10 Wisata Pantai di Kendari yang Paling Indah

Wisata Pantai Kendari

Tertarik Liburan di Pantai? Periksa Daftar Wisata Pantai Populer di Kendari, Sulawesi Tenggara. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Terhits yang Menarik Dijelajahi Saat Liburan.

Kendari merupakan ibukota dari Sulawesi Tenggara sekaligus menjadi salah satu kota terbesar di Pulau Sulawesi. Mayoritas wilayah Kendari masih ditumbuhi oleh hutan alam dan memiliki perairan luas. Hampir keseluruhan perairannya masih alami dan punya magis tersendiri. Mulai dari air laut biru, hamparan pasir putih, hingga dunia bawah laut yang memanjakan mata.

Keunggulan tersebut menjadikan kota besar ini mempunyai beragam wisata pantai yang memanjakan mata. Penasaran apa saja destinasi bahari yang menawan ini? Berikut daftar wisata pantai favorit di Kendari yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Labengki

Pantai Labengki
Image Credit: Twitter.com @maxonemks

Berangkat dari Kota Kendari menuju Kabupaten Konawe Utara, tepatnya di Desa Labengki Anda akan menemukan surga tersembunyi. Begitu menginjakkan kaki di sini Anda akan menyaksikan lautan biru yang mempesona. Paduan antara warna hijau dan biru tosca selalu berhasil membuat para wisatawan berdecak kagum. Tidak heran mengapa tempat ini begitu populer hingga ke mancanegara.

Pantai ini dikelilingi oleh lima pulau besar yaitu Labengki Kecil, Labengki Besar, Alnamira, Tukoh Kulay, dan Mauang. Di Labengki Kecil Anda akan menjumpai suku Bajo yang terkenal dengan keramahannya. Bahkan masyarakat di sana menyambut wisatawan dengan penuh suka cita. Sedangkan di Labengki Besar terdapat Laguna Blue Lagoon yang airnya berwarna hijau toska.

Tidak hanya keindahan di atas air saja yang ditawarkan, namun keindahan bawah air Pantai Labengki tak boleh dilewatkan. Di dalam perairan ini hidup berbagai biota laut yang masih terjaga sisi alaminya. Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling atau menyelam untuk menyaksikan sendiri keindahannya. Selain itu Anda juga bisa memancing di sini sebab banyak spesies ikan yang bisa ditangkap.

Lokasi: Labengi, Kec. Lasolo, Kab. Konawe Utara.

2. Pantai Bokori

Pantai Bokori
Image Credit: Instagram.com @yustan24_

Letak pantai ini berada di depan Tanjung Soropia, yang menawarkan keindahan dari wisata bahari di Kendari. Untuk mencapai Pantai Bakori Anda bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Kendari. Setelah itu menempuh waktu 30 menit menuju perkampungan Bajo, selanjutnya masih menyewa perahu nelayan menuju Pantai Bokori selama 3 jam perjalanan.

Setelah tiba di Pantai Bokori Anda akan menjumpai view perkampungan milik nelayan setempat. Uniknya rumah-rumah nelayan tersebut didirikan di atas air, sehingga memberikan spot pemandangan yang menarik. Tak hanya itu saja, hamparan pasir putihnya sangat luas dengan ombak yang tenang. Suasana inilah yang membuat para wisatawan betah dan berlibur dengan aman.

Apabila kurang puas menjelajahi pantai indah di Kendari ini, Anda bisa menambah waktu liburan disini. Soal penginapan tidak perlu khawatir karena destinasi ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas. Mulai dari resort, penginapan, sport zone, kantin, toilet, hingga area gazebo. Uniknya gazebo disini terhubung satu sama lain karena adanya jembatan diantara rimbunan mangrove.

Lokasi: Kec. Soropia, Kab. Konawe.

3. Pantai Nambo

Pantai Nambo
Image Credit: Detik.com

Para wisatawan kerap menunjuk Pantai Nambo sebagai tempat wisata paling favorit. Pasalnya pantai ini memiliki hamparan pasir putih sepanjang 300 meter, dan tekstur pasirnya sangat lembut. Suasana lingkungannya damai dipadu dengan ombak yang tenang serta air yang jernih. Sehingga pengunjung betah untuk berenang dan bermain air di laut ini.

Selain bermain air laut, Anda bisa duduk bersantai sembari menikmati hembusan angin sepoi-sepoi. Apabila datang berkelompok mungkin voli pantai bisa menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan hari di Pantai Nambo. Menjelang waktu penutup hari Anda akan menyaksikan pesona sunset terbaik di Kota Kendari.

Lokasi Pantai Nambo juga dekat dengan pemukinan nelayan, jadi memungkinkan Anda untuk melihat aktivitas nelayan saat hendak melaut. Pada waktu tertentu biasanya ada pelelangan ikan hasil tangkapan. Dari sini Anda bisa membeli ikan laut dengan harga murah dan terjamin kualitasnya.

Lokasi: Nambo, Kec. Abeli, Kota Kendari.

4. Pantai Tanjung Taipa

Pantai Tanjung Taipa
Image Credit: Facebook.com @utiket

Salah satu keunikan dari wisata pantai ini ialah aneka jenis mangga yang bisa dinikmati saat berkunjung. Karena melimpahnya mangga disini menjadi alasan mengapa wisata ini diberi nama Taipa yang berarti mangga. Disini Anda juga bisa menemukan burung maleo yang merupakan endemik asli dari Sulawesi Tenggara.

Sebagian kawasan Pantai Tanjung Taipa cukup landai, membuat Anda bisa berenang atau bermain air di laut. Hamparan pasir putihnya membentang luas, serta bagian tepinya dipenuhi oleh deretan pohon nyiur. Di bawah pohon tersebut didirikan gazebo agar wisatawan bisa beristirahat, sembari menikmati makanan khas daerah setempat bernama gogos.

Lokasi: Taipa, Kec. Lembo, Kab. Konawe Utara.

5. Pantai Tomia

Pantai Tomia
Image Credit: Twitter.com @ochiichy

Pantai ini terkenal dengan keragaman terumbu karang yang tumbuh subur. Aneka biota lautnya merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Kedua keunggulan tersebut cukup menjadi alasan mengapa Pantai Tomia selalu diburu oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Anda bisa membuktikannya lewat aktivitas snorkeling dan bertemu berbagai spesies ikan.

Selain pemandangan bawah laut yang menawan, panorama alam yang disajikan juga begitu mempesona. Dengan hamparan pasir putih bersih dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Anda pun bebas berlarian di atas pasirnya tanpa khawatir terluka karena adanya karang-karang kecil. Ditambah nuansa syahdu yang dihadirkan Pantai Tomia membuat Anda betah berlama-lama disini.

Lokasi: Kec. Tomia, Kab. Wakatobi.

6. Pantai Toronipa

Pantai Toronipa
Image Credit: Ksmtour.com

Posisi Pantai Toronipa menghadap langsung ke Laut Banda, membuatnya memiliki bentangan laut yang laus. Hamparan pasir putihnya membentang sekitar 4 kilometer di seluruh teluk. Menjadikan wisata bahari di Kendari ini mampu menampung banyak pengunjung. Salah satu alasan pula mengapa Toronipa menjadi wisata favorit dan jarang sepi wisatawan.

Bisa dikatakan bahwa pantai ini menjadi jujukan liburan sempurna untuk anggota keluarga. Pasalnya beberapa fasilitas lengkap tersedia disini, mulai dari area penginapan hingga warung-warung penjual kuliner laut. Anda bisa mengajak rombongan untuk bermain voli pantai atau bermain banana boat. Sehingga liburan kali ini memberikan momen yang paling mengasyikkan.

Mendekati waktu senja Anda diajak untuk menyaksikan pesona magis dari matahari terbenam. Letaknya yang berada di ujung timur teluk membuat Pantai Toronipa menjadi lokasi terbaik untuk melihat sunset dan sunrise. Jika terlalu malam untuk kembali ke kota, Anda bisa menginap di salah satu penginapan yang tersedia.

Lokasi: Toronipa, Kec. Soropia, Kab. Konawe.

7. Pantai Senja

Pantai Senja
Image Credit: Instagram.com @andini_risyaa

Dari pusat Kota Kendari Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 45 menit, menuju ke Kabupaten Konawe Selatan. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, menjadikan pantai ini ramai wisatawan setiap liburan. Sesampainya di lokasi wisata Anda disuguhi dengan pemandangan pantai yang memukau. Dan dikelilingi oleh tebing-tebing karang serta pepohonan hijau.

Sesuai dengan namanya, pesona dari Pantai Senja bisa dilihat ketika matahari tenggelam. Tidak dapat dipungkiri bahwa semburat senja yang memancar, mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya. Warna oranye keemasan tampak menarik dan kerap dijadikan background foto instagramable. Belum lagi siluet-siluet kapal yang ditunjukkan membuatnya semakin menawan.

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualangan, Anda bisa mendaki area perbukitan di sekitar Pantai Senja. Dari atas bukit tersebut Anda dapat melihat keindahan pantai secara keselurahan. Bahkan momen matahari terbenam terasa begitu apik bila dilihat dari atas bukit ini.

Lokasi: Wawatu, Kec. Moramo Utara, Kab. Konawe Selatan.

8. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Image Credit: Indonesiakaya.com

Wisata bahari ini memiliki keunikan berupa warna pantainya yang terdiri dari tiga jenis yaitu putih, biru, dan hijau. Perpaduannya membuat Pantai Nirwana mempunyai level keindahan tersendiri. Sesuai dengan arti namanya yang bermakna surga, karena memang di kawasan ini Anda akan menemukan surga dunia yang sebenarnya.

Suasana pantai sangat damai dengan pepohonan rimbun, serta kombinasi semilir angin dan terik matahari khas daerah tropis. Deburan ombaknya pun sangat tenang bahkan tidak ada karang, cocok untuk Anda yang memiliki hobi diving. Deretan pohon kelapa turut menghiasi bibir pantai menambah momen liburan semakin berkesan.

Lokasi: Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau.

9. Pantai Hari

Pantai Hari
Image Credit: Twitter.com @iman37861533

Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan dan keindahan dari Pantai Hari. Alhasil kondisi alamnya masih asri dan bersih karena belum ada jejak para wisatawan. Disini Anda bisa melihat langsung keistimewaan Pantai Hari berupa air laut yang jernih. Saking beningnya Anda dapat melihat gugusan karang yang cantik, serta ikan kecil yang berenang kesana-kemari.

Bukan hanya itu saja, hamparan pasir putihnya membentang luas sekaligus bersih dan lembut. Pulau tak berpenghuni ini juga dikelilingi oleh hutan-hutan kecil yang membuat suasana semakin asri. Anda dapat menikmati berbagai aktivitas disini, mulai dari snorkeling hingga berkeliling di kawasan hutan.

Lokasi: Kec. Soropia, Kab. Konawe.

10. Pantai Binongko

Pantai Binongko
Image Credit: Instagram.com @amalhermawan

Destinasi ini memiliki keistimewaan berupa keindahan bawah lautnya yang mengagumkan. Disini banyak hidup biota laut yang jarang ditemui di perairan lain, seperti nemo dan ikan-ikan hias. Apalagi terumbu karang yang tumbuh di Pantai Binongko mempunyai bentuk yang unik. Sehingga tidak heran apabila kawasan ini sering menjadi sasaran lokasi diving dan snorkeling.

Di Pantai Binongko Anda juga melihat beberapa perahu nelayan berjajar di tepi pantai. Anda bisa menyewa perahu tersebut untuk berkeliling di area lautan. Sembari menikmati hembusan angin yang sejuk dan suasana yang syahdu. Mendekati waktu senja segera merapat ke bibir pantai, untuk menanti momen sang cakrawala yang akan terbenam.

Lokasi: Kab. Wakatobi.

Saat berkunjung ke Kendari kurang lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke wisata baharinya. Anda akan dibuat terpesona dengan keelokan panorama alam, dan mendapatkan banyak momen tak terlupakan. Rata-rata wisata pantai di Kendari menawarkan suasana damai dan syahdu, cocok bagi Anda yang ingin refreshing sejenak dari rutinitas monoton.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending