10 Wisata Pantai di Palu yang Paling Indah

Wisata Pantai Palu

Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Populer di Palu, Sulawesi Tengah. Objek Wisata Bahari Eksotis, Terindah & Terhits yang Menarik Anda Kunjungi untuk Liburan Seru.

Indonesia yang dikelilingi oleh lautan luas memungkinkan tanah air ini memiliki pantai pantai yang mempesona. Hal inilah yang nantinya juga bisa Anda temukan di Palu, Sulawesi Tengah yang menawarkan banyak pantai menawan. Untuk Anda pecinta bahari, deretan wisata pantai terindah di Palu berikut wajib untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Pantoloan

Pantai Pantoloan
Image Credit: Twitter.com @edo_vandals

Kondang akan keberadaan Pelabuhannya, Anda bisa menjadikan Pantai Pantoloan ini sebagai wisata bahari di Palu sebagai tujuan pertama. Menjadi pantai yang menghubungkan dengan pulau lainnya, Anda akan dibuat terpana dengan keindahannya. Bagaimana tidak, perpaduan laut biru dengan gugusan pegunungan di belakangnya akan memanjakan mata Anda.

Pantai satu ini sangat cocok untuk Anda yang memang ingin menenangkan diri. Suasananya yang tenang dan jauh dari keramaian akan membuat Anda bisa menikmati panoramanya sepuasnya. Jangan lupakan untuk mengambil beberapa gambar kekinian untuk diunggah di media sosial Anda. Pantai Pantoloan selain memiliki nama yang mudah diingat, juga mudah dijangkau.

Lokasi: Pantoloan, Kec. Palu Utara, Kota Palu.

2. Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang
Image Credit: Indonesiakaya.com

Petualangan Anda menjelajahi bahari kota Palu masihlah belum berakhir, bahkan bisa dikatakan sebagai awal. Pantai Tanjung Karang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata bahari selanjutnya. Layaknya namanya, pantai satu ini memang memiliki banyak terumbu karang. Mengingat lokasinya memang berada di Teluk Palu, membuat keindahannya tak bisa diragukan.

Begitu Anda tiba, Anda akan disajikan pemandangan laut tenang lengkap dengan ombak yang menjilat pasir putihnya. Bagi Anda yang menyukai kegiatan snorkeling, Anda bisa menjelajah bawah lautnya yang menawan. Airnya yang jernih semakin menambah jelas pemandangan di bawah laut. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling jika memang tidak membawa.

Bagi Anda yang tidak mahir snorkeling, Anda bisa memanfaatkan wahana scuba divingnya. Perahu yang memang dirancang untuk menilik indahnya bawah laut ini, akan melewati banyak rute menarik. Bukan hanya bawah lautnya yang memukau, permukaan lautnya juga siap untuk memanjakan penglihatan Anda.

Untuk menuju pantai ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 km. Jalanan yang harus Anda takhlukkan tidaklah sulit, bahkan bisa dikatakan mulus. Keindahan Tanjung Karang di malam hari juga akan sayang untuk dilupakan. Pesona dari Tanjung Karang ini menjadikan pantai satu ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat musim liburan.

Lokasi: Labuan Bajo, Kec. Banawa, Kab. Donggala.

3. Pantai Taipa

Pantai Taipa
Image Credit: Instagram.com @loveisthesaddestthing

Pantai Taipa yang dalam bahasa setempat berarti buah mangga, wajar jika Anda bisa menemukan berbagai jenis mangga. Apalagi ketika musim mangga, Anda bisa menemukan mangga yang banyak berbuah. Terlepas dari namanya, Anda sebenarnya akan mendapatkan pengalaman sekaligus pemandangan yang menakjubkan.

Jika Anda pernah mendengar bahwa Sulawesi surganya bahari, maka Anda bisa membuktikannya dengan mengunjungi pantai Taipa. Pantai satu ini terkenal dengan panorama bawah lautnya yang susah untuk ditawar. Hanya dengan snorkeling atau diving sejauh 50 meter dari bibir pantai, Anda sudah akan melihat keindahan bawah lautnya.

Selain menjelajah bawah lautnya, lembutnya pasir putih serta airnya yang jernih akan menyambut Anda pertama kali. Bersantai sembari menikmati semilir angin lengkap dengan suara debur ombak adalah yang terbaik. Memandang jauh ke sekeliling, Anda akan menikmati megahnya Gunuh Gawalise dari kejauhan yang semakin membuat Pantai Taipa begitu indah.

Hanya menempuh waktu sekitar 30 menit dari Bandara Mutiara Palu, Anda sudah bisa menikmati suasana pantai khas negara tropis yang begitu mempesona. Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, taksi atau ojek bisa dijadikan tunggangan ke Pantai Taipa. Berbagai fasilitas andalan juga turut dihadirkan di Pantai cantik satu ini.

Lokasi: Taipa, Kec. Palu Utara, Kota Palu.

4. Pantai Kaluku

Pantai Kaluku
Image Credit: Facebook.com @infopalu

Masih belum berakhir, perjalanan Anda menjelajah keindahan bahari akan berlanjut. Palu yang jika dilihat dari atas memiliki bentuk U ini memang dikelilingi oleh lautan. Wajar jika daerah yang menjadi bagian dari Sulawesi Tengah ini memiliki banyak pantai cantik. Salah satunya yang tak kalah populer adalah Pantai Kaluku yang juga tak kalah terkenal.

Yang menjadi daya tarik utama pantai ini adalah pantainya yang asri dan juga begitu tenang. Sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan bermain di pantai yang seperti milik pribadi. Tempatnya yang masih terjaga, lengkap dengan pasir pantai keemasan begitu diterpa matahari akan sangat mengagumkan.

Deretan pohon kelapa di pinggir pantai juga turut menambah keeksotisan dari pantai ini. Garis pantainya yang cukup lebar bisa dijadikan tempat melakukan berbagai aktivitas menarik. Mulai dari berjemur, hingga bermain volly atau aktivitas menarik lainnya. Setelah lelah melakukan banyak aktivitas Anda bisa bersantai di gazebo gazebo yang disewakan.

Lokasi: Limboro, Kec. Banawa Tengah, Kab. Donggala.

5. Pantai Sivalenta

Pantai Sivalenta
Image Credit: Instagram.com @youth.htuoy

Pantai Sivalenta bisa Anda jadikan tujuan wisata bahari selanjutnya untuk membuat perjalanan wisata Anda makin lengkap. Mendengar namanya, nuansa romantis memang akan langsung mengguar. Mengunjungi pantai ini, Anda berkesempatan untuk berlibur di pantai yang masih terjaga keasrian dan keindahannya.

Hamparan pasir putih bersih lengkap dengan airnya yang jernih adalah perpaduan yang sempurna. Menyambut Anda dan seakan meminta Anda untuk segera beraktivitas. Pantai Sivalenta memiliki ombak yang sedang, sehingga masih terbilang aman untuk berenang atau bermain air di tepiannya. Para pengunjung bahkan tidak bisa melewatkan aktivitas ini.

Selepas Anda bermain air, Anda bisa bersantai di tepi pantai atau berburu foto kekinian. Jika Anda memiliki waktu yang panjang, menunggu hingga matahari tenggelam bukanlah ide yang buruk. Warna jingga di ufuk ini akan membuat suasana romantis terasa begitu kental. Pastikan saat sunset, Anda masih memiliki daya untuk memotret keindahannya.

Lokasi pantai ini tidak begitu jauh dari kota Palu, Anda membutuhkan sekitar 2 jam perjalanan. Medan yang menantang memang harus ditakhlukkan, tetapi semuanya akan terbayar lunas dengan keindahannya. Pantai Sivalente menjadi salah satu pantai yang tidak boleh Anda lewatkan.

Lokasi: Lompio, Kec. Sirenja, Kab. Donggala.

6. Pantai Tambu

Pantai Tambu
Image Credit: Instagram.com @ragilticilius

Bersantai di tepi pantai memang menjadi salah satu aktivitas yang menggiurkan. Anda bisa mengunjungi Pantai Tambu sebagai tempat selanjutnya untuk bersantai. Pantai dengan pasir keemasan ini merupakan spot yang banyak digunakan untuk berburu sunset. Tak jarang bahkan Anda yang mengadakan pemotretan prewedding.

Pengunjung yang datang di pantai cantik ini memang tidak banyak yang menghabiskan waktu lama. Rata rata hanya datang untuk mengambil beberapa gambar kemudian pergi. Dengan begitu Anda bisa merasakan nuansa pantai yang tenang. Bersantai dengan mendengarkan suara ombak dan semilir angin, dijamin akan menghempas semua penat Anda.

Lokasi: Mapane Tambu, Kec. Balaesang, Kab. Donggala.

7. Pantai Boneoge

Pantai Boneoge
Image Credit: Detik.com

Pantai selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Boneoge. Pantai yang bersih dan memiliki pasir putih ini menjadi salah satu yang akan membuat perjalanan bahari Anda semakin lengkap. Tak membutuhkan waktu lama yakni sekitar 45 menit, Pantai Boneoge adalah pantai yang tak kalah indah dengan pantai yang ada di Bali.

Jejerapan pohon kelapa yang berbaris rapi adalah hal pertama yang akan menyambut Anda. Perahu perahu nelayan yang bersandar di tepi pantai juga turut hadir membuat suasana pantai tropisnya begitu kental. Pantai yang dianugrahi pasir putih dan air bening ini akan menjadi tempat hunting yang begitu pas. Anda tak akan menyesal telah mengunjungi tempat satu ini.

Lokasi: Boneoge, Kec. Banawa, Kab. Donggala.

8. Pusat Laut Donggala

Pusat Laut Donggala
Image Credit: Twitter.com @beritaaustralia

Destinasi satu ini bisa dijadikan sebagai alternatif jika Anda ingin menjajal wisata bahari yang berbeda. Pusat Laut Donggala sendiri bisa Anda tempuh dengan mudah, sekitar 1 jam saja dari pusat kota Palu. Dinamakan sebagai Pusat Laut Donggala karena memang berbentuk layaknya sumur yang ada di laut. Memiliki lebar kurang lebih 10 meter Anda akan merasakan pengalaman baru.

Berenang di sumur ini pasti akan membuat semua penat yang ada hilang. Airnya yang jernih ini bahkan tidak akan pernah keruh sekalipun banyak yang berenang. Pasang surut airnya sendiri akan mengikuti dari pasang surut air laut. Anda bisa mengapung di atas sumur ini, mengingat air yang ada merupakan air asin.

Lokasi: Desa Towale, Kec. Banawa Tengah, Kab. Donggala.

9. Pantai Labuana

Pantai Labuana
Image Credit: Indonesiakaya.com

Hamparan pasir putih akan menyambut Anda begitu menginjakkan kaki di Pantai Labuana. Pantai ini memang cukup jauh dari pusat kota, tapi tenang saja pemandangan yang disajikan akan membayar lelah Anda. Pantainya yang bersih dan terawat dengan ombak yang tak terlalu deras memang sangat cocok untuk habiskan liburan bersama dengan keluarga.

Lokasi: Lende, Kec. Sirenja, Kab. Donggala.

10. Pantai Lutungan

Pantai Lutungan
Image Credit: Google Maps (Agnes Vivo)

Pantai Lutungan akan melengkapi perjalanan bahari Anda, berada di Pulau Lutungan keindahannya akan menyihir Anda. Pulau ini tidaklah jauh, hanya membutuhkan 25 menit saja dari pusat kota Palu. Bersantai di tepi pantai yang memiliki pasir putih ini tentunya begitu menggiurkan. Yang jelas Pantai Lutungan menjadi tempat yang cocok mengusir segala lelah.

Lokasi: Nalu, Kec. Baolan, Kab. Toli-Toli.

Itulah beberapa wisata pantai terbaik di Palu dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi. Aksesnya yang tak terlalu sulit tentunya akan memanjakan wisatawan yang datang. Pantai pantai yang masih terjaga keasriannya ini tentunya juga membutuhkan langkah bijak Anda. Dengan tidak meninggalkan sampah ketika berkunjung, akan membuatnya tetap cantik dan bersih.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending