15 Wisata Pantai di Sukabumi yang Paling Hits

Wisata Pantai Sukabumi

Tertarik Liburan di Pantai? Periksa Daftar Wisata Pantai Favorit di Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis & Paling Hits untuk Liburan yang Seru dan Berkesan.

Saat berkunjung ke Jawa Barat, Anda bisa mampir sejenak ke daerah Sukabumi. Hal ini dikarenakan wilayah tersebut memiliki keindahan pantai yang memesona dan memanjakan mata. Selain itu, dengan lokasinya yang lumayan dekat dari ibukota, membuat wisata pantai di Sukabumi ramai dikunjungi oleh pelancong.

Ada banyak jenis pantai dengan beragam keunikan tersendiri yang bisa Anda temukan disini. Pantai apa saja yang menarik? Berikut deretan wisata pantai terindah di Sukabumi yang bisa Anda pilih saat berkunjung.

1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Wisatabagus.com

Wisata pantai pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Ujung Genteng. Di daerah satu ini memang terkenal memiliki banyak wisata bahari dengan suasana yang memukau. Pantai ini menyuguhkan bentang alam berupa air yang jernih dilengkapi dengan pasir putih yang bisa Anda gunakan untuk bersantai. Karena airnya yang jernih, Anda pun akan bisa melihat biota laut yang indah.

Mulai dari kepiting kecil, ikan berwarna warni, bintang laut dan juga rumput laut yang berada di batu karang. Untuk Anda yang ingin berenang, maka Anda pun disarankan untuk lebih berhati hati. Hal ini dikarenakan ombak yang ada di pantai ini cukup besar. Selain itu, puing puing dermaga peninggalan zaman Belanda akan menjadi pemandangan yang bisa Anda dapatkan ketika berada di Pantai Ujung Genteng.

Lokasi: Jl. Kelapa Condong, Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

2. Pantai Panganten

Pantai Panganten
Image Credit: Kurniayusup.blogspot.com

Setelah melihat indahnya Pantai Ujung Genteng, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Panganten. Pantai satu ini juga sering kali disebut dengan Pantai Pamunguan. Letaknya yang berdekatan dengan Ujung Genteng, membuat Anda bisa berwisata ke dua pantai indah sekaligus. Panganten sendiri dalam Bahasa Sunda memiliki arti yakni pengantin atau dua orang.

Penamaan tersebut dikarenakan pada pantai ini, terdapat dua pulau kecil dengan memiliki bentuk yang serupa. Sehingga, pantai yang memiliki pasir hitam ini memiliki nama Panganten. Pantai ini menyuguhkan panorama yang eksotis lengkap dengan pepohonan yang ada di tepi pantai. Karena lokasinya yang apik, banyak pula orang yang menggunakan pantai ini sebagai lokasi untuk pre wedding.

Lokasi: Purwasedar, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

3. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan
Image Credit: Instagram.com @freewillworld

Masih di daerah Sukabumi, Anda juga bisa melihat surga bahari lainnya yang tak kalah elok. Salah satunya adalah Pantai Pangumbahan yang memiliki pemandangan indah, terutama di saat sunset. Hal yang menjadi daya tarik dari pantai indah ini adalah adanya penangkaran penyu. Sehingga, banyak wisatawan yang sengaja datang untuk melihat telur penyu yang sedang menetas dan dilepas ke perairan. Bahkan pelancong juga bisa untuk melakukan pelepasan penyu tersebut.

Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

4. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh
Image Credit: Hotelmurah.com

Berjarak lumayan dekat dengan Pantai Pangumbahan, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Ombak Tujuh. Ada berbagai cara yang bisa Anda tempuh ketika ingin sampai kesini, mulai berkendara dengan motor ataupun menggunakan kapal dari Pantai Ujung Genteng. Dinamakan Pantai Ombak Tujuh dikarenakan pantai ini memiliki tujuh gulungan ombak sebelum sampai ke bibir pantai.

Ombak yang ada di pantai ini, umumnya memiliki tinggi hingga mencapai 6 meter. Dengan kondisi tersebut, maka tentu saja pantai ini sangat cocok digunakan untuk berselancar. Oleh sebab itu, meskipun letaknya agak tersembunyi, pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan mulai dari peselancar lokal hingga asing, kerap kali terlihat mengunjungi tempat ini untuk berselancar.

Lokasi: Samudra Hindia, Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

5. Pantai Minajaya

Pantai Minajaya
Image Credit: Mediaindonesia.com

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, pantai ini juga terletak dekat dengan perkampungan nelayan. Sehingga, kamu pun bisa melihat lebih dekat bagaimana kegiatan nelayan setiap harinya. Karena berdekatan dengan kampung nelayan, Anda pun bisa membeli hasil laut berupa udang dan ikan yang segar di perkampungan satu ini.

Selain itu, pantai ini pun merupakan salah satu lokasi yang menjadi tempat pencarian lobster dan rumput laut. Pantai yang unik ini juga memiliki banyak sekali bebatuan yang ditumbuhi oleh rumput laut. Sehingga, bagi Anda yang melihatnya dari kejauhan, maka akan tampak pemandangan hijau yang sangat cantik. Jika Anda berkunjung kesini, tunggulah hingga matahari terbenam. Pasalnya, panorama sunset yang indah bisa Anda dapatkan disini.

Lokasi: Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

6. Pantai Karang Sari

Pantai Karang Sari
Image Credit: Wikipedia.org

Pemandangan pegunungan yang indah bisa Anda nikmati saat mengunjungi pantai satu ini. Meskipun merupakan pantai yang tersembunyi, Anda akan mudah menemukan lokasi dari Pantai Karang Sari. Karena, letaknya berdekatan dengan Terminal Pelabuhan Ratu. Disini, Anda bisa melakukan banyak aktivitas air yang mampu untuk melepas penat dan stres.

Mulai dari boogie board, banana boat, arung gelombang dan juga kayak layar bisa Anda lakukan di tempat ini. Selain itu, bagi Anda yang memiliki hobi berselancar maka wisata ini akan menjadi lokasi yang tepat. Sebab, Pantai Karang Sari memiliki ombak yang cukup tinggi. Sehingga akan sangat disukai oleh peselancar pemula maupun yang telah profesional.

Lokasi: Pelabuhanratu, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

7. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu
Image Credit: Tempatwisata.pro

Berlanjut ke destinasi pantai lainnya, Pantai Karang Hawu dapat menjadi wisata yang menawarkan keindahan lain. Dengan adanya kumpulan batu yang menjorok ke laut, Anda pun akan bisa menikmati panorama yang unik. Ditambah lagi, pada sebelah kiri Anda pun akan bisa melihat batu karang serta bukit yang menjadi tempat dimakamkannya salah satu penyebar agama Islam yakni Raden Cengkal dan Dikudratullah.

Sedangkan untuk sisi lainnya, Anda akan bisa melakukan banyak aktivitas air yang akan membuat Anda ketagihan. Mulai dari memancing, berenang, hingga hanya bersantai untuk menikmati pemandangan alam yang indah. Tak hanya itu saja, fasilitas yang ada di wisata ini juga cukup lengkap sehingga Anda bisa menemukan warung, tempat makan hingga penginapan.

Lokasi: Caringin, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

8. Pantai Citepus

Pantai Citepus
Image Credit: Gloob-online.com

Memiliki lokasi yang strategis yakni di tepi jalan raya, membuat Pantai Citepus menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dengan ombak yang cukup besar dan pasir putihnya yang luas, membuat Anda bisa menikmati pemandangan dengan bersantai di tempat ini. Meskipun memiliki ombak yang besar, akan tetapi Anda tetap diperbolehkan untuk berenang tidak terlalu jauh dari tepi pantai.

Panorama indah yang tak boleh Anda lewatkan ketika berada di Pantai Citepus adalah momen sunset yang wajib Anda tunggu. Pasalnya, semburat warna oranye yang perlahan menghilang akan menjadi hal yang sangat mengagumkan. Selain itu, lengkapnya fasilitas yang ada di pantai akan mampu menunjang pelancong selama liburan. Mulai adanya mushola, toilet hingga warung makan dan penginapan yang ada di sekitar pantai akan memanjakan pengunjung yang berwisata.

Lokasi: Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

9. Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan
Image Credit: Backpackology.me

Berkunjung ke pantai yang sepi menjadi salah satu cara untuk menenangkan diri. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berada di Sukabumi, maka Pantai Cipanarikan adalah lokasi yang tepat. Hal ini dikarenakan Anda akan langsung disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat memukau dan luar biasa. Anda pun bisa berenang di tepi pantai dan bersantai hingga menikmati momen sunset ketika berwisata disini.

Lokasi: Gunungbatu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

10. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
Image Credit: Travelblog.id

Deretan bebatuan yang cantik, sudah pasti akan Anda temukan saat berkunjung ke Pantai Cimaja. Batu dengan berbagai macam ukuran, akan tertata sangat apik sehingga bisa menjadi spot foto kekinian yang bisa Anda unggah di media sosial. Bukan hanya itu saja, bagi Anda yang menyukai kegiatan berselancar maka Anda bisa berkunjung kesini karena memiliki ombak yang cukup besar.

Lokasi: Cimaja, Kec. Cikakak, Kab. Sukabumi.

11. Pantai Cikembang

Pantai Cikembang
Image Credit: Senengpiknik.com

Memiliki air yang jernih menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Cikembang. Hal ini dikarenakan Anda akan menemui pantai dengan air berwarna biru lengkap dengan bebatuan kecil yang ada di pinggir pantai. Sebelum memasuki pantai ini, Anda pun akan berjumpa dengan perkampungan nelayan. Anda nantinya juga akan melihat banyak peselancar berada di lokasi ini.

Hal ini dikarenakan ombak yang ada di Pantai Cikembang cukup bagus untuk dijadikan berselancar. Selain itu, suasana yang teduh dan sejuk juga bisa Anda rasakan saat berada disini. Pasalnya, adanya pepohonan rindang yang mengelilingi pantai satu ini akan membuat Anda betah untuk berlama lama berwisata di tempat satu ini. Karena berdekatan dengan kampung nelayan, maka Anda juga bisa menikmati olahan laut yang segar.

Lokasi: Jl. Pantai Cikembang, Pasir Baru, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

12. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi
Image Credit: Smanistravelers.blogspot.com

Pantai satu ini sangat bagus untuk Anda kunjungi di pagi hari. Hal ini dikarenakan air laut masih belum pasang, sehingga akan menjadi lokasi yang tepat untuk menyambut indahnya hari. Dengan adanya bukit berupa rumput yang luas, tebing tinggi dan karang yang bolong akan membuat Anda bisa mendapatkan deretan foto menarik saat berada di tempat satu ini.

Lokasi: Cicaladi, Sukatani, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

13. Pantai Cibangban

Pantai Cibangban
Image Credit: Damanmaulana.blogspot.com

Pantai sepi lainnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Sukabumi adalah Pantai Cibangban. Daya tarik yang dihadirkan oleh wisata bahari ini adalah pasir yang hitam dan juga air laut yang sangat jernih. Selain itu, ketika mengajak si kecil maka Pantai Cibangban menjadi lokasi yang aman, terutama bagi Anda yang ingin berenang. Bentang alam yang indah juga akan bisa Anda nikmati saat berkunjung kesini.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok-Pelabuhanratu, Pasir Baru, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

14. Pantai Batu Naga

Pantai Batu Naga
Image Credit: Penjajakata.com

Dinamakan Pantai Batu Naga dikarenakan wisata ini memiliki batuan yang terbentuk dari hasil sedimentasi batu dengan usia jutaan tahun. Untuk itu, lokasi ini juga sering kali dikunjungi oleh peneliti, mahasiswa dan juga wisatawan. Selain keunikan tersebut, pantai ini juga memiliki panorama sunset yang sangat cantik. Sehingga banyak orang yang mengambil foto saat berkunjung kesini.

Lokasi: Cikahuripan, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

15. Pantai Amandaratu

Pantai Amandaratu
Image Credit: Surade.co.id

Deretan pantai cantik lainnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Sukabumi adalah Pantai Amandaratu. Wisata ini sekilas mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Hal ini lantaran adanya pulau kecil yang berada di tengah perairan. Pemandangan yang indah dan adanya gazebo akan melengkapi kunjungan Anda ketika berada di destinasi wisata ini.

Selain disuguhkan dengan pemandangan alam yang menawan, Anda juga akan terbius dengan panorama matahari terbit dan juga terbenamnya di tempat satu ini. Untuk itu, Anda bisa bermalam di Amandaratu Resort, sehingga Anda akan bisa mendapatkan kedua momen bergulirnya matahari yang indah tersebut. Tentu saja Anda akan betah dan tidak ingin beranjak.

Lokasi: Jl. Raya Ujung Genteng, Purwasedar, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

Itulah deretan pantai indah yang ada di Sukabumi. Bagi Anda yang masih bingung mengunjungi tempat mana saja, tentu saja salah satu pantai tersebut dapat menjadi rujukan untuk Anda. Tak hanya itu saja, wisata yang indah tersebut tentunya dapat menjadi tempat untuk melepas lelah akan rutinitas kantor dan aktivitas padat yang Anda jalani setiap hari.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending