10 Wisata Pantai di Wonogiri yang Paling Hits

Wisata Pantai Wonogiri

Ingin Liburan Hangat di Pantai? Inilah Daftar Wisata Pantai Populer di Wonogiri, Jawa Tengah. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis & Paling Hits yang Bisa Anda Kunjungi Saat Liburan.

Wisata pantai rasanya bisa disebut sebagai destinasi favorit dan menyenangkan bagi semua kalangan, dan sangat cocok untuk dikunjungi saat liburan bersama dengan keluarga, sahabat, maupun rekan kantor. Melakukan wisata bahari juga bisa memberikan sensasi liburan yang berbeda dan seru.

Di Wonogiri sendiri, menyimpan deretan pantai eksotis yang begitu indah dan menawan yang bisa Anda tuju. Berikut beberapa wisata pantai hits di Kabupaten Wonogiri yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

1. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan
Image Credit: Kompas.com

Pantai Sembukan adalah sebuah mahakarya yang begitu menawan, yang berlokasi di kawasan ujung Wonogiri. Pantai ini menyimpan sejuta keindahan pesona alam serta mitos tersembunyi di balik bebatuan karangnya yang besar. Konon daerah tersebut disebut sebut sebagai pintu masuk ke 13 Nyi Roro Kidul menuju Kasunanan Surakarta. Oleh karena itu pantai ini memiliki aturan yang nyaris sama dengan pantai kidul atau Pantai Parangtritis.

Pantai Sembukan merupakan salah satu destinasi yang sangat dikenal di kalangan aktivitas spiritual. Seperti tokoh spiritual dari kerajaan Yogyakarta dan Keraton Surakarta. Terlepas dari mitosnya dan kepopulerannya di kalangan aktivitas spiritual, pantai yang terletak di daerah Dusun Sembukan ini memang menawarkan keindahan alam yang begitu cantik. Anda tidak akan menyesal untuk berkunjung dan menghabiskan waktu liburan di Pantai Sembukan ini.

Lokasi: Kranding, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

2. Pantai Nampu

Pantai Nampu
Image Credit: Brobali.com

Terletak di kawasan Desa Dringo, Pantai Nampu ini memiliki pemandangan alam yang cukup eksotis dengan hamparan padang pasir putih serta susunan batu karang yang indah. Saat sampai pertama kali di pantai ini, keindahan dari pantai bahkan sudah bisa Anda lihat begitu memasuki area parkirnya. Sebab dari kejauhan sudah tampak jelas garis pantai yang memanjang, dengan deburan ombak yang berlari menuju ke tepian seakan mengundang untuk mendekat.

Lokasi area parkirnya memang berada di atas ketinggian, jadi Anda bisa melihat dengan jelas pesona pantai dari arah kejauhan. Dan untuk sampai ke bibir Pantai Nampu, Anda harus berjalan turun melewati puluhan anak tangga yang telah disediakan. Begitu rampung meniti anak tangga, hamparan pasir putih lembut dan bersih siap menggelitik jari kaki Anda. Anda juga bisa merasakan kesegaran airnya yang jernih dan cukup aman untuk dipakai berenang.

Lokasi: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

3. Pantai Klotok

Pantai Klotok
Image Credit: Khalidyogi.blogspot.com

Wisata bahari selanjutnya yang ada di Wonogiri dan tidak boleh Anda lewatkan yaitu Pantai Klotok. Pantai ini berada di kawasan Desa Paranggupito, dan dulunya pernah diproyeksikan menjadi pelabuhan penangkapan ikan. Jadi di sini Anda bisa melihat sebuah dermaga dan bangunan tempat pelelangan ikan atau TPI, yang sempat dibangun pada tahun 2006 silam. Tumpukan beton pemecah ombak pun bisa Anda jumpai dan saksikan di Pantai Klotok ini.

Namun saat ini pelabuhan tersebut sudah tidak digunakan, karena ombaknya yang cukup besar dan terlalu banyak batu karang di sekitar pantai sehingga akan berbahaya untuk perahu nelayan. Meski demikian Pantai Klotok masih menyajikan pemandangan indah yang dapat Anda nikmati dari tepi pantai. Anda juga bisa menyaksikan keindahannya dari puncak bukit yang ada di kanan dan kiri pantai tersebut.

Lokasi: Kranding, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

4. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Buyutan memiliki ciri khas beragam bentuk batu karang yang unik dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pantai ini bahkan termasuk sebagai salah satu wisata bahari terbaik dan terindah di daerah Desa Widoro. Di sini Anda akan sibuk berfoto ria di kawasan pantai, karena banyak sekali spot kece yang bisa Anda gunakan untuk mendapat gambar atau foto keren dan kekinian.

Selain menikmati suasana pantai yang begitu mengagumkan, di kawasan Pantai Buyutan ini pengunjung juga bisa berenang, snorkeling, camping, dan berbagai aktivitas pantai lainnya. Meski pantai ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah, namun ada banyak sekali penginapan atau hotel yang bisa Anda temukan di sekitar. Selain itu, Anda juga bisa bertemu dengan kawanan monyet yang sering terlihat di sekitar area pantai.

Lokasi: Jl. Pantai Buyutan, Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

5. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo
Image Credit: Tempatwisataid.com

Pantai Banyutowo merupakan lokasi dari bertemunya air sungai dengan air laut, sehingga air di sini memiliki rasa yang tidak asin seperti air laut kebanyakan. Itu juga yang membuat pantai satu ini dinamakan Banyutowo, yang memiliki arti air tawar. Airnya yang tawar tersebut membuat pengunjung tidak merasa lengket setelah puas berendam dan berenang di sana. Hal ini merupakan salah satu penyebab mengapa Pantai Banyutowo begitu populer di kalangan wisatawan.

Selain keunikan air tawarnya, pemandangan yang disuguhkan oleh pantai tersebut juga sangat menakjubkan. Anda bisa melihat pemandangan air tawar yang jatuh secara langsung di bibir pantai dari batuan karang, jika Anda melihatnya dari kejauhan akan tampak air yang berwarna bening dan jernih. Pemandangan indah itu juga bisa Anda jadikan latar belakang foto yang begitu estetik.

Lokasi: Desa Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

6. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo,
Image Credit: Ksmtour.com

Jika berbicara perihal keindahannya, rasanya kata indah dan cantik bahkan tidak bisa mendefinisikan kawasan Pantai Banyu Tibo satu ini. Bahkan saat Anda menginjakkan kaki pertama kali di sini, Anda akan disuguhkan pemandangan air terjun yang begitu indah. Dimana air terjun tersebut langsung jatuh ke arah pantai. Sungguh sangat unik, pada satu waktu pengunjung bisa menyaksikan air terjun dan laut dalam satu waktu.

Suasananya pun merdu dan syahdu, karena berada di kawasan pedesaan Widoro. Apalagi adanya warung yang tersedia di pinggir pantai dengan menu makanan yang menggugah selera. Salah satu yang begitu digemari oleh pengunjung yaitu hadirnya hidangan lobster mutiara. Dimana sudah menjadi rahasia umum bahwa lobster mutiara merupakan lobster paling nikmat yang pernah ada.

Lokasi: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

7. Pantai Kalimirah

Pantai Kalimirah
Image Credit: Kompasiana.com

Pantai selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Wonogiri yaitu Pantai Kalimirah. Pantai ini berada di kawasan Desa Gudangharjo, dan memiliki potensi wisata yang sungguh luar biasa karena bisa menjadi sebuah lahan camping ground dengan latar belakang pantai. Pantai Kalimirah ini masih begitu asri dan memiliki kontur tanah berbukit, dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang.

Di samping bisa dijadikan sebagai tempat camping, di Pantai Kalimirah Anda juga bisa menemukan beberapa spot untuk memancing. Jadi bagi Anda yang memiliki hobi memancing, tentu sangat cocok untuk berkunjung ke pantai satu ini. Anda bisa merasakan sensasi memancing melalui tebing bibir laut, yang juga begitu digemari oleh para wisatawan yang pernah berkunjung kemari.

Lokasi: Dawung, Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

8. Pantai Klayar

Pantai Klayar,
Image Credit: Blogkulo.com

Pantai Klayar terkenal dengan pasir putihnya serta deburan ombak yang cukup besar, jadi saat berkunjung kemari Anda tidak diperkenankan untuk berenang. Tetapi tenang saja, karena ada segudang daya tarik lain yang bisa Anda nikmati di Pantai Klayar ini. sebut saja seperti tebing dengan ketinggian kurang lebih 50 meter yang ada di tengah pantai, dimana tebing ini merupakan salah satu spot foto terbaik yang diburu oleh pengunjung.

Ada juga bebatuan yang mirip dengan Sphinx, yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan untuk diabadikan. Selain itu Anda juga bisa menemukan tempat penyewaan ATV, yang dapat Anda gunakan untuk berpetualang menyusuri bibir Pantai Klayar. Kemudian ada fenomena unik berupa atraksi air mancur alami dengan ketinggian sekitar 10 meter yang bisa Anda saksikan juga.

Lokasi: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

9. Pantai Pringjono

Pantai Pringjono
Image Credit: Detik.com

Lokasi dari Pantai Pringjono cukup terpencil dan tersembunyi, oleh karena itu tempat ini masih begitu asri dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. Anda dapat menemukan lokasi pantai di balik persawahan serta ladang dengan pepohonan yang rimbun. Jadi tidak heran jika kawasan pantai begitu sejuk dan rindang, terlebih dengan hembusan angin pantai yang semilir bertemu dengan pepohonan hijau.

Pantai Pringjono memiliki garis pantai yang cukup lebar dan luas, dengan pasir putih bersih dan lembut. Terdapat bebatuan besar yang tersebar pada berbagai titik pantai, juga ada batu karang yang membentang di bibir pantai, dan sering digunakan untuk bermain air oleh para pengunjung. Ombak di pantai ini hampir sama dengan pantai lainnya di Gunungkidul, jadi sebaiknya Anda tidak berenang dan hanya bermain air di tepi pantai saja.

Lokasi: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

10. Pantai Dadapan

Pantai Dadapan
Image Credit: Pantainesia.com

Terakhir ada Pantai Dadapan yang juga tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke Wonogiri. Objek wisata bahari ini dipenuhi dengan pohon dadap, oleh karena itu kawasan pantai tersebut diberi nama Pantai Dadapan. Di sini Anda bisa menemukan pemandangan eksotis yang sangat memukau, dengan hamparan pasir putih kecoklatan yang begitu indah. Destinasi ini juga sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai spot melihat matahari terbenam.

Lokasi: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul.

Keindahan pantai yang ada di Wonogiri tidak kalah menarik dan indah dari pantai yang ada di kawasan lain. Terlebih Kabupaten Wonogiri berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, yang menyebabkan daerah tersebut memiliki banyak pantai cantik yang bisa Anda kunjungi. Namun Anda sebaiknya selalu waspada saat berkunjung dan memutuskan berenang di pantai, karena tidak semua pantai aman untuk digunakan sebagai tempat berenang.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending