepi pantai. Banyak orang yang mengabadikan momen di salah satu spot ikonik ini, sebab jadi salah satu koleksi foto Instagram yang menarik. Bagi para wisatawan yang datang ke tempat ini diharapkan memesan satu kamar penginapan karena berlibur sehari di sini terasa tidak lengkap. Liburan Anda akan semakin lengkap sambil menikmati sore bahkan malam hari di sini.

Lokasi: Diponggo, Kec. Tambak, Kab. Gresik.

10. Pantai Kuburan Panjang

Pantai Kuburan Panjang
Image Credit: Wisatagresikblog.wordpress.com

Seperti namanya, tampaknya lokasi satu ini sangat sakral dan cukup mengandung nilai mistis di dalamnya. Tak heran masyarakat setempat menjadikan salah satu destinasi terbaik di Gresik ini sebagai wisata keramat. Anda akan melihat kuburan panjang yang dipercaya sebagai makam pengawal Aji Saka yang sangat terkenal di Bawean. Tak hanya memiliki nilai mistis, lokasi ini juga sangat kental dengan nilai historisnya.

Daya tarik dari lokasi ini sangat unik, yaitu terdapat dua sisi pantai yang terpisah daratan yang berupa kuburan. Dua sisi pantai ini memiliki karakter yang berbeda, yaitu ombak tenang di satu sisi dan ombak kencang di sisi yang lain. Oleh sebab itu, pengunjung wisata ini mendapat pengalaman di dua karakter pantai yang berbeda dalam satu paket liburan. Anda tidak perlu lagi membayar ganda untuk mendapatkan pengalaman liburan berbeda.

Lokasi: Lebak, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

Berlibur ke Gresik tak lengkap bila tidak mencicipi keindahan wisata bahari dari pulau Bawean yang terkenal sangat eksotis. Terdapat 10 wisata pantai menarik di Gresik yang mampu memanjakan wisatawan, baik dari dalam maupun dalam kota. Beberapa destinasi ada di pusat kota, sehingga tidak memerlukan biaya tinggi untuk berkunjung ke tempat tersebut. Anda juga tidak perlu menempuh perjalanan yang jauh untuk berlibur bersama orang terdekat.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending