14 Wisata Pantai di Trenggalek yang Paling Hits

14 Wisata Pantai di Trenggalek yang Paling Hits

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terbaik di Trenggalek, Jawa Timur. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Terhits yang Patut Anda Kunjungi untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Trenggalek merupakan salah satu daerah yang berlokasi di bagian pesisir selatan Provinsi Jawa Timur. Memiliki letak geografis yang berhadapan dengan Samudera Hindia, menjadikan daerah Trenggalek memiliki sederet wisata pantai yang eksotis dan cantik. Wisata pantai menjadi salah satu wisata yang banyak digemari oleh masyarakat, ketika lelah dengan hiruk pikuk perkotaan. Penasaran dengan wisata pantai yang ada di Trenggalek? Yuk simak ulasan berikut.

1. Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso
Image Credit: Liburmulu.com

Wisata pantai yang pertama, yaitu Pantai Karanggongso, yang terletak paling dekat dengan pusat kota Trenggalek. Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja menggunakan kendaraan bermotor untuk menuju pantai satu ini. Saat pertama kali memasuki area pantai, Anda akan disambut dengan pemandangan pantai nan cantik yang dihiasi dengan pohon cemara dan kelapa di sekelilingnya.

Suasana khas pantai, nyiur melambai, serta deburan ombak yang tenang membuat Pantai Karanggongso menjadi tempat yang sangat hits dikunjungi para wisatawan, termasuk warga Trenggalek sendiri. Tak hanya berenang dan bermain pasir putih yang memiliki warna putih saja, di kawasan pantai ini pun Anda bisa melakukan snorkeling atau wahana watersport lainnya.

Lokasi: Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

2. Pantai Prigi

Pantai Prigi
Image Credit: Pantainesia.com

Jika Anda bertanya mengenai wisata bahari terbaik di daerah Trenggalek, maka masyarakat setempat kemungkinan akan menjawab obek wisata Pantai Prigi. Pantai satu ini berada di urutan paling atas sebagai tempat wisata pantai yang wajib dikunjungi saat berada di Trenggalek. Meski wilayah satu ini pernah diterjang oleh banjir rob, namun karena lokasinya yang berada tidak jauh dari kota serta aksesnya yang cukup memadai, membuat pantai ini tidak pernah sepi.

Selain menjadi objek wisata, Pantai Prigi juga dijadikan sebagai kawasan pelelangan ikan serta pelabuhan nusantara terbesar di daerah pantai selatan Jawa. Jadi jangan heran Anda akan menemukan banyak kapal di pesisir pantai. Soal penginapan, Anda tidak perlu khawatir, karena di sekitar area Pantai Prigi bisa ditemukan banyak hotel sebagai tempat menginap dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Kec. Watulimo, Kab.Trenggalek.

3. Pantai Damas

Pantai Damas
Image Credit: Wisatamu.com

Tidak jauh dari Pantai Prigi, terdapat pantai yang tidak kalah indah yaitu Pantai Damas. Wisata bahari ini terletak di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, dan menawarkan pemandangan alam yang sangat eksotis. Memiliki topografi yang landai, dengan suasana yang masih sangat alami menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Damas. Di sini, Anda dapat melakukan surfing dan berbagai aktivitas pantai lainnya yang seru dan menyenangkan.

Lokasi: Desa Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

4. Pantai Merah Ngadipuro

Pantai Merah Ngadipuro
Image Credit: Kaskus.co.id

Selain terkenal sebagai kampung nelayan, Pantai Merah Ngadipuro menjadi salah satu destinasi wisata tersembunyi yang jarang terjamah. Sehingga Anda akan menemukan suasana yang sangat alami dan asri di wilayah satu ini. Jadi, tak hanya menikmati keindahan pantai yang alami, di sini Anda juga dapat melihat kehidupan nelayan dari dekat. Sehingga banyak pembelajaran yang bisa Anda petik dengan datang ke daerah Ngadipuro.

Lokasi: Peden, Craken, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek.

5. Pantai Blado

Pantai Blado
Image Credit: Triwulandarisite.wordpress.com

Pantai Blado berada di Desa Munjungan, dan hanya berjarak kurang lebih 49 km saja dari pusat kota Trenggalek. Bahari Blado ini menyuguhkan ombak yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai area surfing. Selain melihat orang-orang berselancar, Anda juga dapat menyaksikan secara langsung acara sedekahan. Acara ini biasa disebut dengan longkangan, dan diadakan setiap Jumat Kliwon pada bulan Suro menurut penanggalan Jawa.

Sehingga selain melakukan wisata bahari, Anda dapat melihat secara langsung kebudayaan masyarakat setempat. Sedangkan untuk fasilitas lainnya, juga terbilang cukup lengkap, dimana terdapat penginapan hingga panggung hiburan. Anda juga dapat menemukan berbagai kuliner seafood yang bisa memanjakan perut Anda di Pantai Blado. Harga tiket masuknya juga sangat murah meriah dan tidak membuat kantong jebol.

Lokasi: Singgihan, Masaran, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek.

6. Pantai Ngulungwetan

Pantai Ngulungwetan
Image Credit: Ngulungwetan-munjungan.trenggalekkab.go.id

Objek wisata bahari selanjutnya yaitu Pantai Ngulungwetan, yang menghadirkan keindahan khas pantai dengan pasir putihnya yang menawan. Daerah pantai ini ditumbuhi jejeran pohon kelapa, yang menjadikannya semakin tampak begitu asri dan sejuk. Anda bisa sekadar duduk-duduk di bawah pohon kelapa sambil menikmati pemandangan pantai yang eksotis, atau berenang dengan ditemani ombak yang kecil dan cukup tenang.

Lokasi: Ngulungwetan, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek.

7. Pantai Pelang

Pantai Pelang
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Pelang berlokasi di Desa Wonocoyo, dan memiliki ciri khas tersendiri, yaitu ombaknya yang cukup besar dan terdapat air terjun dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Tidak hanya air terjun saja, di daerah ini juga ada gardu pandang yang dapat digunakan untuk melihat keindahan panorama dari laut lepas. Terlebih pada sore hari, melihat pemandagan laut di kala senja dengan pasangan tentu akan membangun suasana yang begitu romantis.

Lokasi: Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek.

8. Pantai Taman Kili-Kili

Pantai Taman Kili-Kili
Image Credit: Pantainesia.com

Untuk Anda yang ingin melakukan wisata keluarga sekalian mengedukasi anak-anak, maka Pantai Taman Kili-Kili merupakan pilihan yang tepat. Di sini, Anda dapat mengajarkan si kecil untuk berkenalan dengan penyu. Bahkan pengunjung juga bisa ikut berpartisipasi dalam acara melepaskan tukik atau anak penyu. Dijamin pengalaman liburan ini akan sangat seru dan berkesan di ingatan anak-anak Anda.

Lokasi: Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek.

9. Pantai Konang

Pantai Konang
Image Credit: Beritabaik.id

Berikutnya ada Pantai Konang yang tidak kalah seru. Di kawasan pantai ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas pantai yang menyenangkan, seperti bermain ATV, banana boat, berenang, bermain pasir, hingga surfing. Bahkan untuk memasuki area pantai satu ini pengunjung tidak dipungut biaya apapun, alias gratis. Anda pun sudah dapat menikmati keindahan khas pantai di Pantai Konang.

Lokasi: Sukorejo, Nglebeng, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek.

10. Pantai Cengkrong

Pantai Cengkrong
Image Credit: Ksmtour.com

Wisata pantai yang berlokasi di satu wilayah dengan wisata hutan Mangrove Pancer ini masih terbilang cukup baru, dengan suasana yang masih alami dan belum terjamah oleh banyak orang. Untuk menuju Pantai Cengkrong cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti jalan menuju Watulimo. Dan pada saat tiba pada jalur lintas selatan, sebelum jembatan Damas, Anda akan menemukan papan petunjuk bertuliskan Pantai Cengkrong.

Ikuti saja papan petunjuk tersebut, maka Anda akan menemukan pantai indah nan alami satu ini. Selain menikmati keindahan pantai yang begitu menawan, pengunjung juga bisa melakukan swafoto dengan latar belakang hutan bakau yang akan membuat foto-foto Anda menjadi sangat instagramable. Anda juga dapat melakukan aktivitas-aktivitas pantai lainnya di sini, seperti bermain pasir, menikmati suasana senja yang eksotis, dan lain sebagainya.

Lokasi: Tirto, Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

11. Pantai Pasir Putih Trenggalek

Pantai Pasir Putih Trenggalek
Image Credit: Travel.detik.com

Sesuai dengan namanya, Pantai Pasir Putih menawarkan pemandangan indah dari hamparan pasir putih yang menawan. Ditambah dengan laut yang sangat jernih, yang dikelilingi dengan panorama hijau nyiur yang menyejukkan. Selain itu, pada sudut-sudut pantai juga terdapat batu karang yang menambah kecantikan dari Pantai Pasir Putih Trenggalek ini.

Di kawasan pantai ini Anda bisa sekadar bersantai di tepi pantai menikmati udara yang sejuk, berenang, dan berlayar mengitari pantai dengan menyewa perahu-perahu nelayan yang ada di sana. Namun ingat untuk berhati-hati saat berenang, karena seperti yang disebutkan sebelumnya, terdapat cukup banyak batu karang di sudut-sudut pantai. Selain itu, fasilitas yang disediakan di Pantai Pasir Putih Trenggalek ini sudah cukup lengkap dan aman untuk pengunjung.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Putih, Gares Kidul, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

12. Pantai Ngulung Wetan

Pantai Ngulung Wetan
Image Credit: Ihategreenjello.com

Wisata bahari berikutnya yang masih alami dan wajib untuk Anda nikmati yaitu Pantai Ngulung Wetan. Di area sekitar pantai, banyak pohon kelapa yang tumbuh dengan subur, sehingga menjadikan pemandangan dan suasana pantai menjadi lebih sejuk. Selain itu, Anda juga bisa melihat matahari terbenam dari pantai ini yang sangat indah. Anda bisa langsung berkunjung ketika sore hari, atau berkunjung dari pagi dan siang hari sambil melakukan aktivitas pantai yang lain.

Berbagai aktivitas pantai yang bisa Anda lakukan yaitu seperti berenang, bermain pasir, berswafoto, surfing, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menikmati wisata kuliner seafood di sekitar area pantai sembari menunggu hari mulai senja. Bermain-main di pantai seharian suntuk dijamin tidak akan membuat Anda bosan. Terlebih dengan pemandangan pantainya yang begitu asri dan sangat menawan.

Lokasi: Ngulungwetan, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek.

13. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara
Image Credit: Kompasiana.com

Pantai Mutiara menjadi surga tersembunyi di Kabupaten Trenggalek. Keindahan alamnya yang sangat alami sungguh akan memanjakan Anda ketika berkunjung kemari. Mulai dari pasir putihnya yang lembut menggelitik di kaki, hingga air lautnya yang berwarna biru jernih menyegarkan. Bahkan, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti juga sempat berkunjung dan menikmati keindahan pantai Mutiara ini.

Pantai Mutiara Trenggalek ini, aksesnya masih sempit serta Anda harus melewati perkampungan penduduk terlebih dahulu. Sehingga Anda tidak bisa berkunjung dengan rombongan menggunakan bus atau kendaraan lainnya yang memiliki kapasitas cukup besar. Setelah sampai dan puas bermain-main pasir atau berenang, Anda juga bisa berkunjung ke rumah apung untuk menikmati hembusan angin luat ditemani dengan ikan-ikan.

Lokasi: Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

14. Pantai Ngampiran

Pantai Ngampiran
Image Credit: Ksmtour.com

Terakhir, ada Pantai Ngampiran yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan. Sepintas, pantai satu ini tidak jauh berbeda dengan wisata bahari lain pada umumnya. Namun begitu didekati, Anda akan menemukan air laut yang sangat jernih yang akan menghipnotis Anda untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Pantai Ngampiran ini terletak di kawasan Desa Tawing, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek.

Meski cukup jauh dari pusat kabupaten Trenggalek, daerah itu sangat mudah untuk ditemukan, jadi Anda tidak perlu khawatir terserat saat berusaha menuju lokasi pantai. Areanya hanya berjarak kurang lebih 4 km dari timur Kantor Kecamatan Munjungan, dengan jalan yang cukup berkelok-kelok, penuh tanjakan dan curam. Oleh karena itu, persiapkan kendaraan yang kuat dan tahan banting jika ingin berkunjung ke Pantai Ngampiran.

Lokasi: Tawing, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek.

Itulah 14 rekomendasi objek wisata pantai di Trenggalek yang bisa Anda pilih sebagai tujuan berlibur. Wisata bahari memang menjadi pilihan wisata yang sangat populer, terlebih untuk masyarakat perkotaan. Udara pantai yang sangat sejuk dan asri, yang tidak dapat ditemukan di kota merupakan daya tarik utama dari wisata pantai. Apalagi, banyak sekali aktivitas pantai yang seru dan menyenangkan, mulai dari berenang, bermain pasir, snorkeling, dan lain sebagainya. Namun, ingat untuk selalu menjaga kebersihan pantai ketika Anda berkunjung ke sana.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending