10 Wisata Pantai di Pontianak yang Paling Hits

10 Wisata Pantai di Pontianak yang Paling Hits

Ingin Berlibur ke Pontianak? Periksa List Wisata Pantai Populer di Pontianak, Kalimantan Barat. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis, Hits dan Paling Terkenal Disinggahi oleh Para Wisatawan.

Bisa dibilang bahwa liburan merupakan masa yang paling dinanti nanti oleh banyak orang. Hal ini tidak lain karena pada masa itu, Anda bisa menghabiskan waktu di salah satu destinasi wisata Pontianak yang paling populer bersama orang tersayang. Dijuluki sebagai kota Khatulistiwa, kota ini memang menyuguhkan beragam wisata bahari yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Berikut deretan wisata pantai terindah di Pontianak yang bisa Anda pilih saat liburan.

1. Pantai Lemukutan

Pantai Lemukutan Pontianak
Image Credit: Twitter.com @setiawanjody55

Ingin habiskan masa liburan di Pontianak? Tak perlu khawatir, Pantai Lemukutan ini bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda. Tatkala Anda berkunjung kesini, Anda akan disuguhkan dengan keindahannya yang sangat alami. Apalagi masyarakat sekitar yang sangat ramah, mampu membuat suasana pantai menjadi lebih tenang dan nyaman.

Tentunya hal ini membuat para pelancong betah dan ingin berlama lama disini. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa merasakan udara sejuk yang berasal dari hembusan angin pantai serta pepohonan yang berada di sekeliling pantai. Tak ayal jika banyak para pengunjung yang datang kesini hanya untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

Hal unik yang bisa Anda dapatkan ketika bertandang ke sini, yaitu warna air lautnya yang sering berubah ubah. Mulai dari coklat, hijau, biru, hijau tua, hingga biru bening. Keunikan inilah yang membuat para pelancong dari luar daerah rela jauh jauh pergi hanya untuk menyaksikannya secara langsung. Selain keindahan dari atas permukaan laut, Anda pun bisa menikmati keindahan bawah lautnya.

Harga Tiket: Rp 229.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Lemukutan, Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

2. Pantai Kijing

Pantai Kijing
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Destinasi wisata bahari selanjutnya yang patut untuk dikunjungi yaitu Pantai Kijing. Meski berlokasi cukup tersembunyi, namun hal ini tidak menghalangi para pelancong untuk mengunjunginya. Bahkan tidak jarang terdapat pengunjung yang berasal dari luar daerah, hanya untuk menikmati keindahan yang disuguhkan oleh destinasi wisata bahari satu ini.

Karena lokasinya yang tersembunyi, membuat Pantai Kijing miliki suasana tenang dan damai. Belum lagi dengan kondisi pantai yang masih sangat bersih, mampu membuat siapa saja yang datang berkunjung menjadi nyaman dan betah berlama lama. Udara pantainya yang masih terasa alami dan sejuk, memang sangat cocok digunakan untuk menenangkan pikiran.

Tatkala Anda mau berkunjung kesini, disarankan untuk menggunakan transportasi pribadi. Pasalnya, jarak dari kota menuju Pantai Kijing terbilang cukup jauh dan tidak ada angkutan umum. Saat menginjakkan kaki di kawasan pantai ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat khas. Dimana terdapat hamparan pasir putih dengan deburan ombak yang bergulung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Pontianak, Kalimantan Barat.

3. Pantai Sawi

Pantai Sawi
Image Credit: Twitter.com @aviastar1

Bosan dengan destinasi wisata yang ramai? Tenang, Anda masih bisa berkunjung ke salah satu pantai di Pontianak yang bernama Pantai Sawi. Bisa dibilang pantai satu ini masih tergolong perawan, yang dihiasi dengan hamparan pasir putih nan lembut lengkap dengan pemandangan yang eksotis. Bahkan laut birunya yang membentang luas, mampu menghipnotis siapa saja kala memandangnya.

Memang pada awalnya pantai ini tidak dihuni oleh seorang pun. Jadi tidak heran bila kondisinya masih sangat asri dan alami. Namun seiring berjalannya waktu tepatnya di tahun 2016, Pantai Sawi mulai banyak dikunjungi oleh para pelancong. Bila bertandang ke sini, Anda akan menemukan jajaran pohon kelapa yang sangat indah dan rindang.

Menikmati masa liburan disini, tidak akan lengkap jika belum bersama orang tersayang. Pasalnya, Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur yang sangat berbeda ketika menginjakkan kaki disini. Apalagi dengan ombaknya yang tenang, Anda bisa menghabiskan waktu berenang atau sekadar bermain air di salah satu pantai cantik Pontianak ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sei Tengar, Kec. Kendawangan, Kab. Ketapang, Kalimantan Barat.

4. Pantai Sungai Kinjil

Pantai Sungai Kinjil
Image Credit: Facebook.com @borneoketapang

Tidak dapat dipungkiri lagi, jika menghabiskan waktu liburan dikala akhir pekan memang terasa mengasyikkan. Apalagi bila bersama dengan anggota keluarga ataupun para sahabat. Salah satu destinasi wisata yang tidak pernah luput dikala musim liburan tiba yaitu pantai. Maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi pantai bernama Pantai Sungai Kinjil di Pontianak ini.

Perlu Anda ketahui, bahwa wisata bahari satu ini menyuguhkan panorama yang memanjakan mata. Berkat deburan ombaknya yang begitu tenang dan tidak menggebu, membuat pantai ini sangat cocok digunakan sebagai destinasi wisata saat akhir pekan ataupun musim liburan. Hal menarik dari pantai ini yaitu pemandangan matahari terbenamnya yang mampu menghipnotis siapa saja.

Untuk bisa mencapai wisata ini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam dari pusat kota. Begitu menginjakkan kaki, Anda akan disuguhkan dengan panorama yang begitu menakjubkan. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai secara langsung, melalui jembatan kayu yang memang sengaja dibangun oleh para pengelola.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Kinjil, Kec. Benua Kayong, Kab. Ketapang, Kalimantan Barat.

5. Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau Datok
Image Credit: Wikipedia.org

Menjadi salah satu destinasi wisata bahari populer di Pontianak, Pantai Pulau Datok memang menawarkan keindahan yang tidak terkalahkan dengan lainnya. Karena pantai ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, sehingga membuat suasananya menjadi lebih sejuk dan asri. Jadi tidak heran jika banyak sekali pengunjung yang betah untuk berlama lama di Pantai Pulau Datok.

Apalagi dengan lokasinya yang sangat strategis, membuat Pantai Pulau Datok selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong. Berkat ombaknya yang tenang, anak anak dan orang dewasa bisa bermain sepuasnya di pinggiran pantai. Bahkan tidak jarang pula memanfaatkannya untuk berenang. Hamparan pasirnya yang begitu luas, terkadang digunakan sebagai lahan untuk piknik bersama orang tersayang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pampang Harapan, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara, Kalimantan Barat.

6. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura
Image Credit: Twitter.com @modelkita

Banyak orang yang menganggap bahwa Pantai Kura Kura merupakan destinasi wisata bahari terindah yang terdapat di Pontianak. Hal ini dikarenakan Pantai Kura Kura memiliki pasir putih nan bersih serta deburan ombaknya yang tenang dibandingkan pantai lainnya. Bahkan menurut pendapat masyarakat sekitar, dulunya pantai ini dipenuhi oleh pepohonan yang sangat lebat dan rindang.

Namun seiring berjalannya waktu, pepohonan tersebut ditebang dan hanya menyisakan rerumputan dan semak semak saja. Meskipun begitu, Pantai Kura Kura tetap menjadi tempat wisata paling populer di kalangan para wisatawan yang datang ke Pontianak. Karena letaknya yang berada di balik bukit, jadi tidak perlu heran bila menemui bebatuan di beberapa sudutnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

7. Pantai Batu Nenek

Pantai Batu Nenek
Image Credit: Facebook.com @ivan.koerniady

Berbeda dengan pantai pada umumnya, destinasi wisata bernama Pantai Batu Nenek ini merupakan gugusan bebatuan raksasa. Meskipun begitu, salah satu pantai di Pontianak ini masih memiliki hamparan pasir putih nan bersih. Ditambah lagi dengan laut birunya yang sangat menggoda bagi siapa saja yang melihatnya untuk bisa terjun ke dalamnya.

Hebatnya lagi, air lautnya tersebut sangatlah jernih apalagi dikala sinar matahari memantulkan cahayanya. Anda akan melihat layaknya ada kristal yang berada di dalam lautan. Tidak sedikit pula orang yang mengatakan bahwa Pantai Batu Nenek, memiliki pemandangan yang serupa dengan Pulau Belitung. Bila ingin mengunjungi pantai ini, waktu yang paling tepat yaitu dikala air laut sedang surut.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas, Kalimantan Barat.

8. Pantai Air Mata Permai

Pantai Air Mata Permai
Image Credit: Tribunnews.com

Tak kalah menariknya dengan Pantai Kura Kura, destinasi wisata bahari satu ini juga telah tersohor sebagai pantai terindah di Pontianak. Hamparan pasir putih nan bersihnya, membuat pemandangan pantai menjadi sangat sempurna. Ternyata tak hanya pasir putih saja, Pantai Air Mata Permai juga dilengkapi dengan flora dan fauna yang sangat menarik.

Tidak heran jika banyak orang yang berdatangan ke pantai ini, hanya untuk menyaksikan secara langsung keindahan pantai dengan vegetasinya. Tatkala berkunjung kesini, Anda akan menjumpai kurang lebih 27 jenis burung yang terbang dengan bebas di area pantai. Hebatnya lagi, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya dengan perlengkapan yang disediakan pengelola.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Awan Kanan, Kec. Muara Pawan, Kab. Ketapang, Kalimantan Barat.

9. Pantai Pasir Mayang

Pantai Pasir Mayang
Image Credit: Twitter.com @firgian_dine

Bosan dengan suasana perkotaan yang membuat pikiran carut marut? Tak perlu khawatir, cobalah untuk bertandang ke salah satu destinasi wisata bahari di Pontianak bernama Pantai Pasir Mayang. Disini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah, yang mampu menghilangkan penat selama beraktivitas seharian di perkotaan.

Tak hanya itu saja, Anda juga akan menjumpai hamparan pasir putih dengan susunan batuan berukuran besar yang sangat menarik. Tidak sedikit pelancong yang bertandang kesini khususnya para remaja, hanya untuk memotret keindahan yang diciptakan oleh pantai satu ini. Apalagi dikala matahari akan terbenam, panorama yang diciptakan mampu menghipnotis siapa saja yang memandangnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pampang Harapan, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara, Kalimantan Barat.

10. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang Singkawang
Image Credit: Facebook.com @berita-singkawang

Menjadi pantai satu satunya di kawasan Selat Nasik, Pantai Pasir Panjang menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda layaknya pantai umumnya. Pasalnya, destinasi wisata ini terletak di balik hutan sehingga diperlukan usaha yang cukup keras untuk bisa menjangkaunya. Meskipun begitu, usaha Anda akan terbayar lunas dengan keindahan yang ditawarkannya.

Tatkala menginjakkan kaki disini, Anda akan menjumpai hal yang sangat unik yaitu pasirnya bertekstur keras. Kondisi pasir yang tidak dimiliki oleh pantai pada umumnya ini, menjadikan daya tarik tersendiri. Selain itu, Pantai Pasir Panjang juga dikelilingi oleh perbukitan sehingga membuatnya memiliki pemandangan yang sangat meneduhkan mata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Memang rutinitas wajib dikala musim liburan tiba ialah bertandang ke salah satu destinasi wisata yang dapat menenangkan pikiran. Apalagi jika Anda berkunjung bersama dengan orang tersayang, pastinya pengalaman berlibur menjadi lebih mengasyikkan lagi. Untuk itu, tidak ada salahnya jika mencoba berkunjung ke salah satu wisata pantai di Pontianak yang disebutkan diatas.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending